Share Like
Simpan

Bu, masa kehamilan adalah saat Ibu harus lebih perhatian terhadap apa pun yang memengaruhi kondisi Ibu dan janin, termasuk makanan yang Ibu konsumsi. Salah satu makanan yang menyehatkan dan aman dikonsumsi untuk Ibu hamil, serta baik untuk kesehatan janin adalah buah-buahan, Bu. Seorang Ibu dari forum Ibu & Balita sempat berbagi info kehamilan bahwa Marlyn Glenville, seorang ahli gizi dan kesehatan dari Inggris mengatakan, konsumsi buah untuk ibu hamil memiliki banyak manfaat. Sebab, buah-buahan banyak mengandung antioksidan, mineral, serta vitamin yang tinggi, sehingga baik untuk menangkal infeksi untuk Ibu dan janin. Simak sama-sama yuk, Bu, jenis buah-buahan apa saja yang baik untuk Ibu hamil.

1. Buah Tinggi Serat

Salah satu keluhan yang umumnya terjadi pada masa kehamilan adalah gangguan pencernaan. Hal tersebut bisa disebabkan karena kurangnya mengonsumsi makanan yang berserat, Bu. Mengonsumsi banyak serat dapat membantu memperlancar pencernaan. Ibu bisa mengonsumsi buah yang mengandung banyak serat, seperti pisang, jambu biji, kiwi, dan apel.

2. Buah Tinggi Vitamin C

Mengonsumsi Vitamin C saat masa kehamilan dapat meningkatkan sistem imun Ibu juga si Kecil di dalam kandungan. Kebutuhan Vitamin C untuk ibu hamil adalah sekitar 85 mg/hari atau setara dengan 2 buah jeruk per hari. Beberapa buah yang mengandung banyak Vitamin C adalah jeruk, melon, stroberi, mangga, juga pepaya.

3. Buah Tinggi Asam Folat

Ibu pastinya sudah tidak asing dengan salah satu bentuk Vitamin B kompleks ini yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan hamil muda. Asam Folat bermanfaat salah satunya untuk mendukung perkembangan otak si Kecil dalam kandungan, Bu. Selain itu, menurut jurnal yang saya baca, memenuhi kebutuhan kebutuhan Asam Folat  setiap harinya bagi Ibu hamil bisa mengurangi risiko si Kecil lahir cacat sebanyak 70 persen, lho. Ibu perlu mengonsumsi sedikitnya 0,6 mg Asam Folat per hari di bulan pertama kehamilan. Salah satu buah yang tinggi akan Asam Folat yaitu alpukat. Dalam satu gelas jus alpukat mengandung 0,06 mg Asam Folat, Bu. Beberapa buah lainnya yang mengandung Asam Folat adalah pepaya, melon, pisang, juga  jeruk.

4. Buah Tinggi Kalium

Tahukah Ibu? Kalium untuk Ibu hamil dapat menjaga kebutuhan cairan tubuh, lho. Asupan Kalium yang cukup akan menjaga keseimbangan elektrolit dan membantu perkembangan si Kecil dalam kandungan. Ibu bisa mengonsumsi Kalium sebanyak 2000―4000 mg/hari. Salah satu buah tinggi Kalium dalah buah pisang, Bu. Di dalam satu buah pisang ukuran sedang terdapat 442 mg Kalium. Buah lain yang tinggi akan Kalium adalah, pisang, kurma, alpukat, melon, ceri, dan buah persik. 

Wah, ternyata banyak sekali ya, Bu, buah untuk Ibu hamil yang baik dan aman untuk dikonsumsi. Ibu juga bisa, lho, membuat menu sederhana ataupun camilan sehat menggunakan bahan dasar buah-buahan tadi, supaya tidak bosan serta untuk menambah keterampilan memasak Ibu.