Share Like
Simpan

Bu, bagaimana kabar hari ini? Bagi yang baru pertama kali hamil, pasti cukup bingung menentukan hal apa yang harus dilakukan untuk menjaga kandungan agar tetap sehat. Untuk membantu Ibu menentukan hal-hal yang penting dilakukan ketika hamil muda dan dapat terus mengetahui kondisi janin serta menjaganya agar tetap sehat hingga waktu persalinan tiba, lakukanlah 3 hal berikut ini:

1.Pilih dokter kandungan

Selama 9 bulan masa kehamilan, Ibu membutuhkan dampingan dari dokter kandungan yang terpercaya untuk memantau kesehatan janin. Untuk menemukan dokter yang terpercaya, Ibu bisa meminta rekomendasi teman ataupun keluarga yang sebelumnya telah memiliki pengalaman hamil dan melahirkan.

Setelah menemukan dokter kandungan yang tepat, buatlah janji konsultasi sesegera mungkin begitu mengetahui bahwa Ibu positif hamil. Pada saat konsultasi pertama ini, Ibu akan dimintai keterangan mengenai riwayat kesehatan, pengobatan yang pernah dijalani, berat badan sebelum kehamilan, dan gaya hidup serta pola makan yang biasa dilakukan.

2.Ketahui yang dilarang dan diperbolehkan

Saat hamil muda, ada banyak perubahan dalam tubuh sehingga Ibu harus melakukan beberapa penyesuaian untuk menjaga kesehatan janin. Ibu harus mengetahui dengan pasti makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi dan apa yang tidak dengan mencari informasi melalui buku maupun internet, misalnya website ibudanbalita.com, atau bertanya langsung pada dokter.

Selain itu, Ibu juga tak boleh sembarangan mengonsumsi obat saat hamil muda karena dapat membahayakan janin. Jika Ibu merasa tak enak badan dan ingin mengonsumsi obat tertentu, pastikan telah mendapat persetujuan dari dokter kandungan yang terpercaya.

3.Lakukan pola hidup sehat

Tak hanya baik untuk kesehatan Ibu, menjalani pola hidup sehat saat hamil muda juga sangat baik untuk pertumbuhan janin. Ibu bisa memulainya dengan mengkonsumsi makanan sehat dan penuh nutrisi yang dapat mengoptimalkan pembentukan calon anak yang dinanti. Selain itu, perbanyak minum air putih untuk menghindari konstipasi dan kelelahan berlebih yang biasa muncul saat hamil muda.

Jangan lupa juga untuk menjaga gaya hidup sehat dengan menghindari asap rokok dan minuman beralkohol karena kedua hal tersebut memiliki dampak buruk bagi kesehatan Ibu dan janin. Jika Ibu terbiasa mengkonsumsi kafein, saat hamil muda sebisa mungkin hindari hal tersebut atau minta pendapat dokter mengenai jumlah kafein yang diperbolehkan masuk ke dalam tubuh.

Dengan dampingan dokter kandungan terpercaya dan pengetahuan yang cukup mengenai apa saja yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari, masa hamil muda akan berjalan lancar dan menyenangkan. Jadi jangan khawatir ya, Bu! Selalu ciptakan perasaan bahagia agar pertumbuhan janin jadi lebih optimal