Penting untuk mengetahui berbagai sumber makanan sehat untuk ibu hamil muda guna memenuhi asupan nutrisi saat hamil. Sebab, pada trimester awal kehamilan, ibu hamil muda rentan mengalami keguguran, sehingga perlu mencukupi kebutuhan gizi harian dengan tepat agar kondisi kandungannya tetap terjaga. Di samping mengonsumsi makanan sehat, pastikan Ibu mengonsumsi tambahan nutrisi dari susu Frisian Flag PRIMAMUM untuk dukung akal cermat dan imunitas Si Kecil yang dilengkapi dengan DHA dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal. Susu ini juga mengandung 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu. 

Banner Register
Banner AKP
Banner Register

Ibu pasti ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati tercinta sejak masih di dalam kandungan. Nah, salah satu upaya yang bisa dilakukan yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil muda yang lezat dan bergizi tinggi.

Pasalnya, mengonsumsi menu makanan sehat untuk ibu hamil muda bukan hanya bermanfaat bagi Ibu saja, tetapi juga penting untuk mengoptimalkan kesehatan dan tumbuh kembang janin.

Baca juga: 8 Rekomendasi Sayuran Penambah Darah untuk Ibu Hamil

6 Sumber Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

Berikut ini adalah jenis makanan sehat untuk ibu hamil muda yang bisa dikonsumsi berdasarkan sumber nutrisinya, antara lain:

Artikel Sejenis

  1. Sumber protein

    Protein terutama 9AAE merupakan nutrisi penting yang harus ada di dalam menu makanan sehat untuk ibu hamil muda.

    9AAE adalah protein penting dalam bentuk siap diserap oleh tubuh yang berfungsi untuk mengoptimalkan tumbuh kembang otak dan tulang janin serta menjaga kesehatan ibu.

    Selain itu, tanpa kehadiran protein di dalam makanan sehat untuk ibu hamil muda, maka konsumsi zat gizi lain tidak akan terserap secara optimal karena protein berperan untuk mengangkut zat gizi lainnya di dalam tubuh.

    Makanan sehat untuk ibu hamil muda yang mengandung protein juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan sebagai sumber energi. 

    Saat hamil, Ibu dianjurkan untuk mengonsumsi 2-3 porsi makanan yang mengandung protein tinggi setiap harinya, seperti susu, telur, ikan, daging merah, dan daging putih. 

    Asupan makanan sehat untuk ibu hamil muda yang mengandung protein bisa didapatkan dalam susu ibu hamil dan menyusui.

    Susu ibu hamil dan menyusui menjadi pilihan tepat untuk mendukung asupan gizi harian ibu hamil agar lebih optimal.

    Ibu bisa mengonsumsi susu Frisian Flag Primamum karena mengandung beragam nutrisi penting, di antaranya protein, karbohidrat, lemak, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, kalsium, kalium, zat besi, zinc (seng), fosfor, natrium, dan magnesium. 

  2. Sumber vitamin B9 (asam folat)

    Vitamin B9 atau asam folat merupakan jenis vitamin B kompleks yang larut dalam air. Nutrisi ini memiliki peran penting dalam proses pembentukan DNA dan sel darah merah.

    Selain itu, vitamin B9 (asam folat) juga dapat mengurangi risiko cacat tabung saraf saat bayi lahir. Itulah sebabnya, makanan sehat untuk ibu hamil muda yang mengandung asam folat penting untuk dikonsumsi secara rutin dan sesuai batas normal.

    Makanan sehat untuk ibu hamil muda yang mengandung asam folat cukup mudah ditemukan sehari-hari, beberapa di antaranya adalah hati sapi, telur, brokoli, bayam, kacang merah, kacang tanah, dan alpukat.

    Dengan mencukupi asupan vitamin B9 (asam folat), kemungkinan besar Ibu juga akan terhindar dari gangguan penyakit lain, seperti preeklamsia dan anemia.

    Ibu hamil dianjurkan untuk mencukupi jumlah asupan vitamin B9 (asam folat) sekitar 600 mikrogram (mcg) setiap harinya.

    Namun, bagi ibu hamil yang pernah melahirkan bayi dengan cacat tabung saraf, jumlah asupan vitamin B9 (asam folat) hariannya harus ditingkatkan hingga sekitar 4.000 mcg.

  3. Sumber zat besi

    Makanan sehat untuk ibu hamil mengandung zat besi - ibudanbalita

    Makanan sehat untuk ibu hamil muda yang tak kalah penting yaitu berasal dari sumber zat besi.

    Zat besi merupakan mineral yang bertanggung jawab dalam pembentukan sel darah merah dan hemoglobin (Hb) yang sangat dibutuhkan untuk memasok oksigen dan nutrisi bagi Ibu dan janin.

    Dengan mencukupi asupan zat besi dari makanan untuk ibu hamil muda, maka kemungkinan besar Ibu akan terhindar dari anemia. Jumlah asupan zat besi yang dianjurkan bagi ibu hamil yaitu sekitar 600 mikrogram (mcg) per hari.

    Selain itu, zat besi juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi risiko kelahiran prematur, mendukung proses tumbuh kembang janin, dan menurunkan risiko terjadinya kelelahan pada ibu hamil. 

    Zat besi bisa didapatkan dari beberapa jenis makanan sehat untuk ibu hamil muda, seperti susu, kacang-kacangan, biji-bijian, daging sapi, daging ayam, telur, makanan laut (seafood), tahu, bayam, brokoli, dan lain sebagainya.

    Zat besi dari protein hewani diketahui dapat diserap tubuh dengan lebih mudah. Namun, ibu hamil juga perlu mencukupi asupan nutrisi seimbang dari berbagai variasi makanan sehat lainnya. 

  4. Sumber serat

    Ibu hamil sangat rentan mengalami sembelit atau konstipasi. Itulah sebabnya, makanan sehat untuk ibu hamil muda yang mengandung serat perlu dikonsumsi secara rutin dan sesuai dengan batas normal.

    Selain dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan, serat juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, mengontrol berat badan, mengatur gula darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

    Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2019 dari Kementerian Kesehatan RI, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi serat sekitar 33-35 gram per hari.

    Beberapa contoh makanan sehat untuk ibu hamil muda yang mengandung serat di antaranya buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan kacang-kacangan.

  5. Sumber kalsium

    Nutrisi selanjutnya yang berperan penting dalam kehamilan adalah kalsium. Mineral yang satu ini bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi janin, menjaga kesehatan jantung, saraf, dan otot janin agar berkembang dengan baik, mengurangi risiko hipertensi pada ibu hamil, serta mencegah terjadinya preeklamsia.

    Kalsium tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga asupannya perlu didapatkan dari makanan sehat untuk ibu hamil muda yang kaya kalsium maupun suplemen.

    Ibu hamil disarankan untuk mencukupi kebutuhan kalsium sekitar 1.000 mg per hari. Jumlah ini setara dengan 3 gelas susu ukuran 230 ml atau 4 porsi makanan tinggi kalsium.

    Sumber makanan sehat untuk ibu hamil muda yang tinggi kalsium di antaranya susu, sayuran hijau, makanan laut (seafood), kacang-kacangan, oatmeal, sereal, dan lain sebagainya.

    Ibu hamil perlu mencukupi asupan kalsium sesuai batas normal, tidak boleh kekurangan maupun kelebihan. Jika ibu hamil mengalami kekurangan kalsium dalam jumlah besar, maka kebutuhan kalsium untuk janin terpaksa diambil dari tulang ibu.

    Hal ini dapat meningkatkan risiko munculnya osteoporosis di masa depan. Sedangkan, kelebihan kalsium pun dapat menyebabkan perut kembung, sembelit, batu ginjal, jantung berdebar, dan gangguan penyakit lainnya. 

  6. Sumber DHA

    DHA juga termasuk nutrisi penting yang harus ada dalam menu makanan sehat untuk ibu hamil muda.

    Ini karena DHA bermanfaat untuk perkembangan otak, mata, dan saraf bayi, serta mencegah kelahiran prematur dan depresi setelah melahirkan.

    Makanan sehat untuk ibu hamil muda yang mengandung DHA bisa ditemukan pada ikan, udang, tiram, cumi-cimi, kerang, susu, dan lainnya. Nutrisi ini juga bisa Ibu dapatkan dengan mengonsumsi suplemen DHA sesuai anjuran dokter.

    Yang perlu jadi catatan saat mengonsumsi makanan-makanan di atas adalah tingkat kematangannya.

    Selama masa kehamilan, Ibu dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan yang mentah, makanan setengah matang, dan makanan atau minuman yang belum dipasteurisasi.

    Selain itu, ibu hamil yang gemar mengonsumsi makanan laut juga harus berhati-hati memilih jenis seafood yang aman. 

    Ini karena tak sedikit seafood yang sudah terkontaminasi oleh merkuri. Beberapa jenis seafood yang perlu dihindari adalah ikan todak, ikan kakap putih, ikan hiu, ikan tongkol, dan ikan makarel. 

Baca juga: 6 Fungsi Kalsium untuk Ibu Hamil yang Prima

Meskipun nutrisi-nutrisi yang disebutkan di atas penting bagi ibu hamil, bukan berarti Ibu mengabaikan jenis nutrisi lainnya, ya. 

Nutrisi-nutrisi seperti karbohidrat, lemak, serta jenis vitamin dan mineral lainnya pun tetap perlu dikonsumsi selama masa kehamilan karena dapat mengoptimalkan kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin.

Oleh karena itu, pastikan untuk mengonsumsi makanan bernutrisi secara seimbang ya, Bu. Selama kehamilan, Ibu memerlukan tambahan energi, protein dan nutrisi penting lainnya untuk mendukung kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin yang sehat dan optimal.

Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu hamil yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak janin, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode kehamilan.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu hamil untuk dukung akal cermat dan imunitas si Kecil dengan DHA dan Asam Amino Esensial (AAE), serta 9 Asam Amino Esensial (AAE) selama periode kehamilan. Satu gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 180 kalori, DHA 34 mg, protein 9 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama periode kehamilan. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin. Optimalkan tumbuh kembang janin dengan susu Frisian Flag PRIMAMUM!

Tak hanya nutrisi, ada beberapa hal lain yang juga harus diperhatikan; termasuk perkembangan si Kecil di dalam rahim agar Ibu tetap sehat dan si Kecil lahir dengan selamat. Untuk memudahkan Ibu, fitur Kamus Kehamilan dalam Akademi Keluarga Prima bisa jadi solusi yang tepat untuk mencari informasi tentang kehamilan, asupan nutrisi, dan hal-hal lain yang penting bagi Ibu hamil. Yuk, coba fiturnya sekarang!

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di sini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.