Whatsapp Share Like Simpan

Makanan yang mengandung karbohidrat termasuk nutrisi yang wajib dikonsumsi oleh anak agar mendukung tumbuh kembangnya. Hal ini dikarenakan karbohidrat merupakan sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh si Kecil. Artinya, tubuh si Kecil memperoleh energi untuk beraktivitas dengan cara membakar karbohidrat yang ia dapatkan dari makanan.

Jika mendengar jenis makanan yang mengandung karbohidrat, Ibu pasti langsung tertuju pada nasi putih dan nasi merah, betul? Setiap hari kita pasti terbiasa mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok atau utama. Padahal, makanan yang mengandung karbohidrat bukan hanya nasi lho, Bu. Ada beragam jenis sumber karbohidrat lain yang lebih sehat, seperti kentang, ubi, jagung, dan lain sebagainya.

Penting bagi setiap orang tua untuk memperhatikan tumbuh kembang si Kecil agar ia tumbuh menjadi anak prima yang kreatif, tangguh, dan percaya diri. Oleh karena itu, Ibu perlu mengetahui nutrisi yang penting untuk si Kecil, salah satunya makanan yang mengandung karbohidrat. Yuk, kita simak rekomendasinya di bawah ini.

Rekomendasi Makanan yang Mengandung Karbohidrat untuk Anak 

Menurut laman resmi medicalnewstoday.com, berikut adalah beberapa rekomendasi makanan yang mengandung karbohidrat yang bisa Ibu berikan kepada si Kecil:

  1. Kentang

    Kentang merupakan salah satu makanan yang mengandung karbohidrat yang cukup populer. Mungkin Ibu sering mengonsumsi kentang sebagai lauk atau camilan, tetapi sebenarnya kentang bisa dijadikan makanan utama untuk si Kecil lho. Kentang bukan hanya dikenal sebagai makanan yang mengandung karbohidrat lho, karena di dalamnya mengandung protein, serat, vitamin C, vitamin B6, vitamin B12, vitamin D, kalsium, kalium, dan magnesium. 

    Artikel Sejenis

    Dengan berbagai nutrisi di dalamnya, kentang bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, sebagai sumber energi, menurunkan tekanan darah, meningkatkan fungsi otak dan saraf, dan menjaga kesehatan jantung. Untuk itu, makanan yang mengandung karbohidrat ini bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil, tetapi Ibu juga perlu memenuhi asupan nutrisi lainnya secara seimbang ya.

    Ibu bisa mengolah kentang dengan cara ditumbuk (mashed potato) dihidangkan dengan daging ayam yang ditim, daging sapi yang dicincang, telur, dan makanan berprotein hewani lainnya. Bahkan, Ibu juga bisa mengolah kentang dengan cara dipotong kotak-kotak kecil, kemudian lumuri dengan minyak zaitun dan panggang hingga matang.

  2. Ubi jalar

    Makanan yang mengandung karbohidrat selanjutnya yaitu ubi jalar. Selain memiliki rasa manis, ubi jalar juga kaya manfaat yang baik bagi kesehatan si Kecil, di antaranya meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan kesehatan mata, menurunkan tekanan darah, dan mengendalikan gula darah.

    Semua manfaat tersebut bisa Ibu dapatkan karena kandungan nutrisi yang beragam, mulai dari protein, karbohidrat, serat, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, tembaga, zinc, dan natrium. Ibu bisa mengolah ubi jalar dengan cara dikukus, direbus, atau dipanggang agar lebih sehat. Ibu bisa mengolah ubi jalar menjadi berbagai jenis hidangan yang lezat dan sehat untuk si Kecil, seperti kue pie ubi tabur kacang dan perkedel ubi.

  3. Pasta gandum

    Tahukah Ibu bahwa pasta gandum juga termasuk makanan yang mengandung karbohidrat untuk si Kecil? Ini karena pasta gandum mengandung lebih banyak serat dibandingkan pasta putih biasa. Bahkan, kandungan serat di dalamnya bisa mencapai 2-3 kali lebih banyak dibandingkan pasta putih. Dengan begitu, pasta gandum dapat membantu si Kecil kenyang lebih lama.

    Makanan yang mengandung karbohidrat ini pun penting untuk menjaga kesehatan pencernaan, membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan mata, dan mengontrol berat badan. Semua manfaat ini muncul berkat kandungan nutrisi di dalamnya, seperti protein, karbohidrat, serat, vitamin B, kalsium, zat besi, dan magnesium yang cukup tinggi. Cukup mudah lho untuk membuat olahan pasta gandum ini, Ibu bisa mengolahnya menjadi pasta gandum saus bayam yang lezat dan bernutrisi. Untuk resepnya, Ibu bisa klik link berikut ini: Resep Pasta Bayam.

  4. Roti gandum

    Sama seperti pasta gandum, roti gandum juga termasuk makanan yang mengandung karbohidrat yang lebih sehat dibandingkan roti putih biasa. Dalam 100 gram roti gandum mengandung serat mencapai 7 gram, sedangkan roti putih biasa hanya mengandung serat sekitar 2,7 gram.

    Makanan yang mengandung karbohidrat ini memiliki beragam manfaat, di antaranya sebagai sumber energi, meningkatkan kesehatan jantung, mengontrol berat badan, menjaga kesehatan saluran pencernaan, mengurangi risiko diabetes. Manfaat ini muncul berkat kandungan nutrisi yang banyak, seperti protein, karbohidrat, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, kalsium, zat besi, kalium, dan magnesium . Ibu bisa mengolah roti gandum menjadi sandwich atau roti lapis yang lezat untuk sarapan si Kecil. Bisa tambahkan telur, smoked beef, keju, selada, tomat, timun, dan saus tomat agar nutrisinya semakin lengkap.

  5. Jagung

    Makanan yang mengandung karbohidrat selanjutnya adalah jagung. Manfaat jagung untuk anak dapat Ibu lihat dari beragam nutrisi di dalamnya, meliputi karbohidrat, protein, serat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin B9 (asam folat), zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, zinc, tembaga, serta senyawa lutein dan zeaxanthin.

    Manfaat dari makanan yang mengandung karbohidrat ini pun cukup beragam, di antaranya menjaga kesehatan saluran pencernaan, mengontrol kadar gula darah, menyehatkan jantung, dan baik untuk kesehatan mata. Ibu bisa mengolah jagung dengan cara direbus, dibakar, atau dicampur dengan jenis makanan lainnya, seperti sup bening, sup krim, dan lain sebagainya.

  6. Oatmeal

    Oatmeal juga bisa menjadi makanan yang mengandung karbohidrat untuk si Kecil. Serat di dalam oatmeal dapat membantu si Kecil kenyang lebih lama, mencegah sembelit atau konstipasi, sebagai sumber energi, mengontrol kadar gula darah, dan mengontrol berat badan.

    Semua manfaat tersebut muncul berkat kandungan nutrisi di dalam oatmeal, seperti protein, karbohidrat, serat, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, kalsium, zat besi, kalium, zinc, dan magnesium. Ibu bisa menjadikan oatmeal sebagai menu sarapan sehat si Kecil. Tambahkan topping buah-buahan segar, yoghurt, atau madu untuk menambah cita rasa lebih lezat.

  7. Susu

    Susu merupakan makanan yang mengandung karbohidrat jenis laktosa yang bermanfaat bagi si Kecil. Laktosa bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, sebagai sumber energi, serta membantu penyerapan kalsium dan magnesium di dalam tubuh si Kecil.

    Selain itu, susu juga termasuk sumber protein berkualitas yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Frisian Flag PRIMAGRO 1+ termasuk susu pertumbuhan yang mengandung karbohidrat sehingga bisa dijadikan sumber energi, meningkatkan kecerdasan, menjaga kesehatan mata, dan lain sebagainya.

    Susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga diperkaya dengan serat pangan (inulin) yang dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan si Kecil agar terhindar dari sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. 

Itulah beberapa rekomendasi makanan yang mengandung karbohidrat yang baik dikonsumsi oleh si Kecil. Meskipun makanan-makanan di atas bermanfaat, tetapi Ibu juga tetap harus menyeimbangkan asupan nutrisi dari jenis makanan bergizi lainnya. Selain makanan yang mengandung karbohidrat, Ibu juga perlu memberikan si Kecil asupan nutrisi 9 Asam Amino Esensial (9AAE) secara lengkap dalam sumber protein hewani, seperti susu, telur, ikan, daging merah, dan daging putih.

9 Asam Amino Esensial (9AAE) merupakan bentuk sederhana dari protein yang dapat dengan mudah dicerna oleh saluran pencernaan si Kecil. Kebutuhan 9AAE harus dipenuhi secara lengkap agar tumbuh kembang si Kecil lebih optimal. Asupan 9 AAE ini tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga harus mendapatkan asupannya dari sumber makanan protein hewani berkualitas, salah satunya susu.

Menurut penelitian dalam National Center for Biotechnology Information menjelaskan bahwa kekurangan 1 jenis 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menurunkan potensi tinggi badan sebanyak -34%, dan kekurangan semua jenis 9 AAE akan menurunkan potensi tinggi badan sebanyak -50%. Itulah sebabnya, Ibu perlu memenuhi 9AAE yang meliputi leusin, isoleusin, valin, triptofan, fenilalanin, metionin, treonin, lisin, dan histidin.

Nah, Ibu bisa mendapatkan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) secara lengkap dalam susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Selain itu, susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga mengandung 8 kombinasi nutrisi penting lainnya, seperti DHA 4x lebih tinggi, omega 3, omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, & tirosin tertinggi untuk meningkatkan kecerdasan, serta kombinasi zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C untuk mendukung daya tahan tubuhnya.