Whatsapp Share Like Simpan

Senangnya bila bayi berkembang dengan optimal! Sejak buah hati terlahir ke dunia, saya selalu mengamati perkembangannya, apakah sesuai dengan acuan perkembangan bayi atau tidak. Hingga kini usianya menginjak 3 bulan, saya semakin takjub dengan pesatnya perkembangan yang ia tunjukkan.

Salah satu kuncinya adalah memberikan rangsangan melalui mainan bayi yang edukatif. Memilih mainan edukasi juga harus disesuaikan dengan tahap perkembangannya, Bu, agar dapat berjalan lebih optimal. Berikut ada 10 macam mainan bayi 3 bulan yang bisa Ibu berikan kepada buah hati:

Buku Bergambar

Di usia ini bayi memang belum bisa membaca, Bu, tapi ia akan suka melihat gambar dengan aneka warna yang cerah dan mendengarkan suara Ibu saat menceritakan isi dari buku tersebut. Buku dapat melatih banyak kemampuan pada bayi, mulai dari kemampuan bahasa, sosial, bicara, hingga kognitif. Jadi, rajinlah membacakan bayi Ibu buku cerita, ya. Supaya lebih awet dan aman untuk bayi, pilihlah buku yang terbuat dari kain (softbook) atau memiliki halaman yang tebal (board book).

Mainan Kerincing

Mainan bayi 3 bulan lainnya adalah kerincingan. Pilihlah kerincingan yang terbuat dari bahan yang empuk dan ringan sehingga tidak membahayakan bayi. Mainan semacam ini dapat membantu melatih kemampuan bayi dalam menggenggam benda. Menariknya lagi, meski sederhana tapi mainan kerincing juga dapat mengajarkan konsep sebab-akibat pada bayi, Bu. Saat ia menggerakkan tangannya, maka kerincingan tersebut akan berbunyi. Bayi pun pasti akan sangat senang mendengarnya.

Mainan Karet

Mirip dengan kerincingan, mainan lainnya yang dapat mengajarkan konsep sebab-akibat adalah mainan karet yang dapat berbunyi saat ditekan. Mainan bayi ini juga dapat melatih kemampuan menggenggam bayi dengan keras agar mainan karet dapat mengeluarkan bunyi.

Artikel Sejenis

Baby Playmat dan Playgym

Baby Playmat dan Playgym

Di usia 3 bulan bayi sudah mulai tertarik dengan benda-benda yang ada di depan matanya. Ia akan berusaha untuk meraih dan memegangnya. Untuk itu Ibu bisa memberikan baby playmat dan playgym.

Playmat adalah sebuah alas empuk untuk arena bermain bayi yang dirancang dengan aneka warna cerah dan gambar-gambar lucu yang dapat menstimulasi penglihatan bayi. Teksturnya juga empuk sehingga akan merangsang indera perabanya. Tak hanya itu, alas bermain ini juga dapat digunakan untuk melatih kekuatan tangan dan kaki bayi saat ia bereksplorasi di atasnya.

Sedangkan playgym adalah permainan dengan aneka mainan yang digantung pada tongkat. Untuk playgym biasanya terdiri dari aneka mainan yang bisa berbunyi dan menyala. Dengan begitu, mainan tersebut dapat melatih indera peraba dan otot tangan bayi.

Baca juga: Cara Mengatasi Sembelit pada Bayi Usia 7 Bulan

Mainan dengan Cermin

Pernahkah Ibu menjumpai mainan bayi yang memiliki bagian seperti cermin? Ternyata mainan ini juga dapat dijadikan sebagai mainan untuk bayi 3 bulan, lho. Mainan ini bisa menstimulasi perkembangan bahasa dan sosial, sekaligus membantu meningkatkan fokus bayi pada wajahnya.

Boneka

Bayi mana yang tidak suka boneka? Bentuknya yang menggemaskan dan teksturnya yang lembut pasti akan menarik perhatian semua bayi. Tak hanya itu, boneka juga akan melatih kemampuan bayi memegang benda dan memperkenalkan bayi pada aneka tekstur.

Saat sudah menemukan boneka favoritnya, ia pasti akan menggigit dan memasukkannya ke dalam mulut. Oleh karenanya Ibu harus memilih boneka yang terbuat dari bahan aman dan pastikan untuk rajin mencucinya agar kebersihannya selalu terjaga.

Mainan Gigit

Meski gigi bayi umumnya baru tumbuh saat ia berusia 6 bulan, tapi di usia 3 bulan bayi sudah mulai suka menggigit tangan dan mengeluarkan banyak air liur. Ini pertanda bahwa proses pertumbuhan giginya sudah dimulai. Guna merangsang pertumbuhan giginya, Ibu dapat memberikan mainan gigit yang terbuat dari karet. Mainan bayi ini dapat meredakan rasa sakit atau gatal pada gusinya yang membuat bayi merasa tidak nyaman. Pastikan Ibu memilih mainan gigit yang terbuat dari bahan yang aman ya, Bu.

Mainan Gantung

Terakhir, ada mainan gantung atau musical mobile yang berputar dan mengeluarkan suara musik. Memiliki warna yang cerah dan dapat berputar membuat mainan ini dapat digunakan untuk menstimulasi penglihatan bayi. Mainan semacam ini juga dapat merangsang kemampuan mendengar bayi dan menstimulasi bayi untuk berbicara.

Baca juga: Mainan Bayi 7 Bulan untuk perkembangan si Kecil [Rekomendasi]

Tips Memilih Mainan

Tips Memilih Mainan

Untuk memastikan keamanan bayi tetap terjaga, ada beberapa tips yang perlu Ibu ketahui dalam memilih mainan bayi 3 bulan:

  • Sesuaikan mainan dengan usia bayi. Memberikan mainan kepada bayi harus disesuaikan dengan tumbuh kembang bayi sesuai usianya. Oleh karena itu, bayi berusia 3 bulan harus diberikan mainan untuk bayi pada rentang usia tersebut.
  • Berbahan empuk dan tidak tajam. Supaya tidak melukai bayi, sebaiknya berikan mainan berbahan empuk dan tidak tajam.
  • Terbuat dari bahan yang aman. Bayi masih sangat sensitif dan suka memasukkan mainan ke dalam mulut. Jadi Ibu harus memastikan untuk memilih mainan yang terbuat dari bahan yang aman, yaitu tidak mengandung bahan kimia berbahaya.
  • Memiliki warna yang cerah dan kontras. Indera penglihatan bayi di usia 3 bulan masih serba hitam dan putih, sehingga ia akan lebih tertarik pada warna yang cerah dan kontras. Untuk itu sebaiknya berikan mainan yang memiliki warna cerah dan kontras, seperti merah, kuning, biru, dan hijau.
  • Mendorong interaksi dengan orang tua. Supaya stimulasi dari mainan dapat lebih optimal diterima bayi, mainan tersebut sebaiknya juga mendorong interaksi dengan orang tuanya saat bermain bersama. Tujuannya adalah untuk membangun koneksi yang kuat antara orang tua dan buah hatinya.
  • Mainan berukuran sedang. Hindarilah memilih mainan yang berukuran kecil, karena berisiko tertelan bayi. Pilihlah mainan berukuran sedang agar mudah digenggam bayi dan tidak dapat masuk ke mulutnya.
  • Mainan dengan berbagai suara, warna, bentuk, ukuran, dan tekstur. Bayi perlu diperkenalkan dengan aneka jenis suara, warna, bentuk, ukuran, dan tekstur. Untuk itu berikan mainan yang bervariasi untuk melatih kemampuan meraba, melihat, dan mendengar bayi.
  • Mudah dibersihkan. Tentunya mainan bayi haruslah yang mudah dibersihkan untuk menjaga kesehatannya. Pastikan untuk rutin membersihkan mainan hingga ke sela-sela kecil ya, Bu.
  • Tidak memiliki magnet yang dapat lepas. Hindarilah memilih mainan yang memiliki kancing magnet, karena jika tidak terpasang dengan baik magnet tersebut bisa terlepas dan tertelan olehnya. Tidak hanya dapat membuatnya tersedak, hal ini juga bisa berbahaya bagi organ dalam bayi.
  • Baca petunjuk pada kemasan mainan. Biasanya mainan yang berkualitas selalu disertai dengan petunjuk pemakaian yang jelas guna menjamin keamanan bayi. Jadi, sebelum memberikannya pada bayi Ibu, baca dan pahamilah petunjuk yang tertera untuk mengetahui apakah terdapat larangan yang harus dihindari supaya keamanan bayi saat bermain tetap terjaga.

Selain memberikan buah hati mainan bayi 3 bulan, jangan lupa untuk menemaninya bermain ya, Bu. Tak hanya dapat melihat langsung perkembangan bayi, Ibu juga akan semakin dekat secara emosional dengan buah hati. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat bermain bersama bayi ya, Bu!

Bagi Ibu yang masih memiliki pertanyaan dan ingin berkonsultasi seputar anak bisa memanfaatkan fitur Tanya Pakar. Namun sebelumnya jangan lupa untuk registrasi dulu, ya.