Share Like
Simpan

Masih rajin melakukan senam hamil kan, Bu? Agar mendapat manfaat penuh dari olahraga ringan yang satu ini, sebaiknya Ibu melakukannya dengan rutin selama 150 menit dalam seminggu seperti yang direkomendasikan U.S. Department of Health and Human Services . Itu artinya, dalam sekali senam Ibu bisa melakukannya selama 15 hingga 30 menit tergantung kemampuan. 

Agar senam hamil yang dilakukan lebih nyaman, menggunakan kostum olahraga seperti berikut ini merupakan sebuah keharusan:

1. Celana senam

Di bulan-bulan pertama kehamilan, Ibu masih bisa menggunakan celana biasa yang mempunyai potongan di pinggul karena perut belum terlalu membesar. Memasuki trimester ke dua, Ibu sudah harus menggunakan celana khusus untuk senam hamil yang biasa disebut maternity capris atau yoga pants karena juga sering digunakan untuk melakukan yoga.  Celana khusus untuk senam hamil ini memiliki karet di bagian depan sehingga digunakan saat perut sudah membesar tanpa membuat Ibu merasa kesakitan atau kurang nyaman. 

2. Baju senam

Saat hamil, suhu tubuh akan mudah meningkat sehingga Ibu mungkin akan merasa sangat kegerahan saat berolahraga. Untuk itu, pilihlah baju senam yang longgar dan menyerap keringat. Baju senam hamil ini tak hanya terdiri dari kaus tetapi bisa juga berupa tank top yang lebih cocok digunakan saat berolahraga di luar ruangan.  

Ibu juga bisa memilih baju senam hamil yang dilengkapi inbuilt shelf bra yang dibuat menempel di bagian dalam pakaian dan berfungsi menahan payudara agar tidak terguncang terlalu keras.  

3. Sport bra

Sport bra merupakan salah satu kostum olahraga yang wajib digunakan oleh Ibu saat melakukan senam hamil. Dengan cup yang tebal dan strap atau tali berukuran lebar, payudara tidak akan terguncang saat melakukan gerakan-gerakan senam sehingga mengurangi rasa sakit di bagian tersebut.  Pastikan Ibu memilih ukuran yang tepat agar bra yang digunakan tidak terlalu sempit dan menimbulkan kesulitan bernafas saat digunakan berolahraga.  

4. Sepatu

Jika pakaian dalam, baju, dan celana senam hamil sudah siap, jangan lupakan sepatunya ya, Bu! Pilihlah sepatu olahraga yang empuk saat digunakan sehingga tidak menimbulkan rasa nyeri saat melakukan berbagai gerakan senam hamil. Jika kaki mengalami pembengkakan selama kehamilan, pastikan memilih ukuran sepatu senam yang lebih besar sehingga lebih nyaman digunakan dan dapat mengurangi risiko cedera. 

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih kostum senam hamil adalah kenyamanan, jadi tak perlu takut menggunakan pakaian modelnya tidak menjadi tren selama Ibu bisa bergerak dengan leluasa saat memakainya. Kalau belum memiliki kostum olahraga tersebut, masih belum terlambat kok Bu untuk membelinya agar senam hamil yang dilakukan bisa lebih nyaman dan menyenangkan!