Share Like
Simpan

Kehamilan seringkali dikaitkan dengan kelelahan berkepanjangan dan stres. Hampir setiap Ibu hamil mengalami waktu di mana ia merasa lesu dan lemah. Jangan khawatir Ibu, karena terdapat jurus-jurus meningkatkan energi untuk Ibu hamil sampai menjelang persalinan.

Jurus 1: Bugar
Sedikit waktu berolahraga memberikan dampak yang sangat besar untuk kebugaran. Olah raga bagaimana yang meningkatkan kebugaran? Hampir semua jenis olah raga dapat meningkatkan kebugaran dan memberikan manfaat.

Bergeraklah! Berjalan-jalan sebentar ke luar atau lakukan sedikit pemanasan dan peregangan. Atau, berjalan ke pasar atau ke warung untuk berbelanja dan memasak sendiri di rumah agar tetap bergerak daripada sekedar menonton televisi. Buatlah olah raga menjadi kegiatan yang menyenangkan, misalnya dengan mengkombinasikan oleh raga dengan berdansa.

Jurus 2: Istirahat
Beristirahat yang cukup selama kehamilan sangatlah penting. Waktu tidur yang cukup adalah kunci utama untuk menjaga Ibu dan janin tetap sehat. Tidur yang cukup meningkatkan kembali energi. Waktu tidur yang baik adalah sekitar 9 jam sehari. Selain waktu tidur yang cukup, tidur yang berkualitas juga tak kalah penting agar Ibu segar saat bangun. Dengarkan musik yang menenangkan sebelum tidur atau lakukan relaksasi.

Jurus 3: Pola Makan Sehat
Semua makanan yang kita makan adalah sumber energi, dan makanan yang memberikan manfaat energi paling besar adalah makanan yang kaya gizi. Brokoli adalah sumber beta karoten dan vitamin C yang membuat tubuh kita tetap berenergi. Makanan yang banyak mengandung vitamin B6 meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyembuhkan diri karena vitamin B6 merangsang produksi serotonin, zat yang berperan dalam proses penyembuhan dan memberikan efek menenangkan. Contoh sumber maknan yang mengandung vitamin B6 antara lain ayam, ubi, dan pisang.

Selain makan makanan yang baik, wanita hamil juga harus banyak mengkonsumsi air. Konsumsi air yang dianjurkan adalah sekitar 1,5 sampai 2 liter sehari untuk menjaga stamina. Sebaiknya hindari minuman yang mengandung kafein.

Jurus 4: Ketenangan Pikiran
Pikiran yang tenang penting untuk menjaga tubuh yang sehat selama kehamilan. Beberapa cara untuk menjaga ketenangan pikiran antara lain:
• Meditasi: Pejamkan mata dan kosongkan pikiran, serta fokuskan pikiran pada suatu hal yang menenangkan dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kekebalan tubuh, dan menambah energi. Lakukan meditasi sambil menarik napas dalam dan menghembuskannya perlahan.
• Luangkan waktu untuk diri Ibu: Kehamilan seringkali melelahkan. Luangkan waktu untuk diri sendiri, misalnya dengan tidur siang, mendengarkan musik favorit, atau membaca buku.
• Luangkan waktu untuk orang-orang yang Ibu cintai: Orang-orang yang kita kasihi memberikan energi positif. Meluangkan waktu bersama orang-orang yang Ibu cintai memberikan dukungan moral dan semangat untuk menjalani kehamilan.

Dengan mendengarkan tubuh Ibu dan merawat diri, kehamilan akan menjadi proses yang nyaman untuk Ibu lalui bersama orang-orang terkasih.