Share Like
Simpan

Bu, bagaimana kabarnya hari ini? Saat mengandung, imunitas tubuh menjadi lebih lemah sehingga wanita hamil cenderung mudah terserang penyakit yang diakibatkan oleh virus seperti halnya flu. Padahal, wanita hamil yang usia kandungannya di bawah 9 bulan tidak dianjurkan mengonsumsi obat karena organ-organ penting pada janin sedang berkembang.

Lalu apa yang bisa dilakukan wanita hamil untuk mengatasi serangan flu? 

1. Istirahat cukup

Penyakit flu sebenarnya bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara rutin selama masa kehamilan. Tetapi jika Ibu sudah terlanjur terkena flu, banyak beristirahat adalah solusi yang bisa ditempuh. 

Wanita hamil membutuhkan waktu tidur yang cukup, terlebih lagi saat kondisi tubuh melemah sehingga pastikan Ibu tidur lebih awal dan tidak terlalu banyak berkegiatan di luar ruangan saat terkena flu.

2. Minum banyak air

Saat terkena flu, wanita hamil harus banyak mengonsumsi air putih dan berkumur dengan air hangat yang dicampur garam untuk meredakan sakit tenggorokan serta batuk. Mengonsumsi makanan dan minum hangat seperti sup ayam dan teh juga dapat membantu menyembuhkan peradangan di tenggorokan dan melegakan hidung yang  tersumbat. 

3. Mengonsumsi vitamin C

Jika Ibu terbiasa mengonsumsi vitamin C selama masa kehamilan, pastikan untuk tetap meminumnya secara rutin saat sedang terkena flu. Ibu juga bisa mendapat asupan vitamin C dari bahan alami seperti jeruk, stroberi, melon, kiwi, mangga, pepaya, brokoli, tomat, paprika, dan bayam. Kandungan vitamin C berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga Ibu tak “kalah” dengan virus flu yang menyerang.

4. Mengonsumsi makanan yang kaya dengan zinc

Zinc sangat dibutuhkan oleh wanita hamil yang sedang flu karena zat ini dapat memerangi virus penyakit yang ada dalam tubuh. Ibu bisa mendapatkan zinc dari aneka makanan lezat seperti daging sapi, kerang, yogurt, gandum, sereal, dan telur. Namun, pastikan Ibu mengolahnya sampai matang dan berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan yang terpercaya sebelum mengonsumsi makanan tersebut ya.

5. Gunakan uap panas

Meski wanita hamil tak boleh mengonsumsi sembarangan obat, Ibu tetap bisa menggunakan semprotan hidung atau inhaler untuk melegakan hidung tersumbat, namun tentunya dengan resep dokter. Cara lain yang bisa ditempuh adalah dengan menghirup uap air hangat yang telah dicampur 1 sdt garam dan sejumput baking soda dengan menggunakan aspirator (alat untuk mengisap udara) untuk mengatasi ingus yang menyumbat dan mengganggu pernafasan.

Ingat Bu, jangan sembarangan mengonsumsi obat karena wanita hamil dengan usia kandungan di bawah 9 bulan sangat rentan terhadap bahan kimia yang ada dalam obat-obatan. Apabila cara tersebut masih belum bisa mengatasi flu yang diderita, segeralah temui dokter kandungan untuk mendapat penanganan yang tepat. Semoga lekas sembuh!