Ketika merencanakan program hamil, Ibu pasti ingin mengetahui tanda-tanda kehamilan bukan? Mengetahui ciri-ciri orang hamil ini sangat penting karena dapat membantu memahami perubahan yang terjadi dalam tubuh. Jika Ibu merasakan beberapa ciri-ciri hamil muda, pastikan bu mengonsumsi susu Frisian Flag PRIMAMUM untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil yang dilengkapi DHA dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal. Susu ini juga mengandung 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Kehamilan biasanya baru bisa diketahui sekitar 10 hingga 14 hari setelah pembuahan terjadi. Ibu perlu melakukan tes kehamilan menggunakan tes urin atau tes darah untuk mendeteksi hormon kehamilan yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG).

Tanda-tanda hamil yang dialami setiap wanita biasanya berbeda. Namun, ada beberapa tanda yang umum seperti keterlambatan menstruasi, payudara terasa lebih sensitif atau nyeri, mual, kelelahan, dan sering buang air kecil.

Beberapa Ibu hamil juga mungkin mengalami perubahan suasana hati, perubahan selera makan, dan peningkatan kepekaan terhadap bau. Agar Ibu tidak keliru mengartikan tanda-tanda hamil muda sebagai tanda menstruasi, simak penjelasan di bawah ini yuk, Bu!

10 Ciri-ciri Orang Hamil Muda

Pada minggu pertama kehamilan, Ibu mungkin tidak merasakan perubahan fisik atau gejala apa pun. Sebab, proses fertilisasi baru saja terjadi dan sel telur yang telah dibuahi sedang menuju rahim untuk menempel pada dinding rahim.

Artikel Sejenis

Namun, ada beberapa ciri-ciri orang hamil yang tidak disadari oleh sebagian besar wanita. Ciri-ciri hamil muda ini termasuk bercak ringan atau pendarahan implantasi yang terjadi ketika sel telur telah dibuahi menempel pada dinding rahim.

Lebih lanjut, berikut ini ciri-ciri orang hamil muda yang perlu Ibu sadari:

  1. Periode haid yang terlambat

    Tanda-tanda kehamilan yang paling jelas dan mendorong sebagian besar wanita melakukan tes kehamilan adalah terlambat haid. Namun, tidak semua periode haid yang terlewat atau tertunda disebabkan oleh kehamilan ya, Bu.

    Selain kehamilan, keterlambatan haid juga bisa disebabkan oleh berat badan yang naik atau turun terlalu banyak, masalah hormonal, kelelahan, atau stres. Jika ingin memastikan apakah Ibu hamil atau tidak, akan lebih baik jika Ibu melakukan tes kehamilan.

  2. Morning sickness

    Morning sickness juga bisa menjadi ciri-ciri orang hamil muda yang berikutnya. Terlepas dari namanya, tanda-tanda kehamilan ini bisa terjadi di siang atau malam hari. 

    Mual bisa terjadi sejak dua minggu kehamilan. Meskipun mual selama kehamilan cukup normal, namun bisa menjadi masalah jika Ibu mengalami dehidrasi. Segera konsultasikan dengan dokter apabila Ibu mengalami mual dan dehidrasi yang ekstrem.

  3. Payudara sakit dan bengkak

    Salah satu ciri-ciri hamil muda yang umum dialami yaitu payudara yang terasa lunak dan sakit saat disentuh. Rasa sakitnya mungkin mirip saat sebelum Ibu mengalami menstruasi.

    Namun, rasa sakit ini bersifat sementara dan akan menghilang begitu tubuh Ibu mulai terbiasa dengan peningkatan hormon. Selain itu, payudara Ibu juga akan menjadi lebih besar di mana bra yang dipakai akan lebih ketat dari biasanya.

  4. Perubahan suasana hati

    Perubahan hormon yang terjadi saat kehamilan bisa menyebabkan Ibu mengalami perubahan suasana hati. Hal ini normal dan bisa terjadi selama kehamilan. 

    Namun, jika Ibu perlu berkonsultasi dengan dokter jika merasa cemas, tertekan, atau bahkan berpikir untuk menyakiti diri sendiri

  5. Perut terasa kembung

    Meskipun mungkin diperlukan beberapa minggu atau bulan untuk memiliki benjolan bayi yang terlihat, lonjakan hormon dapat menyebabkan perut Anda terasa kembung dan menyebabkan buang angin lebih banyak dari biasanya.

    Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil

  6. Muncul bercak dan kram

    Setelah pembuahan terjadi, sel telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim. Hal ini dapat memicu munculnya bercak dengan disertai kram sebagai ciri-ciri orang hamil muda.

    Menurut penelitian, sekitar 25 persen Ibu hamil mungkin melihat sedikit bercak yang disebut pendarahan implantasi. Bercak ini warnanya cenderung lebih terang dan mengalir daripada pendarahan menstruasi.

  7. Perubahan pada kulit

    Ciri-ciri orang hamil yang berikutnya yaitu perubahan pada kulit yang disebabkan oleh hormon dan volume darah yang meningkat. Dalam beberapa kasus, Ibu hamil justru memiliki kulit yang lebih bersih selama kehamilan. Namun, tidak menutup kemungkinan jika lebih banyak jerawat yang muncul.

  8. Perubahan nafsu makan

    Ciri-ciri hamil muda selanjutnya bisa dilihat dari adanya perubahan nafsu makan. Ibu mungkin akan merasa ingin makan makanan tertentu, terutama makanan yang menyediakan energi dan kalsium. 

    Nakun, di lain waktu Ibu juga bisa merasakan ketidaksukaan secara tiba-tiba terhadap makanan yang sebelumnya disukai. Jika hal ini terus menerus terjadi, Ibu bisa berkonsultasi dengan dokter agar tetap nutrisi yang dibutuhkan tetap terpenuhi dengan baik.

  9. Sakit kepala

    Sakit kepala yang tidak berkurang meskipun diberikan obat penurun sakit kepala juga bisa menjadi salah satu ciri-ciri orang hamil. Hubungi dokter jika Ibu mengalami sakit kepala selama kehamilan berlangsung.

    Sakit kepala yang terus menerus dapat dikaitkan dengan preeklamsia, yaitu suatu kondisi yang dapat memengaruhi kinerja ginjal. Inilah yang menyebabkan peningkatan tekanan darah dan menurunkan aliran darah ke si Kecil.

  10. Muncul rasa logam di mulut

    Banyak Ibu hamil yang merasakan rasa logam di mulut sebagai salah satu tanda-tanda kehamilan tahap awal. Kondisi ini bisa terjadi saat Ibu makan makanan tertentu atau bisa juga terjadi secara tiba-tiba.

Baca juga: 6 Sumber Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

Tips Menjaga Kesehatan Kandungan pada Masa Awal Kehamilan

tips menjaga kesehatan kandungan pada masa awal kehamilan - ibudanbalita

Merawat kesehatan selama masa awal kehamilan merupakan langkah penting untuk memastikan kehamilan yang sehat. Berikut beberapa tips menjaga kesehatan saat hamil yang bisa Ibu lakukan:

  1. Mengonsumsi makanan sehat dan seimbang

    Gizi yang baik sangat diperlukan selama masa awal kehamilan. Ibu perlu mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein nabati dan hewani, serta produk susu rendah lemak. 

    Perhatikan asupan zat besi, asam folat, kalsium, vitamin D, dan omega-3, karena nutrisi ini penting untuk perkembangan janin yang sehat. Hindari makanan olahan serta batasi konsumsi kafein dan makanan laut yang mengandung merkuri.

  2. Konsumsi suplemen prenatal

    Suplemen prenatal yang diresepkan oleh dokter kandungan dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan. Biasanya, suplemen prenatal mengandung asam folat, zat besi, kalsium, dan vitamin D.

    Mengonsumsi suplemen prenatal secara teratur dapat membantu mencegah kekurangan nutrisi dan mempromosikan perkembangan janin yang optimal.

  3. Minum air putih yang cukup

    Penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi selama kehamilan. Air putih membantu menjaga fungsi tubuh yang baik, membantu pembentukan cairan ketuban, dan mencegah sembelit. Usahakan untuk minum setidaknya 8 gelas air per hari atau lebih.

  4. Rutin berolahraga

    Olahraga ringan dan teratur selama kehamilan dapat membantu menjaga kesehatan fisik dan mental Ibu. Pilih jenis olahraga yang aman untuk kehamilan, seperti berjalan, berenang, yoga prenatal, atau latihan kekuatan ringan. Konsultasikan dengan dokter kandungan pilihan Ibu sebelum memulai program olahraga dan jangan melakukan olahraga yang terlalu berat atau berisiko tinggi.

  5. Kurangi stres

    Stres dapat berdampak negatif pada kesehatan Ibu dan perkembangan si Kecil dalam kandungan. Cari cara untuk mengurangi stres, seperti bermeditasi dan melakukan pernapasan untuk mendukung emosional selama kehamilan.

Nah, itulah informasi terkait ciri-ciri orang hamil yang perlu Ibu tahu beserta tips menjaga kehamilan sehat. Ibu perlu memerhatikan perubahan tubuh dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan mengenai setiap kekhawatiran atau pertanyaan yang dimiliki.

Hal terpenting dalam menjalani kehamilan yaitu memastikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh terpenuhi dengan baik. Selama kehamilan Ibu memerlukan tambahan energi, protein dan nutrisi penting lainnya untuk mendukung kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin yang sehat dan optimal.

Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu hamil yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak janin, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode kehamilan.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu hamil untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil yang dilengkapi dengan DHA serta 9 Asam Amino Esensial (AAE) selama periode kehamilan. Satu gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 180 kalori, DHA 34 mg, protein 9 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama periode kehamilan. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin. Optimalkan tumbuh kembang janin dengan susu Frisian Flag PRIMAMUM!

Sebagai tambahan informasi, Ibu juga bisa lho memanfaatkan fitur-fitur yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima, salah satunya fitur Kamus Kehamilan. Fitur ini bisa membantu Ibu untuk mengetahui usia kehamilan, kondisi janin, dan tumbuh kembang si Kecil hingga persalinan. Yuk, coba fiturnya sekarang ya, Bu.

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di halaman ini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.