Whatsapp Share Like Simpan

Mencukupi asupan zinc bagi anak-anak merupakan salah satu hal perlu Ibu perhatikan dengan baik. Sebab, manfaat zinc ternyata sama pentingnya seperti nutrisi lain yang berperan terhadap kesehatan dan tumbuh kembang anak. 

Zinc adalah salah satu mineral yang harus didapatkan dari sumber makanan karena tubuh tidak memproduksi sendiri mineral ini. Salah satu manfaat zinc yang paling sering disebut yaitu mengurangi peradangan dalam tubuh. Namun, manfaat zinc tak hanya itu, ada pula beragam manfaat lain yang tak kalah penting. Simak penjelasannya di bawah ini, yuk! 

Manfaat Zinc untuk Tumbuh Kembang Anak

Berikut ini beberapa manfaat zinc yang penting bagi anak, antara lain: 

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

    Manfaat zinc yang pertama yaitu dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Ini karena zinc berperan untuk mengaktifkan sel darah putih yang disebut sebagai limfosit sel T. Sel ini memiliki fungsi penting dalam meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan begitu, manfaat zinc bagi si Kecil dapat membantu tubuh untuk melawan bakteri, virus, dan jamur penyebab penyakit. 

    Akan tetapi, kuatnya daya tahan tubuh si Kecil tidak hanya dipengaruhi oleh konsumsi zinc saja. Si Kecil juga perlu mendapatkan asupan nutrisi lain yang mencakup protein yang lengkap, zat besi, vitamin D3, magnesium, dan vitamin C agar sistem imun tubuhnya lebih terjaga. Nah, nutrisi-nutrisi tersebut bisa Ibu dapatkan dalam susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+

    Artikel Sejenis

    Apalagi susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap dibandingkan susu pertumbuhan pada umumnya. Perlu Ibu ketahui, 9 Asam Amino Esensial (9AAE) merupakan bentuk sederhana dari protein yang berperan untuk membangun dan memelihara sel-sel serta jaringan tubuh. Itulah sebabnya, asupan 9AAE harus dipenuhi dengan lengkap dalam masa tumbuh kembang. 

  • Mencegah peradangan

    Manfaat zinc yang selanjutnya yaitu dapat membantu mencegah terjadinya peradangan. Ini karena zinc memiliki peran untuk meredakan reaksi oksidasi dalam tubuh. Reaksi oksidasi yang terjadi di dalam tubuh dapat menghasilkan radikal bebas. Hal tersebut berbahaya karena bisa memicu reaksi berantai yang dapat merusak sel-sel tubuh. 

    Untuk mencegah bahaya reaksi oksidasi ini, tubuh membutuhkan antioksidan. Nah, manfaat zinc di sinilah yang berperan sebagai antioksidan untuk mengurangi kerusakan sel tubuh. Dengan begitu, peradangan yang terjadi di dalam tubuh bisa berkurang atau mereda dengan baik.

  • Mendukung pertumbuhan

    Selain penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah peradangan, manfaat zinc juga penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan si Kecil. Melansir laman resmi Healthline.com, fakta menyebutkan bahwa mencukupi kebutuhan zinc harian pada si Kecil dapat membantu ia memiliki tinggi dan berat badan yang lebih ideal. 

    Meskipun begitu, pertumbuhan tinggi badan dan berat badan si Kecil tidak hanya dipengaruhi oleh asupan zinc saja. Akan tetapi, Ibu juga perlu mencukupi nutrisi lain yang berperan penting untuk membangun dan memperkuat tulang, seperti protein, kalsium, kalium, dan vitamin D. 

    Nutrisi seperti protein, zinc, kalsium, kalium, dan vitamin D3 bisa Ibu dapatkan juga dalam susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang dapat mendukung tumbuh kembang si Kecil lebih prima. 

  • Mencegah diare

    Manfaat zinc yang tak kalah penting yaitu mencegah diare pada anak. Salah satu gangguan pencernaan yang sering dialami oleh anak-anak yang berusia di bawah 5 tahun adalah diare. Salah satu penyebab munculnya diare pada anak yaitu karena kekurangan zinc. 

    Oleh karena itu, salah satu manfaat zinc pada si Kecil dapat mengatasi diare, disentri, hingga infeksi saluran pernapasan. Meskipun manfaat zinc sangat penting dalam mencegah diare, Ibu tetap harus konsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak sebelum memberikan si Kecil suplemen zinc. Sebab, pemberian suplemen zinc harus disesuaikan dengan kondisi kesehatan si Kecil agar ia mendapatkan dosis yang tepat. 

    Sedangkan, untuk anak yang tidak mengalami gangguan kesehatan, ia bisa mendapatkan manfaat zinc dari sumber makanan yang alami, seperti susu, ikan, telur, dan lainnya. 

  • Mempercepat proses penyembuhan luka

    Manfaat zinc juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Mineral ini berperan penting dalam produksi kolagen, yaitu serat protein yang memberi kekuatan dan tekstur elastis pada kulit. Jika produksi kolagen maksimal, luka bisa berangsur menyusut dan menutup dengan lebih cepat. Berkat manfaat zinc tersebut, mineral ini kerap dijadikan bahan dasar obat untuk mengatasi luka pada kulit, salah satunya luka bakar.

    Namun, perlu diingat kembali ya, Bu, zinc bukan satu-satunya nutrisi yang dapat menyembuhkan luka lebih cepat. Ada pula nutrisi lain memiliki peran yang sama, seperti protein dan vitamin C. Maka dari itu, manfaat zinc ini akan lebih optimal jika kehadiran protein dan vitamin C pun tercukupi dengan baik. 

Memahami pentingnya manfaat zinc perlu Ibu ketahui agar si Kecil terhindar dari kekurangan mineral ini. Sebab, jika ia kekurangan zinc, maka ada beberapa gangguan kesehatan yang akan si Kecil alami, di antaranya:

  • Kerontokan rambut
  • Diare 
  • Luka lama sembuh
  • Kulit tidak sehat
  • Pertumbuhan si Kecil kemungkinan terhambat
  • Hilang nafsu makan
  • Mudah sakit

Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2019 dari Kementerian Kesehatan RI, supaya manfaat zinc bisa lebih optimal, anak yang berusia 1-3 tahun sebaiknya diberikan asupan mineral ini dengan dosis yang tepat, yaitu sekitar 3 mg per hari. Kebutuhan zinc ini bisa Ibu optimalkan dengan memberikan susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang dapat mendukung asupan zinc sebanyak 8% dari total kebutuhan harian sesuai AKG. 

Ibu bisa mendapatkan asupan zinc dari beberapa jenis makanan, di antaranya:

  • Susu dan produk olahannya, seperti keju dan yoghurt 
  • Makanan laut, seperti ikan, kepiting, kerang, udang, cumi-cumi, dan lobster
  • Daging unggas, seperti ayam, bebek, dan kalkun
  • Telur 
  • Kacang-kacangan, seperti kacang polong, kacang merah, kacang almond, dan kacang lentil
  • Biji-bijian, seperti biji labu dan biji rami
  • Sayuran, seperti buncis, kangkung, dan asparagus
  • Jamur

Seperti yang Ibu ketahui, manfaat zinc bisa didapatkan dari susu bubuk pertumbuhan untuk anak usia 1-3 tahun. Dalam hal ini, susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ bisa menjadi solusi yang tepat karena di dalamnya tidak hanya mengandung zinc, tetapi juga dilengkapi zat gizi makro dan zat gizi mikro yang beragam.

Susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga diperkaya dengan 8 kombinasi nutrisi penting lain untuk meningkatkan akal kreatif anak, seperti DHA yang 4x lebih tinggi, asam lemak omega 3, asam lemak omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi. Tak hanya itu, susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ mengandung serat pangan inulin yang penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan si Kecil.

Untuk mencukupi asupan nutrisi tersebut, si Kecil dianjurkan untuk mengonsumsi susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ sebanyak 2-3 kali sehari. Penelitian yang dilakukan oleh Prof. DR. dr. Damayanti Rusli Sjarif, SpA (K) pada anak balita membuktikan bahwa mengonsumsi susu pertumbuhan yang mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap dengan kadar di atas 300 ml sehari bisa mencegah terjadinya stunting sebesar 72%.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz