Sebagai orang tua Ibu tentu ingin memberikan yang terbaik kepada buah hati agar tumbuh kembangnya optimal, bukan? Selain asupan nutrisi, tumbuh kembang bayi 3 bulan sangat dipengaruhi oleh stimulasi yang Ibu berikan sejak dini, salah satunya mainan. 

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Yup! Ternyata mainan untuk stimulasi bayi 3 bulan memiliki berbagai manfaat yang penting untuk mendukung kemampuan motorik, sensorik, kognitif, serta tumbuh kembang si Kecil secara keseluruhan lho, Bu. 

Meskipun mainan untuk stimulasi bayi 3 bulan banyak kegunaannya, tapi sebaiknya Ibu memilih mainan yang sesuai dengan kemampuan si Kecil. Bagaimana caranya ya? Eits, tenang, Ibu bisa memantau tahapan tumbuh kembang si Kecil sesuai dengan usianya dulu. Dengan begitu, Ibu bisa memilih mainan untuk stimulasi bayi 3 bulan yang tepat. 

Tahapan Tumbuh Kembang Bayi Usia 3 Bulan

Untuk menstimulasi bayi 3 bulan, secara umum, berikut ini adalah beberapa kemampuan bayi usia 3 bulan yang bisa Ibu lihat:

  • Mulai dapat menanggapi dengan senyuman ketika diajak bicara atau saat ia melihat sesuatu yang dianggap menarik
  • Bayi umumnya sudah bisa mengekspresikan kesenangannya melalui beberapa cara, seperti senyuman, suara, atau gerakan kaki
  • Matanya mulai bisa mengikuti suatu gerakan
  • Mulai bisa menegakkan kepala hingga 45 derajat dengan topangan tangan 
  • Sudah bisa mendengar bunyi-bunyi dan mengenali suara di sekitarnya
  • Mulai bisa membuat suara-suara dan ekspresi wajah yang berubah sesuai yang ia rasakan, misalnya menaikkan alis mata

Berdasarkan kemampuan umum ini, maka Ibu perlu memberikan stimulasi bayi 3 bulan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mainan untuk stimulasi bayi 3 bulan. Lantas, mainan untuk stimulasi bayi 3 bulan seperti apa yang cocok untuk dimainkan oleh si Kecil? Intip rekomendasinya di bawah ini, yuk!

Artikel Sejenis

Rekomendasi Mainan Bayi 3 Bulan yang Menyenangkan

Berikut ini ada berbagai macam mainan untuk stimulasi bayi 3 bulan yang bisa berfungsi sebagai stimulasi untuk Ibu berikan kepada buah hati:


  • Buku Bergambar

    Di usia ini bayi memang belum bisa membaca, Bu, tapi ia akan suka melihat gambar dengan aneka warna yang cerah dan mendengarkan suara Ibu saat menceritakan isi dari buku tersebut. 

    Buku termasuk mainan untuk stimulasi bayi 3 bulan yang dapat melatih banyak kemampuan si Kecil, mulai dari kemampuan bahasa, sosial, bicara, hingga kognitif. Jadi, rajinlah membacakan bayi Ibu buku cerita, ya. Supaya lebih awet dan aman untuk bayi, pilihlah buku yang terbuat dari kain (softbook) atau memiliki halaman yang tebal (board book).

  • Mainan Kerincing

    Mainan untuk stimulasi bayi 3 bulan lainnya adalah kerincingan. Pilihlah kerincingan yang terbuat dari bahan yang empuk dan ringan sehingga tidak membahayakan bayi. Mainan semacam ini dapat membantu melatih kemampuan bayi dalam menggenggam benda. 

    Menariknya lagi, meski sederhana tapi mainan kerincing juga dapat mengajarkan konsep sebab-akibat pada bayi, Bu. Saat ia menggerakkan tangannya, maka kerincingan tersebut akan berbunyi. Bayi pun pasti akan sangat senang mendengarnya. Mainan juga akan membantunya untuk menstimulasi bayi 3 bulan agar tengkurap.

  • Mainan Karet

    Mirip dengan kerincingan, mainan untuk stimulasi bayi 3 bulan lainnya yang dapat mengajarkan konsep sebab-akibat adalah mainan karet yang dapat berbunyi saat ditekan. Mainan bayi ini juga dapat melatih kemampuan menggenggam bayi dengan keras agar mainan karet dapat mengeluarkan bunyi. Ciri bayi cerdas usia 3 bulan.

  • Baby Playmat dan Playgym 

    Di usia 3 bulan bayi sudah mulai tertarik dengan benda-benda yang ada di depan matanya. Ia akan berusaha untuk meraih dan memegangnya. Untuk itu Ibu bisa memberikan baby playmat dan playgym sebagai sarana mainan untuk stimulasi bayi 3 bulan yang menyenangkan.

    Playmat adalah sebuah alas empuk untuk arena bermain bayi yang dirancang dengan aneka warna cerah dan gambar-gambar lucu yang dapat menstimulasi penglihatan bayi. Teksturnya juga empuk sehingga akan merangsang indera perabanya. Tak hanya itu, alas bermain ini juga dapat digunakan untuk melatih kekuatan tangan dan kaki bayi saat ia bereksplorasi di atasnya.

    Sedangkan, playgym adalah mainan untuk stimulasi bayi 3 bulan dengan aneka mainan yang digantung pada tongkat. Untuk playgym biasanya terdiri dari aneka mainan yang bisa berbunyi dan menyala. Dengan begitu, mainan tersebut dapat melatih indera peraba dan otot tangan bayi.

  • Mainan dengan Cermin

    Pernahkah Ibu menjumpai mainan stimulasi bayi 3 bulan yang memiliki bagian seperti cermin? Ternyata mainan ini juga dapat dijadikan sebagai mainan untuk bayi 3 bulan, lho. Mainan ini bisa menstimulasi perkembangan bahasa dan sosial, sekaligus membantu meningkatkan fokus bayi pada wajahnya.

  • Boneka

    Bayi mana yang tidak suka boneka? Bentuknya yang menggemaskan dan teksturnya yang lembut pasti akan menarik perhatian semua bayi. Tak hanya itu, mainan untuk stimulasi bayi 3 bulan ini pun akan melatih kemampuan bayi memegang benda dan memperkenalkan bayi pada aneka tekstur.

    Saat sudah menemukan boneka favoritnya, ia pasti akan menggigit dan memasukkannya ke dalam mulut. Oleh karenanya, Ibu harus memilih mainan untuk stimulasi bayi 3 bulan yang satu ini yang terbuat dari bahan aman dan pastikan untuk rajin mencucinya agar kebersihannya selalu terjaga.

  • Mainan Gigit

    Meski gigi bayi umumnya baru tumbuh saat ia berusia 6 bulan, tapi di usia 3 bulan bayi sudah mulai suka menggigit tangan dan mengeluarkan banyak air liur. Ini pertanda bahwa proses pertumbuhan giginya sudah dimulai. 

    Guna merangsang pertumbuhan giginya, Ibu dapat memberikan mainan untuk stimulasi bayi 3 bulan yang bisa digigit dan terbuat dari karet. Mainan ini dapat meredakan rasa sakit atau gatal pada gusinya yang membuat bayi merasa tidak nyaman. Pastikan Ibu memilih mainan gigit yang terbuat dari bahan yang aman ya, Bu.

  • Mainan Gantung

    Terakhir, ada mainan gantung atau musical mobile yang berputar dan mengeluarkan suara musik. Memiliki warna yang cerah dan dapat berputar membuat mainan stimulasi bayi 3 bulan ini dapat digunakan untuk menstimulasi penglihatan bayi. Mainan semacam ini juga dapat merangsang kemampuan mendengar bayi dan menstimulasi bayi untuk berbicara.

  • Activity Mat


    Activity mat adalah tikar yang dilengkapi dengan banyak warna, gambar, tekstur bahkan permainan sederhana. Mainan stimulasi bayi 3 bulan ini bisa digunakan sambil si Kecil latihan tummy time dengan semakin baik karena mendapat stimulasi dari mainannya.

  • Mainan pemutar musik

    Salah satu jenis mainan bayi 3 bulan untuk menstimulasi indra pendengarannya adalah mainan pemutar musik. Biasanya mainan ini berbentuk instrumen yang memiliki tombol -tombol tertentu yang jika ditekan akan mengeluarkan lagu anak-anak sederhana.

Tips Memilih Mainan untuk Stimulasi Bayi 3 Bulan

Untuk memastikan keamanan bayi tetap terjaga, ada beberapa tips yang perlu Ibu ketahui dalam memilih mainan untuk mengoptimalkan perkembangan bayi 3 bulan, di antaranya:

  • Sesuaikan mainan dengan usia bayi. Memberikan mainan kepada bayi harus disesuaikan dengan tumbuh kembang bayi sesuai usianya. 
  • Supaya tidak melukai bayi, sebaiknya berikan mainan berbahan empuk dan tidak tajam.
  • Pastikan untuk memilih mainan yang terbuat dari bahan yang aman, yaitu tidak mengandung bahan kimia berbahaya.
  • Hindari memilih mainan yang berukuran kecil, karena berisiko tertelan bayi. Pilihlah mainan berukuran sedang agar mudah digenggam bayi dan tidak dapat masuk ke mulutnya.
  • Pilih mainan dengan berbagai suara, warna, bentuk, ukuran, dan tekstur untuk melatih kemampuan meraba, melihat, dan mendengar bayi.
  • Pilih mainan bayi 3 bulan yang mudah dibersihkan.
  • Hindari memilih mainan bayi 3 bulan yang menggunakan magnet, baterai, atau listrik. 
  • Baca petunjuk pada kemasan mainan bayi 3 bulan. Biasanya mainan yang berkualitas selalu disertai dengan petunjuk pemakaian yang jelas guna menjamin keamanan bayi. 

Selain memberikan buah hati mainan untuk stimulasi bayi 3 bulan, jangan lupa untuk menemaninya bermain ya, Bu. Tak hanya dapat melihat langsung perkembangan bayi, Ibu juga akan semakin dekat secara emosional dengan buah hati. 

Selanjutnya yang tak kalah penting, Ibu tetap perlu memberikan si Kecil ASI secara rutin. Agar kualitas ASI meningkat baik dalam jumlah maupun kualitasnya, Ibu harus mendapatkan 500 kalori tambahan setiap harinya (AKG 2019) begitu juga tambahan nutrisi penting lainnya. Selain dari makanan, Ibu juga perlu mengonsumsi susu yang mengandung 9AAE (9 Asam Amino Esensial – protein penting dalam bentuk siap diserap oleh tubuh untuk mengoptimalkan tumbuh kembang otak dan tulang janin serta menjaga kesehatan ibu) dan 9 nutrisi penting lainnya seperti: tinggi asam folat, omega 3 (ALA)/DHA, Omega 6 (LA), tinggi zat besi, sumber serat pangan inulin, tinggi vitamin C, sumber protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tambahan selama masa menyusui. 

Semua nutrisi di atas Ibu bisa dapatkan dengan rutin mengonsumsi 2 gelas susu Frisian Flag PRIMAMUM setiap harinya karena Susu Frisian Flag PRIMAMUM memiliki kandungan DHA, 9AAE dan 9 nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh ibu selama masa menyusui. Bahkan kandungan DHA dalam Frisian Flag PRIMAMUM tertinggi dibandingkan dengan susu sejenisnya. DHA ditambahkan untuk mendukung pertumbuhan otak si Kecil di periode 1000 Hari Pertama Kehidupannya. Susu Frisian Flag Primamum tersedia dalam rasa cokelat yang lezat dan tidak membuat enek atau mual. 

Namun jika Ibu atau si Kecil mengalami kondisi yang tidak memungkinkan pemberian ASI, Ibu bisa memberikan susu pendamping ASI sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan ya Bu. Pastikan Ibu bertanya susu yang mengandung 9 protein asam amino esensial lengkap dan tinggi DHA, karena protein adalah komponen yang penting untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi ya, Bu! 

Sebagai tambahan informasi, Ibu juga perlu memantau tumbuh kembang si Kecil secara rutin dengan Rapor Tumbuh Kembang Prima. Melalui fitur ini, Ibu bisa memantau berat badan, tinggi badan, indeks massa tubuh, dan lingkar kepala si Kecil sesuai dengan grafik pertumbuhan dari WHO. Fiturnya terdapat dalam Akademi Keluarga Prima dan Ibu bisa langsung menggunakannya di sini.

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.