Share Like
Simpan

Trimester ketiga disebut-sebut sebagai waktu yang paling dinanti selama masa kehamilan. Pasalnya, Ibu sudah semakin dekat dengan momen kelahiran si Kecil. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa perubahan fisik pada trimester ini kerap kali menjadi tantangan tersendiri. Bagaimana tidak? Beban di perut yang kian membesar mulai memengaruhi kekuatan punggung dan tanpa sadar mengubah postur tubuh Ibu.

Saya teringat kala mengandung si Kecil dulu. Memasuki trimester ketiga, saya sempat merasa kurang nyaman karena perut yang semakin membesar membuat saya tidak leluasa bergerak. Ditambah lagi, kedua payudara saya pun bertambah berat karena sudah siap memproduksi ASI. Kondisi ini memang membuat kita sebagai Ibu hamil sulit mencari posisi nyaman, bahkan ketika sedang beristirahat.         

Untungnya, saat itu saya kedatangan seorang kerabat yang baru saja melahirkan. Ia pun bercerita tentang pengalamannya melewati trimester ketiga. Dari perbincangan itu, akhirnya saya mendapat ‘pencerahan’ terkait cara menikmati masa-masa di penghujung kehamilan. Kiat-kiat tersebut membantu saya dalam  mengatasi kondisi fisik yang kurang nyaman kala itu.

Mau tahu bagaimana cara saya menikmati trimester ketiga dulu? Daripada penasaran, yuk kita baca sama-sama!

  • Luangkan waktu bersama Ayah

Ibu bisa memulainya dengan berbincang tentang si Kecil yang akan segera lahir. Selain itu, Ibu juga bisa mengajak Ayah untuk bersantai berdua di luar rumah, seperti duduk-duduk di taman kota sembari menghirup udara segar.

  • Membuat daftar keperluan pasca melahirkan

Aktivitas seperti ini juga bisa menghibur Ibu di trimester ketiga, lho. Pertama-tama, siapkan secarik kertas untuk menulis sederet keperluan yang dibutuhkan usai melahirkan nanti. Urutkan daftar kebutuhanIbu dan si Kecil dari yang paling penting, hingga yang sekadar pelengkap. Ibu pun tentu bisa mendiskusikan hal ini bersama sang Ayah.

  • Beristirahat yang cukup

Hindari melakukan aktivitas yang membuat Ibu terlalu lelah, misalnya jalan kaki terlalu jauh. Saat sedang beristirahat atau tidur, tambahkan bantal pengganjal untuk menopang paha Ibu, apalagi saat tidur dalam posisi miring. Selain itu, kenakan baju tidur dari bahan yang nyaman dipakai, misalnya kaus berukuran longgar. Kenakan juga bra khusus Ibu hamil dan menyusui yang berguna untuk menopang beratnya payudara.

  • Manjakan diri sendiri

Masa kehamilan bukanlah penghalang untuk memanjakan diri sendiri. Potong rambut di salon sesuai model yang diinginkan supaya penampilan Ibu tampak lebih cerah dan segar. Sesi pijat aman bagi Ibu hamil juga merupakan ide bagus yang bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri dan pegal-pegal di trimester ketiga ini.

Itulah beberapa tips menikmati trimester ketiga yang bisa saya bagikan hari ini. Semoga bermanfaat, Bu! Segala keluhan di penghujung masa kehamilan akan berakhir dengan cepat ketika tubuh mungil si Kecil sudah berada di pelukan Ibu. Oleh karenanya, jaga selalu kesehatan Ibu saat sedang mengandung, ya. Semoga persalinan nanti berjalan dengan lancar!