Whatsapp Share Like Simpan

Saat si Kecil sedang dalam masa pertumbuhan, penting bagi Ibu untuk selalu memberikan yang terbaik bagi si Kecil. Salah satu caranya dengan memberikan makanan untuk otak anak yang penting demi kecerdasan di masa mendatang. Namun, terkadang kenyataan tidak semudah yang diharapkan ya, Bu? Banyak sekali tantangan dalam memberikan makanan sehat untuk si Kecil. Sebab, tak sedikit pula anak-anak yang justru menghindari makanan sehat karena rasanya dianggap kurang enak. Jika Ibu membiarkan hal tersebut, kemungkinan besar si Kecil akan terbiasa mengonsumsi makanan tidak sehat hingga ia beranjak dewasa. Oleh karena itu, Ibu perlu membiasakan si Kecil mengonsumsi asupan sehat dan seimbang, termasuk makanan untuk otak sejak dini. 

Pemberian makanan untuk otak ini akan mendukung tumbuh kembang si Kecil lebih optimal. Selain memberikan nutrisi terbaik, makanan untuk otak juga berperan dalam perkembangan otak hingga jangka panjang, termasuk meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kecerdasan anak. Ini karena otak anak membutuhkan nutrisi yang beragam dan jenis yang berbeda saat ia tumbuh, dan di usia 4-6 tahun merupakan periode penting untuk perkembangan dan pertumbuhan otak. Oleh karenanya, makanan untuk otak sangat dibutuhkan karena kaya akan nutrisi penting, seperti protein, DHA, dan asam lemak omega 3 yang membantu meningkatkan perkembangan otak secara keseluruhan. Sebab, tubuh manusia secara alami tidak dapat menghasilkan DHA dan asam lemak omega 3 secara efisien, sehingga membutuhkan asupan dari makanan untuk otak. Terdapat berbagai jenis makanan untuk otak yang bisa Ibu olah, beberapa di antaranya adalah ikan, telur, susu, daging, sayuran, kacang-kacangan, dan lainnya. 

Jalani Gaya Hidup Sehat Mulai Sekarang

Kebiasaan mengonsumsi makanan sehat sebaiknya dimulai sejak dini di rumah, agar si Kecil dapat membuat pilihan makanan sehat di kemudian hari. Sebab, kebiasaan yang Ibu terapkan sejak dini bisa memberikan efek yang besar saat si Kecil dewasa. Namun, akan selalu ada tantangan yang muncul saat Ibu memberikan makanan untuk otak yang sehat. Maka dari itu, butuh kesabaran dan kreativitas dalam mengolah makanan yang tidak hanya sehat, namun juga enak dan disukai anak-anak. 

Sekarang Ibu tidak perlu khawatir lagi karena ada di artikel ini akan dijelaskan beberapa resep makanan untuk otak yang sehat dan lezat untuk si Kecil. Ibu dapat memilih resepnya sesuai selera dan mengikuti langkah-langkahnya dengan mudah. Simak resepnya di bawah ini yuk! 

Baca juga: Apa yang Perlu Anda Ketahui Tentang 9 Asam Amino Esensial

Artikel Sejenis

Resep Makanan untuk Otak Anak

Si Kecil susah untuk mengonsumsi makanan untuk otak? Ia justru lebih memilih makanan dengan kandungan gula dan garam yang tinggi? Eits, tenang Bu, di bawah ini ada beberapa resep makanan untuk otak yang sehat dan lezat, sangat cocok Ibu sajikan menjadi menu makanan si Kecil sehari-hari. Olahannya pun cukup beragam, ada yang berbahan dasar ikan, telur, sayuran, kacang-kacangan, dan oatmeal sehat untuk sarapan. 

Nasi Beruang dengan Sarden dan Pakcoy

Resep makanan untuk otak anak yang pertama adalah nasi bento beruang dengan campuran sarden dan pakcoy yang lezat. Resep makanan untuk otak ini merupakan cara kreatif dan menggemaskan yang bisa Ibu coba agar si Kecil mau mengonsumsi ikan dan sayuran hijau secara bersamaan. Resepnya cukup mudah dan cepat diolah lho, Bu. Bahkan, makanan untuk otak ini dapat dibawa ke mana saja saat si Kecil ada aktivitas di luar rumah. Langsung catat bahan dan ikuti langkahnya di bawah ini:

Bahan-bahan:

  • Beras secukupnya
  • Ikan sarden
  • Pakcoy
  • Nori atau wijen hitam

Cara membuat:

  1. Masak beras hingga matang. Pastikan beras tidak terlalu keras, agar mudah dibentuk menjadi beruang
  2. Tumis ikan sarden kaleng hingga matang
  3. Rebus pakcoy hingga matang. Hindari merebus pakcoy terlalu lama karena akan mengurangi nutrisi alami di dalamnya
  4. Campurkan ikan sarden dan pakcoy, aduk hingga merata. Sisihkan
  5. Sendok segenggam nasi yang sudah matang di atas tangan. Pastikan tangan Ibu bersih sebelum membentuk nasi beruang
  6. Bentuklah badan beruang, kemudian telinga dan tangannya dengan bentuk bulat. 
  7. Tambahkan ikan sarden dan pakcoy di sampingnya
  8. Ibu bisa tambahkan nori atau wijen hitam untuk mata beruang
  9. Nasi beruang dengan ikan sarden dan pakcoy siap jadi makanan untuk otak anak yang sehat dan lezat! 

Burger Tempe Sehat

Siapa bilang makanan cepat saji tidak sehat? Sekarang Ibu bisa lho mengolah makanan cepat saji yang sehat dan lezat untuk si Kecil. Resep burger tempe ini bisa jadi makanan untuk otak yang dapat dikonsumsi untuk keluarga tersayang. Ikuti resepnya di bawah ini yuk! 

Bahan-bahan:

  • Tempe secukupnya
  • Roti burger
  • Tomat
  • Selada
  • Keju 
  • 3 siung bawang putih 
  • 1 siung bawang merah
  • Kecap secukupnya
  • Minyak sayur atau minyak wijen secukupnya
  • 1 sdm gula pasir

Cara membuat:

  1. Buat bumbu untuk marinasi dengan cara mencampurkan bawang putih dan bawang merah halus, kecap, minyak sayur atau minyak wijen ke dalam mangkuk. Aduk hingga rata
  2. Bentuk tempe menjadi bulatan seperti roti burger 
  3. Rendam tempe di dalam bumbu marinasi tersebut selama 5-10 menit 
  4. Panggang tempe di wajan dengan api sedang sampai saus marinasi menyerap 
  5. Sajikan potongan tempe yang sudah matang di atas roti burger, tambahkan tomat, selada, dan keju, tutup bagian atas dengan roti burger lainnya
  6. Burger tempe yang sehat dan lezat siap dinikmati oleh si Kecil 

Bubur Bakso Ikan

Seperti yang Ibu ketahui, ikan merupakan sumber makanan untuk otak yang sangat bermanfaat. Di dalamnya terdapat beragam nutrisi yang dibutuhkan tubuh si Kecil untuk mendukung tumbuh kembangnya lebih optimal. Nah, supaya si Kecil tidak bosan, saatnya Ibu olah ikan menjadi bubur bakso yang lezat dan sehat. Caranya cukup mudah, langsung ikuti resepnya di bawah ini ya, Bu.

Bahan-bahan:

  • 500 gram ikan salmon
  • Tepung tapioka secukupnya
  • Beras secukupnya 
  • Kaldu 
  • Garam secukupnya 
  • Daun bawang (opsional, sesuai selera)
  • Kecap
  • Jeruk nipis
  • Cahkwe sebagai topping 

Cara membuat:

  1. Bersihkan ikan salmon, marinasi dengan air jeruk nipis sekitar 10-15 menit
  2. Hancurkan ikan salmon, kemudian tambahkan tepung tapioka dan air secukupnya
  3. Aduk adonan ikan hingga rata
  4. Tambahkan kaldu dan garam secukupnya
  5. Bentuk adonan ikan menjadi bakso, lalu goreng di minyak yang panas
  6. Goreng bakso ikan hingga berwarna kuning keemasan. Angkat dan sisihkan
  7. Rebus beras hingga menjadi bubur
  8. Tuangkan bubur ke dalam mangkuk dan sajikan bersama dengan bakso ikan
  9. Tambahkan kecap dan cakue sesuai selera
  10. Bubur bakso ikan siap dinikmati selagi hangat

Selain resep makanan untuk otak di atas, Ibu juga perlu menambah asupan nutrisi dari sumber makanan yang mengandung 9 asam amino esensial (9AAE). Sebab, 9 asam amino esensial berperan penting dalam mendukung potensi tumbuh kembang optimal anak. Asupan 9 asam amino esensial (9AAE) harus dipenuhi dalam 9 jenis yang lengkap dan jumlah yang tepat. Jika kekurangan 1 jenis 9 asam amino esensial (9AAE), maka akan mengurangi fungsi optimal yang dibutuhkan oleh tubuh anak. Akibatnya, si Kecil bisa berisiko mengalami stunting, daya tahan tubuh lemah, dan gangguan kesehatan lainnya. Menurut penelitian dari J.Nutr yang dipublikasi di National Center for Biotechnology Information, menjelaskan bahwa kekurangan satu jenis 9 asam amino esensial (9AAE), maka akan menurunkan kinerja hormon pertumbuhan (IGF-1) sebesar 34 persen. Sementara, kekurangan semua jenis 9 asam amino esensial (9AAE) akan menurunkan hormon pertumbuhan (IGF-1) sebesar 50 persen. Oleh karena itu, asupan 9AAE harus Ibu penuhi dari sumber protein berkualitas, seperti susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, dan kacang-kacangan serta hasil olahannya. Perlu Ibu ketahui bahwa protein hewani adalah jenis protein yang paling penting dan dibutuhkan oleh tubuh dibandingkan protein nabati. Ini karena protein nabati, seperti kacang-kacangan, sayuran dan buah memiliki asam amino pembatas yang menyebabkan asam amino lainnya tidak terserap dengan baik di dalam tubuh. 

Kandungan 9 asam amino esensial (9AAE) bisa secara lengkap Ibu dapatkan dalam Frisian Flag PRIMAGRO AAE 3+, kandungan nutrisi di dalam susu bubuk pertumbuhan ini sudah ditingkatkan dari sebelumnya, demi mendukung potensi tumbuh kembang si Kecil. Susu Frisian Flag PRIMAGRO AAE 3+ diperkaya oleh 9 nutrisi penting lain, di antaranya minyak ikan, omega 3, omega 6, zat besi, zinc, protein, kalsium, magnesium, vitamin D3, serta vitamin dan mineral lain untuk mendukung potensi si Kecil tumbuh pintar, kuat, dan tinggi. Hadir dalam tiga varian rasa, yaitu vanilla, madu, dan cokelat yang pasti disukai si Kecil.