Whatsapp Share Like Simpan

Ibu sedang hamil trimester 1? Wah, selamat ya, Bu. Meskipun ada banyak perubahan baru yang mungkin dirasakan, tetapi Ibu tetap harus mencukupi asupan nutrisi yang tepat agar kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin tetap terjaga. Untuk mendukung kebutuhan gizi harian, Ibu dianjurkan minum susu hamil untuk trimester 1 secara rutin. 

Saat ini sudah banyak susu hamil untuk trimester 1 yang dijual di pasaran. Namun, Ibu harus lebih cermat memilih jenis susu yang tepat. Pastikan susu tersebut mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi Ibu dan janin. Yang tak kalah penting, susu hamil untuk trimester 1 juga sebaiknya memiliki rasa yang enak dan tidak membuat Ibu enek.

Seperti yang diketahui ya, pada trimester 1 Ibu pasti akan merasakan mual atau morning sickness yang muncul secara tiba-tiba. Kondisi ini pasti mengganggu kenyamanan Ibu, bahkan bisa mengganggu kecukupan nutrisi yang dikonsumsi. Sebab, sebagian Ibu yang merasakan morning sickness berlebihan pasti jadi enggan untuk makan. Akibatnya, kebutuhan nutrisi hariannya tak terpenuhi dengan baik.

Jika kondisi tersebut dibiarkan secara terus menerus, tentu berpengaruh terhadap tumbuh kembang janin dalam kandungan. Ibu pasti tidak ingin hal tersebut terjadi, kan? Untuk itu, sebaiknya Ibu mengonsumsi makanan bergizi yang jadi favorit Ibu, salah satunya susu hamil untuk trimester 1 yang rasanya lezat.

Nah, salah satu rekomendasi susu hamil untuk trimester 1 yang tidak membuat Ibu enek, yaitu susu Frisian Flag PRIMAMUM karena memiliki cita rasa cokelat yang lezat dan bisa diminum setiap hari secara rutin. Lantas, seberapa penting susu hamil untuk trimester 1? Apa saja manfaatnya bagi ibu hamil dan janin? Kita simak penjelasannya di bawah ini, yuk! 

Artikel Sejenis

Beragam Manfaat Susu Hamil untuk Trimester 1

Selain memiliki rasa lezat dan tidak membuat enek, susu hamil untuk trimester 1 juga harus memiliki beragam nutrisi dan manfaat yang penting bagi Ibu dan janin.

Berikut ini beberapa manfaat susu hamil untuk trimester 1 bagi ibu dan janin dalam kandungan, antara lain:

  1. Mendukung kebutuhan gizi harian Ibu dan janin

    Pada trimester 1, sebagian Ibu pasti jadi lebih sensitif terhadap aroma dari makanan atau hal lainnya. Kondisi ini membuat Ibu jadi menolak untuk makan sehingga bisa berdampak pada kurangnya kebutuhan gizi harian yang harus dikonsumsi. Nah, di sinilah susu hamil untuk trimester 1 berperan penting bagi Ibu dan janin.

    Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kementerian Kesehatan RI, kebutuhan energi ibu hamil pada trimester 1 sekitar 2.430 per hari. Angka ini tentu harus disesuaikan kembali dengan usia, berat badan, dan kondisi tubuh Ibu. Selain itu, asupan energi juga harus berasal dari makanan bergizi seimbang, salah satunya susu hamil untuk trimester 1. 

    Frisian Flag PRIMAMUM mengandung 180 kalori dan 9 gram protein dalam 1 gelasnya. Dengan mengonsumsi 2x sehari, Ibu sudah bisa mendapatkan 15% asupan energi dari Frisian Flag Primamum. Apalagi rasa cokelatnya lezat dan tidak bikin enek sehingga bisa membantu Ibu memenuhi kebutuhan gizi hariannya.

  2. Mendukung tumbuh kembang janin

    Ibu pasti tahu betul bahwa usia kehamilan trimester 1 masih sangat rentan, sehingga Ibu harus menjaga kesehatan janin dengan lebih ekstra. Sebab, rata-rata di usia kehamilan ini banyak Ibu yang mengalami kondisi janin tidak berkembang karena berbagai faktor.

    Namun, Ibu tidak perlu khawatir, asalkan tetap menjaga kesehatan dengan cara mengonsumsi makanan bergizi, rutin minum susu hamil untuk trimester 1, tidak melakukan aktivitas berat, tidak merokok dan minum alkohol, serta patuh pada berbagai pantangan ibu hamil. Kebiasaan tersebut dapat menjaga kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin. 

    Susu hamil untuk trimester 1 menjadi salah satu makanan bergizi untuk mendukung tumbuh kembang janin karena mengandung nutrisi penting. Misalnya saja, susu Frisian Flag PRIMAMUM yang mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE), omega 3 (ALA), dan omega 6 (LA), serta DHA yang mendukung kesehatan Ibu dan juga pertumbuhan dan perkembangan sel otak janin. Perlu ibu ketahui bahwa di 3 minggu pertama kehamilan, tabung saraf otak si Kecil sudah mulai terbentuk. Pastikan ibu mengonsumsi nutrisi otak yang tepat untuk si Kecil.

    9 Asam Amino Esensial (9AAE) merupakan bentuk sederhana dari protein yang lebih mudah diserap oleh tubuh. Peran nutrisi ini sangat penting dan harus dikonsumsi secara rutin setiap hari, karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri, sehingga harus didapatkan dari sumber protein berkualitas.

    Manfaat 9 Asam Amino Esensial (9AAE) dapat mendukung tumbuh kembang, sebagai sumber energi, meningkatkan daya tahan tubuh, memperkuat tulang, menjaga kesehatan mata, serta mengangkut zat gizi lain dalam tubuh. Sementara untuk janin, 9 AAE ini berperan penting dalam pertumbuhan sel otak dan struktur pembentukan tulang dan otot janin di dalam kandungan.

  3. Menjaga kesehatan tulang

    Susu hamil untuk trimester 1 juga bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan tulang lho, Bu. Ini karena susu hamil untuk trimester 1 mengandung protein, kalsium, dan vitamin D yang penting untuk mencegah risiko penyakit tulang pada Ibu, serta membentuk dan memperkuat tulang janin yang sedang tumbuh dalam kandungan.

    Manfaat susu hamil untuk trimester 1 ini bisa Ibu dapatkan secara optimal jika rutin mengonsumsi susu Frisian Flag PRIMAMUM karena mengandung protein, tinggi kalsium, vitamin D, serta berbagai nutrisi lain. 

  4. Membantu mengurangi risiko anemia

    Anemia menjadi salah satu penyakit yang sering dialami oleh ibu hamil. Itulah sebabnya, Ibu harus mencukupi asupan nutrisi dari makanan yang mengandung asam folat (vitamin B9) dan zat besi agar terhindar dari risiko kekurangan darah (anemia).

    Salah satu cara mengurangi risiko anemia yaitu dengan rutin minum susu hamil untuk trimester 1, seperti susu Frisian Flag PRIMAMUM. Hal ini dikarenakan susu Frisian Flag PRIMAMUM mengandung tinggi asam folat dan tinggi zat besi, tinggi seng, serta dikombinasikan dengan nutrisi lain agar manfaatnya lebih optimal.

    Selain minum susu hamil untuk trimester 1, Ibu juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan penambah darah. Pastikan Ibu mengonsumsi makanan yang matang sempurna agar tidak berbahaya bagi janin dalam kandungan. 

  5. Membantu mencegah rasa mual

    Seperti yang telah disebutkan ya, Bu, susu hamil untuk trimester 1 diformulasi dengan cita rasa yang lezat agar ibu yang hamil muda tidak merasakan mual secara berlebihan. Salah satu susu hamil untuk trimester 1 yang tidak menyebabkan enek adalah susu Frisian Flag PRIMAMUM

    Selain tidak membuat enek, susu Frisian Flag PRIMAMUM juga sangat praktis dan harganya ekonomis, sehingga bisa jadi pilihan tepat bagi para ibu hamil maupun ibu menyusui. Yup! Frisian Flag PRIMAMUM merupakan susu yang tak hanya diformulasi khusus ibu hamil, tetapi bisa juga lho dikonsumsi oleh ibu menyusui agar meningkatkan kualitas ASI dan mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil. 

Satu hal yang perlu Ibu ingat, ya, susu hamil untuk trimester 1 berperan sebagai pelengkap dan tidak bisa menggantikan asupan nutrisi yang berasal dari makanan. Ibu tetap perlu mengonsumsi makanan bergizi, baik dari makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, serta berbagai vitamin dan mineral secara seimbang. 

Selain rutin minum susu Frisian Flag PRIMAMUM dan mengonsumsi makanan bergizi, ibu hamil juga dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan cairan harian agar tidak dehidrasi, melakukan olahraga khusus ibu hamil, serta menghindari hal-hal yang membahayakan Ibu dan janin, seperti rokok, asap rokok, alkohol, makanan mentah dan/atau setengah matang, paparan zat kimia, dan lain sebagainya. 

Pastikan juga untuk memeriksa kondisi kehamilan secara rutin ke dokter kandungan sesuai jadwal yang telah ditentukan agar kesehatan Ibu dan janin dalam kandungan bisa terpantau dengan baik. 

Meskipun baru trimester 1, Ibu juga tetap perlu mengetahui Hari Perkiraan Lahir (HPL) agar bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik. Nah, Ibu bisa mengetahui HPL si Kecil saat menggunakan fitur Kalkulator Kehamilan yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Yuk, cobain fiturnya sekarang!

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz