Share Like
Simpan

Gangguan kesehatan apa saja yang muncul saat Ibu mengandung? Wanita hamil memang rentan dengan beragam gangguan kesehatan, salah satunya adalah sembelit yang terjadi karena meningkatnya produksi hormon progesteron dan menyebabkan otot usus besar bekerja lebih lambat. Hal ini mengakibatkan sisa makanan lebih lama “berkeliaran” di saluran pencernaan dan menyebabkan susah buang air besar.

Meski tidak berbahaya, sembelit yang dialami wanita hamil sangat mengganggu karena perut jadi terasa kurang nyaman. Untuk mengatasinya lakukan hal berikut ini ya, Bu:

1. Mengonsumsi cukup cairan

Delapan gelas air putih atau cairan lain yang aman dikonsumsi akan membuat kotoran menjadi lunak dan lebih mudah “berjalan” melewati saluran pencernaan. Agar tak bosan terus-menerus mengonsumsi air putih, Ibu juga bisa makan buah dan sayuran yang kaya kandungan air atau menikmati masakan berkuah seperti sup.

Beberapa jenis minuman yang bisa dikonsumsi oleh wanita hamil adalah jus buah, jus sayur, smoothies, dan juga air kelapa muda. Ibu juga bisa membuat lemonade dengan mencampurkan perasan jeruk lemon, air es, gula, dan sedikit garam sesuai selera yang sangat cocok dijadikan minuman penutup atau dikonsumsi di siang hari yang panas.

2. Perbanyak makanan berserat

Menambah asupan serat dalam tubuh merupakan salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mempermudah buang air besar pada wanita hamil. Pastikan setiap hari Ibu mengonsumsi nutrisi yang kaya serat, seperti sereal gandum dan kacang-kacangan.  Jangan lupakan juga campurkan sayuran hijau saat memasak karena kaya akan serat yang baik untuk pencernaan. 

Sebab, saluran pencernaan wanita hamil akan bekerja lebih lancar sehingga sembelit tak lagi mengganggu jika sudah terbiasa mengonsumsi serat. Selain itu, serat juga membuat feses lebih lunak sehingga Ibu tak perlu mengejan terlalu kuat saat buang air besar. 

3. Perhatikan suplemen yang dikonsumsi

Wanita hamil sering mengonsumsi aneka suplemen untuk menjaga kondisi kesehatan tetap stabil, namun ada beberapa suplemen yang memiliki efek samping terhadap saluran pencernaan. Selain suplemen, beberapa obat juga bisa mengganggu kerja organ pencernaan sehingga menyebabkan wanita hamil susah buang air besar. 

Agar terhindar dari hal ini, lebih baik Ibu berkonsultasi dengan dokter sehingga bisa mengetahui  suplemen dan obat yang tepat untuk dikonsumsi agar tidak merasakan efek samping berupa konstipasi yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sembelit yang dialami wanita hamil merupakan hal yang wajar sehingga Ibu tak perlu terlalu khawatir saat mengalaminya. Lagipula, dengan 3 tips singkat di atas, Ibu bisa mencegah terjadinya sembelit agar hari-hari menjelang kehadiran si Kecil menjadi lebih menyenangkan.