Whatsapp Share Like
Simpan

Tahukah, Ibu? Proses tumbuh kembang setiap anak berbeda-beda. Oleh sebab itu, ada anak yang mulai tumbuh gigi pada usia empat bulan, ada pula yang belum memperlihatkan gigi pertamanya meski sudah berusia hampir satu tahun. Umumnya, penyebab terlambat tumbuh gigi pada bayi kesayangan Ibu bisa dilihat dari berbagai faktor. Berikut ini beberapa informasi yang saya dapatkan saat berkonsultasi dengan dokter gigi anak, Bu.

1. Faktor Keturunan

Ternyata, gigi yang terlambat tumbuh juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan atau genetik, Bu. Mungkin saja Ibu atau Ayah juga telat tumbuh gigi ketika masih kecil. Jadi, Ibu tak perlu khawatir si Kecil mengalami masalah kesehatan lainnya. 

2. Daya Serap Kalsium Saat Hamil

Selain faktor keturunan, konsumsi asupan Kalsium saat Ibu hamil juga turut memengaruhi pertumbuhan si Kecil ketika lahir, Bu. Apabila asupan kalsium yang dibutuhkan janin saat di dalam kandungan kurang optimal, hal ini akan berdampak pada pertumbuhan tulang dan giginya ketika lahir, sehingga mungkin saja giginya terlambat tumbuh. 

3. Kurang Nutrisi

Kurang nutrisi pada anak juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab gigi si Kecil terlambat tumbuh, Bu. Umumnya, telat tumbuh gigi disertai melemahnya daya tahan tubuh si Kecil, berat badan di bawah rata-rata anak seusianya, dan ukuran tubuhnya lebih kecil dibanding teman sebayanya. Oleh sebab itu, Ibu perlu memastikan kebutuhan nutrisi harian si Kecil terpenuhi, seperti Vitamin A, C, D, Kalsium, dan Fosfor.

4. Gangguan Kesehatan

Beberapa gangguan kesehatan juga bisa menjadi penyebab terlambat tumbuh gigi pada bayi. Salah satunya adalah anemia. Oleh sebab itu, apabila si Kecil memiliki gangguan kesehatan saat giginya telat tumbuh, sebaiknya Ibu mulai berkonsultasi dengan dokter anak untuk mendapatkan solusi terbaik. 


Bagaimana, Bu? Semoga informasi ini bisa membantu Ibu mengatasi kekhawatiran terlambat tumbuh gigi pada bayi. Selain itu, Ibu tak perlu khawatir berlebihan saat giginya belum muncul sebelum umur satu tahun. Mungkin saja ketika giginya tumbuh kelak, akan muncul bersamaan dan tidak satu per satu seperti pertumbuhan gigi pada umumnya. Namun, apabila si Kecil tidak memperlihatkan tanda-tanda tumbuh gigi sampai usia 15 bulan, sebaiknya Ibu berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter. Semangat terus merawat si Kecil kesayangan di rumah, Bu!