Selama masa kehamilan, beragam buah yang bagus untuk Ibu hamil sebaiknya dikonsumsi secara rutin dan sesuai batas normal. Artinya, Ibu perlu mengonsumsi buah-buahan tersebut dengan diimbangi oleh asupan makanan sehat dan bergizi lainnya. Ibu juga memerlukan tambahan nutrisi berupa susu Frisian Flag PRIMAMUM yang mengandung tinggi DHA yang bermanfaat untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil, serta 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal. Susu ini juga mengandung 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu. 

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Buah yang bagus untuk Ibu hamil tak hanya bermanfaat bagi kesehatan Ibu, tetapi juga penting untuk mendukung tumbuh kembang janin. Lantas, apa saja jenis dan manfaat buah yang baik untuk Ibu hamil? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk! 

11 Buah yang Bagus untuk Ibu hamil

Bagi Ibu hamil muda, penting untuk lebih memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi. Tidak semua buah-buahan bagus dikonsumsi oleh Ibu hamil. Berikut ini beberapa rekomendasi buah yang bagus untuk Ibu hamil:

  1. Alpukat

    Alpukat termasuk buah yang bagus untuk Ibu hamil karena menjadi salah satu sumber kalori dan lemak sehat. Adanya kedua jenis zat gizi tersebut sangat dibutuhkan oleh Ibu dan janin karena bermanfaat untuk mendukung kinerja dan fungsi berbagai organ tubuh. 

    Selain itu, alpukat juga mengandung serat yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan Ibu sehingga terhindar dari sembelit atau konstipasi. Buah untuk Ibu hamil muda ini pun mengandung beragam zat gizi lain, seperti vitamin C, vitamin E, vitamin K, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9 (asam folat). 

    Artikel Sejenis

  2. Pisang

    Setiap Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi pisang karena kaya akan zat gizi membantu menjaga kesehatan Ibu dan janin. Pisang juga tinggi kalium yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh selama kehamilan.

    Buah yang bagus untuk Ibu hamil ini kaya asam folat yang berperan untuk membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang janin dalam kandungan.

  3. Buah bit

    Buah bit termasuk salah satu jenis buah yang mengandung vitamin B9 (asam folat) yang cukup tinggi lho, Bu. Nutrisi ini penting untuk membantu perkembangan sumsum tulang belakang janin, meningkatkan daya tahan tubuh, mengatur metabolisme, dan menjaga tekanan darah tetap normal. 

    Selain asam folat, buah yang bagus untuk Ibu hamil ini pun mengandung nutrisi lainnya, mulai dari protein, serat, kalsium, fosfor, magnesium, zat besi, zinc, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin B6 yang penting bagi Ibu hamil. 

  4. Jeruk

    Seperti yang Ibu ketahui, buah yang bagus untuk Ibu hamil ini merupakan buah dengan sumber vitamin C yang tinggi. Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang bisa mencegah kerusakan sel dan membantu penyerapan zat besi.

    Jeruk juga mengandung vitamin B9 (asam folat) dan serat yang menyehatkan saluran pencernaan Ibu, serta kandungan airnya yang cukup banyak bisa membuat Ibu hamil tetap terhidrasi. 

  5. Pepaya

    Selain manis dan teksturnya lembut, pepaya juga merupakan buah yang bagus untuk Ibu hamil karena kandungan zat gizinya yang beragam, mulai dari serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B9 (asam folat), kalium, kalsium, dan lainnya.

    Mengonsumsi pepaya yang sudah matang dapat mengurangi risiko Ibu hamil mengalami sembelit. Namun, Ibu hamil sebaiknya menghindari pepaya yang belum matang (biasanya berwarna hijau) karena mengandung zat lateks yang dapat memicu kontraksi rahim, sehingga tidak aman untuk Ibu hamil.

  6. Mangga

    Mangga buah yang bagus untuk ibu hamil - ibudanbdalita

    Sepertinya hampir setiap orang gemar makan buah yang satu ini ya, Bu? Yup! Selain rasanya yang manis dan segar, mangga juga termasuk buah yang bagus untuk Ibu hamil karena kaya akan nutrisi.

    Ibu bisa memenuhi kebutuhan vitamin C dalam sehari hanya dengan mengonsumsi satu mangkuk mangga lho. Selain itu, kalium dalam mangga dapat menjaga tekanan darah dan keseimbangan cairan dalam tubuh. 

  7. Stroberi

    Buah yang bagus untuk Ibu hamil selanjutnya yaitu stroberi. Buah ini bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, mencegah anemia, membantu meningkatkan sistem imun, dan menurunkan tekanan darah.

    Semua manfaat ini bisa Ibu rasakan berkat kandungan nutrisi yang beragam, di antaranya protein, serat, vitamin C, vitamin B6, vitamin B12, vitamin D, kalsium, kalium, magnesium, dan natrium. 

  8. Apel

    Buah yang bagus untuk Ibu hamil lainnya yaitu apel karena kaya akan serat, vitamin A, dan vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan mata, dan menurunkan kolesterol. Apel juga mengandung nutrisi lain, seperti protein, zat besi, fosfor, kalium, vitamin D, vitamin B12, natrium, dan kalsium. 

  9. Jambu biji

    Selain sebagai obat alami untuk mengatasi diare dan demam berdarah, jambu biji juga termasuk buah yang bagus untuk Ibu hamil lho. Jambu biji jadi pilihan tepat bagi Ibu hamil yang ingin mendapatkan asupan vitamin C, vitamin E, dan asam folat yang cukup tinggi.

    Dengan mengonsumsi jambu biji secara rutin dan sesuai batas normal, maka akan mengurangi risiko sembelit pada Ibu hamil, meningkatkan sistem imun, sebagai antioksidan, dan menurunkan tekanan darah.

  10. Semangka

    Semangka merupakan buah yang bagus untuk Ibu hamil dengan kadar air yang cukup tinggi, sehingga bisa membantu mencukupi kebutuhan cairan harian, selain dari air putih.

    Kebutuhan cairan ini penting untuk menjaga kualitas dan kuantitas air ketuban, serta perkembangan kehamilan pun dapat terjaga dengan baik. Tak hanya itu, buah yang bagus untuk Ibu hamil ini pun mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B6, kalium, likopen, tembaga yang penting bagi kesehatan Ibu dan janin.

  11. Buah Naga

    Buah naga juga termasuk buah yang bagus untuk Ibu hamil yang menyimpan beragam manfaat untuk Ibu dan janin. Manfaat buah naga yang paling penting yaitu dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin.

    Buah naga juga bisa membantu mengatasi berbagai keluhan yang sering dialami Ibu hamil, seperti sembelit dan anemia. Ini karena buah naga mengandung vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, karbohidrat, protein, antioksidan, serat, dan zat besi. 

Baca juga: 13 Buah Penambah Darah untuk Ibu Hamil Cegah Anemia

Tips Mengolah Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil

tips mengolah buah yang bagus untuk ibu hamil - ibudanbalita

Buah sebenarnya termasuk camilan yang bisa langsung Ibu konsumsi secara rutin selama menjalani masa kehamilan. Namun, Ibu bisa mengolah jenis buah yang bagus untuk Ibu hamil di atas menjadi berbagai hidangan menarik.

Sebagai referensi, berikut ini tips mengonsumsi buah yang bagus untuk Ibu hamil agar tidak bosan:

  1. Mengolah buah menjadi jus

    Berbagai jenis buah yang baik untuk Ibu hamil di atas bisa diolah menjadi jus tanpa menambahkan gula agar nilai gizinya tetap terjaga. Untuk menambah variasi rasa, Ibu bisa mencampurkan beberapa buah sekaligus menjadi jus yang sehat. 

  2. Mengolah buah menjadi salad buah

    Ibu juga bisa membuat salad buah yang lezat dengan menambahkan yoghurt rendah gula untuk memberikan tambahan nutrisi. Ibu bisa langsung membuat salad buah dalam jumlah banyak, karena bisa bertahan dalam beberapa hari jika disimpan di kulkas.

  3. Mengolah buah menjadi smoothies

    Jika bosan menyantap buah yang bagus untuk Ibu hamil secara langsung, Ibu bisa mengolahnya menjadi smoothies. Meskipun cara pembuatannya hampir mirip dengan jus, namun tidak semua buah cocok untuk diolah menjadi smoothies.

    Biasanya, buah-buahan yang cocok untuk dijadikan smoothies memiliki tekstur yang lembut dan padat. Alpukat, buah naga, dan pisang merupakan jenis buah yang bagus untuk Ibu hamil yang cocok diolah menjadi smoothies.

Dari daftar buah yang bagus untuk ibu hamil tersebut, kira-kira buah mana yang jadi favorit Ibu? Apapun jenisnya, pastikan untuk mengonsumsi buah sesuai dengan batas normal ya, Bu.

Ibu juga perlu menyeimbangkan kebutuhan gizi harian dari makanan bernutrisi lainnya, Selama kehamilan, Ibu memerlukan tambahan energi, protein dan nutrisi penting lainnya untuk mendukung kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin yang sehat dan optimal. 

Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu hamil yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak janin, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode kehamilan.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu hamil dengan tinggi DHA, 9 Asam Amino Esensial (AAE) serta 9 nutrisi penting untuk kebaikan Ibu dan si Kecil selama periode kehamilan. Satu gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 180 kalori, DHA 34 mg, protein 9 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama periode kehamilan. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin. Optimalkan tumbuh kembang janin dengan susu Frisian Flag PRIMAMUM!

Sebagai tambahan informasi, Ibu juga bisa lho memanfaatkan fitur-fitur yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima, salah satunya fitur Kamus Kehamilan. Fitur ini bisa membantu Ibu untuk mengetahui usia kehamilan, kondisi janin, dan tumbuh kembang si Kecil hingga persalinan. Yuk, coba fiturnya sekarang ya, Bu.

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di halaman ini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.