Whatsapp Share Like Simpan

Bu, pernah berpikir kalau bayi belum membutuhkan mainan? Eits, ternyata pendapat tersebut kurang tepat karena sebenarnya bayi juga membutuhkan mainan yang dapat menstimulasi tumbuh kembangnya agar lebih prima. Maka dari itu, penting bagi Ibu untuk mengetahui permainan anak yang mendidik, terutama bagi si Kecil yang berusia 7-12 bulan. 

Sebab, bermain merupakan proses belajar yang paling menyenangkan dalam kehidupan awal si Kecil. Sejak lahir, si Kecil akan belajar berbagai hal dari sesuatu yang ia lihat. Seiring dengan tumbuh kembangnya, kemampuan si Kecil pun akan bertambah, misalnya kemampuan kognitif, sensorik, motorik, dan lain sebagainya. Kemampuan tersebut dapat Ibu asah melalui berbagai jenis permainan anak yang mendidik. 

Rekomendasi Permainan Anak yang Mendidik

Berikut ini beberapa rekomendasi permainan anak yang mendidik, khususnya untuk si Kecil yang berusia 7-12 bulan, antara lain: 

  1. Mainan board book 

    Ibu pernah mendengar seputar board book? Jadi, board book adalah buku yang terbuat dari karton tebal sehingga nggak gampak robek saat si Kecil memainkannya. Sebenarnya ada jenis buku lain yang bisa jadi pilihan Ibu, yaitu soft book yang berbahan kain. Kedua jenis buku ini termasuk permainan anak yang mendidik, karena secara nggak langsung Ibu sudah mengenalkan si Kecil dengan kegiatan membaca.

    Di dalam permainan anak yang mendidik ini biasanya terdapat berbagai macam ilustrasi atau gambar menarik yang warna-warni, bahkan ada juga lho board book dengan konsep gambar yang 3 dimensi, sehingga si Kecil bisa lebih antusias melihat gambar-gambarnya. 

    Artikel Sejenis

  2. Permainan mencocokkan bentuk dan warna

    Permainan anak yang mendidik selanjutnya yaitu mainan mencocokkan bentuk dan warna. Ada beragam jenis mainan yang bisa Ibu pilih, tetapi sebaiknya pilihlah mainan yang berbahan dasar kayu dengan label SNI, ya. Ibu juga bisa lho memberikan si Kecil mainan ini dengan berbagai bentuk dan warna yang menarik, seperti bentuk pesawat, bintang, segitiga, binatang, dan lain sebagainya. 

  3. Mainan balok kayu

    Salah satu permainan anak yang mendidik yaitu mainan balok kayu, karena memiliki berbagai manfaat yang penting untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. Saat ia meletakkan balok untuk membuat bentuk yang diinginkan, maka koordinasi mata dan tangan si Kecil akan terlatih. Tak hanya itu, permainan anak yang mendidik ini pun dapat melatih kreativitas dan imajinasi si Kecil. 

  4. Mainan musik

    Ibu juga bisa memilih permainan anak yang mendidik dengan tema musik. Ada banyak mainan musik yang bisa diberikan kepada si Kecil, seperti kolintang, xilofon, drum, kerincing, dan lain sebagainya. Seperti namanya ya, Bu, mainan ini akan mengeluarkan suara jika si Kecil memainkannya. Selain menyenangkan, mainan ini juga dapat membantu meningkatkan kemampuan motorik halus, motorik kasar, kemampuan mendengar, dan kemampuan berbicara si Kecil lho. 

    Baca juga: Kumpulan Lagu Anak Indonesia yang Populer [LENGKAP]

  5. Permainan bentuk huruf dan angka

    Permainan anak yang mendidik dan tak kalah seru yaitu mainan berbentuk huruf dan angka. Jenis mainan ini dapat mengasah perkembangan otak si Kecil, sekaligus mengenalkan ia terhadap berbagai jenis huruf dan angka sejak dini. Ibu bisa memilih mainan dengan warna yang menarik agar si Kecil lebih antusias dan tertarik memainkannya. 

  6. Permainan bertema hewan

    Permainan anak yang mendidik yang pastinya disukai si Kecil adalah mainan bertema hewan, seperti boneka yang menggemaskan. Ternyata mainan hewan berbentuk boneka bisa membantu si Kecil dalam mengolah emosinya lho. Dengan permainan anak yang mendidik ini, si Kecil akan belajar mengenai rasa empati dan kasih sayang. Hal tersebut bisa terlihat dari cara si Kecil memperlakukan boneka yang ia miliki. Supaya lebih seru, Ibu juga bisa bermain dengan si Kecil sambil mengeluarkan suara-suara yang menyerupai hewan tersebut. 

  7. Permainan bola

    Permainan anak yang mendidik lainnya yaitu bolah warna-warni. Memainkan bola warna-warni bisa membuat si Kecil lebih semangat dan antusias untuk bergerak nih, Bu. Sebab, mainan ini dapat mendorong si Kecil untuk berusaha melemparkan dan menangkap bola sesuai dengan kemampuannya.

    Sudah jelas ya, Bu, permainan anak yang mendidik ini dapat mengasah kemampuan motorik, keseimbangan, dan keterampilan berbicara si Kecil karena biasanya ia akan mengoceh saat menangkap dan melemparkan bola tersebut. 

Wah, permainan anak yang mendidik ternyata cukup beragam ya, Bu? Apapun jenis permainan yang Ibu pilih, pastikan mainannya harus aman bagi si Kecil. Sebaiknya pilihlah mainan yang sudah bersertifikat SNI (Standar Nasional Indonesia) dan sesuai dengan rentang usia anak. 

Ibu juga harus menghindari mainan yang berbahaya bagi si Kecil, seperti mainan yang menggunakan aliran listrik, magnet, dan menggunakan baterai ukuran kecil. Yang tak kalah penting, Ibu juga harus selalu menemani dan memantau si Kecil saat sedang bermain agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan. 

Ibu juga tahu kalau permainan anak yang mendidik dapat memengaruhi kondisi sosial dan emosional si Kecil, kan? Nah, kondisi SEL pun ternyata dapat mempengaruhi kesuksesan si Kecil saat dewasa nanti lho. Itulah sebabnya, Ibu perlu mencari tahu kondisi SEL si Kecil dengan test Emo Meter yang dikembangkan oleh Psikolog Ligina Ayudia., M.Psi., dalam Akademi Keluarga Prima

Selain menstimulasi si Kecil dengan permainan anak yang mendidik, Ibu juga tetap harus memberikan ia makanan yang mengandung nutrisi prima agar tumbuh kembangnya lebih optimal. Saat si Kecil berusia 7-12 bulan, Ibu perlu menyeimbangkan antara porsi MPASI dengan ASI secara tepat. Pastikan asupan MPASI nya mengandung protein hewani yang lengkap dengan 9 Asam Amino Esensial (9AAE), serta tinggi kandungan DHA & minyak ikannya.

Baca juga: Pentingnya Cara Menyapih Anak yang Efektif dan Nyaman

Meskipun si Kecil sudah mengonsumsi MPASI, ia juga tetap harus mendapatkan asupan ASI dari Ibu, karena ASI mengandung nutrisi yang penting untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil agar lebih prima. Maka dari itu, penting bagi Ibu untuk selalu meningkatkan kualitas ASI dengan mengonsumsi makanan bergizi, salah satunya adalah susu Frisian Flag PRIMAMUM karena mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap dan 9 nutrisi penting lainnya untuk kebaikan Ibu dan si Kecil.

Susu Frisian Flag PRIMAMUM mengandung tinggi asam folat, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), serta tinggi DHA untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel otak si Kecil sejak di dalam kandungan hingga masa menyusui. 

Yang tak kalah penting, susu Frisian Flag PRIMAMUM juga mengandung tinggi zat besi, tinggi zinc, dan sumber serat pangan inulin untuk mendukung daya tahan tubuh Ibu dan si Kecil. Ditambah kandungan tinggi kalsium dan tinggi vitamin C untuk mendukung pertumbuhan sel tubuh si Kecil.

Frisian Flag PRIMAMUM termasuk susu dengan harga ekonomis dengan nutrisi lengkap yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Tersedia dalam rasa cokelat yang lezat dan nggak bikin Ibu merasa enek atau mual.

Di samping memberikan stimulasi dari permainan anak yang mendidik dan makanan bergizi, Ibu juga tetap harus memantau tumbuh kembang si Kecil secara rutin dan menyeluruh, agar terhindar dari gangguan pertumbuhan, salah satu caranya dengan menggunakan fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima dari Akademi Keluarga Prima.

Rapor Tumbuh Kembang Prima dapat memudahkan Ibu untuk memantau tumbuh kembang si Kecil sesuai dengan grafik pertumbuhan dari WHO dan CDC. Yuk, manfaatkan fiturnya sekarang juga. Klik di sini ya, Bu!

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz