Share Like
Simpan

Hai, apa kabar, Bu? Sudah menginjak berapa bulan usia kandungannya? Tentu makin tidak sabar untuk segera bertemu si Kecil. Oh iya, apakah Ibu sudah mulai berolahraga? Olahraga penting lho, Bu, untuk menjaga stamina serta mengatasi pegal dan nyeri. Saya sendiri sudah merasakan manfaatnya saat hamil dulu.

Sekarang ini pilihan latihan fisik untuk ibu hamil semakin bervariasi ya, Bu. Kemarin, adik ipar yang sedang mengandung 5 bulan bercerita bahwa ia tertarik mengikuti Bikram Yoga. Olahraga tersebut memang sedang digemari. Namun, apakah aman bagi ibu hamil?

Apa Itu Bikram Yoga

Saya pun mencari tahu tentang Bikram Yoga. Selain untuk memastikan keamanannya, saya juga penasaran dengan olahraga yang sedang hits ini. Setelah browsing di internet dan bertanya sana-sini, saya jadi tahu bahwa Bikram Yoga adalah rangkaian latihan yang mulai dikembangkan sekitar tahun 1971 oleh Bikram Choudhury, ahli yoga asal India yang tinggal di Amerika Serikat.

Konsepnya cukup simpel Bu, yaitu 26 postur yoga selama sekitar 90 menit. Nah, hal yang paling khas dari yoga ini adalah latihannya dilakukan dalam ruangan bersuhu 38-42 derajat Celcius. Makanya, terkenal pula dengan sebutan Hot Yoga. Menantang juga ya, Bu. Olahraga yang bermanfaat untuk meningkatkan stamina, mengurangi gejala penyakit, memperlambat proses penuaan serta membentuk tubuh ini pun menyebar ke seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Hot Yoga & Ibu Hamil

Nah Bu, dalam situs resminya www.bikramyoga.com, dijelaskan bahwa ibu hamil tidak dianjurkan melakukan Bikram Yoga. Sebagai gantinya, disarankan mengambil kelas pregnancy yoga yang gerakan serta suhu ruangannya disesuaikan dengan kondisi hamil. Itupun setelah berkonsultasi ke dokter. Jadi, jangan ambil resiko dengan nekad ikutan Hot Yoga ya, Bu!

Aman & Seru Untuk  Ibu Hamil

Tenang saja Bu, masih banyak pilihan olahraga yang aman dan tak kalah seru. Misalnya, senam dan yoga khusus ibu hamil. Latihan seperti ini memang dirancang untuk kenyamanan dan kesehatan ibu dan janin, serta mempersiapkan persalinan.

Untuk si adik ipar, saya merekomendasikan Senam Segar Mama. Alasannya, rangkaian latihan ringan tersebut dikembangkan Frisian Flag bersama para ahli, yaitu Dr. Michael Triangto, SpKO., spesialis kedokteran olahraga,  serta Dr. Prima Progestian, SpOG, spesialis kandungan. Ada 3 teknik penting yang dikombinasikan di situ Bu, yakni kardio, penguatan otot serta relaksasi. Gerakan senam berdurasi sekitar 24 menit ini pun bisa Ibu ikuti dengan mudah. 

Nah, yang paling utama, Senam Sehat Bugar Relaks (Segar) Mama bisa dilakukan di rumah dengan mengikuti videonya. Sangat praktis ya, Bu? Yuk, kita lihat videonya di bawah ini:

Mudah untuk dilakukan, ya? Sayang, waktu saya hamil dulu, belum ada senam seperti ini. Kini, Ibu bisa mengatur sendiri jadwalnya. Berarti tak ada alasan untuk absen latihan ya, Bu. Oh iya, bisa juga mengajak ibu hamil lainnya untuk berolahraga bersama. Tentu akan lebih menyenangkan. Salam sehat, bugar dan relaks, Bu!