Menginjak usia 11 bulan, makanan untuk si Kecil tentunya semakin beragam. Ibu sudah bisa mulai memberikan menu MPASI 11 bulan yang teksturnya lebih padat. Meski begitu, Ibu tetap perlu memberikan si Kecil ASI yang berkualitas. Ibu harus selalu konsumsi asupan bernutrisi seperti susu Frisian Flag PRIMAMUM untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil yang dilengkapi dengan DHA dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu. 

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Menu MPASI 11 bulan sebaiknya menggabungkan berbagai sumber bahan makanan untuk memenuhi kebutuhan gizi si Kecil. Jika asupan nutrisi kurang, si Kecil bisa mengalami hambatan dalam proses tumbuh kembangnya atau biasanya disebut dengan stunting

Menurut WHO, stunting adalah gangguan tumbuh kembang yang dialami anak akibat gizi buruk, infeksi berulang, dan stimulasi psikososial yang tidak memadai. Kondisi ini bisa disebabkan oleh malnutrisi yang dialami Ibu saat hamil atau si Kecil pada masa pertumbuhannya.

Bayi yang baru lahir juga berisiko mengalami stunting jika asupan nutrisi Ibu saat hamil kurang terpenuhi. Untuk mencegah stunting bayi baru lahir, Ibu harus memerhatikan asupan nutrisinya. 

Supaya Ibu tidak sampai salah memilih makanan untuk si Kecil, simak beberapa menu MPASI 11 bulan anti GTM berikut ini ya, Bu.

Artikel Sejenis

Panduan Pemberian MPASI 11 Bulan

Makanan untuk MPASI 11 bulan - ibudanbalita

Pada usia 11 bulan, si Kecil memerlukan sekitar 750 - 900 kalori per hari. Asupan kalori yang dibutuhkan si Kecil ketika berusia 11 bulan sebagian besar berasal dari ASI ataupun susu formula sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan. 

Selain susu, si Kecil juga sudah bisa diberikan makanan padat untuk memenuhi kebutuhan kalorinya. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), bayi usia 11 bulan bisa makan 3-4 kali dalam sehari.

Adapun porsi makan bayi 11 bulan yang dianjurkan untuk diberikan sekitar setengah mangkuk berukuran 250 ml atau kira-kira 8 hingga 12 sendok makan dalam sekali makan.

Indra perasa si Kecil di usia ini juga sudah mulai berkembang, sehingga dapat dikenalkan dengan berbagai rasa dan tekstur MPASI 11 bulan yang berbeda. Namun, jangan lupa untuk tetap memerhatikan kandungan gizinya agar terhindar dari stunting

Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022 menyatakan bahwa 1 dari 4 anak di Indonesia mengalami stunting dan terhambatnya perkembangan otak karena pemberian pendamping ASI yang tidak maksimal di masa emas tumbuh kembangnya.

Untuk mencukupi gizi anak, berikan sumber makanan yang bervariasi sebagai menu MPASI Si Kecil. Hal ini karena satu jenis makanan saja biasanya tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi anak secara harian. 

Lantas, apa saja makanan yang baik untuk MPASI 11 bulan? Simak daftarnya di bawah ini ya, Bu.

  1. Makanan untuk sarapan
    • ¼ - ½ gelas sereal atau telur rebus.
    • ¼ - ½ gelas buah yang telah dipotong dadu.
    • 120 – 200 ml susu ASI atau susu formula.
  2. Makan siang
    • Roti lapis berisi potongan keju parut yang dipotong kecil-kecil.
    • Sup kaldu berisi sayuran seperti kacang tumbuk dan daging suwir.
    • 120 - 200 ml susu ASI atau susu formula.
  3. Makan malam
    • Kentang tumbuk dengan taburan keju dan sayuran lunak
    • ½ gelas daging ayam atau tahu yang telah dipotong dadu.
    • ¼ cangkir buah.
    • 120 - 120 ml susu ASI atau susu formula.

Makanan Bayi 11 Bulan untuk Kecerdasan Otak

makanan bayi 11 bulan untuk kecerdasan otak - ibudanbalita

Selama masa tumbuh kembang si Kecil, terutama di 1000 hari hidupnya, memerhatikan asupan nutrisi yang ia butuhkan sangatlah penting, Bu. Yuk, maksimalkan momen ini dengan memberikan ragam makanan yang dibutuhkan untuk perkembangan otaknya. 

Berikut ini beberapa makanan yang baik untuk mendukung kecerdasan otak bayi:

  1. Daging

    Makanan bayi 11 bulan untuk kecerdasan otak yang bisa Ibu berikan kepada si Kecil yaitu daging yang merupakan sumber protein yang baik untuk bayi. Protein merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak bayi. 

  2. Telur

    Telur merupakan sumber protein, lemak, vitamin, dan mineral yang baik untuk bayi. Telur juga mengandung kolin, yang merupakan nutrisi penting untuk perkembangan otak bayi.

  3. Kacang-kacangan

    Kacang-kacangan merupakan sumber protein, serat, dan vitamin E yang baik. Protein berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tubuh, termasuk otak. 

    Beberapa jenis kacang-kacangan yang baik untuk kecerdasan otak bayi adalah kacang kedelai, kacang merah, almond, dan kacang mete.

  4. Makanan laut

    Makanan laut seperti ikan salmon, tuna, dan sarden merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik. Asam lemak omega-3 berperan penting dalam perkembangan otak dan saraf.

    Sebaliknya, Ibu memilih jenis makanan rendah merkuri seperti udang, salmon, nila, kepiting, atau ikan kod. Sebab, terlalu banyak merkuri dapat berdampak buruk pada perkembangan sistem saraf anak.

    Baca juga: 16 Ikan yang Bagus untuk MPASI agar Si Kecil Lebih Sehat

  5. Susu dan Yogurt

    Olahan susu dan yogurt kaya akan protein dan vitamin B yang penting untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim. Selain itu, kedua makanan ini juga mengandung karbohidrat yang merupakan sumber energi utama untuk otak.

  6. Sayuran Berdaun Hijau

    Sayuran berdaun hijau tambahan, seperti bayam dan kangkung juga termasuk makanan bayi 11 bulan untuk kecerdasan otak. Sayuran ini kaya akan zat besi dan folat yang berperan dalam perkembangan kognitif si Kecil.

    Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mendapatkan cukup folat memiliki kognisi yang lebih baik daripada anak-anak yang tidak mendapatkan cukup folat.

  7. Tahu dan tempe

    Tahu dan tempe juga termasuk makanan bayi 11 bulan untuk kecerdasan otak yang bagus. Kedua makanan ini merupakan sumber protein nabati yang baik untuk perkembangan otak bayi. Protein nabati juga dibutuhkan untuk pembentukan sel-sel otak.

Pastikan Ibu mengolah makanan-makanan di atas dengan benar dan sesuai dengan tekstur makanan bayi 11 bulan. Adapun teksturnya yaitu, cukup kasar namun tetap lembek. 

Ibu juga sudah bisa memberikan makanan di atas sebagai finger foods. Namun, pastikan tidak terlalu keras dan perhatikan si Kecil saat makan ya, Bu. 

Baca juga: 8 Finger Food yang Aman untuk Bayi

Penambah Nafsu Makan Bayi 11 Bulan

makanan bayi 11 bulan untuk kecerdasan otak - ibudanbalita

Sebelum mengetahui bagaimana cara menambah nafsu makan bayi, Ibu juga perlu tahu apa saja yang menyebabkan kondisi ini terjadi. 

Jika si Kecil nafsu makannya berkurang tapi tetap aktif dan ceria sebenarnya Ibu tidak perlu khawatir. Ia mungkin saja bosan dengan makanannya dan Ibu bisa mencoba mengganti variasi makanannya. 

Nafsu makan yang berkurang juga bisa terjadi karena sebelumnya Ibu memberikannya makanan padat atau makanan yang mengandung serat tinggi dan karbohidrat kompleks. Jenis makanan seperti ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga ia pun kenyang lebih lama. 

Namun selain itu, kondisi seperti gigi yang tumbuh, vaksin, sembelit, dan gangguan kesehatan lain juga bisa menjadi penyebabnya. Jika ini yang terjadi, cobalah untuk konsultasikan hal ini ke dokter. 

Jika ia dalam kondisi sehat, adapun makanan yang bisa menambah nafsu makan bayi adalah makanan yang tinggi kandungan zinc (seperti ayam, daging sapi, dan kacang mede). 

Ibu juga bisa mencampurkan sedikit jahe pada makanannya. Studi menunjukkan bahwa jahe dapat meningkatkan nafsu makan. Pastikan Ibu punya banyak inspirasi untuk resep MPASI si Kecil, ya. 

Ide Resep MPASI 11 Bulan Penambah Berat Badan

Selain pemberian makanan yang bernutrisi untuk MPASI 11 bulan, Ibu juga bisa mengkreasikan beberapa bahan berprotein tinggi menjadi kudapan yang lezat untuk finger food si Kecil. 

Di umurnya yang hampir menginjak 1 tahun, Si Kecil sudah mulai bisa diperkenalkan dengan susu selain ASI yang mengandung 9AAE serta DHA tinggi. Sebab, kedua kandungan tersebut berperan penting untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak.

Berikut beberapa ide resep mpasi 11 bulan penambah berat badan dan anti GTM yang bisa Ibu jadikan referensi:

1. Yogurt Pancake

Yogurt pancake menu mpasi 11 bulan - ibudanbalita

Bahan-bahan:

  • ½ cangkir tepung
  • 2 butir telur
  • 11/3 cangkir susu ASI atau susu pengganti ASI (untuk bayi yang tidak bisa memperoleh ASI dan harus sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan)
  • 11/3 cangkir yogurt rasa vanila
  • 3 sdm sirup maple
  • 1 cangkir blueberry segar
  • 2-4 sdm minyak sayur

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan kecuali blueberry ke dalam mangkuk besar dan pastikan adonan agak kental.
  2. Panaskan minyak ke dalam wajan atau teflon.
  3. Setelah minyak panas, tuangkan ¼ - ½ cangkir adonan ke dalam wajan.
  4. Masak adonan pancake selama sekitar 2 menit, balik jika warnanya sudah kecoklatan dan tunggu selama 2 menit.
  5. Jika warnanya sudah kuning keemasan, angkat dari wajan dan ulangi proses di atas sampai semua adonan habis.

2. Puding Roti

Puding roti menu mpasi 11 bulan - ibudanbalita

Bahan-bahan:

  • 3 irisan daging asap
  • 1 sdm minyak zaitun
  • 1 cukini, cincang halus
  • 6 iris roti
  • Mentega
  • 70g keju cheddar parut
  • 10 tomat ceri, potong menjadi empat
  • 2 butir telur sedang
  • 150 ml susu ASI atau susu pengganti ASI (untuk bayi yang tidak bisa memperoleh ASI dan harus sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan)
  • 1 daun bawang, cincang halus

Cara Membuat:

  1. Panggang daging asap sekitar 5 hingga 6 menit, lalu potong kecil-kecil.
  2. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat Celcius.
  3. Panaskan minyak zaitun dalam wajan, tumis daun bawang dan cukini sampai lunak.
  4. Tempatkan setengah roti di piring dan taburkan keju, bacon, daun bawang, cukini, dan tomat ceri.
  5. Kocok telur dengan susu, kemudian tuang merata di atas puding dan biarkan selama beberapa menit untuk meresap.

3. Pasta Tuna Panggang

Pasta tuna panggang menu mpasi 11 bulan - ibudanbalita

Bahan-bahan:

  • 60 gr mentega
  • 250 gr pasta
  • 50 gr tepung terigu
  • 500 ml susu ASI atau susu pengganti ASI (untuk bayi yang tidak bisa memperoleh ASI dan harus sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan)
  • 200 gr keju cheddar parut
  • 3 sdm pasta tomat
  • 260 gr tuna
  • 330 gr jagung manis, tiriskan
  • 1 sdm peterseli, cincang

Cara membuat:

  1. Masak pasta dalam air mendidih sesuai dengan instruksi.
  2. Sementara itu, buat saus dengan melelehkan mentega dalam panci. 
  3. Angkat dari api dan aduk.
  4. Kocok perlahan dan campur menggunakan susu, masak hingga saus mengental.
  5. Saat saus mulai halus dan mengental, angkat dari api dan tambahkan sebagian besar keju.
  6. Dalam mangkuk, campur pasta dengan saus putih, rempah, tuna, jagung manis, dan peterseli.Taburi keju parut di atasnya. 
  7. Olesi loyang atau piring dengan sedikit mentega, kemudian panaskan oven pada suhu 180 derajat Celcius.
  8. Panggang selama 30 menit atau sampai matang. Pasta tuna panggang untuk MPASI 11 bulan siap dinikmati.

4. Sup Telur Puyuh

sup telur puyuh menu mpasi 11 bulan - ibudanbalita

Bahan-bahan:

  • 4 butir telur puyuh
  • 2 buah kentang ukuran sedang
  • 50 gram daging ayam
  • 1 kotak tahu putih
  • 1 buah wortel secukupnya
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • Bawang daun secukupnya, iris-iris
  • Garam, gula, penyedap rasa secukupnya
  • Minyak sayur secukupnya untuk menumis

Cara membuat:

  1. Bersihkan ayam, kemudian rebus sebentar. Setelah itu, iris atau cincang daging ayam sesuai selera.
  2. Didihkan air, lalu rebus telur puyuh selama sekitar 10 menit. Setelah matang, kupas kulitnya dan sisihkan.
  3. Potong dadu kentang, wortel, dan tahu putih.
  4. Panaskan minyak, tumis bawang putih cincang hingga harum dan layu.
  5. Masukkan daging ayam, telur puyuh, kentang, wortel, tahu putih, dan brokoli. Tumis hingga rata. 
  6. Tambahkan air secukupnya, masak hingga matang dan mendidih.
  7. Resep mpasi 11 bulan berkuah siap disajikan untuk si Kecil

Itulah beberapa hal yang perlu Ibu ketahui mengenai MPASI 11 bulan. Meski begitu, perlu Ibu ingat bahwa ASI masih menjadi asupan nutrisi penting. Agar kualitas ASI meningkat baik dalam jumlah maupun kualitasnya, Ibu harus mendapatkan 500 kalori tambahan setiap harinya (AKG 2019) begitu juga tambahan nutrisi penting lainnya. 

Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu menyusui yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, 9 Asam Amino Esensial (AAE), protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode menyusui dan mendukung produksi ASI.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu menyusui untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil yang dilengkapi dengan DHA, 9 Asam Amino Esensial (AAE) serta 9 nutrisi penting untuk kebaikan Ibu dan si Kecil selama periode menyusui. Dua gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 360 kalori, DHA 68 mg, protein 18 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama menyusui si Kecil. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin.

Namun jika Ibu atau si Kecil mengalami kondisi yang tidak memungkinkan pemberian ASI, Ibu bisa memberikan susu pendamping ASI sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan ya Bu. Pastikan Ibu memilih susu yang mengandung 9 protein asam amino esensial lengkap dan tinggi DHA, karena protein adalah komponen yang penting untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi. 

Tak kalah pentingnya dari itu, Ibu juga perlu mengetahui progres pertumbuhan dan perkembangan si Kecil melalui fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Di fitur ini, tinggi badan anak, berat badan, lingkar kepala, dan indeks massanya akan diukur, serta disesuaikan dengan grafik pertumbuhan dari WHO. Yuk coba sekarang!.

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan bergabung sebagai member Ibu dan Balita, Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Yuk, daftar sekarang!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.