Ada banyak jenis sayuran untuk MPASI 6 bulan ke atas yang kaya nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh si Kecil. Namun, untuk bayi berusia 6-12 bulan yang masih dalam masa perkenalan dengan makanan padat, Ibu harus hati-hati dalam memilih jenis sayuran ke dalam menu MPASI si Kecil. Selain itu, pastikan Ibu selalu memberikannya ASI dan minum susu khusus Ibu menyusui Frisian Flag PRIMAMUM untuk dukung akal cermat dan imunitas Si Kecil dengan DHA dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Dalam menyajikan jenis sayuran untuk MPASI si Kecil, Ibu perlu memerhatikan cara pengolahannya dengan tepat. Sebaiknya jenis sayuran untuk MPASI tersebut direbus, dikukus, atau dihaluskan menggunakan food processor terlebih dahulu agar dapat lebih mudah dikonsumsi oleh si Kecil. 

Lantas, apa saja jenis sayuran yang bagus untuk MPASI si Kecil? Simak rekomendasinya di bawah ini, ya!

11 Jenis Sayuran untuk MPASI Si Kecil

Inilah beberapa rekomendasi jenis sayuran yang bisa Ibu dapatkan dengan mudah dan diolah untuk menu MPASI si Kecil:

  1. Brokoli

    Brokoli termasuk jenis sayuran yang bagus untuk MPASI 6 bulan karena rendah kalori dan kaya nutrisi. Bahkan, brokoli disebut sebagai superfood karena mengandung beragam nutrisi, mulai dari protein, serat, vitamin K, vitamin C, vitamin B, kalium, zinc, dan lain sebagainya. 

    Artikel Sejenis

    Kandungan nutrisi dalam brokoli bermanfaat sebagai antioksidan yang membantu melawan paparan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, menyehatkan pencernaan, membantu membentuk jaringan tubuh, dan lain-lain. 

  2. Wortel

    Jenis sayuran untuk MPASI berikutnya yang bermanfaat untuk kesehatan dan tumbuh kembang bayi adalah wortel. Selain dapat menambah warna makanan menjadi lebih menarik, wortel juga menyimpan beragam nutrisi yang tak kalah penting,

    Wortel diketahui kaya akan kandungan protein, serat, vitamin A, beta karoten, vitamin K, kalium, zinc, magnesium, dan lain sebagainya. 

    Kandungan nutrisi itulah yang membuat wortel bermanfaat untuk mendukung daya tahan tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan tulang dan gigi, meningkatkan kesehatan mata, dan lain-lain. 

  3. Bayam

    Kandungan serat yang tinggi dalam bayam bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan si Kecil, sehingga membantu ia terhindar dari sembelit atau konstipasi.

    Selain itu, jenis sayuran untuk MPASI yang satu ini juga mengandung nutrisi lain, seperti protein, vitamin A, vitamin C, asam folat, kalsium, zat besi, zinc, dan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh si Kecil. 

    Nutrisi tersebut bermanfaat untuk mendukung kesehatan mata, melancarkan sirkulasi oksigen, membantu mencegah beragam penyakit, mendukung daya tahan tubuh, dan menjaga kesehatan tulang.

  4. Labu siam

    Rekomendasi jenis sayuran selanjutnya yang bisa Ibu olah untuk MPASI si Kecil yaitu labu siam. Siapa sangka ternyata labu siam mengandung sejumlah nutrisi penting, di antaranya protein, kalsium, magnesium, fosfor, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, asam folat, dan zinc. 

    Selain dapat menjaga daya tahan tubuh, jenis sayuran ini juga bermanfaat untuk membantu membunuh kuman di dalam usus sehingga pencernaan si Kecil jadi lebih sehat, serta membantu mencegah sembelit atau konstipasi.

    Baca juga: 3 Manfaat Labu Siam untuk MPASI yang Lezat dan Bergizi

  5. Labu kuning

    Tak kalah dengan labu siam, ternyata labu kuning juga termasuk jenis sayuran untuk MPASI lho, Bu. Labu kuning mengandung lemak dan kalori yang rendah, namun tinggi serat sehingga baik bagi pencernaan.

    Selain itu, jenis sayuran ini juga mengandung kalsium, kalium, vitamin A, vitamin C, dan lainnya yang mendukung daya tahan tubuh.

  6. Buncis

    Jenis sayuran untuk MPASI berwarna hijau ini pun bisa dijadikan alternatif lain ya, Bu. Sebab, buncis termasuk sayuran tinggi serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, zat besi, zinc, asam folat, sodium, dan lain-lain.

    Itulah mengapa buncis bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, mendukung perkembangan kognitif, meningkatkan fungsi tulang, dan lain sebagainya.

  7. Kembang kol

    Ibu juga bisa mengolah MPASI si Kecil yang berbahan dasar kembang kol karena jenis sayuran ini pun tak kalah bernutrisi dan bermanfaat lho. Selain tinggi serat dan mineral, kembang kol juga kaya antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

    Tak hanya itu, kembang kol juga dapat mendukung kesehatan tulang, mencegah kolesterol, mengontrol berat badan, membantu mencegah sembelit, dan lainnya.

  8. Tomat

    Sebenarnya tomat masuk ke dalam kategori buah-buahan, tetapi tak ada salahnya jika Ibu mengolah tomat dengan jenis sayuran lainnya ke dalam menu MPASI si Kecil.

    Sebab, tomat dikenal sebagai buah yang rendah kalori dan lemak, serta tinggi vitamin dan mineral. Di balik banyaknya nutrisi tersebut, tomat bermanfaat untuk membantu menghambat pertumbuhan sel kanker, menjaga kesehatan jantung, mendukung kesehatan kulit, dan lain sebagainya.

  9. Ubi

    Tak kalah dengan jenis sayuran untuk MPASI lainnya, ubi jalar juga mengandung beragam nutrisi yang penting bagi kesehatan, seperti protein, serat, kalsium, sodium, zat besi, magnesium, vitamin A, beta karoten, vitamin C, kolin, dan nutrisi lain.

    Itulah mengapa ubi jalar bermanfaat untuk mendukung daya tahan tubuh, menjaga kesehatan mata, mengendalikan gula darah, baik bagi pencernaan, dan lain-lain.

  10. Timun Jepang

    Timun Jepang atau kyuri termasuk jenis sayuran untuk MPASI yang bisa Ibu berikan untuk si Kecil dalam jumlah yang tepat. Bahkan, timun Jepang juga bisa jadi pengganti teether alami bagi bayi yang berusia 7-12 bulan karena sifatnya yang menenangkan rasa gatal di gusi saat tumbuh gigi.

     
    Jenis sayuran ini mengandung protein, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium, magnesium, dan mangan. Tak heran kalau timun Jepang bermanfaat untuk mencegah dehidrasi, melancarkan pencernaan, sebagai antioksidan, dan membantu mendukung daya tahan tubuh.

  11. Kol

    Kol juga bisa jadi alternatif saat Ibu memberikan MPASI kaya nutrisi untuk si Kecil. Meski dikenal sebagai jenis sayuran yang membuat perut kembung, tapi kol juga menyimpan manfaat lain.

    Salah satu sayuran yang bagus untuk MPASI ini dapat membantu melancarkan pencernaan, mengurangi peradangan, menjaga kesehatan jantung dan mata, hingga menurunkan risiko penyakit. Namun, Ibu juga harus memberikan kol sesuai batas normal dan tidak berlebihan.

Baca juga: Yuk, Perhatikan Tekstur MPASI Sesuai Usia Anak

Ragam Resep MPASI Berbahan Dasar Sayuran

Setelah mengetahui apa saja jenis sayuran yang bagus untuk MPASI, sudahkah Ibu memiliki bayangan akan mengolahnya seperti apa? Jika belum, yuk simak beberapa rekomendasi resep MPASI berbahan dasar sayuran berikut ini:

  1. Bubur brokoli telur

    bubur brokoli telur untuk MPASI - ibudanbalita

    Untuk si Kecil yang masih dalam tahap awal perkenalan MPASI atau berusia 6 bulan, Ibu perlu memberikan tekstur makanan yang halus dan lembut seperti bubur berbahan dasar sayuran.

    Ibu bisa menggunakan brokoli dengan tambahan telur sebagai protein yang bermanfaat untuk perkembangan otak si Kecil. Yuk, coba resepnya berikut ini:

    Bahan-bahan:

    • 1 buah telur, kocok lepas
    • 100 gram brokoli yang sudah dipotong kecil-kecil
    • 1 gelas kaldu ayam
    • Unsalted butter

    Cara membuat:

    1. Cuci brokoli hingga bersih
    2. Rebus brokoli dengan kaldu ayam hingga matang, kemudian tuang kocokan telur sedikit demi sedikit
    3. Tunggu hingga empuk, lalu haluskan hasil rebusan brokoli dan telur menggunakan food processor hingga teksturnya menyerupai puree
    4. Bubur brokoli telur yang lezat dan bergizi siap disajikan untuk si Kecil. 
  2. Puding labu kuning

    Puding labu kuning untuk MPASI - ibudanbalita

    Si Kecil memasuki usia 8 bulan? Kini saatnya Ibu bisa memberikannya makanan dengan tekstur yang meningkat daripada usia sebelumnya. Resep MPASI berbahan dasar sayuran yang bisa Ibu coba buat adalah puding labu kuning.

    Berikut ini bahan-bahan yang diperlukan dan cara membuat puding labu kuning yang lezat dan bernutrisi tinggi:

    Bahan-bahan:

    • 1 buah labu kuning ukuran kecil yang telah dikukus
    • 50 ml ASI atau susu pengganti ASI sesuai anjuran tenaga kesehatan 
    • 250 ml air
    • 2 bungkus agar-agar tanpa rasa
    • Gula dan garam secukupnya
    • 1 lembar daun pandan

    Cara membuat:

    1. Larutkan agar-agar dengan 250 ml ml, aduk hingga rata dan tuang ke dalam panci
    2. Haluskan labu kuning yang sudah dikukus, lalu masukkan ke dalam panci berisi larutan agar-agar
    3. Hidupkan kompor dalam api kecil, kemudian masak hingga 15 menit
    4. Tambahkan 50 ml ASI atau susu pengganti ASI sesuai anjuran tenaga kesehatan dan gula serta garam sesuai selera
    5. Masukkan daun pandan untuk menambah aroma pada puding labu kuning agar si Kecil tertarik
    6. Aduk adonan puding hingga teksturnya sedikit mengental dan muncul gelembung
    7. Setelah matang, tuang dalam cetakan puding dengan bentuk menarik seperti hewan atau buah-buahan
    8. Masukkan ke dalam kulkas jika ingin rasanya lebih nikmat dan teksturnya lebih padat.
  3. Setup wortel buncis

    Setup wortel untuk MPASI - ibudanbalita

    Saat si Kecil mulai memasuki usia yang tepat untuk pemberian finger food, Ibu bisa mengolah wortel yang kaya akan vitamin A menjadi setup. Berikut ini resep membuat setup wortel yang lezat dan bergizi:

    Bahan-bahan:

    • 2 buah wortel, kupas kulitnya
    • Garam secukupnya
    • Air secukupnya
    • Minyak kelapa secukupnya

    Cara membuat:

    1. Cuci bersih wortel dan potong kecil-kecil dengan bentuk memanjang
    2. Rebus air sampai mendidih, kemudian masukkan wortel
    3. Angkat wortel setelah 5 menit, lalu masukkan ke dalam air es
    4. Panaskan secukupnya minyak kelapa, kemudian tumis wortel
    5. Tambahkan garam dan aduk hingga rata. Masak selama kurang lebih 3 menit sambil terus diaduk
    6. Setup wortel yang menyehatkan siap disajikan untuk si Kecil.

Bu, itulah beberapa rekomendasi jenis sayuran untuk MPASI dan beberapa resep yang bisa Ibu coba Ibu kreasikan. Selain itu, pastikan Ibu terus memberikannya ASI karena ASI masih diperlukan hingga si Kecil berusia 2 tahun.

Baca juga: Jadwal MPASI 6 Bulan dan Tips Memulainya yang Benar

Agar produksi ASI meningkat baik dalam jumlah maupun kualitasnya, Ibu harus mendapatkan energi tambahan sebanyak 500 kalori setiap harinya (AKG 2019) begitu juga dengan protein dan nutrisi penting lainnya. 

Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu menyusui yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode menyusui dan mendukung produksi ASI.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu menyusui untuk dukung akal cermat dan imunitas si Kecil yang dilengkapi dengan DHA, 9 Asam Amino Esensial (AAE) serta 9 nutrisi penting untuk kebaikan Ibu dan si Kecil selama periode menyusui. Dua gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 360 kalori, DHA 68 mg, protein 18 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama menyusui si Kecil. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin.

Namun jika Ibu atau si Kecil mengalami kondisi yang tidak memungkinkan pemberian ASI, Ibu bisa memberikan susu pendamping ASI sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan ya Bu. Pastikan Ibu memilih susu yang mengandung 9 protein asam amino esensial lengkap dan tinggi DHA, karena protein adalah komponen yang penting untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi ya, Bu! 

Sebagai tambahan informasi, Ibu bisa mengetahui kebutuhan gizi harian si Kecil lebih terperinci melalui fitur Kalkulator Gizi. Fitur ini juga terdapat dalam Akademi Keluarga Prima lho, Bu. Tunggu apalagi? Coba fiturnya sekarang juga, yuk!

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di halaman ini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.