Whatsapp Share Like
Simpan

Setiap bulan bayi mengalami banyak perkembangan yang menandakan pertumbuhannya. Memasuki usia 10 bulan, bayi sudah mulai terlihat ‘besar’ dan sedang bersiap memasuki fase balita. Di usia ini si Kecil juga sudah terlihat aktif dan selalu ingin tahu. Apakah Ibu tahu kira-kira apa saja perkembangan bayi 10 bulan tersebut? Ibu bisa cari tahu langsung informasinya dari uraian di bawah ini:

Pertumbuhan Fisik

Di usia 10 bulan, pertumbuhan berat, tinggi, dan lingkar kepala si Kecil sudah tidak terlalu banyak dibandingkan saat ia berusia 1-9 bulan. Berikut adalah tabel perkembangan fisiknya:

(Sumber: https://www.who.int/childgrowth/standards/en/)

Selain menilik dari ukuran dan berat tubuhnya, bayi usia 10 bulan secara fisik sudah mulai kuat dan terampil untuk melakukan berbagai aktivitas, terutama kaki dan punggungnya. Kakinya sudah mulai kuat untuk menopang tubuh sehingga si Kecil bisa belajar berjalan dengan berpegangan atau bantuan dari orang dewasa. Gerakan tangannya pun juga berkembang dengan baik yang bisa dilihat dari responnya saat ada yang mengajak bersalaman. Untuk melatih gerakan tangannya, Ibu bisa mengajari si Kecil melambai saat ada yang akan pergi atau belajar bertepuk tangan.

Punggung bayi di usia 10 bulan mulai lebih lentur sehingga ia bisa mengambil benda sambil membungkuk. Namun ia masih belum bisa menggerakkan tubuhnya dengan baik dari posisi berdiri ke duduk. Dari kemampuan bicara, perkembangan bayi 10 bulan ditunjukkan dengan kemampuan belajar berbicara dan mengucapkan beberapa kata yang mudah dan sering ia dengar, seperti mama, papa, maem, dan sebagainya. Si Kecil juga sudah tahu caranya untuk mengeluh atau marah saat ada sesuatu yang tidak disukainya. Contohnya seperti saat Ibu menjauhkan mainan dari jangkauannya, sehingga ia sulit untuk meraihnya.

Artikel Sejenis

Perkembangan Motorik

Rasa ingin tahu si Kecil mulai tumbuh nih, Bu. Ia pun akan senang bergerak dan menjelajahi isi rumah untuk melihat semua hal. Di usia ini Ibu sebaiknya sering mengajaknya keluar rumah untuk sekedar jalan-jalan atau bermain di taman. Si Kecil pasti akan sangat senang melihat semua hal yang ia temui. Dengan cara ini ia bisa belajar hal baru dan kosa kata untuk diucapkannya. Jadi saat sedang berada di luar rumah, Ibu sebaiknya sering mengajak ia bercerita.

Gerakan-gerakannya juga sudah lebih baik dimana ia bisa belajar berdiri, jongkok, menunduk lalu duduk. Meski begitu Ibu harus tetap mengawasi untuk keselamatannya. Beberapa bayi sudah bisa melangkahkan kakinya untuk berjalan sendiri sambil sesekali mencari pegangan. Namun tak perlu khawatir dan memaksakan bila ia masih merasa takut, karena tentunya perkembangan setiap anak berbeda-beda.

Perkembangan bayi 10 bulan juga ditunjukkan dengan kemampuan untuk mengkoordinasikan otot dan syaraf dimana ia bisa mengambil benda kecil di lantai sambil sesekali ia masukkan ke mulut. Di sini peran Ibu sangat besar untuk terus memperhatikan benda-benda yang ada di sekeliling si Kecil. Jangan sampai ada benda berbahaya yang bisa ia ambil dan akan melukainya. Selain itu si Kecil juga sudah mulai belajar untuk menyusun mainan. Untuk mengasah kemampuannya, berikan permainan balok atau donat susun dengan berbagai macam ukuran agar ia bisa belajar menyusun dari ukuran yang besar ke kecil atau sebaliknya.

Di usia ini si Kecil mulai menunjukkan ketertarikan dengan benda kemudian akan mengoceh untuk memintanya. Ikatan emosinya pun ikut berkembang dimana ia akan merespon dengan mendatangi orang yang dekat dengannya. Ibu bisa melatih kemampuan ini dengan memanggil namanya dari kejauhan dan rentangkan tangan Ibu untuk menyambutnya dengan pelukan. Saat si Kecil menangis karena suatu hal, segera berikan pelukan atau ciuman supaya ia tidak menangis terlalu lama.

Perkembangan Sensorik

Dari segi kemampuan sensorik, perkembangan bayi 10 bulan bisa dilihat dari daya tangkap si Kecil. Di usia ini ia mulai mengenali dirinya sendiri. Seperti saat namanya dipanggil, maka ia akan berusaha mendekat sebagai respon. Selain mengenali dirinya sendiri, si Kecil juga mulai mengenali mana orang yang dekat dengan keluarga dan mana yang orang asing. Bila merasa dekat, maka ia akan merasa nyaman dan senang. Sebaliknya, ia mungkin akan menangis saat berada di dekat orang asing. Ini juga sebagai tanda perkembangan kepribadian si Kecil, Bu.

Tak hanya mengenali orang, bayi berusia 10 bulan juga sudah bisa hafal dengan rute yang sering dilaluinya, seperti letak kamarnya atau letak mainannya. Ibu pasti akan merasa takjub saat si Kecil merangkak atau berjalan sendiri menuju tempat yang dihafalnya. Si Kecil juga sudah mulai bisa bereaksi saat mendengar suara di sekitarnya. Suara yang keras dan mengagetkan bisa membuatnya kaget dan takut. Untuk melatih pendengarannya, Ibu bisa menirukan suara hewan sambil bersembunyi agar ia berusaha mencari sumber suara tersebut.

(Sumber: www.hamil.co.id

Sangat menyenangkan bisa terus mengamati perkembangan buah hati ya, Bu. Untuk mengoptimalkan perkembangan bayi 10 bulan, Ibu harus terus memberikan nutrisi terbaik dan stimulasi yang sesuai. ASI masih harus terus diberikan yang disertai dengan pemberian MPASI yang bergizi untuk mencegah stunting yang makin marak terjadi di Indonesia. Semoga si Kecil bisa tumbuh optimal dan sehat seperti yang Ibu inginkan!