Perkembangan bayi 10 bulan secara umum ditunjukkan si Kecil yang semakin aktif dan makin ingin tahu dengan hal-hal di sekitarnya. Di masa ini, si Kecil tentu masih membutuhkan asupan ASI sebagai sumber nutrisi utamanya. Untuk itu, Ibu menyusui harus konsumsi asupan bernutrisi seperti susu Frisian Flag PRIMAMUM yang mengandung tinggi DHA yang bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu. Dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil dengan Frisian Flag PRIMAMUM

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Setiap bulan, bayi mengalami banyak perkembangan yang menandakan pertumbuhannya. Memasuki usia 10 bulan, bayi sudah mulai terlihat ‘besar’ dan sedang bersiap memasuki fase balita. 

Apakah Ibu tahu kira-kira bayi 10 bulan bisa apa saja? Ibu bisa cari tahu perkembangan bayi 10 bulan dan stimulasinya dalam pembahasan berikut ini. Ketahui juga apa saja hal yang tidak boleh dilakukan pada bayi 10 bulan.

Tahapan Perkembangan Bayi 10 Bulan

Memasuki usia 10 bulan, si Kecil akan menunjukkan berbagai tahap perkembangan yang menakjubkan mulai dari perkembangan fisik hingga perkembangan sensoriknya. 

Agar Ibu tidak terlewat tahap tumbuh kembang si Kecil, berikut ini perkembangan bayi 10 bulan yang perlu Ibu pahami:

Artikel Sejenis

  1. Perkembangan Fisik Bayi 10 Bulan
  2. Berat badan bayi 10 bulan tidak terlalu banyak bertambah dibandingkan saat ia berusia 1-9 bulan. Begitu pula dengan perkembangan tinggi badan dan lingkar kepala. Berikut adalah tabel perkembangan bayi 10 bulan yang sehat:

    tabel pertumbuhan fisik anak

    (Sumber: WHO)

    Selain ukuran dan berat badan bayi 10 bulan, di usia ini si Kecil sudah mulai kuat secara fisik dan terampil untuk melakukan berbagai aktivitas, terutama kaki dan punggungnya.

    Kakinya sudah mulai kuat untuk menopang tubuh sehingga si Kecil bisa belajar berjalan dengan berpegangan atau bantuan dari orang dewasa. 

    Gerakan tangannya pun juga berkembang dengan baik yang bisa dilihat dari responnya saat ada yang mengajak bersalaman. Untuk melatih gerakan tangannya, Ibu bisa mengajari si Kecil melambai saat ada yang akan pergi atau belajar bertepuk tangan.

    Punggung bayi 10 bulan mulai lebih lentur sehingga ia bisa mengambil benda sambil membungkuk. Namun ia masih belum bisa menggerakkan tubuhnya dengan baik dari posisi berdiri ke duduk.

    Baca juga: Pedoman Berat Badan Bayi Normal Hingga Usia 12 Bulan

  3. Perkembangan Motorik Bayi 10 Bulan
  4. Rasa ingin tahu si Kecil mulai tumbuh nih, Bu. Ia pun akan senang bergerak dan menjelajahi isi rumah untuk melihat semua hal. Untuk mengoptimalkan perkembangan bayi 10 bulan, Ibu sebaiknya sering mengajaknya keluar rumah untuk sekedar jalan-jalan atau bermain di taman. 

    Si Kecil pasti akan sangat senang melihat semua hal yang ia temui. Dengan cara ini ia bisa belajar hal baru dan kosakata untuk diucapkannya. Jadi saat sedang berada di luar rumah, Ibu sebaiknya sering mengajak ia bercerita.

    Perkembangan bayi 10 bulan juga ditunjukkan dengan gerakan-gerakannya yang sudah lebih baik dimana ia bisa belajar berdiri, jongkok, menunduk lalu duduk. Meski begitu Ibu harus tetap mengawasi untuk keselamatannya. 

    Beberapa bayi sudah bisa melangkahkan kakinya untuk berjalan sendiri sambil sesekali mencari pegangan. Namun tak perlu khawatir dan memaksakan bila ia masih merasa takut, karena tentunya perkembangan setiap anak berbeda-beda.

    Perkembangan bayi 10 bulan juga ditunjukkan dengan kemampuan untuk mengkoordinasikan otot dan saraf dimana ia bisa mengambil benda kecil di lantai sambil sesekali ia masukkan ke mulut.

    Peran Ibu sangat besar untuk terus memperhatikan benda-benda yang ada di sekeliling si Kecil. Jangan sampai ada benda berbahaya yang bisa ia ambil dan akan melukainya. 

  5. Perkembangan Sensorik Bayi 10 Bulan
  6. Dari segi kemampuan sensorik, perkembangan bayi 10 bulan bisa dilihat dari daya tangkap si Kecil. Di usia ini ia mulai mengenali dirinya sendiri. Seperti saat namanya dipanggil, maka ia akan berusaha mendekat sebagai respon. 

    Selain mengenali dirinya sendiri, si Kecil juga mulai semakin cermat mengenali mana orang yang dekat dengan keluarga dan mana yang orang asing. Bila merasa dekat, maka ia akan merasa nyaman dan senang. 

    Sebaliknya, ia mungkin akan menangis saat berada di dekat orang asing. Ini juga sebagai tanda perkembangan kepribadian si Kecil, Bu.

    Tak hanya mengenali orang, perkembangan bayi 10 bulan juga sudah bisa ditunjukkan saat si Kecil hafal dengan rute yang sering dilaluinya, seperti letak kamarnya atau letak mainannya. Ibu pasti akan merasa takjub saat si Kecil merangkak atau berjalan sendiri menuju tempat yang dihafalnya. 

    Si Kecil juga sudah mulai bisa bereaksi saat mendengar suara di sekitarnya. Suara yang keras dan mengagetkan bisa membuatnya kaget dan takut. Untuk melatih pendengarannya, Ibu bisa menirukan suara hewan sambil bersembunyi agar ia berusaha mencari sumber suara tersebut.

Stimulasi untuk Perkembangan Bayi 10 Bulan

stimulasi untuk perkembangan bayi 10 bulan - ibudanbalita

Untuk mendukung perkembangan bayi 10 bulan, penting bagi orang tua untuk memberikan stimulasi yang tepat. Stimulasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti berikut:

  1. Siapkan ruang eksplorasi yang nyaman
  2. Bayi yang mulai belajar berdiri dan berjalan membutuhkan ruang yang aman dan nyaman untuk mengeksplorasi lingkungannya. Ibu perlu menyediakan ruang khusus di rumah untuk mendukung perkembangannya.

    Menyediakan ruangan khusus eksplorasi di rumah menjadi sarana yang efektif untuk merangsang perkembangan motorik dan kognitif si Kecil. Ibu dapat menghiasi ruang ini dengan berbagai mainan yang menarik dan sesuai untuk usia si Kecil.

  3. Ajak si Kecil bicara
  4. Mengutip dari laman Raising Children, sering mengajak si Kecil berbicara bermanfaat bagi perkembangan bahasanya meskipun belum bisa bicara dengan jelas.

    Tanggapi ocehannya dengan penuh semangat ya, Bu. Stimulasi ini akan mendorong si Kecil untuk mengekspresikan diri, memahami komunikasi, dan memperkaya kosakatanya.

  5. Memanggil namanya dari kejauhan
  6. Di usia ini, ikatan emosinya pun ikut berkembang dimana ia akan merespon dengan mendatangi orang yang dekat dengannya. Ibu bisa melatih kemampuan ini dengan memanggil namanya dari kejauhan dan rentangkan tangan Ibu untuk menyambutnya dengan pelukan.

  7. Berikan finger food
  8. Memasuki usia 10 bulan, kemampuan makan si Kecil semakin berkembang baik. Ibu bisa memberikan finger food untuk melatih kemampuannya makan sendiri. Apabila bayi 10 bulan belum tumbuh gigi, Ibu bisa memilih finger food dengan tekstur yang lunak agar mudah dikunyah.

  9. Bermain bersama si Kecil
  10. Pada usia 10 bulan, bayi umumnya mulai mengembangkan keterampilan motorik halus dan bahasa. Stimulasi dengan memberikan mainan yang beragam dapat membantunya belajar tentang bentuk, warna, tekstur, dan suara.

    Ibu bisa mengajak si Kecil bermain di taman atau di halaman rumah. Biarkan ia bermain dengan bebas dan mengeksplorasi lingkungannya ya, Bu. Hal ini akan membantu membantu si Kecil mengasah keterampilan motorik, kognitif, dan sosial-emosionalnya.

Baca juga: Perkembangan Sosial Emosional, Ini Tahapannya pada Bayi

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan pada Bayi 10 Bulan

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan pada Bayi 10 Bulan - ibudanbalita

Bayi berusia 10 bulan sudah banyak menunjukkan perkembangan menakjubkan dan suka bereksplorasi. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan, yaitu:

  1. Memberikan Makanan yang Tidak Sesuai Usia
  2. Pada usia ini, si Kecil masih dalam fase pengenalan makanan padat. Penting bagi Ibu untuk tidak memberikan makanan yang tidak sesuai dengan usia si Kecil.

    Misalnya saja, pemberian madu untuk bayi 10 bulan. Centers for Disease Control and Prevention memaparkan bahwa memberikan madu untuk bayi di bawah 1 tahun berisiko memicu botulisme atau keracunan serius yang disebabkan oleh bakteri Clostridium botulinum

  3. Tidak Memberikan Waktu Tidur yang Cukup
  4. Tidur sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Pastikan si Kecil mendapatkan cukup tidur, dan menciptakan rutinitas tidur yang nyaman. Hindari terlalu banyak stimulasi sebelum tidur untuk membantu mereka tidur lebih nyenyak.

  5. Kurang Memberikan Stimulasi
  6. Kurangnya stimulasi dapat berdampak negatif pada perkembangan bayi 10 bulan. Pastikan untuk memberikan mainan yang sesuai dan merangsang perkembangan motorik dan kognitif si Kecil ya, Bu.

Sangat menyenangkan bisa terus mengamati perkembangan buah hati ya, Bu. Untuk mengoptimalkan perkembangan bayi 10 bulan, Ibu harus terus memberikan nutrisi terbaik dan stimulasi yang sesuai. 

ASI masih harus terus diberikan yang disertai dengan pemberian MPASI yang bergizi untuk mencegah stunting yang makin marak terjadi di Indonesia. Semoga si Kecil bisa tumbuh optimal dan sehat seperti yang Ibu inginkan!

Agar produksi ASI meningkat baik dalam jumlah maupun kualitasnya, Ibu harus mendapatkan energi tambahan sebanyak 500 kalori setiap harinya (AKG 2019) begitu juga dengan protein dan nutrisi penting lainnya. Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu menyusui yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode menyusui dan mendukung produksi ASI.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu menyusui untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil dengan DHA dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), serta 9 nutrisi penting untuk kebaikan Ibu dan si Kecil selama periode menyusui. Dua gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 360 kalori, DHA 68 mg, protein 18 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama menyusui si Kecil. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin.

Namun jika Ibu atau si Kecil mengalami kondisi yang tidak memungkinkan pemberian ASI, Ibu bisa memberikan susu pendamping ASI sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan ya Bu. Pastikan Ibu memilih susu yang mengandung 9 protein asam amino esensial lengkap dan tinggi DHA, karena protein adalah komponen yang penting untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi ya, Bu!

Selain memantau perkembangan bayi 10 bulan, Ibu juga bisa mengetahui progres pertumbuhan dan perkembangannya melalui fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Di fitur ini, tinggi badan anak, berat badan, lingkar kepala, dan indeks massanya akan diukur, serta disesuaikan dengan grafik pertumbuhan dari WHO. Yuk coba sekarang!

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan bergabung sebagai member Ibu dan Balita, Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Yuk, daftar sekarang!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.