Trimester pertama kehamilan adalah masa krusial bagi perkembangan janin, sehingga Ibu perlu lebih memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Demi mendukung kebutuhan nutrisi yang meningkat, mengonsumsi susu ibu hamil trimester 1 secara rutin bisa menjadi pilihan yang tepat. Pastikan Ibu mengonsumsi susu Frisian Flag PRIMAMUM untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil yang dilengkapi DHA dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal. Susu ini juga mengandung 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu. 

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Saat ini sudah banyak susu Ibu hamil trimester 1 yang dijual di pasaran. Namun, Ibu harus lebih cermat memilih jenis susu yang tepat. Pastikan susu tersebut mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi Ibu dan janin. 

Susu ibu hamil trimester 1 juga sebaiknya memiliki rasa yang enak dan tidak membuat Ibu enek. Seperti yang diketahui, mual atau morning sickness menjadi salah satu keluhan Ibu hamil trimester 1 yang muncul secara tiba-tiba.

Morning sickness akan mengganggu kenyamanan Ibu, bahkan bisa mengganggu kecukupan nutrisi yang dikonsumsi. Sebab, sebagian Ibu yang merasakan morning sickness berlebihan pasti jadi enggan untuk makan.

Lantas, seberapa penting susu ibu hamil trimester 1? Apa saja manfaatnya bagi ibu hamil dan janin? Mari simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Artikel Sejenis

Manfaat Susu Untuk Ibu Hamil Trimester 1

manfaat susu untuk ibu hamil trimester 1 - ibudanbalita

Selain memiliki rasa lezat dan tidak membuat enek, susu ibu hamil trimester 1 juga harus memiliki beragam nutrisi dan manfaat yang penting bagi Ibu dan janin.

Berikut ini beberapa manfaat susu untuk ibu hamil trimester 1 bagi ibu dan janin dalam kandungan, antara lain:

  1. Memenuhi kebutuhan gizi harian Ibu dan janin
  2. Pada trimester 1, sebagian Ibu pasti jadi lebih sensitif terhadap aroma dari makanan. Kondisi ini membuat Ibu jadi menolak untuk makan sehingga bisa berdampak pada kurangnya kebutuhan gizi harian yang harus dikonsumsi.

    Nah, di sinilah susu ibu hamil trimester 1 berperan penting bagi Ibu dan janin. Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kementerian Kesehatan RI, kebutuhan energi ibu hamil pada trimester 1 sekitar 180 Kkal per hari.

    Angka ini tentu harus disesuaikan kembali dengan usia, berat badan, dan kondisi tubuh Ibu. Selain itu, asupan energi juga harus berasal dari makanan bergizi seimbang, salah satunya susu ibu hamil.

    Frisian Flag PRIMAMUM mengandung 180 kalori dan 9 gram protein dalam 1 gelasnya. Dengan mengonsumsi 2x sehari, Ibu sudah bisa mendapatkan 15% asupan energi dari Frisian Flag PRIMAMUM

  3. Mendukung tumbuh kembang janin
  4. Ibu pasti tahu bahwa usia kehamilan trimester 1 masih sangat rentan, sehingga Ibu harus menjaga kesehatan janin dengan lebih ekstra. Sebab, banyak Ibu yang mengalami kondisi janin tidak berkembang karena berbagai faktor.

    Ibu perlu menjaga kesehatan dengan cara mengonsumsi makanan bergizi, rutin minum susu ibu hamil trimester 1, tidak melakukan aktivitas berat, tidak merokok dan minum alkohol, serta patuh pada berbagai pantangan ibu hamil.

    Susu ibu hamil trimester 1 menjadi salah satu makanan bergizi untuk mendukung tumbuh kembang janin karena mengandung nutrisi penting. 

    Misalnya saja, susu Frisian Flag PRIMAMUM yang mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE), Omega-3 (ALA), dan Omega-6 (LA), serta DHA yang mendukung kesehatan Ibu serta pertumbuhan dan perkembangan sel otak janin. 

    Baca juga: Kapan Sebaiknya Minum Susu Ibu Hamil? Ini Jawabannya

  5. Menjaga kesehatan tulang
  6. Susu ibu hamil mengandung kalsium, dan vitamin D yang penting untuk mencegah risiko penyakit tulang pada Ibu, serta membentuk dan memperkuat tulang janin yang sedang tumbuh dalam kandungan.

    Manfaat susu ibu hamil trimester 1 ini bisa Ibu dapatkan secara optimal jika rutin mengonsumsi susu Frisian Flag PRIMAMUM karena mengandung protein, tinggi kalsium, vitamin D, serta berbagai nutrisi penting lainnya. 

  7. Membantu mengurangi risiko anemia
  8. Anemia menjadi salah satu penyakit yang sering dialami oleh ibu hamil. Itulah sebabnya, Ibu harus mencukupi asupan nutrisi dari makanan yang mengandung asam folat (vitamin B9) dan zat besi agar terhindar dari risiko anemia.

    Salah satu cara mengurangi risiko anemia yaitu dengan rutin minum susu ibu hamil, seperti susu Frisian Flag PRIMAMUM. Hal ini dikarenakan susu Frisian Flag PRIMAMUM mengandung tinggi asam folat, tinggi zat besi, tinggi, serta nutrisi lain agar manfaatnya lebih optimal.

    Selain minum susu ibu hamil trimester 1, Ibu juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan penambah darah. Pastikan Ibu mengonsumsi makanan yang matang sempurna agar tidak berbahaya bagi janin dalam kandungan. 

  9. Membantu mencegah rasa mual
  10. Seperti yang telah disebutkan ya Bu, susu ibu hamil diformulasi dengan cita rasa yang lezat agar ibu yang hamil muda tidak merasakan mual secara berlebihan. 

    Salah satu susu ibu hamil yang tidak menyebabkan enek adalah susu Frisian Flag PRIMAMUM. Susu ini juga sangat praktis dan harganya ekonomis, sehingga bisa jadi pilihan tepat bagi para ibu hamil maupun ibu menyusui. 

Satu hal yang perlu Ibu ingat, ya, susu ibu hamil trimester 1 berperan sebagai pelengkap dan tidak bisa menggantikan asupan nutrisi yang berasal dari makanan. 

Ibu tetap perlu mengonsumsi makanan bergizi, baik dari makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, serta berbagai vitamin dan mineral secara seimbang.

Baca juga: 14 Nutrisi Wajib dalam Makanan Ibu Hamil

Nutrisi Ibu Hamil Trimester 1

nutrisi ibu hamil trimester 1 - ibudanbalita

Asupan nutrisi yang tepat selama trimester pertama kehamilan sangat diperlukan untuk kesehatan Ibu dan mengoptimalkan perkembangan janin. Berikut ini beberapa nutrisi Ibu hamil trimester 1 yang perlu diperhatikan:

  1. Asam folat
  2. Asam folat atau vitamin B9 adalah mikronutrien yang termasuk dalam daftar nutrisi Ibu hamil trimester 1 yang penting. Kebutuhan harian asam folat untuk Ibu hamil trimester 1 yang dianjurkan yaitu sekitar 600 mcg

    Ibu bisa mendapatkan asupan asam folat dari berbagai makanan ibu hamil trimester 1 yang mengandung asam folat, seperti jeruk, stroberi, sayuran berdaun hijau, kacang merah, kacang-kacangan, kembang kol, dan bit. 

  3. Protein
  4. Protein adalah nutrisi susu ibu hamil trimester 1 yang menjadi kunci untuk perkembangan otot Ibu dan si Kecil, serta pertumbuhan jaringan rahim. Ibu hamil dianjurkan mengonsumsi sekitar 75 gram asupan protein per hari.

    Sumber protein yang bisa Ibu konsumsi selama trimester pertama kehamilan antara lain telur, yogurt Yunani, daging sapi, dan ayam.

  5. Kalsium
  6. Asupan kalsium diperlukan untuk perkembangan gigi dan tulang si Kecil. Kekurangan asupan kalsium akan membuat janin menyerap cadangan kalsium yang terdapat dalam tulang Ibu, sehingga tulang menjadi rapuh.

    Ibu dapat memenuhi kebutuhan kalsium harian dengan mengonsumsi makanan ibu hamil trimester 1 yang tinggi kalsium seperti susu, keju, yogurt, dan sayuran berdaun hijau tua. 

  7. Zat besi
  8. Zat besi sangat diperlukan selama kehamilan karena tubuh membutuhkan lebih banyak darah untuk memenuhi kebutuhan janin yang sedang tumbuh di dalam rahim Ibu.

    Ibu hamil membutuhkan sedikitnya 27 miligram zat besi setiap hari. Namun, sulit untuk memenuhi kebutuhan zat besi tersebut hanya dengan mengonsumsi makanan saja. 

    Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi vitamin ibu hamil trimester 1 yang mengandung zat besi dan juga mengonsumsi sumber makanan tinggi zat besi seperti daging sapi, ayam, telur, tahu, dan bayam.

  9. Vitamin C
  10. Asupan vitamin C yang cukup sangat diperlukan untuk perkembangan tulang, dan penyerapan zat besi pada janin. Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi 85 miligram vitamin C setiap hari.

    Sumber makanan kaya vitamin C, seperti jeruk, brokoli, dan stroberi, dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin C harian Ibu hamil trimester 1.

  11. Kalium
  12. Kalium bekerja sama dengan natrium untuk membantu tubuh menjaga keseimbangan cairan dan juga mengatur tekanan darah.

    Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi sekitar 4.700-5.000 miligram kalium per hari yang dapat diperoleh dari vitamin prenatal dan makanan seperti pisang, aprikot, dan alpukat.

  13. DHA
  14. DHA adalah jenis asam lemak omega-3 yang mendukung perkembangan otak dan mata bayi. DHA ditemukan pada ikan rendah merkuri seperti ikan teri, herring, dan sarden. 

    Jika Ibu tidak bisa mengonsumsi makanan laut, Ibu dapat mengonsumsi suplemen ibu hamil trimester 1 yang tinggi DHA. Pastikan Ibu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat.

Baca juga: 8 Makanan untuk Ibu Hamil Muda Agar Janin Sehat dan Kuat

Selama kehamilan berlangsung dari trimester pertama hingga trimester ketiga, agar kesehatan Ibu dan janin terjaga dengan baik, Ibu perlu mendapatkan lebih banyak energi dan ragam nutrisi lainnya. 

Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu hamil yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak janin, 9 Asam Amino Esensial (AAE), protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode kehamilan.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu hamil untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil yang dilengkapi dengan DHA serta 9 Asam Amino Esensial (AAE) selama periode kehamilan. Satu gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 180 kalori, DHA 34 mg, protein 9 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama periode kehamilan. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin. Pastikan Ibu mengonsumsi nutrisi prima untuk menjaga kesehatan tubuh Ibu dan mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil agar tumbuh cermat dan kuat dengan susu Frisian Flag PRIMAMUM

Meskipun baru trimester 1, Ibu juga perlu memahami pengetahuan yang tepat mengenai masa kehamilan dan bisa memanfaatkan fitur Kamus Kehamilan yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima.

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan bergabung sebagai member Ibu dan Balita, Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Yuk, daftar sekarang!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.