Share Like
Simpan

Apakah Ibu lebih mudah stres ketika mengandung? Banyak wanita yang lebih sensitif dan mudah tertekan ketika hamil karena adanya perubahan hormon dalam tubuh yang disebabkan oleh perkembangan janin.  Untuk mengurangi rasa stres yang dialami, Ibu bisa melakukan senam hamil sesuai dengan anjuran dokter kandungan yang sering didatangi.

Nah, berikut ini adalah alasan mengapa senam hamil dapat mengurangi stres dan membuat Ibu lebih bersemangat menjalani masa kehamilan:

1. Meningkatkan energi

Selama masa kehamilan, Ibu mungkin menjadi mudah letih sehingga ingin terus berdiam diri dan beristirahat di tempat tidur. Meski melakukan senam hamil tampak melelahkan, sebenarnya olahraga ringan seperti ini justru meningkatkan energi karena dapat memperkuat sistem kardiovaskular dalam tubuh. 

Selain itu, otot yang kuat dan terlatih karena senam hamil juga membuat Ibu lebih fit dan tidak mudah lelah saat menjalani aktivitas harian seperti berbelanja, memasak, ataupun melakukan rapat saat berada di kantor. 

2. Membuat tidur lebih lelap

Wanita hamil seringkali sulit tertidur karena mengalami serangan kecemasan sesaat sebelum memejamkan mata. Nah, dengan melakukan senam hamil pada pagi atau sore hari, tubuh akan terasa lelah sehingga Ibu bisa segera terlelap tanpa harus terjaga hingga dini hari. 

Dengan beristirahat cukup di malam hari, ketika bangun tubuh menjadi lebih bugar sehingga siap beraktivitas seharian tanpa perlu khawatir akan merasa pusing atau lemas. Selain itu, tidur lelap juga membuat perasaan lebih baik ketika bangun sehingga mengurangi kemungkinan timbulnya rasa stres. 

3. Meningkatkan hormon “kebahagiaan”

Aktivitas olahraga yang dilakukan selama mengandung, termasuk juga senam hamil, membuat otak menghasilkan hormon endorfin lebih banyak sehingga dapat memperbaiki mood dan mengurangi rasa cemas yang dirasakan. 

Selain meningkatkan produksi hormon endorfin, senam hamil juga membuat otak menghasilkan lebih banyak hormon serotonin yang dapat menciptakan perasaan lebih tenang dan penuh rasa optimis .

4. Menjaga berat badan

Selain karena perubahan hormonal, ternyata banyak juga wanita hamil yang merasa stres karena takut tubuhnya akan “membengkak” saat mengandung. Selain menjaga pola makan, senam hamil yang dilakukan secara rutin juga dapat membantu mengontrol berat badan selama masa kehamilan sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri. 

Agar kegiatan olahraga yang dilakukan dapat memberikan manfaat optimal, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter dan meminta saran mengenai jenis senam hamil yang sesuai dengan kebutuhan Ibu dan janin.

Bagaimana Bu, sudah siap mengurangi stres dengan senam hamil? Jika Ibu menjalani masa kehamilan dengan rasa nyaman, bahagia, dan penuh semangat, pastinya si calon bayi juga akan tumbuh lebih optimal, bukan?