Share Like
Simpan

Halo Bu! Bagaimana perkembangan janin Ibu saat ini? Semoga proses pertumbuhannya selalu berjalan dengan baik, ya. Pada tiga bulan pertama masa kehamilan ini, Ibu mungkin mengalami beberapa keluhan kesehatan yang ringan. Namun, jangan khawatir, Bu! Hal tersebut merupakan tanda kehamilan yang lumrah terjadi. Ini karena tubuh Ibu sedang mempersiapkan diri menyambut kehadiran si Kecil di dalam kandungan. 

Salah satu gangguan yang terjadi akibat proses penyesuaian ini adalah sembelit. Gangguan ini biasanya terjadi karena adanya peningkatan hormon progesteron yang sedang mempersiapkan tubuh Ibu bagi pertumbuhan janin. Akibat penyesuaian ini, otot-otot halus dalam tubuh pun bekerja lebih rileks dan membuat makanan di dalam tubuh menumpuk sehingga kinerja pencernaan pun jadi terganggu.

Banyak cara untuk mengurangi gangguan sembelit di masa hamil muda ini. Salah satunya dengan banyak mengonsumsi cairan dan makan-makanan berserat. Sebagai panduan, mari kita simak susunan menu makanan Ibu hamil sehari-hari yang bisa digunakan untuk mencegah terjadinya sembelit.

Sarapan Pagi

Pada pagi hari, Ibu dapat memilih makanan dan minuman yang ringan dan tidak terlalu asam. Untuk itu, cobalah menyantap menu makanan seperti roti atau bubur gandum serta jus tomat atau pepaya.  Gandum merupakan salah satu sumber gizi Ibu hamil yang baik di masa kehamilan, karena memiliki kandungan serat serta zat besi yang tinggi. Begitu pula dengan buah tomat atau pepaya. Kandungan serat pada keduanya yang tidak larut dalam  air mampu mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit. 

Selain dari makanan, Ibu juga bisa memenuhi kebutuhan akan serat dengan mengonsumsi susu khusus ibu hamil yang memiliki kandungan Serat Inulin. Nutrisi ini dapat menjaga kesehatan pencernaan serta membantu keseimbangan jumlah bakteri baik dalam usus. 

Makan Siang

Sebagai santapan di tengah hari, Ibu dapat menyiapkan menu nasi merah dengan ikan kembung atau salmon serta sup brokoli dan wortel. Sehabis makan, jangan lupa juga untuk banyak meminum air putih ya, Bu. Ini karena kurangnya cairan dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya sembelit.   

Snack

Di sela-sela aktivitas, jangan lupa untuk menyantap snack ringan ya, Bu. Kehadiran janin di dalam kandungan saat ini tentunya membuat Ibu memerlukan asupan makanan yang lebih dari biasanya. Cobalah menyiapkan cemilan sehat seperti buah pisang, buah naga atau semangkuk kacang polong.  Makanan tersebut memiliki kandungan serat tinggi yang bermanfaat untuk mengatasi masalah sembelit.

Makan Malam

Untuk menu sebelum tidur, pilihlah makanan yang ringan bagi pencernaan. Bubur manado yang hangat dengan potongan jagung dan bayam bisa menjadi pilihan bagi Ibu. Selain lezat, hangatnya bubur pun tentunya bisa membuat perut Ibu terasa lebih nyaman sebelum pergi tidur. 

Sudah siap mencoba, Bu? Sedikit tips dari kami, ketimbang mengatur menu makan dengan pola 3 kali sehari, Ibu sebaiknya membagi waktu menjadi 5 atau 6 kali dengan porsi yang lebih sedikit. Pastikan juga untuk memerhatikan kebutuhan nutrisi yang lain dalam menu makanan sehari-hari, ya. Saat ini, Ibu juga memerlukan gizi Ibu hamil seperti nutrisi asam folat (untuk mengurangi risiko terjadinya gangguan pada otak dan sumsum otak belakang) ,  zat besi (untuk memenuhi kebutuhan sel darah merah yang meningkat serta mendukung perkembangan janin),  kalsium (memperkuat struktur tulang dan mencegah tekanan darah tinggi pada Ibu hamil) serta kalori (sebagai sumber energi bagi Ibu dan si Kecil).  Satu lagi, jangan ragu untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Ibu mengenai kebutuhan nutrisi dan pantangan selama masa hamil ini, ya. Dengan memilih menu makanan Ibu hamil yang tepat, proses kehamilan pun akan berjalan dengan lebih baik dan si Kecil juga dapat tumbuh serta berkembang dengan optimal dari dalam kandungan. Selamat makan, Bu!