Pada satu tahun pertama kehidupan si Kecil, Ibu perlu memberikannya mainan anak 1 tahun yang edukatif dan aman sebagai stimulasi untuk mendukung tumbuh kembang yang lebih optimal. Ini karena tahap perkembangan anak usia 1 meliputi kemampuan motorik halus, motorik kasar, komunikasi dan bahasa, serta kemampuan sosial dan emosional.

Banner AKP
Banner Register

Perkembangan anak usia 1 tahun bisa terlihat ketika ia bisa berdiri serta berjalan sendiri secara perlahan, si Kecil juga sudah bisa mengeluarkan beberapa kata walaupun belum terlalu jelas seperti “tatata...” atau “ma...maaa...”. 

Di usia ini pun si Kecil sudah bisa meraih dan memegang benda dengan tangannya sendiri, melambaikan tangan, dan berusaha makan sendiri. Itulah sebabnya, mainan anak 1 tahun bisa menjadi stimulasi untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Mainan anak 1 tahun bukan hanya sebagai “teman bermain” si Kecil, tetapi juga bisa menunjang kemampuan motorik, komunikasi, kreativitas, dan bahasa si Kecil dengan baik. 

Namun, Ibu perlu memastikan mainan anak 1 tahun tersebut aman dan bermanfaat untuk dimainkan oleh si Kecil. Sebab, saat ini banyak mainan yang dijual di pasaran, tetapi tidak semuanya aman dimainkan.

Artikel Sejenis

Untuk itu, di artikel ini akan dijelaskan mengenai rekomendasi mainan anak 1 tahun yang aman dan edukatif untuk si Kecil, sekaligus tips memilih mainan yang tepat. Simak penjelasannya sampai selesai yuk, Bu!

Pilihan Mainan Anak 1 Tahun yang Edukatif dan Aman

MAINAN MUSIK UNTUK ANAK 1 TAHUN - IBUDANBALITA


Seperti yang telah disebutkan, mainan anak 1 tahun tak hanya berguna sebagai media bermain, tetapi juga penting untuk menstimulasi kemampuan dan kreativitas si Kecil agar tumbuh kembangnya optimal. Berikut ini beberapa mainan yang bisa Ibu pilih:

  • Mainan mencocokkan bentuk dan warna

    Mainan mencocokkan bentuk dan warna juga bisa Ibu berikan kepada si Kecil. Ibu bisa pilih mainan yang berbahan dasar kayu atau plastik. 

    Hadirkan berbagai bentuk dengan warna yang menarik, seperti bentuk bintang, bulat, oval, segitiga, persegi, dan lainnya untuk dimasukkan ke dalam lubang pada kota sesuai dengan bentuknya. 

    Mainan anak 1 tahun ini dapat mengasah si Kecil untuk berkonsentrasi, fokus, dan belajar memecahkan masalah. Kemampuan tersebut juga bisa Ibu optimalkan dengan pemberian nutrisi yang tepat.

    Misalnya saja seperti minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin yang mampu meningkatkan daya pikir dan konsentrasi si Kecil. Nah, kelima nutrisi tersebut terkandung dalam susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang bisa Ibu berikan sebagai nutrisi tambahan untuk memenuhi gizi harian si Kecil.

  • Mainan bongkah plastik

    Bongkah plastik atau creative blocks bisa menjadi mainan anak 1 tahun yang edukatif. Mainan ini bisa menumbuhkan kreativitas dalam diri si Kecil jika ia berhasil menyusun bongkahan plastik sesuai dengan keinginannya. Selain stimulasi dari luar, kreativitas si Kecil juga perlu Ibu tingkatkan dengan memberikan asupan nutrisi untuk mendukung perkembangan otak, seperti 9 Asam Amino Esensial (9AAE), DHA, omega 3, omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin.

    Untuk mendapatkan 9 nutrisi tersebut, Ibu bisa memberikan si Kecil susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ agar mendukung kreativitas si Kecil dengan baik.

  • Mainan musik

    Rekomendasi mainan anak 1 tahun selanjutnya yaitu mainan alat musik yang umumnya dimainkan dengan cara dipukul, seperti xilofon dan kolintang yang warna-warni. Jenis mainan musik ini akan mengeluarkan suara jika si Kecil memukulnya dengan palu mainan. Musik dapat mendorong kemampuan motorik halus, koordinasi gerak, kemampuan mendengar dan berbicara si Kecil, sehingga mainan musik bisa mendukung tumbuh kembangnya.

  • Mainan bola warna-warni

    Mainan bola warna-warni biasanya menarik perhatian si Kecil sehingga ia senang dan antusias untuk memainkannya. Mainan anak 1 tahun ini akan menstimulasi si Kecil untuk bergerak lebih aktif untuk melempar dan menangkap bola tersebut. Mainan anak 1 tahun ini berguna untuk mendorong kemampuan berjalan dan meningkatkan koordinasi tubuh. Dengan begitu, latihan berjalan si Kecil akan lebih menyenangkan karena ia bergerak bersama dengan mainannya.

    Supaya si Kecil lebih tangguh, maka ia juga memerlukan asupan nutrisi penting untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya, seperti zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C yang dikombinasikan dengan kehebatan 9 asam amino esensial.

    Nutrisi-nutrisi tersebut bisa Ibu dapatkan dalam susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ untuk meningkatkan potensi anak prima.

  • Mainan tema binatang

    Kebanyakan anak pasti menyukai mainan yang bertema binatang. Sebab, binatang memiliki bentuk yang beragam dan menarik perhatian si Kecil. Tak heran jika mainan bertema binatang masih menjadi andalan orang tua untuk diberikan kepada buah hatinya. Ibu bisa mengajak si Kecil bermain sambil menirukan suara-suara binatang agar ia lebih antusias. Selain itu, mainan anak 1 tahun ini juga bisa menjadi media untuk memperkenalkan jenis-jenis binatang kepada si Kecil.

  • Mainan board book

    Board book adalah buku yang terbuat dari karton tebal sehingga tidak mudah robek saat si Kecil memainkannya dengan lincah. Board book biasanya dilengkapi dengan ilustrasi atau foto-foto yang membuat si Kecil tertarik. Bahkan, ada pula board book dengan konsep teka-teki sederhana, sehingga si Kecil bisa bermain sambil belajar. Mainan anak 1 tahun ini bisa mengasah kemampuan berpikir, meningkatkan koordinasi mata dan tangan, serta meningkatkan kemampuan bahasa.

Baca juga: 9 Rekomendasi Mainan Anak Laki-laki yang Edukatif

Tips Memilih Mainan Anak 1 Tahun yang Aman

BERSIHKAN MAINAN ANAK 1 TAHUN - IBUDANBALITA


Ibu harus hati-hati saat memberikan mainan anak 1 tahun kepada si Kecil. Hindari memilih mainan yang dapat membahayakan keselamatannya ya. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus Ibu perhatikan saat memilih mainan anak, di antaranya:

  • Sesuaikan mainan anak 1 tahun dengan usia dan karakter si Kecil
  • Baca petunjuk dan dampingi si Kecil saat bermain
  • Cek mainan secara teratur
  • Bersihkan mainan secara rutin
  • Hindari benda berbahaya
  • Hindari memberikan mainan berdaya listrik dan bermagnet

Kriteria Mainan Anak 1 Tahun yang Aman

Berikut ini beberapa kriteria mainan yang aman sesuai dengan jenis mainannya:

  • Pilih mainan anak 1 tahun yang sudah berlabel Standar Nasional Indonesia (SNI)
  • Untuk mainan anak 1 tahun yang terbuat dari kain, sebaiknya pilih yang berlabel tahan api
  • Untuk boneka, sebaiknya pilih yang terbuat dari bahan yang dapat dicuci
  • Untuk mainan musik, pastikan bunyi yang ditimbulkan tidak terlalu kencang dan mengganggu kenyamanan si Kecil
  • Jika mendapat mainan bekas dari saudara, pastikan kembali apakah sesuai standar keamanan

Manfaat Mainan Anak 1 Tahun Terhadap Tumbuh Kembang


MAINAN ANAK 1 TAHUN HARUS AMAN DICUCI - IBUDANBALITA

Mainan merupakan salah satu cara mudah dalam memberikan stimulasi pada tumbuh kembang anak di usia 1 tahun. Pasalnya, di usia tersebut anak sudah mulai aktif untuk memuaskan rasa ingin tahunya, Bu. 

Oleh karena itu, memberikan jenis mainan anak 1 tahun yang tepat dan bermanfaat merupakan solusi yang baik agar si Kecil dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. 

Dalam memilih mainan anak 1 tahun, Ibu juga tidak bisa sembarangan. Ibu perlu memastikan beragam manfaat, material, warna, serta bentuknya. Cari banyak informasi mengenai mainan edukasi anak 1 tahun. 

Memberikan jenis mainan edukasi anak 1 tahun akan membantu stimulasi tumbuh kembang jadi lebih mudah, Bu. Mari cari tahu tentang manfaat lain yang bisa dirasakan oleh si Kecil pada saat bermain. 

  1. Perkembangan Otot dan Koordinasi 

    Dengan bermain mainan anak 1 tahun, si Kecil akan bergerak lebih aktif. Hal tersebut membantu untuk menstimulasi perkembangan otot dan koordinasi anak jadi optimal. Untuk mainan anak laki-laki 1 tahun, bola bisa jadi barang menyenangkan yang membuat anak tetap bergerak. 

    Dengan mainan anak laki-laki 1 tahun ini, si Kecil akan bergerak untuk menendang, melempar, dan mengejar ke mana arah bola bergulir. 

    Namun pastikan untuk membeli mainan anak 1 tahun dengan bahan yang aman ya Bu. Selain itu, pastikan si Kecil bermain di ruangan yang luas agar dapat bergerak lebih leluasa. 

  2. Membantu Mempelajari Banyak Hal 

    Anak di usia 1 tahun punya rasa ingin tahu yang tinggi. Secara tidak sadar, si Kecil akan mengambil barang-barang dan bermain agar bisa mempelajari tentang bahan tersebut. 

    Agar anak tidak bermain dengan barang yang sembarangan dan berbahaya, baiknya Ibu mulai memberikan mainan anak 1 tahun yang tepat sedini mungkin. Untuk mainan anak perempuan 1 tahun, Ibu bisa memilih kitchen set toys atau boneka yang bisa diganti penampilannya. 

    Mainan anak perempuan satu tersebut membantu si Kecil tentang pentingnya mengenal barang-barang yang biasa Ibu dan Ayah gunakan setiap hari. Selain itu, si Kecil juga jadi tahu kenapa perlu mengganti baju setiap hari agar penampilannya terjaga rapi. 

  3. Meningkatkan Kreativitas dan Imajinasi 

    Tidak bisa dipungkiri bahwa mainan anak 1 tahun dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi si Kecil jadi lebih baik. Mainan yang mengharuskan anak untuk menyusun, membantu menstimulasi otak anak untuk menyelesaikan masalah. 

    Kreativitas dan imajinasi merupakan elemen pendukung dalam membantu anak tumbuh cerdas ya, Bu. 

  4. Menumbuhkan Pentingnya Kerja Sama 

    Mainan tidak hanya membawa rasa senang dan membantu memenuhi rasa ingin tahu si Kecil. Ibu juga bisa mengajarkan anak pentingnya kerja sama dan tanggung jawab melalui mainan. Salah satu caranya adalah mengajak si Kecil untuk membereskan mainannya saat waktu bermain selesai. 

    Membiasakan anak untuk merapikan mainannya seusai bermain membantu si Kecil untuk mudah menerima tanggung jawab. Di awal, Ibu juga bisa mengajarkan anak kerja sama dengan merapikan mainan bersama dan perlahan biarkan si Kecil merapikan mainannya sendiri. 

    Selain itu, mengangkat dan memindahkan mainan juga bisa membantu menstimulasi perkembangan motorik si Kecil. 

  5. Membangun Percaya Diri Anak 

    Dengan meningkatnya kemampuan menyelesaikan masalah melalui mainan anak 1 tahun, si Kecil pun akan merasa lebih percaya diri. Rasa percaya diri bisa Ibu tumbuhkan dengan mainan puzzle. Mainan tersebut memiliki kesulitan bertingkat dan memakan waktu. 

    Namun, si Kecil bisa menyadari bahwa dirinya dapat menyelesaikan masalah dari mainan tersebut secara mandiri dan membuat dirinya senang. Jangan lupa untuk memberikan semangat dan ungkapan apresiatif dalam membangun rasa percaya diri anak ya, Bu. 

Baca juga: 7 Permainan Anak yang Mendidik, Bikin Si Kecil Cerdas!

Selain fokus untuk menstimulasi tumbuh kembang si Kecil dengan bantuan dari mainan anak 1 tahun yang edukatif, penting bagi Ibu untuk selalu memberikan asupan nutrisi berkualitas yang tepat. Perlu Ibu ketahui bahwa ada zat gizi makro yang asupannya harus dipenuhi secara lengkap, yaitu DHA dan 9 Asam Amino Esensial (9AAE).

Peran 9AAE (9 Asam Amino Esensial - protein yang mudah diserap oleh tubuh untuk mendukung pertumbuhan otak dan otot si Kecil) sangat berpengaruh pada hormon pertumbuhan. 

Bahkan kekurangan 1 dari 9AAE dapat membuat anak kurang tinggi dan kurang kreatif. Selain 9AAE, Ibu juga perlu memenuhi kebutuhan DHA si Kecil. Karena keduanya harus bekerja bersamaan dan harus dipenuhi dari makanan karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. 

Semua nutrisi penting ini bisa Ibu dapatkan dengan memberikan si Kecil susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang kaya akan DHA 4x lebih tinggi dan 9AAE. Selain mengandung DHA 4x lebih tinggi serta 9AAE, susu ini juga dilengkapi dengan Minyak Ikan, Omega 3&6, Asam Sialat, dan Sphingomyelin tertinggi di kelasnya. 

Susu ini juga mengandung serat pangan inulin yang dapat menjaga kesehatan pencernaan. Yuk, dukung tumbuh kembang si Kecil dengan memberikan susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+.

Yuk, pantau terus progres pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil secara rutin di Rapor Tumbuh Kembang Prima yang dikembangkan berdasarkan Growth Chart WHO dan Psikolog Ligina Ayudia., M.Psi. Coba sekarang di halaman ini!