Whatsapp Share Like
Simpan

Anak-anak pasti sangat senang ya, Bu, saat diberi mainan. Ia pasti akan asyik memainkan mainan yang ia miliki. Manfaat mainan anak sendiri tidak sekedar sebagai hiburan semata lho, Bu. Namun mainan juga bisa mendukung tumbuh kembang anak. Dari mainan, anak bisa mempelajari banyak hal baru.

Untuk anak laki-laki, ada beberapa jenis mainan yang sangat pas untuk ia mainkan sekaligus merangsang kemampuannya. Mainan anak laki-laki biasanya cenderung bersifat maskulin, seperti beberapa contoh mainan berikut ini:

Mobil-mobilan

Setiap anak laki-laki pasti suka bermain mobil-mobilan. Mainan anak laki-laki yang satu ini memang sangat pas untuk dimainkan olehnya. Ibu bisa memberikan mobil-mobilan yang bisa dinaiki. Jenis mainan ini akan melatih kekuatan kaki anak serta melatih keterampilan tangannya dalam mengendalikan kendali mobil.

Saat memainkan mobil-mobilan, konsentrasi anak juga akan ikut terlatih. Selain itu, ia dapat mempelajari hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat mengemudi, meskipun hal ini belum ia butuhkan.

Lego

Alternatif mainan anak laki-laki lainnya adalah Lego. Ini adalah jenis mainan yang banyak difavoritkan oleh para jagoan kecil, sebab ia bisa belajar untuk merakitnya satu demi satu hingga menjadi bentuk yang diminta. Bermain Lego bisa melatih daya imajinasi, meningkatkan kreativitas, mengasah otak, serta melatih anak untuk belajar mengenali objek. Dikarenakan merakit Lego termasuk rumit, Ibu sebaiknya mendampingi anak selama ia bermain ya, Bu.

Artikel Sejenis

Puzzle

Untuk jagoan kecil, ajak ia untuk memainkan permainan yang menantang seperti puzzle, Bu. Mainan ini akan mengajarkannya untuk mengasah otak dan belajar memecahkan teka-teki. Puzzle juga dapat melatih koordinasi mata dan tangan anak saat ia meletakkan kepingan puzzle pada papannya untuk menghasilkan bentuk yang tepat. Dengan bermain puzzle, anak juga akan belajar bersabar, konsentrasi, dan pantang menyerah sebelum berhasil menyusun semua kepingannya.

Saat ingin memberikan anak puzzle, sesuaikanlah dengan usia dan kemampuan anak ya, Bu. Mulailah dengan yang sederhana terlebih dulu, baru kemudian naikkan tingkatkan kesulitannya saat ia sudah mahir memainkannya.

Alat Musik

Musik sudah terbukti sangat bermanfaat untuk anak, sehingga para ahli menyarankan untuk memberikan alat musik sebagai mainan anak. Musik diketahui mampu merangsang otak anak sehingga dapat meningkatkan kecerdasannya. Selain itu, mainan alat musik juga bisa meningkatkan kreativitas anak di bidang seni dan keterampilan tangannya lho, Bu. Jadi, jangan ragu untuk memberikannya sebagai mainan anak laki-laki Ibu, ya. Alat musik seperti gitar, drum, atau keyboard mainan bisa dijadikan alternatif untuk dimainkan oleh buah hati.

Baca juga: Perlukah Memberikan Mainan Sesuai Gender?

Layang-layang

Mainan tradisional yang satu ini juga bisa lho, Bu, untuk diberikan pada buah hati. Permainan layang-layang memang identik sebagai mainan anak laki-laki. Meski sudah banyak permainan berbasis teknologi, tapi permainan ini masih sangat seru dan menantang untuk dimainkan bersama anak. Ia bisa belajar bagaimana supaya bisa berhasil menerbangkan dan mengendalikan layang-layang supaya tidak jatuh. Sangat sederhana tapi seru sekali dimainkan di lapangan maupun pantai.

Bola

Bermain permainan fisik adalah salah satu kesukaan anak laki-laki. Bermain bola contohnya, dapat menjadi pilihan mainan yang memiliki banyak manfaat bagi anak.

Salah satu manfaat besar dari permainan ini adalah bisa melatih kemampuan motorik anak. Keterampilan kaki anak dapat terlatih saat ia menendang bola, sementara keterampilan tangannya akan terlatih ketika ia melempar atau memukul bola. Bermain bola bersama juga bisa mempererat hubungan Ibu dan anak sekaligus menyehatkan fisik.

Sepeda

Bermain di luar ruangan memang mampu menyehatkan badan. Ajaklah buah hati Ibu untuk bermain sepeda berkeliling kompleks. Melalui kegiatan ini, sistem motorik anak dapat terlatih dengan baik karena ia harus belajar mengayuh dan mengendalikan stang sepeda. Tak hanya itu, anak juga akan belajar berkonsentrasi, keseimbangan, serta mengenal arah. Dengan bermain sepeda, tubuh anak jadi lebih sehat karena ia aktif bergerak.

Mainan dengan Remote Control

Untuk mainan anak laki-laki, Ibu juga bisa memberikan mainan yang dikendalikan dengan remote control. Saat memainkan permainan ini, anak bisa melatih koordinasi antara mata dan tangannya. Tak hanya itu saja, keterampilan tangannya pun juga akan ikut berkembang karena ia harus cekatan dalam mengendalikan tuas pada remote controlnya.

Pasir Sintetis

Permainan pasir sintetis kini sedang menjadi trend lho, Bu. Layaknya bermain pasir di pantai, anak bisa membangun aneka bentuk yang ia inginkan menggunakan cetakan. Anak juga bisa mengoperasikan kendaraan berat, seperti excavator, bulldozer, atau truk pasir, seolah-olah ia sedang berada di proyek bangunan. Hal ini baik dalam membantu mengembangkan daya imajinasinya, Bu. Bermain pasir sintetis juga akan melatih kemampuan motorik anak saat tangannya menggenggam dan membentuk pasir menjadi aneka bentuk yang lucu.

Nah, itulah beberapa rekomendasi mainan anak laki-laki yang dapat membantu mendukung tumbuh kembangnya, Bu. Terus berikan ia mainan yang bermanfaat serta temani saat ia bermain, ya. Selamat bermain dengan buah hati, Bu.

Susu Frisian Flag 456 PRIMANUTRI juga turut mendukung tumbuh kembang anak dari dalam. Ini berkat adanya kandungan nutrisi lengkap yang dibutuhkan anak. Mulai dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral serta omega 3 dan 6, kalsium, selenium, serat pangan inulin, hingga zinc semua ada di sini.

Ingin berkonsultasi seputar masalah anak? Kunjungi saja laman Tanya Pakar, Bu. Di sana ada para ahli yang akan membantu Ibu. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dahulu.