Ibu pasti sudah tahu bahwa susu sapi merupakan sumber protein hewani yang bermanfaat bagi tumbuh kembang anak batita. Mengonsumsi susu sapi secara rutin akan membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan si Kecil secara prima. Sebagai pilihannya, Ibu bisa memberikan si Kecil susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil ya, Bu. Susu ini mengandung DHA tinggi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya, serta 14 vitamin dan 9 mineral untuk bantu menjaga daya tahan tubuhnya. 

Banner Register
Banner AKP
Banner Register

Selain rasanya yang lezat, susu sapi murni menyimpan beragam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh agar dapat berfungsi secara optimal. Itulah sebabnya, banyak orang tua yang sudah membiasakan pemberian susu sapi kepada buah hatinya sejak berusia 1 tahun.

Meskipun susu sapi memiliki beragam manfaat, namun sebaiknya Ibu tidak memberikan susu sapi murni saat si Kecil masih bayi. Sebab, ASI menjadi nutrisi terbaik untuk memenuhi asupan gizi harian si Kecil.

Pemberian ASI eksklusif dilakukan saat si Kecil baru lahir sampai berusia 6 bulan. Nah, setelah 6 bulan ke atas, si Kecil membutuhkan tambahan nutrisi dari MPASI (Makanan Pendamping ASI) dengan kandungan zat gizi yang seimbang.

Ibu bisa melanjutkan pemberian susu sebagai nutrisi tambahan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil lebih prima. Lantas, apa saja kandungan nutrisi yang terdapat dalam susu sapi dan apa saja manfaatnya bagi tumbuh kembang Si Kecil? Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan di bawah ini yuk!

Artikel Sejenis

Kandungan Nutrisi Susu Sapi

Dalam masa tumbuh kembang, setiap anak wajib mendapatkan asupan makanan yang bergizi seimbang. Pemberian susu sapi menjadi salah satu solusi untuk melengkapi kebutuhan gizi hariannya.

Untuk lebih jelas, berikut ini beberapa jenis nutrisi susu sapi yang dapat mendukung tahap tumbuh kembang si Kecil:

  1. Protein
  2. Susu sapi termasuk sumber protein hewani yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Perlu Ibu ketahui bahwa protein hewani merupakan jenis protein yang lebih bermanfaat dan dibutuhkan oleh tubuh dibandingkan protein nabati di masa tumbuh kembang anak.

    Protein hewani memiliki kandungan asam amino esensial yang lengkap dibandingkan dengan protein nabati. Tanpa asam amino, zat gizi lain tidak akan terserap dengan baik di dalam tubuh.

    Tahukah Ibu bahwa 9 Asam Amino Esensial (9AAE) merupakan bentuk sederhana dari protein yang kehadirannya tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga harus didapatkan dari sumber protein berkualitas, seperti telur, ikan, daging merah, daging putih, dan hasil olahannya.

    Penelitian dari J.Nutr yang dipublikasi dalam National Center for Biotechnology Information membuktikan bahwa kekurangan 1 jenis 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menurunkan kinerja hormon pertumbuhan, termasuk potensi tinggi badan sebanyak 34%, tingkat kecerdasan, dan daya tahan tubuh.

    Itulah sebabnya, penting bagi Ibu untuk memenuhi asupan protein pada si Kecil dengan memberikan ia susu sapi atau susu pertumbuhan yang berbahan dasar sapi.

    Asupan 9AAE secara lengkap dan tepat juga bisa Ibu dapatkan dalam susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil.

  3. Karbohidrat
  4. Zat gizi makro selanjutnya yang terkandung dalam susu sapi adalah karbohidrat dalam bentuk laktosa atau yang biasa disebut sebagai gula susu yang berperan sebagai sumber energi.

    Tak hanya itu, karbohidrat juga berperan untuk membantu metabolisme tubuh, membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, meningkatkan kesehatan jantung, dan lain sebagainya.

    Menurut U.S. Department of Agriculture, dalam 100 ml susu sapi mengandung sekitar 4,67 gram karbohidrat. Sementara kebutuhan karbohidrat anak usia 1-3 tahun berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2019 dari Kementerian Kesehatan yaitu sekitar 215 gram asupan karbohidrat dalam 1 hari. 

    Untuk memenuhi asupan nutrisi karbohidrat harian si Kecil, Ibu sebaiknya tidak hanya fokus pada susu sapi, tetapi perlu menyeimbangkan asupan nutrisi dari makanan lainnya.

    Baca juga: Ini 7 Daftar Makanan yang Mengandung Karbohidrat Sehat

  5. Lemak susu
  6. Kandungan susu sapi yang tak kalah penting adalah lemak susu, yaitu salah satu lemak alami yang paling kompleks. Pada anak-anak, lemak susu membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

    Lemak tak selalu berdampak negatif lho, Bu. Sebab, kandungan lemak yang baik seperti lemak susu memiliki manfaat bagi si Kecil. Lemak susu dapat membantu meningkatkan penyerapan mineral, menjadi cadangan energi, dan membantu meningkatkan daya pikir si Kecil.

  7. Vitamin dan mineral
  8. Susu sapi murni termasuk sumber vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Di dalamnya mengandung berbagai vitamin, mulai dari vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, B12, vitamin C, vitamin D, serta mineral seperti kalsium, zat besi, kalium, natrium, zinc, dan fosfor. 

    Dari berbagai vitamin dan mineral ini, tak heran jika susu sapi memiliki banyak manfaat yang baik bagi tumbuh kembang si Kecil, di antaranya dapat menjaga kesehatan tulang, mata, membantu meningkatkan sistem imun, dan lain sebagainya.

Meskipun ada banyak kandungan susu sapi yang bagus untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil, sebaiknya Ibu tetap memberikannya asupan yang sesuai dengan kebutuhan hariannya.

Manfaat Susu Sapi untuk Tumbuh Kembang Anak

manfaat susu sapi untuk tumbuh kembang anak - ibudanbalita

Ada banyak manfaat susu yang untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Berikut adalah beberapa manfaat susu sapi yang bisa si Kecil dapatkan, antara lain:

  1. Meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan tulang
  2. Manfaat susu sapi yang paling sering diketahui banyak orang adalah kemampuannya untuk meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan tulang serta gigi si Kecil. 

    Manfaat ini muncul berkat adanya kandungan kalsium, fosfor, dan zat besi cukup tinggi yang dapat meningkatkan kepadatan tulang. Susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ bisa jadi solusi tepat untuk mengoptimalkan kesehatan tulangnya.

    Susu pertumbuhan ini mengandung beragam nutrisi penting agar si Kecil lebih kuat dan tangguh, di antaranya 9 Asam Amino Esensial (9AAE), kalsium, vitamin D3, dan zinc.

  3. Meningkatkan fungsi otak
  4. Manfaat susu yang tak kalah penting yaitu dapat membantu meningkatkan fungsi otak si Kecil. Hal ini dikarenakan kandungan protein di dalam susu yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu mengoptimalkan perkembangan otak anak.

    Selain itu, beberapa jenis susu juga sudah diperkaya oleh kandungan asam lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat meningkatkan fungsi dan kesehatan otak si Kecil.

    Sebagai contoh, susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ merupakan susu pertumbuhan berbahan dasar susu sapi yang mengandung DHA 4x lebih tinggi, omega 3, omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi, serta dimaksimalkan dengan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang dapat membantu meningkatkan kreativitas dan kecerdasan si Kecil.

  5. Meningkatkan sistem imun tubuh
  6. Susu sapi murni bisa menjadi nutrisi tambahan agar daya tahan tubuh si Kecil tidak menurun. Perlu Ibu ketahui bahwa anak-anak memerlukan asupan nutrisi yang berkualitas agar terhindar dari berbagai risiko penyakit berbahaya.

    Manfaat susu sapi ini bisa si Kecil dapatkan jika rutin mengonsumsi susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk meningkatkan daya tahan, seperti zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi yang dikombinasikan dengan kehebatan 9 Asam Amino Esensial (9AAE).

    Baca juga: 14 Makanan untuk Meningkatkan Imun Tubuh di Musim Pancaroba

  7. Sebagai sumber energi
  8. Saat berada di fase tumbuh kembang, anak-anak sering bergerak lebih aktif sehingga energinya akan lebih cepat terkuras. Oleh karena itu, si Kecil perlu minum susu untuk membantu meningkatkan energi yang berasal dari kandungan protein dalam susu. 

  9. Menjaga kesehatan jantung
  10. Susu sapi mengandung asam lemak omega-3 yang berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Asam lemak omega-3 membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

  11. Membantu menjaga kesehatan pencernaan
  12. Susu sapi mengandung probiotik, yaitu bakteri baik yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Probiotik membantu menjaga keseimbangan bakteri baik dan bakteri jahat di dalam usus.

    Anak-anak yang mengonsumsi susu sapi secara rutin memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami gangguan pencernaan, seperti sembelit dan diare.

  13. Membantu menjaga berat badan ideal
  14. Seperti yang diketahui bahwa susu sapi mengandung protein yang tinggi. Protein dapat membuat si Kecil merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu menjaga berat badan ideal anak.

Namun, penting untuk diingat bahwa tidak semua anak bisa mengonsumsi susu sapi. Beberapa anak mungkin memiliki alergi susu atau intoleransi laktosa yang membuatnya tidak bisa mengonsumsi susu sapi murni.

Meski begitu, pastikan ia tetap mendapatkan asupan susu yang mencukupi dari jenis susu yang tidak membuatnya alergi.

Baca juga: Anak Tidak Mau Minum Susu? Ini Cara Mudah Mengatasinya

Ide Olahan Susu Sapi

Rasa susu sapi murni yang tawar terkadang membuat anak enggan untuk meminumnya. Untuk mengatasi hal ini, susu sapi dapat diolah menjadi berbagai hidangan yang menarik. Berikut beberapa ide olahan susu sapi yang bisa Ibu coba buat di rumah:

1. Es krim susu

manfaat susu sapi untuk tumbuh kembang anak - ibudanbalita

Es krim merupakan salah satu olahan susu sapi yang disukai oleh anak-anak. Membuat es krim sendiri di rumah menjadi pilihan yang lebih baik. 

Selain lebih sehat, membuat es krim sendiri juga bisa lebih hemat. Berikut ini cara membuat es krim yang sehat dan lezat:

Bahan-bahan:

  • 250 ml susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+, larutkan dengan air
  • 100 gram gula pasir
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • Topping sesuai selera (cokelat, buah, kacang, dll)

Cara membuat:

  1. Campurkan susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang telah dilarutkan, gula pasir, tepung maizena, vanili bubuk, dan garam dalam panci.
  2. Masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk terus hingga adonan mengental, angkat dan biarkan uap panas hilang.
  3. Tuang adonan ke dalam wadah dan masukkan ke dalam freezer selama 6-8 jam atau hingga membeku.
  4. Es krim susu siap disajikan.

2. Bolu kukus susu

resep bolu susu - ibudanbalita

Selain rasanya yang enak, bolu kukus susu juga mudah dibuat dan bahan-bahannya pun mudah didapat. Untuk membuat bolu kukus yang menyehatkan, Ibu bisa menggunakan susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ formula yang mengandung berbagai nutrisi penting.

Berikut ini resep dan cara membuat bolu kukus susu yang menyehatkan untuk si Kecil:

Bahan-bahan:

  • 1 butir telur
  • 5 sdm gula pasir
  • 5 sdm terigu protein sedang
  • 1/2 gelas air
  • 5-6 sdm susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+, larutkan dengan air
  • 4 sdm minyak goreng
  • 1/2 sdt baking soda
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Kocok telur dan gula pasir hingga gula larut.
  2. Campur terigu, baking soda, dan garam dalam wadah lain. Aduk hingga tercampur rata.
  3. Masukkan campuran tepung ke dalam campuran telur secara bertahap, sambil diaduk rata.
  4. Tambahkan campuran susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ dan air, aduk rata.
  5. Masukkan minyak goreng, lalu aduk rata.
  6. Olesi cetakan dengan margarin dan taburi dengan tepung terigu, lali tuang adonan ke dalam cetakan.
  7. Kukus adonan selama 45 menit dengan api sedang.
  8. Angkat dan biarkan bolu dingin sebelum disajikan.
  9. Bolu kukus susu siap untuk dinikmati si Kecil.

3. Puding cokelat

resep puding cokelat susu - ibudanbalita

Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis membuat puding cokelat disukai oleh banyak orang, termasuk anak-anak. Berikut resep puding cokelat rumahan yang mudah dibuat:

Resep:

  • ½ bungkus agar-agar bubuk putih
  • 2 sdm cokelat bubuk
  • ½ sdt garam
  • 150 gr gula pasir
  • 250 ml susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+, larutkan dengan air

Cara membuat:

  1. Campurkan agar-agar bubuk coklat, cokelat bubuk, dan gula pasir ke dalam panci.
  2. Tambahkan susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang sudah dilarutkan dengan air, lalu aduk hingga rata.
  3. Masak dengan api sedang sambil terus diaduk hingga mendidih.
  4. Matikan api dan tuang ke dalam cetakan puding.
  5. Simpan puding hingga set di dalam kulkas.
  6. Puding cokelat susu siap disajikan untuk si Kecil.

Itulah beberapa ide olahan susu yang bisa Ibu coba buat untuk si Kecil. Dari penjelasan di atas, Ibu pasti semakin yakin untuk memberikan susu untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil kan?

Tahukah Ibu? Sekitar 90% perkembangan otak si Kecil di 5 tahun pertamanya sangat membutuhkan asupan DHA. Itulah sebabnya, si Kecil perlu mengonsumsi DHA yang cukup untuk mengoptimalkan fungsi otak. Nah, Ibu bisa mendapatkan DHA tinggi dalam susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+.

Selain itu, selama masa tumbuh kembangnya, hormon pertumbuhan sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan otot anak. Peran 9AAE sangat berpengaruh pada hormon pertumbuhan. Bahkan kekurangan 1 dari 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan sebanyak 34%, dan kekurangan semua jenis 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan hingga 50%. 9AAE dan DHA harus terpenuhi bersamaan. Karena keduanya harus bekerja bersamaan dan harus dipenuhi dari makanan karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. 

Semua nutrisi penting ini bisa Ibu dapatkan dengan memberikan si Kecil susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil. Selain mengandung DHA tinggi serta 9AAE, susu ini juga dilengkapi dengan Minyak Ikan, Omega 3&6, Asam Sialat, dan Sphingomyelin tertinggi di kelasnya. Susu ini juga mengandung serat pangan inulin yang dapat menjaga kesehatan pencernaan.

Pantau terus tumbuh kembang si kecil dengan menggunakan fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima. Fitur ini dapat memudahkan Ibu untuk mengetahui berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, lingkar perut, dan indeks massa tubuh sesuai grafik pertumbuhan dari WHO. Ibu bisa tahu seperti apa tumbuh kembang ideal bagi bayi dan anak-anak. Yuk, coba langsung fiturnya sekarang juga! 

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di halaman ini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.