Share Like
Simpan

Tanda kehamilan seringkali sukar untuk ditebak datangnya. Namun, bukan berarti Ibu tidak bisa mempersiapkan diri dari sekarang. Perencanaan ini sangatlah penting untuk dilakukan karena tubuh kita membutuhkan “modal” yang kuat agar proses kehamilan dan kelahiran nanti dapat berjalan dengan lancar dan sesuai rencana. Lalu, apa saja perencanaan yang dapat Ibu lakukan saat ini? Salah satu yang terpenting tentunya menjaga asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. 

“Coba makan taoge deh, biar bisa cepat punya anak.” Hmm, rasanya saran seperti ini sering kita dengar dari dulu ya, Bu. Walaupun terdengar seperti mitos belaka, tapi ternyata sayuran mungil yang satu ini memang punya peran penting untuk meningkatkan kesuburan Ibu. Salah satu alasannya karena tumbuhan yang merupakan hasil kecambah dari kacang tersebut memiliki kandungan vitamin yang tinggi, di antaranya vitamin E dan B6. Nah, kedua kandungan inilah yang dapat membantu persiapan tubuh Ibu di masa pra-kehamilan ini.

Vitamin E, terutama E-alpha, dalam taoge merupakan salah satu nutrisi yang penting pada masa persiapan kehamilan, terutama karena vitamin ini dapat membantu meningkatkan kualitas sperma dan sel telur di dalam tubuh. Vitamin E juga merupakan kandungan zat antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Seperti yang dijelaskan oleh situs Healthbenefitstimes.com, sebagai antioksidan, vitamin E dapat melindungi sel telur di dalam rahim dari berbagai kerusakan yang dapat disebabkan oleh radikal bebas. Tak hanya itu, vitamin ini juga berfungsi menjaga kesehatan rahim selama masa persiapan dan kehamilan nanti. 

Kandungan vitamin B6 yang terdapat dalam taoge juga memiliki peran penting dalam masa persiapan ini. Nutrisi ini dapat membantu Ibu dalam mengendalikan hormon reproduksi.   Menurut situs Livestrong.com, vitamin B6 berfungsi menjaga kandungan homocysteine dalam tubuh. Dalam sebuah studi yang dilakukan di Belanda pada tahun 2006, para pakar menemukan bahwa tingkat homocysteine yang tinggi dalam sperma dapat mempengaruhi buruknya kualitas embryo pada tubuh. Hal ini yang bisa menurunkan persentase tingkat kehamilan pada Ibu. 

Tak hanya itu,  taoge pun memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan dari biji kacang aslinya. Ini karena selama masa proses menjadi kecambah, terjadi pembentukan asam amino yang merupakan komponen penyusun utama pada protein.   Protein merupakan salah satu sumber energi serta berperan besar dalam pembentukan sel dan jaringan dalam tubuh untuk mempersiapkan diri menyambut hadirnya tanda kehamilan nanti. 

Bagaimana, Bu? Sudah siap untuk membuat menu sehat dengan menggunakan sayuran mungil yang  kaya gizi ini? Sebelum memasak, berikut adalah beberapa tips yang bisa Ibu terapkan agar kandungan di dalam taoge tetap terjaga kualitasnya: 

  • Pilihlah taoge yang masih segar dan tidak menggunakan bahan pengawet tambahan.
  • Hindari menaruh taoge di tempat panas atau terkena sinar matahari langsung.
  • Jangan terlalu lama mencuci dan merendam taoge.
  • Hindari menggoreng taoge secara berlebihan karena dapat merusak kandungan gizi yang terdapat di dalamnya.
  • Setelah selesai dimasak, sebaiknya segera disantap.

Tentunya taoge saja tidak cukup untuk memenuhi semua kebutuhan nutrisi Ibu. Supaya proses persiapan kehamilan dapat semakin optimal, cobalah menambahkan menu makanan yang mengandung asam folat, vitamin A dan E, zat seng, zat besi, dan fosfor di masa pra kehamilan ini. Selain itu, sambil menunggu datangnya tanda kehamilan, jagalah kondisi tubuh Ibu dengan berolahraga rutin dan menghindari makanan dan minuman yang buruk bagi tubuh.  Semoga persiapan Ibu saat ini membuahkan hasil yang menggembirakan ya, Bu!