Di musim pancaroba, makanan untuk meningkatkan imun tubuh diperlukan untuk ketahanan tubuh si Kecil. Sistem imun si Kecil yang belum sempurna perlu dukungan dari asupan agar tidak mudah terkena penyakit yang mungkin terpapar dari lingkungan, cuaca dan udara di sekitarnya. Sebab, kesehatan seseorang itu bisa ditentukan pula oleh asupan makanan yang dikonsumsi setiap harinya. 

Banner Register
Banner AKP
Banner Register

Asupan nutrisi penting yang perlu Ibu penuhi untuk penambah imun tubuh antara lain protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Semua zat gizi ini harus terpenuhi dengan seimbang agar tumbuh kembang si Kecil lebih optimal. Sistem imun si Kecil juga bisa meningkat berkat adanya 9 asam amino esensial (9AAE) dalam setiap makanan yang ia konsumsi. 

9 asam amino esensial (9AAE) ini merupakan bentuk sederhana dari protein yang dapat diserap oleh tubuh untuk tumbuh kembang anak. Asupan 9 asam amino esensial (9AAE) sangat penting karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri, sehingga memerlukan bantuan dari sumber protein berkualitas, seperti susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, dan kacang-kacangan serta hasil olahannya sebagai penambah imun tubuh.

Protein hewani merupakan jenis protein yang paling penting dan dibutuhkan oleh tubuh dibandingkan protein nabati. Ini karena protein nabati, seperti kacang-kacangan, sayuran dan buah memiliki asam amino pembatas yang menyebabkan asam amino lainnya tidak terserap dengan baik di dalam tubuh. Dengan begitu, protein hewani adalah salah satu jenis penambah imun tubuh yang penting untuk dikonsumsi.

Padahal, kebutuhan 9AAE juga harus terpenuhi dalam 9 jenis yang lengkap dan jumlah yang tepat agar tumbuh kembang anak lebih optimal dan sebagai penambah imun tubuh. 9 jenis asam amino esensial ini meliputi leusin, isoleusin, valin, triptofan, fenilalanin, metionin, treonin, lisin, dan histidin. Jika kekurangan satu jenis asam amino esensial, maka akan mengurangi fungsi optimal yang dibutuhkan oleh tubuh anak. 

Artikel Sejenis

Penelitian dalam National Center for Biotechnology Information menjelaskan bahwa kekurangan satu jenis 9 asam amino esensial (9AAE), maka akan menurunkan kinerja hormon pertumbuhan (IGF-1) sebesar 34 persen. 

Sementara, kekurangan semua jenis 9 asam amino esensial (9AAE) akan menurunkan hormon pertumbuhan (IGF-1) sebesar 50 persen. Selain itu, 9 asam amino esensial (9AAE) juga berfungsi untuk membangun dan memelihara jaringan tubuh, sebagai sumber energi, membangun antibodi, serta dapat mengangkut zat gizi pada tubuh si kecil.

Mitos Fakta Penambah Imun Tubuh

Sebelum mengetahui apa saja jenis makanan untuk meningkatkan imun tubuh, sebaiknya Ibu perlu mengetahui mitos dan fakta terkait penambah imun tubuh karena banyak mitos yang beredar dan membuat sebagian besar Ibu keliru memahami faktanya. Yuk, ketahui mitos dan faktanya di bawah ini:

  • Mitos: Anak wajib mengonsumsi suplemen vitamin

    Faktanya, anak-anak tidak wajib mengonsumsi suplemen vitamin. Jika Ibu memenuhi kebutuhan nutrisi berkualitas dalam setiap menu makanan untuk meningkatkan imun tubuh, maka sistem kekebalan tubuh si Kecil pun anak meningkat. Nutrisi penambah imun tubuh itu antara lain didapat dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Oleh karena itu, pilihlah nutrisi alami untuk menjaga kesehatan si Kecil, bukan langsung memberikannya suplemen vitamin. Namun, jika si Kecil mengalami kondisi medis tertentu, kemungkinan perlu menambah suplemen vitamin asalkan sesuai dengan anjuran dari dokter terlebih dahulu ya, Bu.

  • Mitos: Vitamin C bisa mengobati virus corona

    Faktanya, manfaat vitamin C adalah salah satu penambah imun tubuh yang memang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Dengan mengonsumsi bahan makanan seperti buah buahan yang mengandung vitamin C, maka kerja sel darah putih dapat meningkat, mengurangi kerusakan jaringan dan sel, serta mengurangi perkembangbiakan virus dalam tubuh. Namun, bukan berarti vitamin C bisa membuat seseorang kebal sepenuhnya terhadap virus corona di masa pandemi ini ya, Bu. Vitamin C menjadi salah satu asupan nutrisi agar imun tubuh terjaga. Sebab, memperkuat sistem imun tubuh merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menangkal virus penyebab penyakit serius, salah satunya virus corona. Ibu juga bisa tambahkan vitamin E sebagai penambah imun tubuh seama masa pandemi ini.

Jenis Makanan untuk Meningkatkan Imun Tubuh

Demi meningkatkan sistem imun agar si Kecil dapat hidup sehat, ada beberapa jenis makanan untuk meningkatkan imun tubuh yang bisa Ibu olah untuk dikonsumsi si Kecil setiap hari, antara lain:

  1. Susu

    Susu termasuk makanan untuk meningkatkan imun tubuh yang penting untuk kesehatan si Kecil. Seperti yang Ibu ketahui, susu merupakan sumber protein hewani dan berbagai nutrisi seperti vitamin dan mineral yang bisa mengoptimalkan sistem imun si Kecil.

    Seperti susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang diperkaya dengan 14 vitamin dan 9 mineral untuk meningkatkan daya tahan tubuh; seperti zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi, juga mengandung serat pangan inulin yang dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan si Kecil.

  2. Telur

    Telur termasuk makanan untuk meningkatkan imun tubuh yang paling mudah diberikan kepada si Kecil. Telur bisa Ibu dapatkan di mana saja dengan harga terjangkau, serta proses pengolahannya pun cukup mudah. Selain tinggi protein, telur juga kaya akan asam lemak omega 3, vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari risiko berbagai penyakit. 

  3. Ikan Salmon

    Salmon termasuk makanan untuk meningkatkan imun tubuh yang tidak perlu diragukan lagi kandungan nutrisi dan kelezatannya ya, Bu? Selain jadi makanan penambah imun tubuh, ikan salmon juga mengandung vitamin D yang penting untuk membantu menjaga kesehatan tulang, serta asam lemak omega 3 yang penting untuk anti inflamasi dan perkembangan saraf otak.

  4. Ikan Tuna 

    Pilihan makanan untuk meningkatkan imun tubuh lainnya adalah ikan tuna. Di dalam 100 gram ikan tuna terdapat 28 gram protein. Kadar protein ikan tuna memang lebih besar dibanding ikan lainnya, sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh si Kecil. Tuna juga mengandung lemak, vitamin B-6, B12, D, zat besi, zat anti inflamasi, serta zat anti radikal bebas yang bermanfaat untuk kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, dan menjaga kesehatan mata.

  5. Daging Merah

    Jenis daging merah yang disarankan untuk dikonsumsi si Kecil adalah daging sapi tanpa lemak. Di dalamnya juga terdapat kandungan vitamin B3, vitamin B-6, B12, zinc, dan zat besi yang bermanfaat untuk memperkuat sistem imunitas tubuh, sehingga tak heran jika daging merah disebut sebagai salah satu makanan untuk meningkatkan imun tubuh yang bisa jadi pilihan untuk si Kecil. 

  6. Daging Putih

    Selain daging merah, daging putih juga disarankan menjadi makanan untuk meningkatkan imun tubuh yang perlu dikonsumsi anak setiap hari. Daging putih seperti dada ayam mengandung protein, vitamin B6, B12, E, zat besi, kalium, zinc, dan kalsium yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang si Kecil. Kandungan lemak di bagian dada ayam juga hanya sedikit, sehingga akan lebih sehat dikonsumsi oleh anak-anak. 

  7. Kacang Almond

    Makanan untuk meningkatkan imun tubuh ini termasuk ke dalam protein nabati yang mengandung nutrisi, mulai dari karbohidrat, vitamin E, zat besi, kalsium, serat, dan zat-zat anti radikal bebas.

    Oleh karena itu, kacang almond dapat menunjang pertumbuhan, menjaga kesehatan kulit, membantu meningkatkan sistem imun, meningkatkan fungsi otak dan mata, pembentukan jaringan, serta pertumbuhan tulang. Fungsi yang sama juga bisa Ibu temukan dalam biji bunga matahari.

  8. Kacang Kedelai

    Di dalam makanan untuk meningkatkan imun tubuh ini mengandung nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh, mulai dari vitamin C, folat, kalsium, vitamin, kalium, magnesium, zat besi, dan fosfor. Dari semua kandungan nutrisi ini, kacang kedelai sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan membantu menjaga imunitas tubuh si Kecil.

    Selain itu, kacang kedelai juga memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah, seperti halnya biji bunga matahari, sehingga aman dikonsumsi karena mengurangi risiko kegemukan dan kolesterol jahat. 

  9. Yogurt

    Ibu bisa memilih greek yogurt sebagai makanan untuk meningkatkan imun tubuh yang bisa dikonsumsi si Kecil. Selain itu, pilih juga yogurt yang tidak mengandung gula tambahan supaya tidak menimbulkan risiko kegemukan pada si kecil. Solusinya, Ibu bisa memilih plain yogurt yang bisa ditambahkan dengan madu atau buah segar untuk cita rasa yang lezat. 

  10. Tempe dan Tahu

    Makanan untuk meningkatkan imun tubuh ini salah satu favorit sebagian besar Ibu di Indonesia, setuju? Selain mudah didapat dan diolah, sumber protein nabati ini juga mengandung nutrisi lain, seperti zat besi, kalsium, dan serat. Karenanya, tempe menjadi salah satu makanan penambah imun tubuh yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, mengoptimalkan pertumbuhan tulang, dan menjaga suplai sel darah merah.

    Sama seperti tempe, tahu termasuk makanan untuk meningkatkan imun tubuh yang memiliki kandungan, seperti karbohidrat, lemak, fosfor, serat, dan kalsium yang baik bagi kesehatan. Sepertinya popularitas tahu tak kalah tinggi, sebab teksturnya yang halus dan lembut sering kali disukai anak-anak. Oleh karena itu, Ibu bisa mengolah tahu sebagai makanan penambah imun tubuh.

  11. Bayam

    Tahukah Ibu bahwa bayam tergolong dalam makanan untuk meningkatkan imun tubuh yang bisa menjadi pilihan tepat bagi anak-anak. Selain protein, bayam juga mengandung nutrisi lainnya seperti vitamin A, B2, B6, C, E, K, kalsium, mangan, tembaga, beta karoten, dan folat yang memberikan banyak manfaat untuk tumbuh kembang si Kecil. Kandungan beta karoten berfungsi membantu melindungi tubuh dari penuaan maupun kanker.

  12. Brokoli

    Brokoli merupakan salah satu sayuran makanan untuk meningkatkan imun tubuh yang bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh. Sebab, brokoli kaya akan vitamin dan mineral yang penting, di antaranya vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Brokoli juga mengandung serat dan zat antioksidan lainnya sehingga sangat berguna untuk membantu menjaga kekebalan tubuh si Kecil.

  13. Jeruk

    Dalam kategori buah buahan, jeruk termasuk makanan untuk meningkatkan imun tubuh yang baik untuk kesehatan si Kecil jika dikonsumsi secara tepat. Ini karena kandungan vitamin C yang ada di dalam jeruk bisa membantu meningkatkan imunitas si Kecil. Buah yang mengandung vitamin C ini dianggap bisa meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan kunci untuk melawan infeksi. 

  14. Jahe

    Jahe termasuk rempah yang bisa menjadi makanan untuk meningkatkan imun tubuh karena di dalamnya mengandung zat antioksidan, anti radang, dan antibakteri yang mampu melawan berbagai infeksi penyakit akibat virus, bakteri, dan kuman. Selain itu, jahe juga bisa mengatasi gangguan pencernaan, mengurangi mual, membantu proses detoksifikasi dalam tubuh, dan lainnya.

Itulah beberapa makanan untuk meningkatkan imun tubuh yang bisa Ibu pilih untuk diolah menjadi makanan kesukaan si Kecil setiap harinya. Makanan ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan si Kecil lho, Bu. Jadi biasakan penuhi asupan nutrisi si Kecil agar tumbuh kembangnya lebih optimal dan hidup sehat. Jika perlu, tambahkan dengan asupan nutrisi pendukung yang tepat untuk si Kecil.

Sebagai pilihannya, Ibu bisa berikan si Kecil susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang mengandung 9AAE yang lengkap dan 4x DHA yang lebih tinggi untuk mendukung potensi tumbuh kembang si Kecil lebih prima. 

Susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga mengandung kombinasi 8 nutrisi penting untuk dukung perkembangan otak dan akal kreatif si Kecil, di antaranya DHA 4x lebih tinggi, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi.

Tak hanya itu, susu Frisian Flag Primagro 1+ juga mengandung 14 vitamin dan 9 mineral yang dapat meningkatkan daya tahan serta imunitas anak.

Selain itu, Ibu bisa mengetahui kebutuhan gizi harian si Kecil lebih terperinci melalui fitur Kalkulator Gizi yang juga terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Di fitur ini, Ibu bisa cek kecukupan jumlah gizi harian Si Kecil yang dikembangkan oleh Akademi Keluarga Prima bersama Lora Sri Nofi, PGNutr, MNutrDiet, RD.

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.