Meski baru memasuki bulan kedua kelahirannya, perkembangan bayi 2 bulan tentu sangat menarik untuk diperhatikan. Di usia ini pula, asupan ASI sangat penting bagi tumbuh kembang mereka sehingga diperlukan asupan bernutrisi untuk Ibu menyusui. Salah satu asupannya adalah susu Frisian Flag PRIMAMUM untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil yang dilengkapi DHA dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Selama 2 bulan pertama, si Kecil mengalami pertumbuhan fisik yang cepat. Berat badan bayi 2 bulan mungkin akan mengalami pertambahan sekitar 900 gram dengan panjang badan yang bertambah sekitar 2,5-3,8 cm setiap bulannya.

Ibu penasaran bayi 2 bulan bisa apa? Tidak lagi hanya bisa tidur, menyusu, dan buang air, kini bayi sudah mulai menunjukkan kebolehannya. Diantaranya adalah tersenyum, mencengkram, mengoceh, mengenali wajah, dan menendang-nendang.

Selain mengetahui bayi 2 bulan bisa apa, Ibu pun perlu memberikan stimulasi dengan tepat untuk mengoptimalkan perkembangan si Kecil. Mari simak bersama seperti apa perkembangan bayi 2 bulan dan stimulasinya berikut ini, Bu.

Tahapan Perkembangan Bayi 2 Bulan

Pada usia 2 bulan, si Kecil semakin tertarik dan lebih responsif dengan dunia di sekitarnya. Melansir dari Baby Center, berikut ini beberapa perkembangan yang ditunjukkan oleh bayi berusia 2 bulan:

Artikel Sejenis

  1. Gerakan Mata Lebih Terkoordinasi

    Pada bulan ini, si Kecil mulai mengembangkan kemampuan untuk melacak objek yang bergerak di depannya dan melihat wajah orang di sekitarnya dengan lebih jelas.

    Melansir WebMD, indra penglihatan bayi 2 bulan memang masih buram dan belum berwarna. Namun, si Kecil sudah mampu mengenali wajah Ibu dan melihat objek sejauh 45 cm.

  2. Peningkatan Kontrol Kepala dan Leher

    Awalnya, si Kecil membutuhkan bantuan untuk bisa mengangkat kepala dan lehernya. Namun, kekuatannya akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. 

    Semakin sering Ibu melatihnya tummy time, akan semakin baik kendali ototnya. Tummy time juga membantu mencegah si Kecil mengalami plagiocephaly atau sindrom kepala datar pada bayi.

  3. Menggerakkan Tangan dan Kaki

    Beberapa bayi sudah bisa menggerakkan tangan dan kaki sebagai tahap perkembangan bayi 2 bulan dari segi motoriknya. Si Kecil mulai menyadari bahwa ia memiliki tangan dan kaki yang dapat digerakkan. 

    Misalnya, si Kecil akan mulai mencoba menggenggam benda, mengatupkan kedua tangannya, dan menggerakkan tangan dan kakinya dengan lebih lancar dan terkoordinasi. Si Kecil juga dapat menendang kedua kakinya dengan kuat.

  4. Mengenali Suara Orang Terdekat

    Pendengaran bayi berusia 2 bulan sudah mulai berkembang lebih baik. Si Kecil dapat membedakan suara-suara yang familiar, seperti suara orang tua atau saudaranya dengan suara-suara asing yang jarang didengarnya.

    Untuk melatih perkembangan bayi 2 bulan ini, Ibu dapat mencoba mengajaknya berbicara dari jarak yang agak jauh dan perhatikan apakah si Kecil bisa mencari arah datangnya suara.

  5. Mengoceh

    Perkembangan bayi 2 bulan yang luar biasa lainnya adalah kemampuannya untuk mengoceh. Pada usia ini, si Kecil mulai bisa mengeluarkan suara vokal seperti "ah", "oh", atau "uh".

    Seiring dengan bertambahnya usia, si Kecil akan dapat mengoceh dengan dua suku kata (babbling) dan mengucapkan kata pertamanya.

  6. Tersenyum

    Bayi yang berusia 2 bulan biasanya sudah bisa tersenyum sebagai respons terhadap rangsangan dari luar, seperti suara orang tua, sentuhan, atau gerakan. Perkembangan bayi 2 bulan ini merupakan tanda bahwa si Kecil mulai memiliki kemampuan untuk mengekspresikan emosinya.

  7. Memasukkan Tangan ke Mulut

    Bayi berusia 2 bulan umumnya akan sering mengisap atau memasukkan tangan ke mulut. Gerakan ini merupakan refleks alami yang membantu si Kecil untuk membuat dirinya merasa tenang dan nyaman.

Ibu tidak perlu khawatir apabila si Kecil belum menunjukkan perkembangan seperti di atas. Pasalnya, setiap bayi memiliki tahap perkembangan yang berbeda-beda. Ibu bisa membantu mengasah kemampuannya melalui stimulasi bayi 2 bulan yang sesuai.

Baca juga: Panduan Berat Badan Bayi 2 Bulan yang Ideal Menurut WHO

Stimulasi Bayi 2 Bulan yang Tepat

stimulasi bayi 2 bulan yang tepat - ibudanbalita

Perkembangan bayi 2 bulan bisa dilihat dari kemampuan motorik hingga kemampuan komunikasinya. Ibu bisa memberikan stimulasi bayi 2 bulan dengan cara-cara seperti berikut:

  • Stimulasi Perkembangan Motorik

    Dari segi motorik, Ibu bisa memberikan stimulasi bayi 2 bulan dengan cara memperkenalkan permainan sebab-akibat atau permainan yang bisa menghasilkan sesuatu saat dimainkan.

    Sebagai contoh, pakaikanlah gelang rattle pada pergelangan tangannya. Saat ia menggerakkan tangan, maka akan ada bunyi gemerincing yang keluar. 

    Melalui permainan ini, si Kecil akan bisa mengenal konsep sebab-akibat, bahwa mainan tersebut dapat menghasilkan bunyi bila digerakkan.

  • Stimulasi Perkembangan Kognitif

    Perkembangan bayi 1 bulan menuju 2 bulan dari segi kognitif juga sudah mulai terlihat nih, Bu. Untuk itu, yuk berikan beberapa stimulasi seperti ini:

    • Lakukan kontak mata

      Melansir WebMD, indera penglihatan bayi memang masih buram dan belum berwarna, tapi ia sudah mampu mengenali wajah Ibu dan melihat objek sejauh 45 cm. Bisa dikatakan bahwa wajah manusia adalah sesuatu yang sangat ia sukai untuk dilihat.

      Jadi sangat penting untuk rutin melakukan kontak mata kepada bayi. Ibu bisa memasang berbagai ekspresi saat memandangnya, seperti tersenyum, menggerak-gerakkan alis, menggembungkan pipi, dan sebagainya. Bayi akan sangat tertarik untuk mengenal berbagai ekspresi tersebut. Ajak juga ia untuk bercermin bersama dan ia pun akan tertarik untuk meraih refleksi dirinya.

    • Beri mainan beraneka warna

      Selain senang memandang wajah, bayi 2 bulan juga suka melihat benda-benda dengan warna mencolok dan berbentuk kompleks. Jadi Ibu bisa memberikan ia mainan bayi beraneka warna yang dapat menarik perhatiannya. Bisa dengan digantung di atas boks, menggunakan play gym, atau diletakkan di hadapannya saat ia telungkup.

    • Sering mengajak interaksi

      Di usia ini bayi sudah bisa merasakan bosan dan kesepian saat ditinggal sendiri. Biasanya ia akan menangis dan meminta perhatian Ibu. Sebisa mungkin seringlah berikan stimulasi untuk perkembangan bayi 2 bulan dengan cara meluangkan waktu untuk mengajak ia berinteraksi.

      Bisa dengan bermain, membaca buku, bernyanyi, atau sekedar mengobrol. Bayi akan lebih senang saat ia ditemani, terutama oleh Ibunya. Hal ini juga mendukung perkembangan bayi 2 bulan ke 3 bulan menjadi lebih terstimulasi dengan baik.

    Baca juga: 3 Stimulasi untuk Tumbuh Kembang Bayi 3 Bulan yang Prima

  • Stimulasi Perkembangan Sosial

    Pada bayi usia 2 bulan, Ibu bisa memberikan dorongan dengan beberapa cara di bawah ini:

    1. Merespon senyumannya. Sebagai stimulasi perkembangan bayi 2 bulan pada aspek sosial, berikanlah respon saat si Kecil tersenyum dengan cara membalas senyumannya. 
    2. Berikan rasa aman. Bayi yang sering digendong dan dipeluk akan lebih merasa aman dibandingkan yang sering diletakkan. Jadi, jangan ragu untuk melakukan keduanya ya, Bu.
    3. Latih si Kecil menenangkan dirinya sendiri. Membiarkan si Kecil menenangkan dirinya sendiri saat merasa gelisah atau tidak nyaman akan membantu mengontrol emosinya sendiri.
  • Stimulasi Perkembangan Komunikasi

    Perkembangan bayi 2 bulan juga mencakup kemampuan berkomunikasi. Untuk melatih kemampuan komunikasi bayi, cara menstimulasinya adalah sebagai berikut:

    1. Ajak bercerita. Latih kemampuan bahasa dan komunikasinya dengan sering mengajak si Kecil bercerita atau membacakan dongeng.
    2. Beri respon saat ia mengoceh. Ibu juga perlu memberikan reaksi seperti bertepuk tangan dan memujinya, serta menirukan suaranya saat si Kecil mengoceh.
    3. Membaca buku bersama. Saat Ibu berbicara, si Kecil akan memandang dan memperhatikan gerakan mulut Ibu sebagai proses belajarnya. Bacakan cerita secara perlahan dan gunakan intonasi yang lembut.

Stimulasi perkembangan bayi 2 bulan seperti di atas perlu diberikan untuk menghindari terjadinya gangguan tumbuh kembang. Selain berbagai stimulasi di atas, penting untuk memerhatikan tentang kesehatan bayi 2 bulan dan jam tidur bayi 2 bulan.

Secara ideal, berat badan bayi 2 bulan biasanya mencapai 2 hingga 3 kali lipat dari berat badan saat si kecil masih berada dalam usia 1 bulan. Berat badan merupakan salah satu indikasi tumbuh kembang si Kecil.

Ibu juga perlu memerhatikan jam tidur bayi 2 bulan. Pada usia 2 bulan, bayi biasanya membutuhkan waktu tidur kurang lebih hingga 20 jam dalam sehari. Tidur yang cukup akan membuat mood si Kecil jadi bagus.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Posisi Tidur Bayi 0-3 Bulan yang Tepat

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan pada Bayi 2 Bulan

hal yang tidak boleh dilakukan pada bayi 2 bulan - ibudanbalita

Ada sejumlah hal yang tidak boleh dilakukan pada bayi 2 bulan. Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Membawa si Kecil berkendara tanpa menggunakan car seat

    Bayi usia 2 bulan harus selalu menggunakan car seat saat berkendara, baik di depan maupun di belakang. Car seat merupakan alat pengaman yang penting untuk melindungi bayi saat berkendara. 

  • Membiarkan si Kecil tidur miring terlalu lama

    Posisi tidur miring dapat menghambat pernapasan, sehingga meningkatkan risiko kematian mendadak atau Sudden Infant Death Syndrome (SIDS). Bayi usia 2 bulan masih rentan terhadap risiko (SIDS), sehingga penting bagi Ibu untuk mengecek posisi tidur si Kecil.

  • Merokok di dekat bayi

    Asap rokok mengandung banyak zat kimia berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan bayi 2 bulan. Bahaya merokok di dekat bayi bahkan lebih besar daripada merokok di dekat orang dewasa, karena bayi memiliki sistem pernapasan yang masih belum berkembang sempurna.

Itulah sejumlah hal yang tidak boleh dilakukan pada bayi 2 bulan. Selain dari stimulasi, perkembangan bayi 2 bulan tentunya juga amat dipengaruhi oleh asupan nutrisi dari ASI. 

Agar produksi ASI meningkat baik dalam jumlah maupun kualitasnya, Ibu harus mendapatkan energi tambahan sebanyak 500 kalori setiap harinya (AKG 2019) begitu juga dengan protein dan nutrisi penting lainnya.

Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu menyusui yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode menyusui dan mendukung produksi ASI.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu menyusui untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil yang dilengkapi dengan DHA, 9 Asam Amino Esensial (AAE) serta 9 nutrisi penting untuk kebaikan Ibu dan si Kecil selama periode menyusui. Dua gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 360 kalori, DHA 68 mg, protein 18 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama menyusui si Kecil. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin.

Namun, jika Ibu atau si Kecil mengalami kondisi yang tidak memungkinkan pemberian ASI, Ibu bisa memberikan susu pendamping ASI sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan ya Bu. Pastikan Ibu memilih susu yang mengandung 9 protein asam amino esensial lengkap dan tinggi DHA, karena protein adalah komponen yang penting untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi ya, Bu! 

Selain memantau perkembangan bayi 2 bulan, Ibu juga bisa mengetahui progres pertumbuhan dan perkembangannya melalui fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Di fitur ini, tinggi badan anak, berat badan, lingkar kepala, dan indeks massanya akan diukur, serta disesuaikan dengan grafik pertumbuhan dari WHO. Yuk coba sekarang!

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan bergabung sebagai member Ibu dan Balita, Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Yuk, daftar sekarang!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.