Whatsapp Share Like Simpan

Manfaat sinar matahari pagi dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak agar terhindar dari berbagai penyakit. Manfaat ini muncul berkat peran sinar matahari pagi yang dapat mengaktifkan vitamin D pada kulit yang terpapar. Itulah sebabnya, sinar matahari pagi sering dikaitkan sebagai salah satu sumber vitamin D terbaik bagi anak. Lantas, apa saja manfaat sinar matahari pagi untuk kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil? Cari tahu informasinya di bawah ini, yuk! 

Manfaat Sinar Matahari Pagi untuk Kesehatan dan Tumbuh Kembang

Berikut ini beberapa manfaat sinar matahari pagi yang penting bagi anak, antara lain: 

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

    Sinar matahari termasuk salah satu sumber vitamin D yang baik untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Hal ini dikarenakan vitamin D yang dihasilkan dari paparan sinar matahari pagi akan diaktifkan melalui kulit yang terpapar, sehingga sistem imun dapat meningkat. 

    Namun, manfaat sinar matahari pagi ini juga perlu didukung oleh asupan gizi seimbang yang berkualitas, yang di dalamnya tidak hanya mencakup vitamin D saja, tetapi juga mengandung protein, vitamin C, magnesium, zat besi, dan zinc. Nah, salah satu makanan bergizi yang mengandung nutrisi-nutrisi tersebut adalah susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+.

    Oleh karena itu, susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ bisa menjadi nutrisi tambahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak usia 1-3 tahun agar lebih kuat dan terhindar dari risiko berbagai penyakit. 

    Artikel Sejenis

  2. Meningkatkan produksi hormon serotonin

    Manfaat sinar matahari pagi selanjutnya yaitu dapat membantu meningkatkan produksi hormon serotonin, yaitu hormon yang bertugas untuk membawa pesan antar sel di dalam otak. Hormon serotonin berperan penting dalam memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik, sehingga si Kecil bisa merasa lebih bahagia jika produksi hormon serotonin dalam tubuhnya tercukupi dengan baik. 

    Menurut penelitian dari Innovations in Clinical Neuroscience, manfaat sinar matahari bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan hormon serotonin secara alami. Hal ini dikarenakan sinar matahari yang diserap kulit mengalami proses sintesis menjadi serotonin. 

  3. Membantu memperkuat tulang

    Manfaat sinar matahari pagi juga ternyata penting untuk kesehatan tulang lho, Bu. Ini karena sinar matahari dapat mengoptimalkan penyerapan kalsium di dalam tubuh. Kalsium merupakan mineral yang dibutuhkan untuk membentuk dan menjaga kesehatan struktur tulang pada tubuh.

    Dengan mendapatkan paparan sinar matahari pagi yang cukup, maka dapat mendukung pertumbuhan tulang si Kecil lebih optimal. Dengan demikian, si Kecil akan terhindar dari risiko penyakit tulang di kemudian hari. 

    Vitamin D bukan satu-satunya nutrisi untuk memperkuat tulang, perannya hanya sebagai pendukung untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium. Sedangkan, nutrisi esensial yang berperan dalam membentuk dan memelihara kesehatan tulang adalah protein. Zat gizi makro ini bisa Ibu dapatkan dalam susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+.

    Protein dalam susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ memiliki 9 Asam Amino Esensial (9AAE) secara lengkap. Asupan 9AAE ini harus dipenuhi secara lengkap karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri, sehingga membutuhkan asupan dari sumber protein berkualitas, salah satunya susu. 

  4. Membantu mengatasi penyakit kulit 

    Manfaat sinar matahari pagi yang tak kalah penting yaitu dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Melansir laman resmi Badan Kesehatan Dunia (WHO), manfaat sinar matahari pagi dapat mengatasi sejumlah masalah pada kulit, salah satunya adalah eksim. 

  5. Meningkatkan kualitas tidur

    Salah satu manfaat sinar matahari pagi yang sayang untuk dilewatkan yaitu meningkatkan kualitas tidur si Kecil. Manfaat sinar matahari pagi ini membantu ritme sirkadian anak. 

    Ritme sirkadian merupakan jam alami tubuh yang menentukan siklus tidur dan bangun sehingga kebiasaan tidur bisa teratur. Anak-anak yang kekurangan waktu tidur berisiko mengalami kesulitan untuk fokus, sulit berkonsentrasi, menjadi pelupa, sensitif, serta rentan terkena gangguan kecemasan.

Seperti yang telah disebutkan, manfaat sinar matahari pagi memang penting bagi kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil, tetapi harus dilakukan sesuai dengan aturan yang tepat. Untuk itu, Ibu perlu mengetahui waktu, durasi, dan hal penting lainnya sebelum menjemur si Kecil di bawah paparan sinar matahari pagi. 

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Berjemur 

Ibu pasti ingin si Kecil mendapatkan manfaat sinar matahari pagi dengan benar, kan? Untuk itu, Ibu perlu mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menjemur si Kecil, mulai dari waktu berjemur, durasi, tempat, serta bagian tubuh yang dijemur. Simak aturannya di bawah ini, yuk!

  • Kapan waktu terbaik untuk berjemur?

    Agar manfaat sinar matahari pagi bisa didapatkan lebih optimal, sebaiknya Ibu memerhatikan waktu terbaik untuk berjemur dengan tepat. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan waktu berjemur untuk anak-anak sebaiknya dilakukan sebelum pukul 10.00. 

    Ibu bisa mengajak si Kecil untuk berjemur sejak pukul 07.00 - 10.00. Sebab, di rentang waktu tersebut, sinar UV masih belum terlalu kuat sehingga manfaat sinar matahari cukup baik bagi kesehatan. 

  • Berapa lama durasi berjemur yang tepat?

    Selain waktu, durasi berjemur juga penting diperhatikan agar manfaat sinar matahari bisa lebih optimal. IDAI juga merekomendasikan berjemur sekitar 10-15 menit secara rutin setiap hari. Durasi waktu tersebut cukup optimal bagi paparan sinar matahari untuk mengaktifkan vitamin D pada kulit yang terpapar. 

  • Bagian tubuh mana saja yang perlu terkena paparan sinar matahari pagi?

    Meskipun manfaat sinar matahari pagi cukup baik bagi kesehatan si Kecil, bukan berarti Ibu harus melepas seluruh baju si Kecil saat berjemur. Si Kecil tetap boleh mengenakan baju seperti biasa, tetapi akan lebih baik jika ia menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit yang terpapar sinar matahari dengan lebih baik. 

    Supaya kebiasaan berjemur lebih menyenangkan, Ibu juga bisa mengajak si Kecil sambil melakukan aktivitas fisik yang seru, seperti bermain bola, jalan pagi, bermain mainan favorit si Kecil di halaman rumah, dan lain sebagainya. . 

Seperti yang telah disebutkan, agar manfaat sinar matahari pagi bisa lebih optimal, maka si Kecil harus mendapatkan asupan makanan yang mengandung vitamin D cukup tinggi, seperti susu, ikan, hati sapi, kuning telur, jamur, minyak hati ikan kod, buah-buahan, dan sayuran. 

Selain mencukupi asupan vitamin D, Ibu juga perlu memenuhi asupan nutrisi penting lainnya, seperti 9 Asam Amino Esensial (9AAE) secara lengkap, yang meliputi leusin, isoleusin, valin, triptofan, fenilalanin, metionin, treonin, lisin, dan histidin.

Menurut penelitian dari J.NUtr yang dipublikasi dalam National Center for Biotechnology Information menjelaskan bahwa kekurangan 1 jenis dari 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menurunkan kinerja hormon pertumbuhan, salah satunya adalah menurunkan potensi tinggi badan anak sebanyak -34%,. Bahkan, kekurangan semua jenis 9 Asam Amino Esensial (9AAE) juga akan menurunkan hormon pertumbuhan tersebut sebanyak -50%.

Ibu bisa mendapatkan asupan 9AAE secara lengkap dalam susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Susu pertumbuhan ini juga diperkaya oleh nutrisi penting untuk meningkatkan perkembangan otak anak, seperti DHA 4x lebih tinggi, asam lemak omega 3, asam lemak omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi untuk meningkatkan kecerdasan si Kecil. Dengan begitu, susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ dapat mendukung potensi si Kecil lebih kreatif, tangguh, dan percaya diri.