Kapan sebaiknya minum susu Ibu hamil? Mungkin Ibu sedang bertanya-tanya mengenai hal ini. Apakah Ibu perlu minum susu kehamilan sejak dalam proses persiapan kehamilan? Atau justru ketika kehamilan Ibu sudah semakin besar dan janin dalam perut Ibu “makannya” makin banyak? Sebelum menjawab kapan sebaiknya minum susu Ibu hamil, penting untuk Ibu memilih jenis susu kehamilan yang penuh asupan nutrisi seperti susu Frisian Flag PRIMAMUM yang mengandung tinggi DHA yang bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak janin agar si Kecil tumbuh cermat, serta 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal serta kuat. Susu ini juga mengandung 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Sebenarnya jika ditanyakan kapan sebaiknya minum susu Ibu hamil, bisa dibilang sesegera ketika Ibu mengetahui diri Ibu hamil. Ibu hamil selalu disarankan untuk memenuhi asupan gizi bagi Ibu dan janin. 

Tentunya ada banyak manfaat minum susu hamil yang bisa Ibu peroleh jika rutin mengonsumsinya. Untuk mengetahui kapan sebaiknya minum susu ibu hamil, mari teruslah membaca.

Kapan Sebaiknya Minum Susu Ibu Hamil?

kapan sebaiknya minum susu ibu hamil - ibudanbalita

Seperti yang sudah dijelaskan di awal artikel ini mengenai kapan sebaiknya minum susu Ibu hamil dan melansir Hello Sehat, minum susu kehamilan bisa Ibu lakukan sejak awal Ibu mengetahui jika Ibu sedang hamil atau sejak trimester pertama.

Namun demikian ada beberapa hal yang perlu Ibu perhatikan sebelum memutuskan kapan sebaiknya minum susu Ibu hamil. Benar bahwa susu kehamilan memang sangat penting dan baik untuk kesehatan Ibu serta janin, meski begitu, jangan terlalu mengandalkannya sebagai asupan utama, Bu. 

Artikel Sejenis

Pasalnya, juga terdapat berbagai hal yang perlu Ibu perhatikan agar tidak mengonsumsi susu kehamilan secara berlebihan sehingga mengurangi manfaat di dalamnya, yaitu sebagai berikut:

  • Menyebabkan kenaikan berat badan berlebih. Apabila Ibu sudah mengkonsumsi makanan bergizi dan mencukupi kebutuhan nutrisi Ibu dan janin, maka Ibu sudah tidak perlu meminum susu lagi. Ini dapat menyebabkan Ibu mengalami kenaikan berat badan yang berlebih. Jika berat badan naik secara berlebihan, Ibu akan berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan, seperti diabetes, preeklampsia, dan pembengkakan bagian tubuh.
    Jadi, apabila Ibu sudah mendapatkan asupan gizi secara cukup, Ibu sudah tidak perlu lagi minum susu.
  • Kandungan zat besi yang rendah. Meski memiliki kandungan zat besi, tapi ternyata kadarnya sangat rendah, Bu. Padahal, ibu hamil akan sangat membutuhkan zat besi untuk pembentukan sel darah merah agar Ibu terhindar dari anemia dan kelahiran bayi prematur. 

Jadi di samping minum susu ibu hamil, Ibu tetap harus mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung zat besi, seperti daging, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

Jadi kapan sebaiknya minum susu Ibu hamil? Ibu tetap bisa meminumnya sejak awal Ibu mendapati Ibu tengah mengandung, namun untuk memutuskan apakah Ibu perlu terus melanjutkan minum susu Ibu hamil, sebaiknya Ibu berkonsultasi dengan dokter kandungan atau dokter gizi yang menangani Ibu.

Manfaat Minum Susu untuk Ibu Hamil

kapan sebaiknya minum susu ibu hamil - ibudanbalita

Setelah mengetahui jawaban dari kapan sebaiknya minum susu ibu hamil mari pahami bersama manfaat minum susu Ibu hamil. Kebutuhan asupan gizi yang diperlukan saat Ibu hamil memang lebih banyak dibandingkan saat sebelum hamil. Hal ini dikarenakan Ibu perlu mencukupi kebutuhan gizi untuk dua orang, yakni Ibu sendiri dan janin yang sedang bertumbuh di dalam rahim Ibu. Untuk itu Ibu perlu asupan nutrisi tambahan berupa susu kehamilan. 

Jadi, selain mengetahui kapan sebaiknya minum susu Ibu hamil yang tepat, penting juga bagi Ibu untuk mengetahui apa saja manfaat susu kehamilan yang bisa Ibu dapatkan. Mari simak penjelasan berikut ini:

  1. Memiliki Kandungan Gizi yang Lengkap

    Kandungan susu hamil khusus dibuat untuk memenuhi asupan gizi ibu hamil. Oleh karena itu susu kehamilan jelas sudah diformulasikan dengan kandungan gizi yang lengkap. 

    Di antara kandungan gizi tersebut adalah 9AAE, DHA, asam folat, omega 3&6, zat besi, seng, serat pangan inulin, protein, kalsium, vitamin C, vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, dan vitamin B12. 

    Semua nutrisi tersebut memiliki manfaat yang besar bagi Ibu dan janin, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin setiap hari.

  2. Mengurangi Risiko Terserang Penyakit

    Kandungan susu hamil yang lengkap tidak hanya berfungsi untuk mencukupi asupan nutrisi Ibu dan janin, lho. Semua gizi tersebut juga akan membantu mengurangi risiko Ibu terserang penyakit selama mengandung.

    Contohnya saja kandungan zat besi yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh supaya lebih kuat dalam menangkal serangan penyakit. Zat besi juga berperan penting dalam produksi hemoglobin yang mengantarkan oksigen ke jaringan dan organ. 

    Asupan zat besi yang tercukupi dengan baik akan menghindarkan Ibu dari anemia yang sering menjadi keluhan para ibu hamil.

  3. Rendah Kandungan Kolesterol dan Lemak

    Dibandingkan dengan jenis susu lainnya, kandungan susu hamil memiliki kolesterol dan lemak jahat yang paling rendah. Hal ini penting sekali untuk Ibu perhatikan, karena terlalu banyak mengkonsumsi keduanya dapat membahayakan kehamilan Ibu. 

    Kadar lemak dan kolesterol jahat yang tinggi di dalam tubuh ibu hamil bisa menyebabkan kenaikan berat badan berlebih, preeklampsia, kelahiran prematur, dan diabetes gestasional.

    Jadi, susu kehamilan adalah yang paling tepat untuk dikonsumsi saat Ibu sedang mengandung. Dengan begitu, asupan kolesterol dan lemak yang masuk ke tubuh Ibu tetap terkontrol. Akibatnya, kesehatan Ibu dapat tetap terjaga, begitu pula dengan berat badan Ibu dan janin.

  4. Mendukung Perkembangan Saraf pada Janin

    Asam folat tidak terkandung di susu lainnya, tapi hanya di dalam susu ibu hamil. Nutrisi ini berperan penting untuk mendukung perkembangan saraf pada janin lho, Bu. 

    Selain itu, asam folat juga terbukti dapat menghasilkan sel darah merah, mengurangi risiko bayi terlahir prematur, mengalami cacat tabung saraf, mencegah bibir sumbing, dan cacat jantung bawaan.

  5. Pengganti Makanan Saat Terkena Morning Sick

    Rasa mual dan ingin muntah (morning sick) sering menjadi keluhan para ibu hamil, terutama di trimester pertama kehamilan. Saat mengalaminya, selera makan pun akan berkurang. 

    Padahal, Ibu tetap harus makan supaya tetap kuat selama kehamilan dan janin tetap tumbuh dengan baik. Nah, susu ibu hamil dapat bermanfaat sebagai pengganti makanan selama Ibu terserang morning sick. Dengan mengkonsumsi susu kehamilan sehari dua kali, kebutuhan nutrisi Ibu pun dapat tetap terjaga.

Baca juga: 10 Manfaat Susu Ibu Hamil dan Tips Memilihnya

Petunjuk Minum Susu bagi Ibu Hamil

Setelah mengetahui kapan sebaiknya minum susu Ibu hamil, pastikan Ibu juga mengikuti petunjuk ketika minum susu ini untuk mengetahui kandungan susu hamil yang penting apa saja? Atau Ibu hamil harus minum susu hamil berapa kali? 

Perlu Ibu ingat bahwa susu ibu hamil hanyalah sebagai tambahan saja. Nutrisi utama tetap dari makanan bergizi yang dikonsumsi setiap hari. Di bawah ini ada beberapa petunjuk yang harus Ibu ikuti saat memilih di antara macam-macam susu Ibu hamil:

  • Pilih susu yang mengandung asam 9AAE dan 9 nutrisi penting selama kehamilan. Zat ini berperan besar untuk perkembangan janin, seperti otak dan serabut saraf. Oleh karena itu Ibu disarankan untuk memilih susu Ibu hamil yang memiliki kandungan asam folat di antara macam-macam susu Ibu hamil agar janin di dalam kandungan dapat berkembang dengan baik.
  • Jangan minum susu berbarengan dengan waktu makan. Proses penyerapan kalsium yang didapat dari susu akan terganggu saat dikonsumsi berbarengan dengan nasi dan sayuran. Alhasil, Ibu tidak akan mendapatkan cukup kalsium yang seharusnya dari susu.
  • Minum susu cukup dua gelas perhari. Bagi Ibu yang bertanya-tanya, Ibu hamil harus minum susu berapa kali sehari? Ibu bisa minum susu maksimal dua gelas sehari. Kandungan protein di dalam susu ibu hamil memerlukan waktu lebih lama untuk diserap oleh lambung, sehingga menyebabkan Ibu merasa cepat kenyang saat meminumnya. Alhasil, Ibu pun menjadi kurang berselera untuk makan makanan lainnya.

Selain hal-hal di atas, selama kehamilan Ibu memerlukan tambahan energi, protein dan nutrisi penting lainnya untuk mendukung kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin yang sehat dan optimal. Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu hamil yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak janin, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode kehamilan.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu hamil dengan tinggi DHA, 9 Asam Amino Esensial (AAE) serta 9 nutrisi penting untuk kebaikan Ibu dan si Kecil selama periode kehamilan. Satu gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 180 kalori, DHA 34 mg, protein 9 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama periode kehamilan. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin. Pastikan Ibu mengonsumsi nutrisi prima untuk menjaga kesehatan tubuh Ibu dan mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil agar tumbuh cermat dan kuat.

Ibu masih memiliki pertanyaan lain seputar kehamilan? Temukan beragam informasi lengkap bermanfaat terkait perjalanan kehamilan Ibu dan perkembangan janin dalam kandungan dengan hanya di Kamus Kehamilan yang ada pada Akademi Keluarga Prima dengan mengunjungi halaman ini!

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di sini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.