Share Like
Simpan

Hai, Bu! Bagaimana kondisi kandungannya sejauh ini? Semoga baik-baik saja, ya. Ngomong-ngomong soal kehamilan, saya punya sedikit cerita tentang ngidam, nih.

Jadi, sebenarnya ngidam bukanlah sebuah kondisi medis, melainkan sebuah kebiasaan yang selalu seru untuk dibahas. Lucunya, Ibu hamil dan ngidam memang ibarat “sepasang kekasih” yang tidak bisa dipisahkan.

Bayangkan saja, Bu. Waktu saya sedang hamil, hampir setiap orang yang saya temui pasti bertanya, “Sudah mulai ngidam apa? Ngidam yang aneh-aneh ya?” Saya pun hanya tertawa mendengar guyonan tersebut. Lagipula, saya hanya satu atau dua kali saja mengidamkan makanan favorit saya, kok.

Berbincang seputar kehamilan memang tidak ada habisnya ya, Bu. Ditambah lagi, sekarang sudah ada internet, di mana kita bisa memperoleh informasi soal serba-serbi kehamilan dengan cepat dan mudah.

Nah, dari hasil pencarian saya melalui forum dan situs info kehamilan di internet, saya menemukan info yang menarik, Bu. Ternyata, jenis ngidam itu ada banyak, lho. Mau tahu apa saja? Yuk, kita baca sama-sama!

 

Makanan atau Minuman

Jenis ngidam yang satu ini memang paling sering kita temui. Sebenarnya, keinginan untuk mengonsumsi makanan tertentu bisa saja untuk mengurangi rasa pusing dan mual yang sedang kita alami.

Jika makanan atau minuman yang Ibu idamkan sulit ditemukan, Ibu bisa mencari rasa yang paling mirip. Misalnya, Ibu sedang ngidam es krim cokelat, tapi yang ada hanya susu cokelatnya saja. Nah, Ibu bisa menggunakan susu Frisian Flag Mama rasa cokelat untuk diolah menjadi cemilan lezat dan bergizi karena hal ini penting untuk kesehatan janin. Klik di untuk ide resep lezatnya.

 

Benda Berbahaya (Pica)

Pica adalah jenis ngidam yang bisa dibilang  ekstrem. Terbayang tidak, kalau seseorang mengidamkan sabun mandi, tanah merah, kapur tulis, atau karton untuk dimakan?

Ya, kecenderungan ingin mengonsumsi yang aneh-aneh ini memang terkadang bisa tidak terduga. Sejauh ini, sekitar 10% hingga 30% perilaku tersebut dialami oleh balita. Namun,  Ibu hamil juga rentan punya kecenderungan untuk melakukan pica, lho.   Jika Ibu memiliki keinginan untuk makanan yang sekiranya berbahaya atau kurang sehat, konsultasikan ini segera dengan tenaga medis ya.

 

Ingin Berhubungan Intim

Hormon estrogen yang dihasilkan Ibu di trimester pertama kehamilan pasti melonjak. Sehingga, hal tersebut bisa mengakibatkan Ibu lebih bergairah dan mudah terangsang. Ngidam jenis ini sebenarnya tidak selalu berbahaya. Namun, satu hal yang harus diingat, lakukanlah posisi berhubungan intim yang aman untuk janin dalam kandungan. Caranya, Ibu bisa berkonsulasti terlebih dahulu dengan tenaga medis, sebelum melakukannya dengan suami.

 

Mengganggu Orang Lain

Ngidam yang satu ini cukup terbilang aneh lho, Bu. Ibu hamil memang terkadang bisa memiliki keinginan untuk berbuat iseng pada orang lain secara tiba-tiba. Misalnya saja  mengganggu suami yang sedang serius bekerja, dengan mencorat-coret meja kerjanya.   

Cobalah mengatasinya dengan mengalihkan kemauan tersebut pada hal lain, atau menggunakan logika sebelum berbuat iseng. Ingat, Ibu bisa saja melakukan hal-hal memalukan di tempat yang tidak seharusnya.

 

Itulah beberapa ragam ngidam yang biasanya terjadi pada Ibu hamil. Menurut pengalaman Cynthia Belew, seorang bidan dan herbalis di San Francisco, kemauan Ibu hamil yang sedang mengidamkan suatu makanan harus mendapat perhatian khusus. Ya, wajar saja karena saat Ibu hamil membutuhkan nutrisi yang seimbang untuk dirinya dan si Kecil.

Agar kebutuhan nutrisi saat hamil tetap terpenuhi, saya selalu meminum susu Frisian Flag Mama. Selain mengandung Serat Inulin, Asam Folat, dan Kolin, susu ini juga diperkaya oleh Kalsium, Zat Besi, serta 28 vitamin dan mineral lainnya yang baik untuk Ibu dan janin.

Semoga Ibu selalu sehat untuk merayakan momen wow 9 bulan yang menyenangkan!