Whatsapp Share Like Simpan

Ikan menjadi salah satu jenis hewan yang banyak dikonsumsi di Indonesia, termasuk di antaranya adalah ikan air tawar. Ikan air tawar umumnya hidup di sungai dan danau.

Selain mudah ditemukan dan diolah, manfaat ikan ternyata ada banyak bagi tubuh. Di Indonesia, ada berbagai macam jenis ikan air tawar termasuk ikan nila, ikan bandeng, hingga ikan sarden air tawar. Apapun jenisnya, manfaat ikan tetap banyak bagi tubuh.

Nutrisi ikan air tawar ini dapat diperoleh dari ikan nila, kakap putih, sarden air tawar, lele, dan berbagai ikan tawar lainnya. Kandungan asam lemak omega 3, protein, selenium, vitamin D dalam ikan tawar sangat baik bagi tubuh karena rendah kandungan lemak jenuh.

Manfaat ikan tawar dapat dilihat dari contoh kandungan ikan nilai yaitu protein yang cukup tinggi, 128 kalori, selenium, kalium, lemak, fosfor, hingga berbagai vitamin seperti Vitamin B3 dan Vitamin B12.

Kandungan Nutrisi dan Fungsi Ikan 

Ikan air tawar memiliki kandungan yang tak kalah dengan ikan air laut, Berikut beberapa kandungan manfaat ikan air tawar.

Artikel Sejenis

  • Protein

    Manfaat ikan bagi tumbuh kembang si Kecil tak lepas dari peran protein yang ada di dalamnya. Ini karena ikan air tawar merupakan sumber protein hewani berkualitas yang penting untuk mengoptimalkan otak si Kecil, meningkatkan daya tahan tubuh, sebagai sumber energi, dan menjaga kesehatan organ tubuh lainnya. 

    Perlu Ibu ketahui bahwa protein hewani sangat penting dikonsumsi dibandingkan protein nabati, terutama di masa tumbuh kembang anak-anak.  Ini karena protein nabati, seperti kacang-kacangan, sayuran dan buah memiliki asam amino pembatas yang menyebabkan asam amino lainnya tidak terserap dengan baik di dalam tubuh. 

    Sementara, kebutuhan 9AAE harus terpenuhi dalam 9 jenis yang lengkap dan jumlah yang tepat agar tumbuh kembang anak lebih optimal. 9 jenis asam amino esensial ini meliputi leusin, isoleusin, valin, triptofan, fenilalanin, metionin, treonin, lisin, dan histidin. Nah, ikan air tawar termasuk sumber makanan yang mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang dapat dikonsumsi oleh si Kecil. 

  • Lemak baik

    Ikan juga mengandung lemak, tetapi lemak yang terdapat pada ikan air tawar termasuk dalam jenis lemak tak jenuh alias lemak baik. Kandungan lemak tak jenuh membantu menyeimbangkan kadar kolesterol baik dalam tubuh dan juga melawan kolesterol jahat. Bagi penderita kolesterol, konsumsi ikan air tawar merupakan pilihan yang baik.

  • Zat besi

    Zat besi yang terkandung dalam daging ikan air tawar merupakan salah satu unsur penting yang dibutuhkan tubuh. Zat besi membantu mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh, meningkatkan sistem imun, dan membantu proses metabolisme. Zat ini juga membentuk hemoglobin pada darah yang mencegah anemia (kurang darah).

  • Vitamin D

    Kandungan vitamin D dalam daging ikan air tawar berguna untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tulang serta gigi. Vitamin ini memiliki peranan penting untuk mencegah osteoporosis, serta membantu mempertahankan struktur tulang dan menambah tinggi badan di masa pertumbuhan. Oleh karena itu, baik anak-anak maupun dewasa dapat mendapat manfaat dari konsumsi daging ikan air tawar.

  • Vitamin A

    Setiap orang juga telah mengetahui bahwa vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata. Tak hanya itu, Vitamin A berperan sebagai antioksidan alami yang membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, vitamin A membantu mengoptimalkan sistem imun tubuh dengan meningkatkan antibodi.

Apa Saja Manfaat Ikan Bagi Manusia?

Dari manfaat ikan yang terlihat di dalam kandungannya seperti berbagai mineral, vitamin, serta nutrisi, manfaat ikan untuk anak seperti di bawah ini bisa Ibu dapatkan antara lain sebagai berikut:

Manfaat ikan: Baik untuk tulang

Manfaat ikan yang pertama adalah baik untuk tulang karena kandungan kalsiumnya. Selain untuk kesehatan tulang anak, kalsium juga penting untuk proses pembekuan darah dan kesehatan otot, termasuk juga otot jantung.

Manfaat ikan: Baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh

Manfaat ikan berikutnya sangat baik untuk tubuh si kecil. Tingginya kandungan protein hewani dalam ikan, membuatnya bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi di tubuh khususnya bagi anak-anak yang masih dalam tahap tumbuh kembang. Sebab, manfaat ikan berupa protein merupakan komponen yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan organ, membran, sel, dan otot.

Manfaat ikan: Mengandung asam lemak yang baik bagi tubuh

Manfaat ikan selanjutnya adalah kandungan asam lemak yang ada pada ikan. Kandungannya memang tidak sebanyak ikan laut, misalnya, salmon. Namun, jumlah asam lemak omega 3 pada ikan air tawar tetap lebih tinggi dibandingkan dengan hewan lain seperti ayam dan daging sapi.

Ikan air tawar juga mengandung asam lemak omega 6 yang tidak dapat diproduksi secara alami di tubuh termasuk si kecil. Manfaat ikan berkat asam lemak ini akan membantu tubuh untuk menjaga kadar kolesterol. Selain itu, komponen ini juga akan membuat otot lebih peka untuk merespons hormon insulin.

Manfaat ikan: Menjaga kesehatan imun tubuh

Berkat kandungan seleniumnya, konsumsi ikan tawar akan mendapatkan manfaat ikan air tawar lainnya yaitu dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, selenium juga berperan dalam fungsi kognitif.

Manfaat ikan: Menangkal radikal bebas

Selain menjaga imun tubuh si kecil, manfaat ikan air tawar dari kandungan selenium dalam ikan air tawar adalah melawan radikal bebas. Selenium dapat bertindak sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan dan penyakit akibat radikal bebas, seperti penuaan dini dan kanker.

Manfaat ikan: Menjaga kesehatan mata

Selain penting untuk meningkatkan perkembangan otak, manfaat ikan juga penting untuk menjaga kesehatan mata si Kecil lho, Bu. Manfaat ini muncul berkat adanya kandungan protein, vitamin A, dan asam lemak omega 3 yang berperan penting untuk mengurangi risiko gangguan penglihatan jangka panjang. 

Baca Juga: Normalkah Bila si Kecil Berjalan Tanpa Merangkak?

Tips Agar Anak Mau Makan Ikan

Setelah mengetahui manfaat ikan nila dan cara mengolahnya, kemudian Ibu berencana memberikan sajian dari ikan nila kepada anak tetapi si kecil menggelengkan kepala tanda tidak ingin mengonsumsi ikan.

Salah satu alasan umum si Kecil enggan makan ikan adalah karena baunya yang amis, Bu. Aroma ini memang cukup mengganggu. Orang dewasa sekalipun bisa kehilangan selera makan saat menciumnya. Untuk itu, simak beberapa tips agar si kecil mau menyantap ikan termasuk ikan nila.

  • Bersihkan Ikan dengan Baik

    Cara membersihkan ikan supaya tidak amis cukup sederhana, Bu. Pertama-tama, keluarkan isi perut ikan, lalu cucilah dengan air yang mengalir hingga bersih. Selanjutnya, Ibu bisa merendam ikan di dalam air jeruk nipis selama 15 menit sebelum dimasak. Selain jeruk nipis, merebus ikan dengan jahe juga bisa jadi alternatif untuk menghilangkan bau.

  • Ubah Bentuk Ikan

    Jika si Kecil menolak ikan yang Ibu sajikan secara utuh di piringnya, siasatilah dengan menyamarkan bentuknya hingga tak terlihat seperti aslinya. Ibu bisa mencoba membuat bakso atau nugget ikan supaya ia lebih tertarik untuk mencicipi. Tambahkan saus mayonaise dan lemon sebagai pendamping nugget untuk menambah selera. Tak perlu ragu, meskipun bentuk ikan berubah, kandungan nutrisinya tetap sama kok, Bu.

  • Cobalah Resep Favoritnya

    Nah, salah satu cara kreatif yang dapat Ibu lakukan untuk mengolah ikan adalah dengan mencampurkannya i berbagai menu favorit si Kecil. Sebagai contoh, Ibu bisa memasukkan suwiran ikan ke nasi goreng, menambahkannya dalam olahan saus pasta, atau menjadikan ikan sebagai salah satu topping pizza buatan rumah favoritnya. Selain rasa amisnya hilang, si Kecil pun akan lebih lahap karena ia makan menu yang ia suka.

Manfaat Makan Ikan Berdasarkan Jenisnya 

Mengingat banyaknya nutrisi dan manfaat ikan air tawar bagi si Kecil, maka Ibu juga perlu memenuhi asupan nutrisi ini dengan tepat. Nah, di bawah ini ada beberapa jenis ikan yang bisa Ibu olah ke dalam menu makanan si Kecil, di antaranya: 

  • Ikan nila

    Bagi anak-anak yang tidak suka ikan karena alasan bau amis, ikan nila bisa menjadi pilihan. Nila termasuk ikan air tawar yang tidak terlalu bau amis, mudah untuk diolah dan memiliki cita rasa yang gurih. Ikan nila mengandung vitamin B12, yaitu salah satu senyawa penting untuk tubuh dalam menjaga energi. 

    Nutrisi dan manfaat ikan air tawar jenis ini termasuk tinggi kandungan protein, vitamin dan mineral, sekaligus rendah lemak. Itulah sebabnya, manfaat ikan nila cukup penting dalam mendukung tumbuh kembang si Kecil agar lebih optimal. 

  • Ikan kakap putih

    Ikan kakap putih atau Nile Perch umumnya memiliki ukuran yang besar, sehingga biasa tersedia dalam bentuk fillet atau bistik atau steak. Meski berukuran besar, tekstur daging ikan kakap bertekstur lembut dan mudah dicerna. 

    Ikan ini juga layak dijadikan menu andalan karena merupakan salah satu sumber terbaik asam lemak omega-3. Dengan begitu, manfaat ikan kakap putih dapat mengoptimalkan kecerdasan anak, meningkatkan sistem imun, dan mendukung kesehatan jantung. 

  • Ikan sarden air tawar

    Manfaat ikan sarden air tawar tak kalah penting dibandingkan jenis ikan sebelumnya lho, Bu. Ikan sarden air tawar berukuran kecil berwarna perak dengan rasa yang unik. Ikan ini biasa dikeringkan terlebih dahulu untuk kemudian dikonsumsi secara utuh. Ikan sarden air tawar mengandung vitamin A, B, dan B kompleks yang dibutuhkan tubuh. 

    Selain itu, ikan jenis ini juga kaya akan kandungan kalsium, kalium, dan magnesium. Oleh karena itu, manfaat ikan sarden air tawa penting untuk perkembangan gigi dan tulang si Kecil. 

Seperti yang Ibu ketahui, manfaat ikan air tawar memang cukup banyak. Salah satu faktornya karena ikan termasuk sumber protein hewani yang memiliki kandungan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang penting bagi tubuh si Kecil. Sebab, 9 Asam Amino Esensial (9AAE) tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga harus didapatkan dari sumber protein berkualitas, seperti susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, dan kacang-kacangan serta hasil olahannya.

Asupan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) ini pun bisa Ibu dapatkan secara lengkap dalam susu  Frisian Flag PRIMAGRO AAE 3+. Selain itu, susu  Frisian Flag PRIMAGRO AAE 3+ juga diperkaya dengan nutrisi penting lainnya, seperti DHA 4x lebih tinggi, asam lemak omega 3, omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, tirosin yang berfungsi untuk mendukung kreativitas si Kecil, serta dikombinasikan dengan zat besi, zinc, vitamin D3, magnesium, vitamin C untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. 

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz