Whatsapp Share Like Simpan

Manfaat makan buah untuk kesehatan tubuh cukup beragam. Di balik kandungan nutrisinya yang banyak, buah kerap dijadikan makanan yang wajib dikonsumsi untuk melancarkan saluran pencernaan, meningkatkan kesehatan organ, membantu proses penyembuhan, dan lainnya. Sebenarnya tak hanya itu saja, terdapat berbagai manfaat makan buah lainnya yang penting untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. Hadir dalam berbagai bentuk dan rasa, buah memberikan vitamin, mineral, serat, serta senyawa antioksidan yang menjaga tubuh agar tetap sehat. Kehadirannya sangat dibutuhkan guna menyeimbangkan asupan nutrisi dari sumber makanan dari zat gizi lain. Oleh karena itu, penting bagi Ibu untuk mengetahui manfaat makan buah beserta kandungan nutrisi di dalamnya untuk menjaga kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil. 

Manfaat Makan Buah Berkat Kandungan Nutrisinya

Manfaat makan buah bisa si Kecil rasakan berkat adanya beragam kandungan nutrisi di dalamnya. Nutrisi-nutrisi ini membuat manfaat makan buah untuk kesehatan sangat sayang untuk dilewatkan. Tidak heran jika banyak anjuran untuk mengonsumsi makan buah setiap hari sebagai camilan sehat, lezat, dan mengenyangkan. Berikut ini adalah beberapa kandungan nutrisi yang paling umum terdapat dalam buah-buahan, di antaranya: 

  • Serat

    Sudah jadi rahasia umum jika buah-buahan termasuk makanan yang kaya akan serat. Ada banyak manfaat makan buah berserat untuk kesehatan tubuh. Sebab, serat dapat membantu saluran pencernaan tetap berfungsi dengan baik, membantu menurunkan kadar kolesterol, dan mencegah sembelit atau konstipasi. Oleh karenanya, banyak Ibu yang memberikan anaknya serat saat mengalami susah buang air besar (BAB)

  • Vitamin C

    Nutrisi yang paling sering ditemukan dalam buah-buahan adalah vitamin C. Manfaat makan buah yang mengandung vitamin C cukup beragam, di antaranya dapat meningkatkan sistem imun, menjaga kesehatan kulit, mata, tulang, dan gigi, membantu mempercepat proses penyembuhan, mengontrol tekanan darah, sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel tubuh dari radikal bebas, meningkatkan penyerapan zat gizi, dan lainnya. Manfaat makan buah vitamin C bisa si Kecil dapatkan dari jeruk, lemon, jambu biji, kiwi, pepaya, stroberi, dan buah beri lainnya. 

  • Vitamin A

    Manfaat makan buah yang mengandung vitamin A pun cukup beragam lho, Bu. Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan kulit, menjaga sistem imun tubuh, mengurangi risiko kanker, menjaga kesehatan tulang, dan lain sebagainya. Si Kecil bisa mendapatkan manfaat makan buah vitamin A dari mangga, pepaya, blewah, apel, melon, aprikot, dan jeruk bali.

    Artikel Sejenis

  • Vitamin B9 (asam folat)

    Vitamin B9 (asam folat) juga termasuk nutrisi yang paling umum terdapat dalam buah-buahan. Manfaat makan buah yang mengandung vitamin B9 (asam folat) dapat membantu proses pembentukan sel darah merah dan materi genetik, seperti DNA. Manfaat vitamin B9 (asam folat) bisa si Kecil dapatkan dari jeruk, lemon, jeruk nipis, jeruk bali, dan lainnya. 

  • Kalium 

    Selain serat dan vitamin, buah-buahan juga mengandung mineral yang dibutuhkan oleh tubuh si Kecil, salah satunya adalah kalium. Manfaat makan buah yang mengandung kalium dapat membantu menjaga tekanan darah dan fungsi sistem saraf agar bekerja secara optimal. Buah yang kaya akan kalium di antaranya pisang, alpukat, dan tomat. 

    Selain nutrisi di atas, masing-masing buah juga mengandung zat gizi lain yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti vitamin D, vitamin E, vitamin K, vitamin B12, natrium, magnesium, zinc, fosfor, dan beragam vitamin serta mineral lainnya. Setiap buah memiliki kandungan nutrisi yang berbeda, sehingga si Kecil dianjurkan mengonsumsi berbagai jenis buah untuk mengoptimalkan kebutuhan gizi hariannya. 

    Baca juga: Manfaat Asam Amino Esensial (9AAE) Untuk Pertumbuhan Anak

Manfaat Makan Buah untuk Tumbuh Kembang Anak

Di balik kandungan nutrisinya yang cukup beragam, tak dapat dipungkiri bahwa manfaat makan buah bisa memberikan efek positif terhadap kesehatan dan tumbuh kembang anak hingga jangka panjang. Beberapa manfaat makan buah yang bisa dirasakan si Kecil, antara lain:

  1. Membantu memenuhi gizi harian

    Nutrisi yang dimiliki masing-masing buah sangat bervariasi. Hampir di setiap jenis buah mengandung nutrisi penting yang dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian si Kecil. Oleh karena itu, selain mengonsumsi makanan yang kaya akan protein dan karbohidrat, si Kecil juga harus mengonsumsi buah untuk mendapatkan nutrisi serat, vitamin, mineral, dan senyawa tumbuhan untuk menyeimbangkan kebutuhan gizi. Dengan begitu, manfaat makan buah pun akan ia dapatkan untuk menjaga kesehatan tubuhnya. 

  2. Membantu mencegah beragam penyakit

    Manfaat makan buah juga dapat membantu si Kecil terhindar dari beragam risiko penyakit. Ini karena di dalam buah terdapat senyawa antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Selain itu, vitamin dan mineral di dalam buah juga dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh dan membantu proses penyembuhan dengan baik. 

  3. Mengontrol berat badan

    Salah satu manfaat makan buah yang paling sering disebut-sebut adalah dapat mengontrol berat badan agar lebih ideal. Sebab, buah-buahan kaya akan nutrisi dan rendah kalori. Buah juga mengandung serat yang membuat si Kecil merasa kenyang lebih lama serta menjaga kesehatan saluran pencernaannya. Maka dari itu, buah bisa menjadi camilan sehat untuk anak agar terhindar dari berat badan berlebih atau obesitas. Sekarang Ibu semakin yakin untuk memberikan si Kecil buah sebagai camilan sehat pengganti makanan tinggi gula dan garam, bukan?

  4. Menjaga kesehatan organ tubuh 

    Seperti yang telah disebutkan, manfaat makan buah bisa membantu menjaga kesehatan organ tubuh, seperti mata, kulit, tulang, gigi, dan organ lainnya. Manfaat ini muncul berkat adanya beragam kandungan vitamin dan mineral dalam buah. Oleh karenanya, pastikan Ibu untuk selalu memberikan si Kecil berbagai jenis buah agar organ tubuhnya dapat berfungsi dengan baik. Seimbangkan pula kebutuhan gizinya dari nutrisi lain agar lebih optimal ya, Bu. 

Selain serat, vitamin, dan mineral, sebenarnya ada buah yang mengandung protein dalam jumlah sedikit. Protein termasuk zat makro yang harus dipenuhi dalam jumlah yang tepat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil. Sebab, protein memiliki fungsi khas yang tidak bisa digantikan oleh zat gizi lain, yaitu membangun dan memelihara sel-sel serta jaringan tubuh. Namun, buah merupakan sumber protein nabati yang di dalamnya terdapat asam amino pembatas yang menyebabkan asam amino lainnya tidak terserap dengan baik di dalam tubuh. Asam amino pembatas ini akan mengurangi fungsi optimal yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, kekurangan asam amino esensial juga bisa memengaruhi kinerja hormon pertumbuhan dan akan memicu risiko stunting pada anak. 

Oleh karena itu, protein hewani merupakan sumber protein paling penting yang dibutuhkan oleh tubuh si Kecil. Sebab, di dalamnya terdapat 9 asam amino esensial (9AAE) secara lengkap yang meliputi leusin, isoleusin, valin, triptofan, fenilalanin, metionin, treonin, lisin, dan histidin. Kebutuhan 9AAE ini harus terpenuhi dalam 9 jenis yang lengkap dan jumlah yang tepat agar tumbuh kembang anak lebih optimal. Ibu bisa mendapatkan 9 asam amino esensial (9AAE) secara lengkap dari sumber protein hewani, seperti susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, dan hasil olahannya. 

Kandungan 9 asam amino esensial (9AAE) bisa secara lengkap Ibu dapatkan dalam Frisian Flag PRIMAGRO AAE 1+,kandungan nutrisi di dalam susu pertumbuhan ini sudah ditingkatkan dari sebelumnya demi mendukung potensi tumbuh kembang optimal si Kecil. Susu Frisian Flag PRIMAGRO AAE 1+ juga diperkaya dengan 9 nutrisi penting lainnya, seperti minyak ikan, omega 3, omega 6, zat besi, zinc, protein, kalsium, magnesium, vitamin D3 serta vitamin dan mineral lain untuk mendukung potensi si Kecil tumbuh pintar, kuat, dan tinggi. Hadir dengan tiga varian rasa, yaitu vanilla, madu, dan cokelat yang pasti jadi favorit anak-anak.