Whatsapp Share Like Simpan

Tidur merupakan rutinitas yang penting bagi bayi sebab tidur dapat berpengaruh terhadap proses tumbuh kembangnya. Saat baru lahir ke dunia, bayi akan lebih sering tidur daripada bangun. Namun seiring pertambahan usia, jam tidur bayi akan berkurang. Pada bayi 3 bulan, pola tidurnya sudah mulai berubah. Jadi Ibu mungkin harus melakukan penyesuaian. Seperti apakah pola tidur bayi 3 bulan tersebut? Berikut informasi selengkapnya:

Pola Tidur Bayi 3 Bulan

Pada usia ini umumnya bayi masih memiliki jam tidur seperti saat berusia 1 bulan, yakni sekitar 14-16 jam sehari. Perbedaannya adalah pada pola tidur dan durasi. Bayi 3 bulan akan tidur siang lebih singkat (sekitar 4-5 jam) dan tidur lebih lama di malam hari (sekitar 10-11 jam).

Perubahan tersebut dipengaruhi oleh pertumbuhan lambung bayi. Ukuran lambung yang membesar akan membuat susu yang ia minum dapat tertampung lebih banyak, sehingga ia akan kenyang lebih lama dan tidak/jarang terbangun di malam hari.

Namun Ibu perlu tahu bahwa pola tidur dan durasi setiap bayi berbeda-beda. Untuk itu tak perlu terlalu khawatir jika bayi Ibu dan bayi lainnya mempunyai jadwal dan durasi waktu tidur yang tidak sama. Selain itu Ibu tetap harus menyusui bayi saat ia terbangun di tengah malam.

Cara Mengatur Pola Tidur Bayi

Beberapa bayi 3 bulan sudah mempunyai pola tidur yang teratur dan jarang terbangun pada malam hari. Namun beberapa diantaranya belum memiliki pola tidur yang teratur. Mungkin bayi Ibu termasuk didalamnya? Cara-cara di bawah ini akan membantu Ibu untuk mengatur pola tidur yang baik bagi bayi:

Artikel Sejenis

  1. Menerapkan jadwal tidur yang sama. Pola tidur yang teratur pada bayi dapat dipengaruhi oleh jadwal tidur yang tetap. Untuk itu Ibu perlu membiasakan bayi untuk tidur di jadwal yang sama, misalnya jam 7 malam. Pada jam tersebut bayi harus sudah bersiap-siap untuk tidur. Jika dilakukan secara konsisten, maka bayi pun akan terbiasa dengan jadwal tidur yang Ibu terapkan.
  2. Segera tidurkan bayi saat mulai mengantuk. Bayi yang sudah terlihat mengantuk sebaiknya segera ditidurkan supaya tidak menjadi rewel. Bayi yang mulai mengantuk biasanya akan menunjukkan tanda-tanda berupa menguap, menarik-narik daun telinga, mengucek mata, menggaruk rambut, atau terlihat lebih rewel. Bila bayi sudah menunjukkan tanda-tanda tersebut, segera letakkan ia di ranjangnya.
  3. Hindari menyusui hingga bayi tertidur. Beberapa bayi bergantung pada ASI untuk bisa tertidur dan akan kesulitan tidur saat tidak menyusu. Hal ini bisa disebabkan oleh kebiasaan Ibu menyusui bayi hingga tertidur. Ibu sebaiknya mengubah kebiasaan tersebut supaya bayi tidak terus bergantung pada ASI dan akan berdampak saat harus disapih nanti.

Ibu bisa menyusui bayi sekitar 20 menit sebelum ia tidur. Setelah itu biasakan ia untuk tidur sendiri di ranjangnya dengan cara menepuk-nepuk halus punggungnya sambil bersenandung pelan.

  1. Memperbanyak aktivitas untuk bayi di siang hari. Siang hari adalah waktunya untuk bayi 3 bulan beraktivitas. Perbanyaklah aktivitasnya di siang hari dengan bermain agar ia kelelahan dan bisa tidur nyenyak di malam hari. Namun jangan mengurangi waktu tidur siangnya ya, Bu. Bayi tetap harus tidur siang dengan cukup untuk memenuhi jam tidurnya.

Saat Bayi Kurang Tidur

Bayi yang waktu tidurnya kurang cenderung lebih rewel dan menangis. Tak hanya itu saja, penelitian menunjukkan bahwa bayi usia 1 tahun yang waktu tidurnya kurang diduga akan mempunyai masalah pada perilaku dan rentang konsentrasinya lebih pendek begitu memasuki usia 3 dan 4 tahun. Penelitian lainnya terhadap 9000 anak usia prasekolah di Amerika menunjukkan bahwa anak yang tidur malam kurang dari 9 jam lebih mudah marah, tantrum, dan impulsif dibandingkan dengan anak yang tidur malam dengan cukup.

Waktu tidur diyakini berpengaruh terhadap pertumbuhan dan daya tahan tubuh, sehingga bayi yang tidak cukup tidur akan lebih rentan terserang penyakit. Waktu tidur juga sangat berperan terhadap perkembangan kognitif bayi berupa kemampuan belajar bahasa, berpikir, mengolah informasi, memahami, dan sebagainya. Bagi anak yang sudah memasuki usia sekolah, tidak cukup tidur dapat mengurangi konsentrasi belajar, depresi, hiperaktif, cenderung nakal, dan memiliki nilai jelek.

Membuat Tidur Berkualitas & Berkuantitas bagi Bayi

Selain memiliki pola dan durasi tidur yang cukup, bayi 3 bulan juga sebaiknya tidur secara berkualitas dan berkuantitas. Berikut cara-cara untuk mendapatkannya:

  • Pukul 18:30 dan 19:00 dipercaya sebagai waktu tidur yang tepat untuk bayi berusia di bawah 1 tahun.
  • Buat bayi merasa relaks dengan cara mandi air hangat sebelum tidur.
  • Memakaikan bayi pakaian nyaman untuk menghindari bayi terbangun dan terkena iritasi.
  • Buat ruangan dalam pencahayaan redup dan suasana yang tenang.
  • Berikan pijatan lembut pada bayi selama 15 menit.
  • Susui bayi sebelum ia tidur dan sebelum terbangun dari tidur.
  • Elus-elus lembut kepala, lengan, dan perut bayi sambil mendongeng atau bersenandung pelan.

Jadi sudah jelas bahwa pola tidur sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang bayi 3 bulan. Untuk itu jangan sampai bayi Ibu kurang mendapatkan waktu tidur, ya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Ibu masih memiliki pertanyaan seputar bayi? Tanyakan saja di laman Tanya Pakar. Pastikan Ibu sudah register terlebih dulu supaya bisa menggunakan fitur tersebut.

 

Sumber:

alodokter.com