Whatsapp Share Like Simpan

Dalam mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil, Ibu perlu memenuhi asupan nutrisi berkualitas, salah satunya dari makanan penambah imun tubuh. Kehadiran makanan penambah imun tubuh ini sangat penting demi meningkatkan kesehatan si Kecil saat ini hingga masa mendatang. Sebab, kesehatan seseorang itu bisa ditentukan pula oleh asupan makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Asupan nutrisi penting yang perlu Ibu penuhi untuk penambah imun tubuh antara lain protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Semua zat gizi ini harus terpenuhi dengan seimbang agar tumbuh kembang si Kecil lebih optimal. Sistem imun si Kecil juga bisa meningkat berkat adanya 9 asam amino esensial (9AAE) dalam setiap makanan yang ia konsumsi. 

9 asam amino esensial (9AAE) ini merupakan bentuk sederhana dari protein yang dapat diserap oleh tubuh untuk tumbuh kembang anak. Asupan 9 asam amino esensial (9AAE) sangat penting karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri, sehingga memerlukan bantuan dari sumber protein berkualitas, seperti susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, dan kacang-kacangan serta hasil olahannya sebagai penambah imun tubuh.

Protein hewani merupakan jenis protein yang paling penting dan dibutuhkan oleh tubuh dibandingkan protein nabati. Ini karena protein nabati, seperti kacang-kacangan, sayuran dan buah memiliki asam amino pembatas yang menyebabkan asam amino lainnya tidak terserap dengan baik di dalam tubuh. Dengan begitu, protein hewani adalah salah satu jenis penambah imun tubuh yang penting untuk dikonsumsi.

Padahal, kebutuhan 9AAE juga harus terpenuhi dalam 9 jenis yang lengkap dan jumlah yang tepat agar tumbuh kembang anak lebih optimal dan sebagai penambah imun tubuh. 9 jenis asam amino esensial ini meliputi leusin, isoleusin, valin, triptofan, fenilalanin, metionin, treonin, lisin, dan histidin. Jika kekurangan satu jenis asam amino esensial, maka akan mengurangi fungsi optimal yang dibutuhkan oleh tubuh anak. 

Penelitian dalam National Center for Biotechnology Information menjelaskan bahwa kekurangan satu jenis 9 asam amino esensial (9AAE), maka akan menurunkan kinerja hormon pertumbuhan (IGF-1) sebesar 34 persen. Sementara, kekurangan semua jenis 9 asam amino esensial (9AAE) akan menurunkan hormon pertumbuhan (IGF-1) sebesar 50 persen. Selain itu, 9 asam amino esensial (9AAE) juga berfungsi untuk membangun dan memelihara jaringan tubuh, sebagai sumber energi, membangun antibodi, serta dapat mengangkut zat gizi pada tubuh si kecil. 

Artikel Sejenis

Mitos Fakta Penambah Imun Tubuh

https://www.shutterstock.com/id/image-photo/health-food-boost-immune-system-hgh-1183559482

Sebelum mengetahui apa saja jenis makanan penambah imun tubuh, sebaiknya Ibu perlu mengetahui mitos dan fakta terkait penambah imun tubuh karena banyak mitos yang beredar dan membuat sebagian besar Ibu keliru memahami faktanya. Yuk, ketahui mitos dan faktanya di bawah ini:

Mitos: Anak wajib mengonsumsi suplemen vitamin

Faktanya, anak-anak tidak wajib mengonsumsi suplemen vitamin. Jika Ibu memenuhi kebutuhan nutrisi berkualitas dalam setiap menu makanannya sebagai penambah imun tubuh, maka sistem kekebalan tubuh si Kecil pun anak meningkat. Nutrisi penambah imun tubuh itu antara lain didapat dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Oleh karena itu, pilihlah nutrisi alami untuk menjaga kesehatan si Kecil, bukan langsung memberikannya suplemen vitamin. Namun, jika si Kecil mengalami kondisi medis tertentu, kemungkinan perlu menambah suplemen vitamin asalkan sesuai dengan anjuran dari dokter terlebih dahulu ya, Bu.

Mitos: Vitamin C bisa mengobati virus corona

Faktanya, manfaat vitamin C adalah salah satu penambah imun tubuh yang memang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Dengan mengonsumsi bahan makanan seperti buah buahan yang mengandung vitamin C, maka kerja sel darah putih dapat meningkat, mengurangi kerusakan jaringan dan sel, serta mengurangi perkembangbiakan virus dalam tubuh. Namun, bukan berarti vitamin C bisa membuat seseorang kebal sepenuhnya terhadap virus corona di masa pandemi ini ya, Bu. Vitamin C menjadi salah satu asupan nutrisi agar imun tubuh terjaga. Sebab, memperkuat sistem imun tubuh merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menangkal virus penyebab penyakit serius, salah satunya virus corona. Ibu juga bisa tambahkan vitamin E sebagai penambah imun tubuh seama masa pandemi ini.

Jenis Makanan Penambah Imun Tubuh 

https://www.shutterstock.com/id/image-photo/adorable-asian-boy-drinking-milk-moustache-696186733

Demi meningkatkan sistem imun agar si Kecil dapat hidup sehat, ada beberapa jenis makanan penambah imun yang bisa Ibu olah untuk dikonsumsi si Kecil setiap hari, antara lain:

  1. Susu

    Susu termasuk makanan penambah imun tubuh yang penting untuk kesehatan si Kecil. Seperti yang Ibu ketahui, susu merupakan sumber protein hewani yang mengandung 9 asam amino esensial (9AAE) yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan 9 asam amino esensial (9AAE) ini bisa secara lengkap Ibu dapatkan dalam Frisian Flag PRIMAGRO AAE 1+, kandungan nutrisi di dalam susu bubuk pertumbuhan ini sudah ditingkatkan dari sebelumnya demi mendukung potensi tumbuh kembang optimal si Kecil. Susu Frisian Flag PRIMAGRO AAE 1+ juga mengandung 9 nutrisi penting lainnya, seperti minyak ikan, omega 3, omega 6, zat besi, zinc, protein, kalsium, magnesium, vitamin D3 serta vitamin dan mineral agar si Kecil tumbuh pintar, kuat, dan tinggi. Oleh karena itu, si Kecil bisa mengonsumsi susu untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisi 9 asam amino esensial (9AAE) agar sistem imunnya meningkat.

  2. Telur

    Telur termasuk makanan penambah imun tubuh yang paling mudah diberikan kepada si Kecil. Telur bisa Ibu dapatkan di mana saja dengan harga terjangkau, serta proses pengolahannya pun cukup mudah. Selain tinggi protein, telur juga kaya akan asam lemak omega 3, vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari risiko berbagai penyakit. 

  3. Ikan Salmon

    Salmon termasuk makanan penambah imun tubuh yang tidak perlu diragukan lagi kandungan nutrisi dan kelezatannya ya, Bu? Selain jadi makanan penambah imun tubuh, ikan salmon juga mengandung vitamin D yang penting untuk membantu menjaga kesehatan tulang, serta asam lemak omega 3 yang penting untuk anti inflamasi dan perkembangan saraf otak.

  4. Ikan Tuna 

    Pilihan makanan penambah imun tubuh lainnya adalah ikan tuna. Di dalam 100 gram ikan tuna terdapat 28 gram protein. Kadar protein ikan tuna memang lebih besar dibanding ikan lainnya, sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh si Kecil. Tuna juga mengandung lemak, vitamin B-6, B12, D, zat besi, zat anti inflamasi, serta zat anti radikal bebas yang bermanfaat untuk kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, dan menjaga kesehatan mata.

  5. Daging Merah

    Jenis daging merah yang disarankan untuk dikonsumsi si Kecil adalah daging sapi tanpa lemak. Di dalamnya juga terdapat kandungan vitamin B3, vitamin B-6, B12, zinc, dan zat besi yang bermanfaat untuk memperkuat sistem imunitas tubuh, sehingga tak heran jika daging merah disebut sebagai salah satu makanan penambah imun tubuh yang bisa jadi pilihan untuk si Kecil. 

  6. Daging Putih

    Selain daging merah, daging putih juga disarankan menjadi makanan penambah imun tubuh yang perlu dikonsumsi anak setiap hari. Daging putih seperti dada ayam mengandung protein, vitamin B6, B12, E, zat besi, kalium, zinc, dan kalsium yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang si Kecil. Kandungan lemak di bagian dada ayam juga hanya sedikit, sehingga akan lebih sehat dikonsumsi oleh anak-anak. 

  7. Kacang Almond

    Makanan penambah imun tubuh ini termasuk ke dalam protein nabati yang mengandung nutrisi, mulai dari karbohidrat, vitamin E, zat besi, kalsium, serat, dan zat-zat anti radikal bebas. Karena itu, kacang almond dapat menunjang pertumbuhan, menjaga kesehatan kulit, membantu meningkatkan sistem imun, meningkatkan fungsi otak dan mata, pembentukan jaringan, serta pertumbuhan tulang. Fungsi yang sama juga bisa Ibu temukan dalam biji bunga matahari.

  8. Kacang Kedelai

    Di dalam makanan penambah imun tubuh ini mengandung nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh, mulai dari vitamin C, folat, kalsium, vitamin, kalium, magnesium, zat besi, dan fosfor. Dari semua kandungan nutrisi ini, kacang kedelai sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan membantu menjaga imunitas tubuh si Kecil. Selain itu, kacang kedelai juga memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah, seperti halnya biji bunga matahari, sehingga aman dikonsumsi karena mengurangi risiko kegemukan dan kolesterol jahat. 

  9. Yogurt

    Ibu bisa memilih greek yogurt sebagai makanan penambah imun tubuh yang bisa dikonsumsi si Kecil. Selain itu, pilih juga yogurt yang tidak mengandung gula tambahan supaya tidak menimbulkan risiko kegemukan pada si kecil. Solusinya, Ibu bisa memilih plain yogurt yang bisa ditambahkan dengan madu atau buah segar untuk cita rasa yang lezat. 

  10. Tempe dan Tahu

    Makanan penambah imun tubuh ini salah satu favorit sebagian besar Ibu di Indonesia, setuju? Selain mudah didapat dan diolah, sumber protein nabati ini juga mengandung nutrisi lain, seperti zat besi, kalsium, dan serat. Karenanya, tempe menjadi salah satu makanan penambah imun tubuh yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, mengoptimalkan pertumbuhan tulang, dan menjaga suplai sel darah merah. Sama seperti tempe, tahu termasuk makanan penambah imun tubuh yang memiliki kandungan, seperti karbohidrat, lemak, fosfor, serat, dan kalsium yang baik bagi kesehatan. Sepertinya popularitas tahu tak kalah tinggi, sebab teksturnya yang halus dan lembut sering kali disukai anak-anak. Oleh karena itu, Ibu bisa mengolah tahu sebagai makanan penambah imun tubuh.

  11. Bayam

    Tahukah Ibu bahwa bayam tergolong dalam makanan penambah imun tubuh yang bisa menjadi pilihan tepat bagi anak-anak. Selain protein, bayam juga mengandung nutrisi lainnya seperti vitamin A, B2, B6, C, E, K, kalsium, mangan, tembaga, beta karoten, dan folat yang memberikan banyak manfaat untuk tumbuh kembang si Kecil. Kandungan beta karoten berfungsi membantu melindungi tubuh dari penuaan maupun kanker.

  12. Brokoli

    Brokoli merupakan salah satu sayuran penambah imun tubuh yang bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh. Sebab, brokoli kaya akan vitamin dan mineral yang penting, di antaranya vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Brokoli juga mengandung serat dan zat antioksidan lainnya sehingga sangat berguna untuk membantu menjaga kekebalan tubuh si Kecil.

  13. Jeruk

    Dalam kategori buah buahan, jeruk termasuk makanan penambah imun tubuh yang baik untuk kesehatan si Kecil jika dikonsumsi secara tepat. Ini karena kandungan vitamin C yang ada di dalam jeruk bisa membantu meningkatkan imunitas si Kecil. Buah yang mengandung vitamin C ini dianggap bisa meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan kunci untuk melawan infeksi. 

  14. Jahe

    Jahe termasuk rempah yang bisa menjadi makanan penambah imun tubuh karena di dalamnya mengandung zat antioksidan, anti radang, dan antibakteri yang mampu melawan berbagai infeksi penyakit akibat virus, bakteri, dan kuman. Selain itu, jahe juga bisa mengatasi gangguan pencernaan, mengurangi mual, membantu proses detoksifikasi dalam tubuh, dan lainnya.

Itulah beberapa makanan penambah imun tubuh yang bisa Ibu pilih untuk diolah menjadi makanan kesukaan si Kecil setiap harinya. Makanan ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan si Kecil lho, Bu. Jadi biasakan penuhi asupan nutrisi si Kecil agar tumbuh kembangnya lebih optimal dan hidup sehat.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz