Share Like
Simpan

Apakah nafsu makan Ibu menurun akhir-akhir ini? Saat hamil muda, banyak wanita yang tak lagi berselera menyantap aneka makanan sehingga berat badan ikut turun. Padahal, sangat penting mengkonsumsi berbagai sajian bergizi agar janin bisa tumbuh dengan optimal. Untuk mengatasi hal ini, Ibu harus mengetahui penyebab hilangnya nafsu makan saat hamil muda agar dapat menemukan jalan keluar yang tepat: 

1. Mual

Menurut American Pregnancy Association, lebih dari separuh wanita yang hamil muda mengalami mual sehingga menyebabkan berkurangnya nafsu makan.  Rasa mual yang umunya terjadi di pagi hari membuat Ibu malas sarapan yang mengakibatkan tubuh menjadi lemah sepanjang hari dan nafsu makan pun tak kunjung bangkit lagi. Umumya rasa mual ini hilang saat kandungan menginjak usia 12 minggu, namun ada juga beberapa wanita yang terus mengalaminya hingga akhir masa kehamilan. 

2. Perubahan hormon

Saat hamil muda, tubuh beradaptasi akan kehadiran embrio dengan meningkatkan produksi hormon progesteron yang membuat lapisan pada saluran uterus semakin tebal. Efek samping dari meningkatnya produksi hormon progesteron adalah melambatnya aktivitas sistem pencernaan yang membuat Ibu kehilangan nafsu makan.  

3. Penciuman sensitif

Pernahkah Ibu merasa mual saat mencium bau tertentu ketika hamil muda? Indra penciuman yang semakin sensitif memang banyak dialami oleh ibu hamil yang menyebabkan hilangnya nafsu makan saat mencium aroma masakan tertentu. Jika Ibu menyadari hal ini terjadi di awal kehamilan, segeralah temui dokter kandungan untuk mendapat solusi yang tepat agar pola makan tak sampai terganggu. 

4. Konstipasi

Banyak wanita yang hamil muda mengalami konstipasi karena peningkatan hormon progesteron dalam tubuh dan adanya asupan zat besi tambahan dari suplemen yang dikonsumsi. Konstipasi menyebabkan feses mengeras sehingga susah dikeluarkan dan menimbulkan rasa tidak nyaman di perut yang membuat Ibu jadi malas makan. 

5. Tumbuhnya janin

Pada saat hamil muda, uterus yang menjadi tempat tumbuhnya janin menekan saluran pencernaan sehingga membuat perut terasa penuh walau tidak mengonsumsi makanan apapun. Semakin besar ukuran janin, tekanan terhadap saluran pencernaan juga semakin terasa sehingga membuat Ibu kehilangan nafsu makan, sebab ketika perut terisi sedikit saja akan timbul rasa sakit, mual, dan bahkan bisa menyebabkan muntah. 

Sekarang Ibu sudah tahu kan, penyebab hilangnya nafsu makan saat hamil muda? Meski sedang tidak ingin mengonsumsi apapun, janin tetap membutuhkan asupan nutrisi untuk tumbuh kembangnya sehingga Ibu harus tetap makan secara teratur. Jika nafsu makan tak juga timbul setelah beberapa waktu, mintalah nasihat dokter agar Ibu bisa kembali berselera menyantap hidangan bergizi untuk kesehatan calon anak yang dinanti. Semoga sehat selalu ya, Bu!