Share Like
Simpan

Memiliki momongan adalah impian bagi setiap pasangan. Kehadiran buah hati di tengah-tengah rumah tangga akan membuat kebahagian bagi Ibu dan pasangan. Beruntunglah bagi mereka yang langsung hamil pasca bulan madu, tetapi ada pula yang masih harus menunggu kehadiran si buah hati sekian waktu bahkan hingga bertahun-tahun.

Berbagai cara pun dilakukan agar cepat memiliki anak, namun untuk mendapatkan kehamilan memang tidak selalu mudah. Paling utama adalah kondisi kesehatan yang harus selalu dijaga.

Menurut penelitian terbaru di Inggris, cara agar wanita cepat hamil adalah melakukan hubungan seks sekurang-kurangnya 104 kali dalam 6 bulan.

Apakah hanya itu saja yang diperlukan agar dapat cepat hamil? Ternyata hal itu hanya menjadi salah satu faktor saja. Masih ada cara-cara lain yang dapat dilakukan wanita agar cepat hamil. Tips berikut ini diharapkan dapat mempermudah Ibu dan pasangan untuk memperoleh kehamilan dengan segera, antara lain:

Berhenti merokok dan minum alkohol
Menurut sebuah studi, minuman berakohol dapat menurunkan kesempatan wanita untuk dapat hamil secara normal sebanyak 44%. Sedangkan pada wanita perokok, kesempatannya untuk dapat hamil secara normal turun sebanyak 28%. Selain itu, merokok dan minum alkohol akan meningkatkan resiko kelainan pada sang calon janin.

Kontrol berat badan
Berat badan yang normal atau seimbang memiliki andil besar dalam meningkatkan kesempatan untuk terjadinya kehamilan. Sebagian besar pasangan yang memiliki masalah dengan berat badan umumnya juga akan bermasalah dengan kehamilannya. Karena itu, sangat baik untuk mencapai berat tubuh yang ideal agar kesempatan untuk terjadinya kehamilan juga semakin meningkat. Berat badan yang ideal, selain untuk kehamilan, tentu juga lebih baik untuk kesehatan jangka panjang.

Konsumsi vitamin dan minum susu
Supaya cepat hamil, konsumsi berbagai zat gizi yang dibutuhkan untuk mendukung kesuburan, termasuk vitamin, sangatlah penting bagi Ibu dan pasangan. Misalnya, vitamin C dapat meningkatkan kualitas sperma dan vitamin E dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Konsumsi asam folat atau vitamin B9 berperan penting dalam pembentukan tabung otak sang janin kelak.

Selain itu, minum susu juga bisa membantu Ibu dalam meningkatkan kesuburan, karena susu mengandung berbagai zat gizi yang diharapkan dapat membantu meningkatkan kesuburan.

Pilihlah posisi yang tepat pada saat berhubungan
Untuk pasangan yang sudah mendambakan kehadiran sang buah hati, posisi missionary adalah posisi yang paling disarankan. Mengingat posisi ini memungkinkan penetrasi yang cukup dalam sehingga rahim dapat menyimpan sperma untuk waktu yang lebih lama. Sebaiknya hindari posisi woman on top, karena memperkecil kemungkinan rahim untuk menyimpan sperma.

Konsultasi dengan dokter
Selain menerapkan cara di atas, berkonsultasi dengan dokter adalah langkah bijak dan tepat. Sebaiknya Ibu datang ke dokter bersama dengan pasangan. Biasanya dokter akan memeriksa kesehatan Ibu dan suami untuk kemudian memberikan saran / anjuran agar cepat mendapatkan momongan.


Selain langkah-langkah di atas, jangan lupa untuk rajin berdoa juga ya Bu agar usaha Ibu mendapatkan hasil yang memuaskan. Semoga berhasil ya, Bu.