Share Like
Simpan

Cara menjaga kehamilan yang tepat, bisa didapatkan dari berbagai sumber. Kalau saya dulu banyak mendapatkan masukan dari ibu dan juga teman-teman yang sudah terlebih dahulu memiliki anak. Namun, saya paham bahwa banyaknya pendapat serta masukan yang Ibu terima sering kali justru membuat bingung dan menimbulkan perasaan ragu.

Saya juga dulu merasakan hal yang sama kok, Bu. Di satu sisi, saya ingin percaya karena masukan tersebut berdasarkan pengalaman mereka sendiri. Namun di sisi lain, saya juga khawatir apabila sebagian besar saran yang diberikan merupakan mitos seputar kehamilan saja. Oleh sebab itu, saya memutuskan untuk mengunjungi dokter dan berkonsultasi seputar perawatan kehamilan selama trimester dua langsung dari ahlinya. Dari situ, saya mendapatkan beberapa informasi, yaitu:

  • Gunakan pakaian yang nyaman

Seiring dengan pertumbuhan janin, tubuh Ibu juga akan mengalami perubahan. Oleh sebab itu, gunakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan aktivitas Ibu sehari-hari. Sebaiknya, pilihlah pakaian berbahan katun yang lebih mudah menyerap keringat. Jangan lupa juga sesuaikan ukuran bra dengan kondisi payudara Ibu yang mulai membesar, ya.

  • Tambahkan asupan kalori

Banyak yang mengatakan bahwa saat hamil tandanya Ibu harus makan untuk dua orang. Sebetulnya, anggapan itu kurang tepat, Bu. Ibu memang sebaiknya menambah asupan kalori pada menu makanan sehat untuk ibu hamil, namun yang perlu diperhatikan adalah jumlah kalori itu sendiri, yaitu sekitar 300 lebih banyak dari biasanya. Satu hal yang perlu Ibu ingat, sebaiknya tetap konsumsi makanan sehat agar perkembangan janin semakin optimal ya, Bu.

  • Vaksin

Di masa awal kehamilan, tubuh sering kali mudah terserang penyakit. Salah satunya adalah flu. Saya paham betul bagaimana penyakit flu bisa mengganggu aktivitas saya sehari-hari, Bu. Oleh sebab itu, dapatkan vaksin flu sebagai salah satu cara menjaga kehamilan, ya. Faktanya, vaksin flu yang Ibu terima justru bisa membantu si Kecil terlindungi dari penyakit pernapasan ini ketika ia lahir nanti. 

  • Tidur miring ke samping

Setelah memasuki trimester kedua, perut Ibu akan membesar sehingga Ibu perlu memerhatikan kembali posisi tidur yang aman dan juga nyaman bagi ibu hamil. Perlu dicatat bahwa terlalu sering tidur dengan posisi telentang dapat menekan pembuluh darah besar (vena cava), seiring dengan perkembangan janin di kandungan. Oleh karena itu, Ibu disarankan untuk tidur miring ke samping. Yang dimaksud dengan posisi ini adalah berbaring ke sisi kiri Ibu. Hal ini sangat dianjurkan karena posisi seperti ini bisa memperlancar aliran darah dan memberikan nutrisi yang maksimal bagi janin. Selain itu, posisi ini juga baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil karena dapat membantu ginjal membuang sisa cairan tubuh yang bisa mengurangi pembengkakan pada kaki maupun tangan.

  • Rajin menjaga kebersihan mulut

Apakah Ibu mengalami gusi berdarah? Jika iya, jangan khawatir ya, Bu. Hal ini wajar terjadi di masa kehamilan. Ibu bisa mencegahnya dengan melakukan perawatan mulut, yaitu menyikat gigi setiap habis makan (minimal bersihkan sisa-sisa makanan dengan air atau dental floss) dan rutin memeriksakan kesehatan gigi ke dokter gigi. Ibu tentu tak ingin bakteri dari sisa makanan tersebut menggangu kesehatan Ibu, bukan?

Bagaimana, Bu? Apakah lima tips kehamilan di atas sudah cukup informatif? Jika Ibu memiliki tips lain, bagikan kepada ibu-ibu lain di sini mengenai cara menjaga kehamilan!