Whatsapp Share Like
Simpan

Wah, selamat ya, Bu, si Kecil sudah mulai makan MPASI saat ini. Saatnya untuk mengajaknya belajar makan sendiri. Mungkin Ibu bertanya-tanya, apakah hal ini terlalu dini untuk dilakukan? Tenang, Bu, mengajarkan si Kecil makan sendiri bisa segera dilakukan ketika ia melewati usia enam bulan. Namun hal ini perlu dilakukan pelan-pelan, sesuai dengan usia si Kecil saat ini. Berikut langkah-langkah yang saya dapatkan, belajar dari pengalaman sendiri dan sesama Ibu lainnya di forum Ibu & Balita.

Usia 7-12 Bulan

Saat usia 7-12 bulan, bayi mulai lancar mengonsumsi makanan padat atau MPASI. Bahkan, si Kecil mulai mencoba mengambil makanan yang Ibu pegang. Hal ini disebabkan kemampuan menggenggam si Kecil semakin meningkat dan rasa keingintahuannya membesar. Untuk melatih kemandirian makannya, Ibu bisa memberikan finger food untuk si Kecil. Ini bisa berupa biskuit khusus bayi atau potongan sayuran rebus yang mudah lumat di mulutnya, Bu. Usahakan ukuran finger food tersebut cukup kecil supaya si Kecil tidak tersedak. Pada usia ini juga, si Kecil mulai bisa memegang sendok sendiri.

Usia 12-18 Bulan

Saat ini, si Kecil sudah bisa duduk sendiri di kursi untuk makan. Biasanya juga, ia sudah bisa menggenggam gelas minumnya. Si Kecil pun sudah terbiasa mengarahkan sendok ke mulut, meskipun masih sering meleset dan banyak makanan jatuh tercecer. Pada masa ini juga, si Kecil mulai suka menolak makanan yang diberikan. Jadi, mungkin sekali ia malah memainkan atau membuang makanannya, Bu. Jadi, untuk memastikan ia cukup makan dan pengalaman makannya tetap menyenangkan, Ibu bisa mengajaknya bermain sambil makan. Misalnya, Ibu dapat mengajak si Kecil berlomba menghabiskan makanan. Selain membuat anak semangat makan, cara ini diam-diam dapat melatih kemandirian makan si Kecil.  

Usia 18-24 Bulan

Hore, gigi si Kecil mulai lengkap, Bu. Itu tandanya, ia siap mengonsumsi makanan dengan tekstur yang lebih kasar. Pada masa ini juga, si Kecil mulai punya pengetahuan soal benda-benda yang boleh dan tidak boleh dimakan. Bahkan, si Kecil sudah bisa memilih makanan kesukaannya, juga mulai lancar menggunakan sendok makan. Meskipun masih banyak makanan yang tumpah dari sendok, ia sudah bisa mulai fokus dengan makanannya. Oleh karena itu, Ibu bisa langsung memberikan mangkuk berisi makanan pada si Kecil. Biarkan ia makan sendiri meskipun berantakan. Ada baiknya, Ibu juga makan bersama si Kecil. Diam-diam, ia bisa mencontoh cara makan Ibu, lho.

Kemandirian si Kecil ketika menyantap makanan bisa menjadi tanda bahwa ia semakin pintar, Bu. Ada baiknya si Kecil mulai belajar makan sendiri sejak dini. Selain jadi tambah pintar, makan sendiri juga bisa membuat si Kecil makin percaya diri. Ayo, ajak si Kecil makan sendiri, Bu!