Whatsapp Share Like Simpan

Ibu pasti sudah tahu bahwa susu sapi merupakan sumber protein hewani yang bermanfaat bagi tumbuh kembang anak. Selain rasanya yang lezat, susu sapi menyimpan beragam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh agar dapat berfungsi secara optimal. Dengan mengonsumsi susu sapi secara rutin, maka akan membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak secara prima.

Itulah sebabnya, banyak orang tua yang sudah membiasakan pemberian susu sapi kepada buah hatinya sejak dini, terutama sejak si Kecil berusia 1 tahun. Perlu Ibu ketahui bahwa meskipun susu sapi memiliki beragam manfaat, namun sebaiknya Ibu tidak memberikan susu sapi murni saat si Kecil masih bayi.

Hal tersebut dikarenakan bayi sebaiknya mendapatkan asupan susu dari ASI ekslusif Ibu. Sebab, ASI termasuk nutrisi terbaik untuk memenuhi asupan gizi harian si Kecil. Pemberian ASI eksklusif dilakukan saat si Kecil baru lahir sampai berusia 6 bulan. Nah, setelah 6 bulan ke atas, si Kecil membutuhkan tambahan nutrisi dari MPASI (Makanan Pendamping ASI) dengan kandungan zat gizi yang seimbang.

Ibu bisa melanjutkan pemberian susu sebagai nutrisi tambahan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil lebih prima. Lantas, apa saja kandungan nutrisi yang terdapat dalam susu sapi? Berapa jumlah asupan susu yang dianjurkan untuk anak usia 1-3 tahun? Serta, apa saja manfaat susu bagi tumbuh kembang anak prima? Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan di bawah ini yuk!

Kandungan Nutrisi Susu Sapi

Dalam masa tumbuh kembang, setiap anak wajib mendapatkan asupan makanan yang bergizi seimbang. Pemberian susu sapi menjadi salah satu solusi untuk melengkapi kebutuhan gizi hariannya. 

Artikel Sejenis

Hal tersebut bertujuan untuk menjaga daya tahan tubuh si Kecil serta membantu proses pertumbuhan dan perkembangannya. Untuk lebih jelas, berikut adalah jenis nutrisi yang banyak terkandung dalam susu sapi, di antaranya:

  1. Protein

    Seperti yang telah disebutkan, susu sapi termasuk sumber protein hewani yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Perlu Ibu ketahui bahwa protein hewani merupakan jenis protein yang lebih bermanfaat dan dibutuhkan oleh tubuh dibandingkan protein nabati, terutama di masa tumbuh kembang anak.

    Sebab, protein hewani memiliki kandungan asam amino esensial yang lengkap dibandingkan dengan protein nabati, yang tanpanya zat gizi lain tidak akan terserap dengan baik di dalam tubuh.

    Tahukah Ibu bahwa 9 Asam Amino Esensial (9AAE) merupakan bentuk sederhana dari protein yang kehadirannya tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga harus didapatkan dari sumber protein berkualitas, seperti telur, ikan, daging merah, daging putih, dan hasil olahannya.

    Penelitian dari J.Nutr yang dipublikasi dalam National Center for Biotechnology Information membuktikan bahwa kekurangan 1 jenis 9 Asam Amino Esensial (9AAE), maka akan menurunkan kinerja hormon pertumbuhan, termasuk potensi tinggi badan, tingkat kecerdasan, dan daya tahan tubuh sebanyak -34%. Bahkan, kekurangan semua jenis 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menurunkan hormon pertumbuhan tersebut sebanyak -50%.

    Itulah sebabnya, penting bagi Ibu untuk memenuhi asupan protein pada si Kecil dengan memberikan ia susu sapi atau susu pertumbuhan yang berbahan dasar sapi. Jumlah 9 Asam Amino Esensial (9AAE) pada susu sapi sudah pasti lengkap, meliputi leusin, isoleusin, valin, triptofan, fenilalanin, metionin, treonin, lisin, dan histidin. Asupan 9AAE secara lengkap dan tepat juga bisa Ibu dapatkan dalam susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ sehingga mendukung tumbuh kembang anak prima.

  2. Karbohidrat

    Zat gizi makro selanjutnya yang terkandung dalam susu sapi adalah karbohidrat dalam bentuk laktosa atau yang biasa disebut sebagai gula susu yang berperan sebagai sumber energi. Tak hanya itu, karbohidrat juga berperan untuk membantu metabolisme tubuh, membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, meningkatkan kesehatan jantung, dan lain sebagainya.

    Menurut U.S. Department of Agriculture, dalam 100 ml susu sapi mengandung sekitar 4,7 gram karbohidrat. Sementara, kebutuhan karbohidrat anak usia 1-3 tahun berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2019 dari Kementerian Kesehatan yaitu sekitar 215 gram asupan karbohidrat dalam 1 hari. Untuk memenuhi asupan nutrisi ini, Ibu sebaiknya tidak hanya fokus pada susu sapi, tetapi perlu menyeimbangkan asupan nutrisi dari makanan lainnya.

  3. Lemak susu

    Kandungan nutrisi susu sapi yang tak kalah penting adalah lemak susu, yaitu salah satu lemak alami yang paling kompleks. Pada anak-anak, lemak susu membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Lemak tak selalu berdampak negatif lho, Bu. Sebab, kandungan lemak yang baik dan tepat seperti lemak susu sebenarnya memiliki manfaat yang baik bagi si Kecil, di antaranya dapat meningkatkan penyerapan mineral, menjadi cadangan energi, dan membantu meningkatkan daya pikir si Kecil.

  4. Vitamin dan mineral

    Susu termasuk sumber vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Di dalamnya mengandung berbagai vitamin, mulai dari vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, B12, vitamin C, vitamin D, serta mineral seperti kalsium, zat besi, kalium, natrium, zinc, dan fosfor. Dari beragam vitamin dan mineral ini, tak heran jika susu sapi memiliki banyak manfaat yang baik bagi tumbuh kembang si Kecil, di antaranya dapat menjaga kesehatan tulang, mata, membantu meningkatkan sistem imun, dan lain sebagainya.

Manfaat Susu Sapi untuk Tumbuh Kembang Anak

Berikut adalah beberapa manfaat susu sapi yang bisa si Kecil dapatkan, antara lain:

  • Meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan tulang

    Manfaat susu sapi yang paling sering diketahui banyak orang adalah kemampuannya untuk meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan tulang serta gigi si Kecil. Manfaat ini muncul berkat adanya kandungan kalsium, fosfor, dan zat besi yang cukup tinggi yang dapat meningkatkan kepadatan tulang.

    Nah, untuk mengoptimalkan kesehatan tulangnya, susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ bisa jadi solusi tepat karena di dalamnya mengandung beragam nutrisi penting agar si Kecil lebih kuat dan tangguh, di antaranya 9 Asam Amino Esensial (9AAE), kalsium, vitamin D3, dan zinc.

  • Meningkatkan fungsi otak

    Manfaat susu yang tak kalah penting yaitu dapat membantu meningkatkan fungsi otak si Kecil. Hal ini dikarenakan kandungan protein di dalam susu yang cukup tinggi sehingga dapat membantu mengoptimalkan perkembangan otak anak dengan baik. 

    Selain itu, beberapa jenis susu juga sudah diperkaya oleh kandungan asam lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat meningkatkan fungsi dan kesehatan otak si Kecil. Nutrisi-nutrisi tersebut sangat penting dan dibutuhkan dalam masa tumbuh kembang karena efeknya akan terasa hingga jangka panjang.

    Sebagai contoh, susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ merupakan susu pertumbuhan berbahan dasar susu sapi yang mengandung DHA 4x lebih tinggi, omega 3, omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi, serta dimaksimalkan dengan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang dapat membantu meningkatkan kreativitas dan kecerdasan si Kecil dengan baik.

  • Meningkatkan sistem imun tubuh

    Manfaat susu juga penting untuk membantu meningkatkan imunitas sehingga daya tahan tubuh si Kecil bisa lebih kuat. Perlu Ibu ketahui bahwa anak-anak memerlukan asupan nutrisi yang berkualitas agar terhindar dari berbagai risiko penyakit berbahaya. Itulah sebabnya, susu bisa menjadi nutrisi tambahan agar daya tahan tubuhnya tidak menurun.

    Nah, manfaat ini juga bisa si Kecil dapatkan jika meminum susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ secara rutin. Sebab, susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk meningkatkan daya tahan, seperti zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi yang dikombinasikan dengan kehebatan 9 Asam Amino Esensial (9AAE).

  • Sebagai sumber energi

    Saat berada di fase tumbuh kembang, anak-anak sering bergerak lebih aktif sehingga energinya akan lebih cepat terkuras. Oleh karena itu, si Kecil perlu minum susu untuk membantu meningkatkan energi yang berasal dari kandungan protein dalam susu. 

Dari penjelasan di atas, Ibu pasti semakin yakin untuk memberikan susu untuk si Kecil kan? Salah satu susu yang jadi pilihan tepat bagi si Kecil yaitu susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+.

Susu  Frisian Flag PRIMAGRO 1+ merupakan susu pertumbuhan dari produk hewani yang diformulasikan untuk anak berusia 1-3 tahun sebagai tambahan nutrisi agar anak tumbuh perima di periode emas tumbuh kembangnya. Ibu bisa memberikan susu untuk si Kecil sebanyak 2-3 gelas per hari agar mendukung kebutuhan gizi hariannya dengan baik.

Penelitian yang dilakukan oleh Prof. DR. dr. Damayanti Rusli Sjarif, SpA(K) pada anak balita menghasilkan kesimpulan bahwa mengonsumsi susu pertumbuhan yang mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap dengan kadar di atas 300 ml sehari bisa mencegah terjadinya stunting sebesar 72%. Dengan begitu, susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ dapat mendukung potensi si Kecil lebih kreatif, tangguh, dan percaya diri.