Share Like
Simpan

Memiliki momongan merupakan impian setiap pasangan suami istri terutama yang baru saja membina rumah tangga. Tetapi, merencanakan kehamilan ternyata tidak semudah yang terdengar ya, Bu. Masih banyak hal yang perlu Ibu perhatikan ketika Ibu dan suami memutuskan untuk menambah anggota keluarga. Seperti, kesiapan secara finansial, kesiapan mental, bahkan kesiapan fisik karena nantinya Ibu akan mengalami perubahan fisik yang cukup drastis selama mengandung.

Bagaimana cara mempersiapkan kehamilan yang tepat? Nah, salah satu yang perlu diperhatikan ketika merencanakan kehamilan adalah dengan memiliki gaya hidup yang lebih sehat. Seperti apa sajakah gaya hidup yang lebih sehat itu? Berikut contoh-contohnya:
●    Makan makanan yang lebih bergizi
Bukan berarti makanan yang Ibu konsumsi selama ini tidak bergizi. Namun, Ibu perlu memperhatikan kandungan nutrisi pada makanan yang Ibu makan. Apa saja kandungan penting yang perlu Ibu konsumsi? Asam folat, kalsium, vitamin D, dan juga zat besi merupakan empat nutrisi yang penting untuk memulai masa kehamilan. Agar kebutuhan empat nutrisi tersebut dapat terpenuhi, Ibu bisa menambahkan brokoli, wortel, bayam, alpukat, yogurt, serta susu pada menu makanan Ibu sehari-hari. Supaya Ibu lebih yakin dengan asupan nutrisi Ibu, cobalah mengonsumsi multivitamin yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan calon Ibu. Berkonsultasilah dengan tenaga medis untuk memastikan kebutuhan multivitamin yang sesuai untuk Ibu, ya.
●    Menjaga berat badan agar ideal
Tubuh dengan berat badan ideal akan lebih mudah mengalami ovulasi karena tingkat stress yang Ibu rasakan lebih kecil. Selain itu, berat badan yang tidak kurang maupun berlebih juga dapat mengurangi risiko terjadinya komplikasi nantinya ketika Ibu hamil. Bagaimana caranya? Selain dengan olahraga yang teratur, Ibu juga bisa menggunakan indeks massa tubuh (body mass index) untuk mengetahui berat badan ideal Ibu.
●    Berhenti merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol
Apabila Ibu atau suami termasuk kategori perokok, sangat disarankan untuk berhenti dari kebiasaan tersebut. Tidak hanya rokok, minuman beralkohol juga disebut-sebut sebagai salah satu faktor yang menghambat kesuburan baik Ibu maupun suami. Kenapa? Karena kandungan yang terdapat pada rokok dan juga alkohol dapat mempengaruhi kesehatan hormon yang akhirnya menyebabkan gangguan kesuburan. Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindari lingkungan yang penuh asap rokok atau minuman yang mengandung alkohol terlalu banyak.
●    Tidur cukup dengan kualitas yang baik
Mendapatkan kualitas tidur yang baik sangatlah penting ketika Ibu sedang merencanakan kehamilan. Selain memberikan dampak yang baik bagi tubuh, tidur cukup juga dapat membantu Ibu menghilangkan stress. Bagaimana cara mendapatkan tidur cukup dan baik? Pertama, Ibu bisa menghindari mengonsumsi terlalu banyak cairan sebelum tidur. Kemudian cobalah untuk memiliki jam tidur yang sama setiap harinya, misalnya pukul 21.00 setiap hari. Selain itu, yang biasa terjadi pada malam hari adalah mengonsumsi makanan dengan jangka waktu yang terlalu dekat dengan waktu tidur. Ada baiknya jika hal ini dihindari agar tubuh memiliki waktu yang cukup untuk mencerna makanan tersebut.

Jika Ibu sudah melakukan cara-cara di atas namun belum berhasil mendapatkan momongan, jangan kecil hati ya, Bu. Tingkat kesehatan dan kesuburan pada setiap orang tentu berbeda-beda. Oleh sebab itu, ada baiknya apabila pola hidup sehat yang Ibu terapkan juga diiringi dengan berkonsultasi kepada dokter atau tenaga medis untuk memastikan kondisi kesehatan Ibu ataupun suami. Selain itu, Ibu juga perlu mengingat bahwa kehadiran sang jabang bayi bisa datang tanpa direncanakan. Maka dari itu, mulailah pola hidup sehat sedari dini agar tubuh Ibu senantiasa segar, bugar , dan rileks. Selamat mencoba ya, Bu!