Hidup di era pandemi tentu membuat Ibu ingin memberikan vitamin yang bagus untuk anak. Ibu pasti paham bahwa sistem imun anak masih lemah sehingga sangat rentan terkena serangan virus, bakteri, kuman penyebab berbagai penyakit. Apalagi kondisi saat ini, selain pandemi yang belum sepenuhnya usai, perubahan cuaca dari panas ke hujan juga tak menentu.

Kondisi seperti inilah yang bisa berdampak terhadap kesehatan anak, terutama jika daya tahan tubuhnya sedang menurun. Untuk itu, butuh asupan vitamin yang bagus untuk anak untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya. Jika memiliki daya tahan tubuh yang bagus, hal tersebut bisa menjadi benteng pertahanan agar anak tidak mudah terserang penyakit.

Vitamin yang bagus untuk anak sangat penting untuk membantu menambah nutrisi dalam tubuh anak. Mengingat anak juga membutuhkan asupan nutrisi penting agar tumbuh kembangnya lebih optimal.

Kalau begitu, yuk, kenali lebih jauh tentang pentingnya vitamin yang bagus untuk anak serta tips meningkatkan daya tahan tubuh untuk anak dalam artikel ini. Ketahui juga jenis-jenis vitamin yang bagus untuk anak agar daya tahan tubuhnya baik harus memiliki kandungan vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin B6, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E, hingga asupan yang mengandung zat besi untuk menjaga daya tahan tubuh dan menangkal radikal bebas.

Pentingnya Vitamin Anak untuk Daya Tahan Tubuh

Pemberian nutrisi yang seimbang perlu dibiasakan sejak anak dalam kandungan hingga di masa pertumbuhan, salah satunya vitamin yang bagus untuk anak untuk membantu menjaga daya tahan tubuhnya. Bukan sebatas itu saja lho, Ibu juga perlu memenuhi asupan nutrisi dari zat makro, seperti protein, karbohidrat, dan lemak agar tumbuh kembang anak lebih optimal. 

Artikel Sejenis

Keseimbangan asupan antara zat makro dan zat mikro memberikan manfaat yang banyak untuk tubuh anak, beberapa di antaranya adalah membantu meningkatkan fungsi otak, menjaga kesehatan mata, kulit, rambut, serta organ tubuh lainnya, sebagai sumber energi, hingga bisa mengontrol berat badan anak.

Nah, dalam artikel ini akan dibahas lebih lengkap mengenai jenis vitamin yang bagus untuk anak yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya. Lalu apakah vitamin yang bagus untuk anak 1 tahun dan vitamin yang bagus untuk anak 2 tahun berbeda? Lebih tepatnya vitamin yang dibutuhkan anak 1 tahun dan 2 tahun jumlahnya yang berbeda, tapi kebutuhan asupannya tetap sama. Dan tahukah Ibu, ternyata ada banyak jenis vitamin daya tahan tubuh yang bisa Ibu dapatkan secara alami, bukan dari suplemen tambahan, lho Bu.

Jenis-jenis Vitamin yang Bagus untuk Anak

Memilih vitamin anak untuk daya tahan tubuh

Bingung memilih vitamin anak untuk daya tahan tubuh yang bagus? Eits, Ibu harus tahu bahwa vitamin-vitamin dan mineral ini bisa didapatkan secara alami dari berbagai sumber makanan bernutrisi tinggi lho. Berikut beberapa jenis vitamin daya tahan tubuh yang bagus dan alami untuk si kecil, antara lain:

  1. Vitamin A

    Vitamin A memang lebih dikenal sebagai nutrisi untuk menjaga kesehatan mata. Padahal, vitamin A juga termasuk vitamin yang bagus untuk anak buat meningkatkan daya tahan tubuhnya, Bu. Vitamin A berperan dalam pembentukan sel darah putih yang mampu melawan virus, bakteri, dan kuman yang masuk ke dalam tubuh. Jika tubuh anak memproduksi sel darah putih dengan baik, maka kemampuannya sebagai antibodi pun akan lebih optimal. Sumber vitamin daya tahan tubuh yang bagus ini bisa Ibu dapatkan dari hati sapi, ubi jalar, wortel, brokoli, labu, tomat, dan semangka.

    Ibu juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin A si Kecil dengan memberikan ia Susu Frisian Flag PRIMAGRO. Di dalam 1 sajian susu ini mengandung 105 mcg atau setara dengan 35% kebutuhan vitamin A harian si Kecil.

  2. Vitamin B

    Vitamin B juga termasuk jenis vitamin yang bagus untuk anak, antara lain vitamin B1, vitamin B6, vitamin B9, dan vitamin B12. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, kelompok vitamin B ini memiliki manfaat lain, seperti vitamin B1 yang berfungsi menjaga kesehatan otak dan jantung, vitamin B6 untuk menjaga daya tahan tubuh juga berperan untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Lalu, ada pula vitamin B9 yang berperan dalam meningkatkan metabolisme DNA, serta vitamin B12 maupun vitamin B kompleks yang berperan dalam pembentukan protein, sel darah, dan jaringan tubuh. Vitamin B banyak terdapat pada daging ayam, ikan, hati sapi, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, brokoli, bayam, buncis, tomat.

    Ibu bisa memenuhi kebutuhan ragam vitamin B untuk anak dengan memberikannya susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Di dalam 1 sajian susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ dapat membantu Ibu memenuhi 30% kebutuhan vitamin B1 dan vitamin B2 si Kecil, 35% kebutuhan vitamin B3, 40% kebutuhan vitamin B5, 30% kebutuhan vitamin B6, 20% kebutuhan vitamin B9, dan 60% kebutuhan vitamin B12. 

  3. Vitamin C

    Vitamin C merupakan vitamin yang bagus untuk anak dan paling dikenal banyak orang untuk meningkatkan imunitas. Peranan vitamin C dalam menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh memang sudah terbukti. Selain membentuk antibodi untuk melawan serangan bakteri, virus, dan kuman dalam tubuh. Vitamin C juga mengandung antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi, membantu produksi kolagen untuk kesehatan kulit, mencegah kerusakan sel, serta mempercepat proses penyembuhan luka. Sumber vitamin C yang bisa Ibu berikan kepada si kecil antara lain jeruk, stroberi, mangga, kiwi, jambu biji, pepaya, bayam, dan brokoli.

    Selain memberikannya sayuran dan buah yang mengandung vitamin C, Ibu juga bisa memberikannya susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Bahkan di dalam 1 sajian susu ini mengandung 40 mg vitamin C atau 100% kebutuhan harian vitamin C si Kecil.

  4. Vitamin D

    Vitamin D memang terkenal bisa membantu menguatkan tulang dan otot pada anak. Namun, bisa juga sebagai vitamin yang bagus untuk anak buat imunitasnya lho, Bu. Sebuah penelitian menunjukkan orang yang kekurangan vitamin D lebih rentan terkena influenza dan gangguan pernapasan lainnya. Ibu bisa mendapatkan manfaat vitamin D dari sumber makanan, seperti ikan salmon, ikan sarden, ikan tuna, udang, jamur, kuning telur. Vitamin D juga bisa didapatkan dengan cara berjemur di bawah sinar matahari pagi. 

  5. Vitamin E

    Tak kalah dengan jenis lain, vitamin E juga termasuk vitamin yang bagus untuk anak hingga orang dewasa. Vitamin E memiliki sifat antioksidan yang dapat memperkuat tubuh untuk melawan infeksi bakteri maupun virus. Selain itu, vitamin E juga dapat meningkatkan produksi antibodi untuk menangkal radikal bebas yang dapat melemahkan sistem imun anak. Sumber vitamin E secara alami bisa Ibu dapatkan dari kacang almond, kacang tanah, biji bunga matahari, alpukat, bayam, dan brokoli.

    Ibu bisa memenuhi kebutuhan vitamin E untuk anak dengan memberikannya susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Di dalam 1 sajian susu ini mengandung 0,9 mcg vitamin E atau setara dengan 15% kebutuhan vitamin E harian anak. 

Selain deretan vitamin di atas, Ibu juga bisa mencari vitamin anak yang mengandung zinc. Asupan zinc atau seng dapat membantu meningkatkan imunitas anak. Maka dari itu sebaiknya Ibu memilih juga vitamin anak yang mengandung zinc di dalamnya.

Banyaknya sumber vitamin daya tahan tubuh yang bagus dan alami membuat Ibu tidak perlu khawatir lagi untuk menambah suplemen vitamin bagi si kecil. Suplemen vitamin yang bagus untuk anak 1 tahun dan vitamin yang bagus untuk anak 2 tahun yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh bisa ditambahkan pada kondisi tertentu sesuai anjuran dokter, berdasarkan faktor usia, berat badan, dan kondisi tubuh si kecil. Pastikan Ibu untuk konsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika si kecil membutuhkan suplemen tambahan.

Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Ibu memberikan vitamin yang bagus untuk anak

Sebaiknya Ibu tak hanya berfokus dalam pemberian vitamin daya tahan tubuh yang bagus saja, tetapi perlu juga mengetahui dan melakukan beberapa tips untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak agar tumbuh kembangnya optimal, antara lain:

  • Menjaga kebersihan

    Setelah mengetahui jenis-jenis vitamin yang bagus untuk anak, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan bahan makanan, alat makan, dan lingkungan tempat si Kecil beraktivitas ya, Bu. Biasanya bakteri dan kuman bersarang di tempat-tempat kotor dan bisa menyerang sistem imun anak. Maka, rutin untuk mengontrol atau mengecek benda-benda atau barang di sekitar juga penting untuk dilakukan. Selain itu, ajarkan pula si Kecil untuk menjaga kebersihan dirinya sendiri agar kebiasaan hidup sehat ini terbawa hingga ia dewasa.

  • Istirahat dan tidur yang cukup

    Bayi dan anak-anak sangat membutuhkan istirahat dan tidur yang cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Jika si Kecil tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, proses metabolisme dalam tubuhnya akan terganggu dan berpengaruh terhadap sistem imun yang menurun. Banyak ahli yang menyarankan agar bayi mendapatkan waktu tidur 16 jam sehari, balita sekitar 11 hingga 14 jam sehari, dan anak-anak prasekolah sekitar 10 hingga 13 jam sehari. Hal ini penting agar Ibu tak perlu lebih banyak berfokus pada vitamin daya tahan tubuh saja.

  • Rajin berolahraga

    Selain asupan vitamin yang bagus untuk anak, untuk mendapatkan tubuh yang sehat, setiap orang harus melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, begitu pula anak-anak. Nah, dengan melakukan olahraga secara rutin, daya tahan tubuhnya pun akan meningkat sehingga bisa melawan berbagai penyakit. Ajaklah si Kecil untuk memulai hidup sehat dan rajin berolahraga minimal tiga kali dalam seminggu. Selain itu, Ibu bisa gunakan vitamin daya tahan tubuh sebagai asupan pelengkap untuk daya tahan tubuh yang lebih baik.

  • Mengelola Stres

    Jaga daya tahan tubuh dengan cara mengelola stres. Langkah ini penting untuk dilakukan siapa saja sebab ada kaitan antara tingkat stres seseorang dengan kekebalan tubuh. Seperti halnya orang dewasa, anak-anak mungkin bisa mengalami stres. Karena itu, selain olahraga, ajak anak-anak untuk lebih sering mengelola stres dengan melakukan latihan pernapasan maupun meditasi sederhana akan membantu memperbaiki mood anak demi menghindari stres.

  • Penuhi asupan nutrisi yang seimbang

    Selain mengonsumsi vitamin yang bagus untuk anak, si Kecil juga membutuhkan asupan nutrisi lain yang penting untuk tumbuh kembangnya. Nutrisi ini mencakup DHA,  protein, karbohidrat, lemak, dan mineral. 

Selama masa tumbuh kembang, si Kecil akan membutuhkan DHA 4x lebih tinggi untuk mendukung perkembangan otak dan kesehatan mata si Kecil. Kenapa DHA 4x lebih tinggi? Karena awal kehidupan anak adalah saat di mana otak berkembang dengan cepat. Oleh karena itu, pada masa ini Ibu perlu memenuhi kebutuhan DHA seoptimal mungkin.

Studi menunjukkan bahwa DHA dapat membantu proses belajar si Kecil, membuatnya lebih fokus, dan membantunya lebih mudah dalam mencerna informasi.

Sedangkan kekurangan DHA selama masa tumbuh kembang dapat membuat si kecil mengalami kesulitan untuk belajar, meningkatkan risiko ADHD, dan bahkan dapat meningkatkan risiko masalah pada penglihatan. 

Selain itu, si Kecil juga membutuhkan protein selama masa tumbuh kembangnya. Protein. Perlu Ibu ketahui bahwa protein hewani adalah jenis protein yang paling penting dan dibutuhkan oleh tubuh dibandingkan protein nabati. Lebih sulit diserap oleh tubuh dibandingkan dengan protein hewani. 

Agar kebutuhan nutrisi dan vitamin anak terpenuhi dengan baik, selain memberikannya makanan yang bergizi, Ibu juga perlu memberikannya susu pertumbuhan yang kaya akan DHA dan 9AAE. 

Tahukah Ibu? Sekitar 90% perkembangan otak si Kecil di 5 tahun pertamanya sangat membutuhkan asupan DHA. Itulah sebabnya, si Kecil perlu mengonsumsi DHA yang cukup untuk mengoptimalkan fungsi otak. Nah, Ibu bisa mendapatkan DHA 4x lebih tinggi dalam susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ untuk meningkatkan akal kreatif, kemampuan kognitif, dan fungsi sistem saraf si Kecil.

Selain itu, selama masa tumbuh kembangnya, hormon pertumbuhan sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan otot anak. Peran 9AAE sangat berpengaruh pada hormon pertumbuhan. Bahkan kekurangan 1 dari 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan sebanyak 34%, dan kekurangan semua jenis 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan hingga 50%. 9AAE dan DHA harus terpenuhi bersamaan. Karena keduanya harus bekerja bersamaan dan harus dipenuhi dari makanan karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. 

Semua nutrisi penting ini bisa Ibu dapatkan dengan memberikan si Kecil susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Selain mengandung DHA 4x lebih tinggi serta 9AAE, susu ini juga dilengkapi dengan Minyak Ikan, Omega 3&6, Asam Sialat, dan Sphingomyelin tertinggi di kelasnya. Susu ini juga mengandung serat pangan inulin yang dapat menjaga kesehatan pencernaan.

Yuk, pantau terus progres pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil secara rutin di Rapor Tumbuh Kembang Prima yang dikembangkan berdasarkan Growth Chart WHO dan Psikolog Ligina Ayudia., M.Psi. Coba sekarang di halaman ini!