Trimester ketiga disebut-sebut sebagai waktu yang paling dinanti selama masa kehamilan, karena semakin dekat dengan momen kelahiran buah hati. Namun, perubahan tubuh yang terjadi pada Ibu hamil trimester 3 kerap kali menjadi tantangan tersendiri. Sebelum membahasnya lebih lanjut, pastikan Ibu rutin minum susu Frisian Flag PRIMAMUM yang mengandung tinggi DHA yang bermanfaat untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil, serta 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal. Susu ini juga mengandung 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu. 

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Menginjak usia kehamilan trimester 3, hari kelahiran Buah Hati pun semakin dekat. Pastikan Ibu terus menjaga kesehatan tubuh dan janin dengan paham tahapan perkembangan janin hingga tanda bahaya yang mungkin muncul.

Perkembangan Hamil Trimester 3

Perkembangan hamil trimester 3 dibagi menjadi dua, yaitu tahap tumbuh kembang janin dan kondisi Ibu. Agar lebih paham, berikut uraiannya: 

Perkembangan Janin

  • Pertumbuhan fisik: Janin terus tumbuh dengan cepat, dan berat badannya bisa mencapai 3 kg atau lebih pada saat lahir.
  • Perkembangan organ: Organ-organ vital janin, seperti paru-paru, jantung, dan otak, telah berkembang sempurna dan siap untuk berfungsi di luar rahim.
  • Pergerakan: Janin semakin aktif bergerak dan mungkin sering kali terasa menendang atau meninju.
  • Posisi: Pada sekitar minggu ke-32, janin biasanya akan berputar ke posisi kepala di bawah untuk persiapan persalinan.

Perubahan Tubuh Ibu

  • Perut membesar: Perut ibu hamil akan terus membesar seiring dengan pertumbuhan janin.
  • Perubahan fisik lainnya: Ibu hamil mungkin mengalami pembengkakan pada kaki, tangan, dan wajah, serta sering buang air kecil dan sembelit.
  • Perubahan emosional: Ibu hamil mungkin mengalami berbagai macam emosi, seperti kecemasan, kegembiraan, dan kelelahan.

Guna menjaga perkembangan janin dan kondisi Ibu, asupan nutrisi yang tepat di trimester ketiga kehamilan sangat penting. 

Tujuannya adalah untuk membantu Ibu mempersiapkan diri dalam persalinan dan menyusui.

Artikel Sejenis

Panduan Asupan Ibu Hamil Trimester 3

Ibu hamil pada usia trimester 3 memerlukan asupan nutrisi yang optimal untuk mendukung kesehatan Ibu dan perkembangan janin. 

Salah satu cara untuk mencapai itu adalah melalui konsumsi sayur dan buah, serta menghindari beberapa jenis makanan.

Sayur dan Buah yang Dianjurkan

sayur dan buah yang dianjurkan untuk ibu hamil trimester 3 - ibudanbalita

Ibu hamil trimester 3 dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan yang kaya akan vitamin, mineral, dan serat seperti berikut:

  1. Bayam. Bayam merupakan sumber zat besi yang sangat baik, mineral penting untuk mencegah anemia pada Ibu hamil. Zat besi juga berperan dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke janin.
  2. Alpukat. Alpukat termasuk salah satu buah yang bagus untuk Ibu hamil trimester 3. Alpukat diperkaya vitamin C, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, asam folat, dan kalium yang penting untuk kesehatan Ibu dan janin.
  3. Brokoli. Kandungan vitamin K, vitamin C, dan asam folat dalam brokoli membantu dalam pembentukan tulang dan sistem kekebalan tubuh.
  4. Jeruk. Buah jeruk kaya akan vitamin C yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan penyerapan zat besi.
  5. Ubi jalar. Ubi jalar merupakan sumber vitamin A, vitamin C, dan vitamin B kompleks yang baik. Ubi jalar juga kaya akan serat yang membantu mencegah sembelit.
  6. Pisang. Pisang kaya akan kalium, vitamin B6, dan serat. Kalium membantu menjaga tekanan darah dan mencegah kram kaki, sedangkan vitamin B6 membantu mengurangi rasa mual dan muntah.
  7. Wortel. Kandungan vitamin A dalam wortel berperan penting untuk kesehatan mata dan perkembangan janin. Vitamin A juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi.

Pastikan untuk mencampur berbagai warna sayur dan buah yang bagus untuk Ibu hamil trimester 3 di atas untuk mendapatkan nutrisi yang maksimal.

Baca juga: Inilah Susu Ibu Hamil yang Bagus untuk Perkembangan Janin

Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi

ibu hamil trimester 3 menolak makanan - ibudanbalita

Mengutip dari American Pregnancy Association, berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya dibatasi konsumsinya:

  1. Makanan tinggi lemak. Hindari makanan yang tinggi lemak jenuh untuk mengurangi risiko kenaikan berat badan yang berlebihan selama kehamilan dan komplikasi lainnya.
  2. Seafood tinggi merkuri. Batasi konsumsi ikan seperti tuna yang mengandung merkuri tinggi, karena dapat berpengaruh terhadap perkembangan saraf janin.
  3. Makanan olahan. Sosis, kornet, dan makanan olahan lainnya biasanya mengandung natrium, lemak jenuh, dan pengawet. Konsumsi makanan olahan yang berlebihan dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi pada Ibu hamil.
  4. Daging setengah matang. Makanan yang belum matang mengandung bakteri berbahaya, seperti Salmonella, Listeria, dan E. coli. Bakteri ini dapat menyebabkan keracunan makanan, yang bisa berbahaya bagi Ibu dan janin.
  5. Makanan manis. Konsumsi gula berlebihan dapat saat hamil trimester 3 meningkatkan risiko diabetes gestasional dan berat badan lahir berlebih.
  6. Minuman Mengandung Kafein. Sebaiknya batasi asupan kafein hingga 200 mg per hari. Kafein dapat mengganggu penyerapan zat besi dan menyebabkan bayi lahir dengan berat badan lahir rendah.

Selain menghindari makanan yang disebutkan di atas, Ibu juga perlu memastikan kecukupan nutrisi penting seperti protein, kalsium, zat besi, folat, dan vitamin lainnya.

Dengan menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang, Ibu hamil trimester 3 dapat menjalani kehamilan yang sehat dan lancar hingga persalinan.

Baca juga: 7 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Persalinan

Keluhan Ibu Hamil Trimester 3

keluhan ibu hamil trimester 3 - ibudanbalita

Banyak ibu hamil yang mulai merasakan berbagai keluhan di trimester ketiga kehamilan. Melansir dari Mayo Clinic, berikut ini beberapa yang umum dikeluhkan oleh ibu hamil trimester 3:

  1. Nyeri Punggung dan Pinggul

    Pertambahan berat badan dan perubahan postur tubuh akibat rahim yang membesar saat hamil trimester 3 dapat menyebabkan nyeri punggung dan pinggul.

    Ibu bisa melakukan peregangan ringan, kompres hangat, dan pijat untuk meredakan rasa nyeri.

  2. Sering Buang Air Kecil

    Tekanan rahim yang membesar pada kandung kemih membuat Ibu hamil trimester ini sering buang air kecil.

  3. Kontraksi Palsu

    Salah satu keluhan Ibu hamil trimester 3 yang sering dialami adalah terjadinya kontraksi palsu

    Kontraksi ini biasanya tidak teratur dan tidak terlalu intens jika dibandingkan kontraksi asli.

  4. Sulit Tidur

    Kesulitan tidur sering menjadi keluhan Ibu hamil trimester ini. Ciptakan suasana tidur yang nyaman, hindari konsumsi kafein di malam hari, dan lakukan aktivitas fisik yang ringan.

  5. Heartburn dan Sembelit

    Perubahan hormon dan tekanan pada perut dapat menyebabkan heartburn dan sembelit. Konsumsi makanan berserat tinggi dan minum air putih dapat meringankan kedua keluhan ini.

  6. Pembengkakan

    Pembengkakan pada kaki, tangan, dan wajah saat hamil trimester 3 dapat terjadi akibat penumpukan cairan. Hindari duduk atau berdiri terlalu lama, dan tinggikan kaki saat berbaring.

  7. Kram pada Kaki

    Kaki yang mengalami kram dapat terjadi akibat kekurangan kalsium dan magnesium. Pastikan Ibu mendapatkan asupan kedua nutrisi ini yang cukup dari makanan atau suplemen tambahan.

Jika Ibu merasakan keluhan selain di atas dan terasa tidak biasa, konsultasikan dengan dokter kandungan atau bidan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Tanda Bahaya Kehamilan Trimester 3

nyeri ulu ati ibu hamil trimester 3 - ibudanbalita

Ada beberapa tanda bahaya yang perlu diwaspadai selama trimester ketiga, karena dapat mengindikasikan komplikasi serius yang memerlukan penanganan medis segera. Berikut beberapa tanda-tandanya:

  1. Keluarnya Cairan Ketuban

    Keluarnya cairan ketuban berwarna bening, kuning, atau kehijauan menandakan bahwa ketuban telah pecah. Ketuban yang pecah sebelum waktunya dapat membahayakan Ibu dan janin

  2. Perdarahan

    Perdarahan vagina merupakan salah satu tanda bahaya yang paling umum terjadi. Perdarahan dapat berwarna merah muda, merah terang, atau coklat, dan dapat disertai dengan rasa sakit atau kram perut.

  3. Sakit Kepala Parah

    Sakit kepala yang parah dan tidak kunjung membaik, terutama jika disertai dengan gangguan penglihatan dapat menjadi tanda preeklamsia atau komplikasi kehamilan yang serius dan dapat membahayakan Ibu dan janin.

  4. Nyeri Perut

    Kondisi nyeri perut berlebih bisa menjadi tanda komplikasi serius. Segera periksakan ke dokter atau bidan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

  5. Bengkak Berlebihan

    Bengkak pada kaki, tangan, dan wajah merupakan hal yang normal pada kehamilan. Namun, jika disertai dengan sakit kepala, pusing, atau perubahan penglihatan, bisa menjadi tanda preeklamsia.

  6. Penurunan Gerakan Janin

    Memasuki trimester ketiga kehamilan, janin biasanya bergerak aktif sepanjang hari. Jika Ibu merasakan penurunan gerakan janin secara signifikan, segera hubungi dokter atau bidan.

  7. Mual dan Muntah Berlebihan

    Mual dan muntah berlebihan yang disertai dengan sakit kepala, pusing, dan penglihatan kabur, dapat menandakan preeklampsia. Segera hubungi dokter atau bidan untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan.

Guna menjaga kesehatan Ibu dan janin, penting untuk memerhatikan asupan setiap harinya, menghindari apa yang dilarang, dan lebih waspada terhadap tanda bahaya kehamilan.

Selama kehamilan, Ibu juga memerlukan tambahan energi, protein dan nutrisi penting lainnya untuk mendukung kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin yang sehat dan optimal. Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu hamil yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak janin, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, Omega-3 (ALA), Omega-6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode kehamilan.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu hamil untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil yang dilengkapi dengan DHA serta 9 Asam Amino Esensial (AAE) selama periode kehamilan. Satu gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 180 kalori, DHA 34 mg, protein 9 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama periode kehamilan. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin. Optimalkan tumbuh kembang janin dengan susu Frisian Flag PRIMAMUM!

Sebagai tambahan informasi, Ibu juga bisa lho memanfaatkan fitur-fitur yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima, salah satunya fitur Kamus Kehamilan bisa jadi solusi yang tepat untuk mencari informasi tentang kehamilan, asupan nutrisi, dan hal-hal lain yang penting bagi Ibu hamil. Yuk, coba fiturnya sekarang juga. 

sJangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan bergabung sebagai member Ibu dan Balita, Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Yuk, daftar sekarang!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.