Share Like
Simpan

Bu, bagaimana kondisi si Kecil saat ini? Beberapa bulan setelah kelahiran merupakan waktu yang sangat penting untuk pertumbuhan si Kecil di masa mendatang. Maka dari itu, Ibu harus selalu memerhatikan keamanannya karena bayi yang sehat selalu banyak bergerak sehingga harus diletakkan di tempat yang nyaman sekaligus melindunginya dari benturan dan juga kemungkinan terjatuh.

Demi menjaga bayi sehat selalu aman dan terjaga dalam semua kegiatannya, Ibu perlu mengetahui kiat-kiat berikut ini:

  1. Hindari Mengguncangkan Bayi

    Meski Ibu merasa gemas melihat kelucuan si Kecil, jangan sekali-kali mengguncangkan tubuhnya karena hal ini memicu terjadinya pendarahan di otak dan juga sobeknya otot serta jaringan saraf yang bisa menyebabkan kematian. Maka dari itu, hindari melakukan hal ini meski Ibu hanya bermaksud mengajaknya bercanda.

  2. Jangan Tinggalkan Bayi Sendirian

    Meski usianya masih beberapa bulan, bayi yang sehat mampu membalikkan tubuhnya atau mengubah posisi tidur secara ekstrem sehingga rawan terjatuh. Untuk itu, selalu awasi si Kecil dan jangan meninggalkannya sendirian untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti terjatuh dari tempat tidur atau terbentur lantai.

  3. Perhatikan Keamanan Saat Tidur

    Ketika si Kecil tidur, pastikan suhu ruangan tidak terlalu panas atau dingin agar ia merasa nyaman. Selain itu, pastikan tidak ada benda-benda lain di sekitarnya seperti bantal besar, boneka, atau tumpukan baju karena sangat berbahaya apabila tersenggol dan menutupi wajah si Kecil yang membuatnya kesulitan bernafas.

  4. Mandikan dengan Suhu Air yang Tepat

    Saat Ibu memandikan bayi sehat, selalu ukur temperatur air agar tidak terlalu panas yang menyebabkan kulitnya terluka. Ingat Bu, kulit bayi jauh lebih tipis dan senstitif dari kulit orang dewasa sehingga suhu air mandi pun tak bisa disamakan. Temperatur air hangat yang tepat untuk si Kecil adalah 120°F atau sekitar 48°C.

  5. Berikan Mainan yang Sesuai

    Meski masih bayi, si Kecil juga membutuhkan mainan untuk membuatnya tetap aktif sekaligus melatih otot-otot geraknya. Pastikan Ibu memilih mainan yang tepat sesuai usianya agar ia terhindar dari benturan atau bahan kimia berbahaya di dalam material mainan. Untuk bayi yang masih belum bisa duduk sendiri, boneka merupakan pilihan sempurna karena ringan, empuk, dan lembut sehingga tidak akan melukai si Kecil.

  6. Perhatikan Keamanan Dalam Perjalanan

    Saat melakukan perjalanan dengan mobil, Ibu harus menggunakan kursi khusus untuk bayi yang memiliki tali pengaman. Hindari memangkunya dalam waktu lama karena akan membuat si Kecil merasa tidak nyaman dan meningkatkan risiko cedera pada bagian leher. Saat membeli kursi khusus ini, jangan lupa pastikan standar keamanannya agar bayi sehat Ibu selalu terlindungi.

Dengan mengikuti tips tersebut, bayi sehat bisa terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh beberapa kelalaian. Jangan lupa, ajak si Kecil mengunjungi dokter secara rutin untuk memantau pertumbuhan fisik dan emosional ya Bu.