Share Like
Simpan

Beberapa waktu yang lalu saya diminta mengantarkan daun katuk ke tempat kerabat yang baru melahirkan. Banyak yang bilang, daun katuk merupakan salah satu menu wajib usai persalinan yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Namun, sebenarnya manfaatnya bukan cuma itu, Bu. Supaya Ibu tidak salah informasi, cari tahu dulu yuks beragam manfaat daun katuk yang saya dapatkan dari forum ibu hamil. Berikut beberapa di antaranya, Bu:

1. Membantu Meningkatkan Produksi ASI

Tahukah, Ibu? Daun katuk mengandung Laktagagum dan Prolaktin yang tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan serta melancarkan produksi ASI. Sebagai variasi menu, Ibu mengonsumsi daun katuk dalam bentuk sayur rebusan atau lalapan yang lezat.

2. Membantu Mencegah Osteoporosis

Daun bernama Latin Sauropus androgynus ini kaya Kalsium, Fosfor, Zat Besi, dan Potassium lho, Bu. Dalam seikat daun katuk, kandungan masing-masing mineral tersebut bisa mencapai 2,8%. Bahkan, kandungan Zat Besi dalam daun katuk lebih tinggi daripada daun pepaya dan daun singkong. Selain mencukupi kebutuhan mineral tubuh, adanya kandungan-kandungan tersebut juga dapat meminimalisir risiko osteoporosis.

3. Membantu Meningkatkan Imun Tubuh

Kondisi tubuh yang lelah usai melahirkan membuat Ibu butuh sistem imun yang lebih kuat agar tidak mudah sakit. Jika Ibu sakit, tentu si Kecil juga berisiko tertular penyakit melalui ASI. Oleh sebab itu, tingkatkan imun tubuh dengan mengonsumsi daun katuk dalam menu harian, yuk, Bu. Kandungan Kalori, Protein, dan Karbohidrat di dalamnya juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian Ibu.

4. Baik untuk Kesehatan Mata

Daun katuk merupakan sumber Vitamin A yang cukup baik. Vitamin A sangat diperlukan tubuh untuk meminimalisir risiko gangguan penglihatan. Vitamin ini dapat membantu metabolisme sel yang terdapat pada lapisan paling luar retina, yang berfungsi untuk beradaptasi dengan cahaya terang dan gelap.

Wah, ternyata daun katuk banyak manfaatnya ya, Bu! Selain beragam manfaat di atas, daun katuk juga dapat membantu mencegah influenza, menurunkan demam, hingga mengurangi risiko anemia.

Satu lagi, cara mengolah daun katuk harus benar-benar diperhatikan, agar zat gizi yang terkandung di dalamnya tidak rusak. Proses memasak yang terlalu matang atau terlalu lama justru dapat menurunkan kualitas daun katuk. Untuk membantu mendukung nutrisi saat menyusui, Ibu juga dapat rutin mengonsumsi Frisian Flag Mama dengan rasa cokelatnya yang juara. Frisian Flag Mama mengandung nutrisi sesuai untuk mendukung Momen Wow Mama dan si Kecil di masa hamil dan menyusui. Menggunakan formula baru, Frisian Flag Mama mengandung lebih banyak Protein, Inulin, Kalsium, Zat Besi, Vitamin B6, dan juga tinggi energi untuk memenuhi kebutuhan tambahan kalori selama masa menyusui. Selain itu, kandungan Asam Folat, AA, DHA, ALA, dan LA di dalamnya, baik untuk perkembangan otak bayi. Selamat mencoba berbagai menu sehat dan nikmat dengan daun katuk, ya, Bu! Semoga dengan mengoptimalkan manfaat daun katuk untuk ASI ini, si Kecil dapat tumbuh menjadi bayi sehat!