Whatsapp Share Like Simpan

Saat hamil biasanya akan mudah lapar ya, Bu. Ingin makan nasi, tapi takut berat badan naik drastis. Kalau begitu, ganti saja nasi putih yang biasa Ibu makan dengan nasi merah. Dibandingkan beras putih, beras merah memiliki kandungan gula yang lebih sedikit sehingga tidak membuat kegemukan. Selain itu, manfaat beras merah juga banyak, lho. Oleh karenanya beras ini sangat direkomendasikan bagi ibu hamil yang ingin menjaga berat badan tetap stabil tapi kesehatan janin juga tetap terjaga. Inilah segudang manfaat beras merah tersebut, Bu:

Sebagai Sumber Energi

Ibu hamil mudah merasa lelah sehingga membutuhkan banyak sumber energi. Beras merah merupakan sumber energi yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil sebab tinggi kandungan karbohidrat dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Beras merah juga tidak menyebabkan kenaikan gula darah di dalam tubuh secara drastis. Alhasil, tubuh pun jadi lebih segar dan tidak gampang merasa lelah.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Sembelit adalah salah satu masalah kesehatan yang kerap dikeluhkan oleh banyak ibu hamil. Faktor penyebabnya karena rahim yang membesar kemudian menekan usus sehingga menyebabkan adanya sisa-sisa pencernaan di dalam usus menumpuk. Untuk mengatasinya, ibu hamil memerlukan makanan yang kaya serat untuk membantu memperlancar pencernaan, seperti beras merah.

Manfaat beras merah sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan selama masa kehamilan sebab memiliki kandungan serat yang banyak. Di samping itu, beras merah juga dapat menurunkan risiko kanker usus yang bisa menyerang ibu hamil. Jika pencernaan sehat, maka perut pun merasa lega.

Meningkatkan Sistem Imun

Artikel Sejenis

Apakah Ibu tipe yang mudah sakit selama hamil? Kalau begitu, Ibu memerlukan sumber makanan yang mengandung antioksidan, seperti beras merah. Zat antioksidan ini diperlukan tubuh untuk memperkuat sistem imun tubuh agar tidak mudah terserang penyakit dari virus, bakteri, maupun kuman.

Metabolisme tubuh pun akan terjaga untuk meningkatkan ketahanan janin di dalam kandungan. Apalagi kini banyak penyakit baru yang berbahaya tersebar di mana saja. Oleh karena itu, sebaiknya mulai konsumsi nasi merah sebagai bahan makanan pokok sehari-hari, ya.

Untuk Pembentukan Sel Darah Ibu dan Janin

Rentan mengalami anemia, ibu hamil akan memerlukan suplai sel darah merah yang cukup. Beras merah dapat membantu mencukupi sel darah merah supaya kesehatan ibu dan janin tetap terjaga karena adanya kandungan zat besi. Tak hanya membentuk sel darah merah, manfaat beras merah juga bermanfaat untuk pembentukan sel darah putih dan trombosit. Ketiganya akan menghindarkan ibu hamil terhindar dari rasa lemas akibat kekurangan darah di dalam tubuh.

 

Baca juga: Perlukah Ibu Hamil Menjaga Kenaikan Berat Badan?

Mencegah Obesitas

Tidak ingin gemuk selama hamil, nasi merah adalah sumber makanan pokok yang sangat pas dikonsumsi oleh ibu hamil. Tahukah Ibu kenapa? Sebab beras merah mengandung indeks glikemik yang cenderung rendah, yakni sekitar 50-55. Sementara untuk beras putih memiliki indeks glikemik sebesar 56-78. Indeks glikemik inilah yang dapat meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh sehingga menyebabkan kegemukan. Itulah sebabnya beras merah dipilih bagi orang yang sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan.

Untuk Perkembangan Saraf dan Otak Janin

Bila ingin memiliki anak yang pintar, Ibu harus mulai mencukupi nutrisi untuk perkembangan otak janin sejak hamil. Mengandung magnesium, beras merah akan berperan dalam perkembangan otak dan saraf janin. Jika otak janin berkembang dengan baik, maka kemampuan otak akan turut meningkat. Sementara sistem saraf bermanfaat untuk mengirimkan sinyal antar tiap sel atau bagian tubuh agar berfungsi dengan baik.

Mengontrol Kolesterol Jahat

Jangan sampai kolesterol jahat meningkat di dalam tubuh selama hamil, Bu, karena sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Untuk mencegahnya, rutinlah mengkonsumsi nasi merah yang efektif dalam mengontrol kolesterol jahat tanpa mengganggu sistem tubuh.

Kadar kolesterol jahat yang tinggi diketahui dapat menyebabkan banyak penyakit berbahaya, seperti jantung, stroke, batu empedu, serta penyumbatan pembuluh darah. Artinya, dengan mengkonsumsi nasi merah, Ibu akan terhindar dari risiko terserang penyakit tersebut.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Beras merah mengandung fosfor yang berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Itu artinya, manfaat beras merah dapat membuat tulang dan gigi Ibu jadi lebih kuat dan tidak mudah keropos. Untuk janin, fosfor dapat membantu pembentukan tulang dan bakal giginya kelak.

Begitu banyak manfaat beras merah untuk ibu hamil ya, Bu. Ibu hamil memerlukan lebih banyak nutrisi untuk dirinya sendiri serta janin di dalam kandungannya. Dengan mengkonsumsi beras merah, ibu hamil sudah mendapatkan banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang janin.

Lengkapi pula kebutuhan nutrisi selama hamil dengan minum susu Frisian Flag Mama Tahap 0 SUPRIMA secara rutin, Bu. Susu ini telah diperkaya oleh protein, karbohidrat dan lemak, Serat pangan (Inulin), Tinggi Zat Besi, Tinggi Kalsium, Tinggi Asam folat, serta 29 multivitamin dan mineral.

Konsultasikan masalah kehamilan Ibu di laman Tanya Pakar. Di sana ada para ahli yang akan membantu menjawab pertanyaan Ibu. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dahulu, ya.

 

Sumber:

Hellosehat, Popmama