Share Like
Simpan

Dengan perut yang makin membesar menjelang kelahiran, terkadang Ibu sulit untuk bergerak. Semua menjadi terasa lebih lambat dan Ibu cepat merasa lelah. Otot-otot panggul dan pinggang Ibu akan teregang dan membawa beban yang lebih berat seiring dengan pertumbuhan janin yang pesat, dan berat Ibu sendiri yang juga bertambah. Tubuh Ibu seolah-olah cenderung berat ke depan, sehingga tidak jarang Ibu akan mencondongkan badan ke belakang untuk beradaptasi dengan beban pada perut. Akibatnya, otot-otot punggung akan teregang berlebihan dan Ibu dapat mengalami nyeri punggung.

Namun, Ibu tetap perlu bergerak selama tidak dalam kondisi berisiko melahirkan bayi prematur dan tidak mengalami kontraksi perut sebelum waktunya. Beberapa posisi yang benar saat Ibu melakukan aktivitas sehari-hari pun penting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran Ibu menjelang kelahiran.

Beberapa tips di bawah ini dapat Ibu lakukan dalam melakukan kegiatan sehari-hari :

  1. Berdirilah dengan tegap dan dagu terangkat. Jaga pundak dan bagian punggung Ibu tetap rileks dan jangan mengunci lutut.
  2. Saat mengemudi mobil, atur posisi duduk Ibu agar lutut sejajar dengan panggul dan selipkan bantal kecil sebagai penopang pada panggul agar Ibu tidak pegal. Silangkan sabuk pengaman di bawah perut Ibu
  3. Saat berbaring, selipkan bantal di bawah tungkai dan kaki dan sandarkanlah kepala Ibu pada bantal. Posisi ini akan mengurangi nyeri pinggang yang umumnya dirasakan Ibu hamil.
  4. Saat Ibu duduk, duduklah pada bantalan/dudukan kursi seluruhnya dan bersandarlah pada sandaran kursi.
  5. Duduklah dengan tegak dan bagilah berat badan Ibu secara merata pada kedua pinggul Gunakan sandaran kaki atau bangku jika perlu. Pijakkan telapak kaki Ibu dengan rata pada lantai. Hindari posisi duduk yang sama selama lebih dari 30 menit.
  6. Saat Ibu duduk di tempat kerja, sesuaikan ketinggian kursi dan meja kerja, sehingga Ibu dapat duduk dekat meja. Sandarkan siku dan lengan pada kursi atau meja, agar bahu Ibu rileks.
  7. Saat Ibu hendak berputar dalam posisi duduk, hindari gerakan memuntir di pinggang sambil duduk. Putarlah seluruh tubuh Ibu.
  8. Saat Ibu hendak berdiri dari posisi duduk, hindari membungkuk ke depan. Lakukan beberapa kali peregangan agar otot Ibu tidak kaku.

Untuk lebih jelasnya, Ibu dapat berkonsultasi dengan dokter mengenai posisi tubuh yang tepat bagi Ibu saat beraktivitas.