Share Like
Simpan

Bu, sudahkah merasakan gejala mengidam? Gejala ini merupakan kondisi yang umum dialami oleh ibu hamil terutama pada bulan-bulan pertama mengandung. Pada saat mengidam, biasanya ibu hamil memiliki keinginan yang sangat besar untuk makan sesuatu yang terlintas di benaknya, misalnya saja rujak dan mangga muda, hingga aneka makanan ringan.

Tahukah Ibu jika sebenarnya mengidam merupakan kesalahan tubuh dalam mengidentifikasi kandungan tertentu yang dibutuhkannya? Contoh sederhananya, saat Ibu ingin menenggak segelas minuman dingin yang segar, bisa jadi tubuh sedang dehidrasi dan membutuhkan lebih banyak cairan. Masih ada lagi beberapa ‘alarm’ yang ingin disampaikan tubuh melalui gejala mengidam, misalnya saja:

  1. Cokelat

    Siapa sih, yang tak suka kudapan manis ini? Kelezatannya membuat banyak orang tertarik dan tak jarang ibu hamil pun berkeinginan untuk menyantapnya. Nah, saat mengidam si manis ini bukan berarti tubuh Ibu kekurangan cokelat melainkan bisa jadi sedang membutuhkan tambahan magnesium. Cokelat asli tanpa campuran gula dan susu memang mengandung banyak magnesium, akan tetapi jenis ini sangat jarang ditemukan sebagai snack yang dijual di pasaran.

    Sebagai gantinya, ibu hamil bisa mengonsumsi cokelat organik atau dark chocolate yang kaya akan magnesium. Namun, jangan menjadikan cokelat sebagai sumber magnesium utama ya, Bu! Tetaplah mengonsumsi makanan sumber magnesium lainnya seperti kacang-kacangan serta sayuran hijau.

  2. Makanan bergula

    Bagi ibu hamil, makanan manis seperti permen, kue kering, dan aneka cake juga menjadi penggoda tersendiri. Mengidam makanan manis seperti ini bisa jadi merupakan sinyal bahwa tubuh tengah mengalami penurunan gula darah. Meskipun demikian, batasi mengonsumsi makanan manis yang mengandung terlalu banyak gula agar tak menimbulkan gangguan kesehatan serta obesitas pada ibu hamil.

  3. Makanan asin atau gurih

    Makanan asin atau gurih seperti keripik dan popcorn memang nikmat dijadikan camilan saat mengidam. Akan tetapi, tahukah Ibu bahwa mengidam makanan asin atau gurih bisa jadi merupakan pertanda fluktuasi hormon stres dalam tubuh? Untuk mengatasinya, tentu ibu hamil tidak boleh menyantap snak asin secara berlebihan karena tidak baik untuk kesehatan.

    Sebagai gantinya, cobalah untuk bermeditasi atau menenangkan diri sejenak sambil menarik nafas dalam-dalam dan menghembuskannya secara perlahan. Selain itu, Ibu juga dapat menambah asupan vitamin seperti vitamin B kompleks, B5, dan vitamin C untuk membantu menstabilkan produksi hormon.

Meskipun keinginan saat mengidam begitu kuat, namun ibu hamil tetap harus memerhatikan keamanan dan kesehatan kandungan. Jangan sampai gara-gara mengidam, kesehatan janin menjadi terganggu. Maka dari itu, bijaklah memilih makanan yang dikonsumsi selama mengandung ya, Bu!