Share Like
Simpan

Bayi sehat bisa dijaga dengan gizi seimbang dan kasih sayang orang tua. Namun, ada satu hal yang perlu Ibu perhatikan. Kebiasaan menidurkan si Kecil juga memiliki pengaruh bagi tumbuh kembangnya, lho. Hal ini pernah saya baca di sebuah konsultasi anak online beberapa waktu lalu.

Saat membaca tulisan mengenai kesalahan dalam menidurkan anak di Motherandbaby.co.uk, saya merasa informasi ini sangatlah penting untuk dibagikan, terutama kepada orang tua baru. Setelah memasuki usia tujuh bulan, pola tidur si Kecil sudah berbeda dengan pola tidur saat ia masih berusia dua bulan dulu. Bahkan, bukan hal yang tak mungkin kalau waktu tidurnya justru digunakan untuk mengajak Ibu bermain. Supaya tumbuh kembang anak tetap optimal, yuk jaga terus kualitas tidur si Kecil dengan tips berikut ini!

  • Jangan abaikan sinyal mengantuk pada si Kecil

Selayaknya orang dewasa, anak juga memiliki sinyal untuk memberitahu Ibu ataupun Ayah bahwa ia sudah lelah dan mengantuk. Menggosok mata, menguap, atau tak tertarik dengan ajakan bermain merupakan beberapa tanda bahwa ia sudah mengantuk, Bu. Jika Ibu menangkap sinyal seperti ini pada si Kecil, segeralah baringkan ia ke kamar dan ciptakan suasana yang tenang agar ia bisa tidur dengan nyenyak.

  • Kurangi mainan di tempat tidur si Kecil

Banyak orang tua yang menaruh beberapa mainan milik si Kecil di tempat tidur untuk menemaninya. Sayangnya, hal ini justru bisa membuat ia sulit tidur karena memiliki potensi untuk mengalihkan perhatian si Kecil dan membuatnya ingin bermain. Oleh sebab itu, ketika waktu tidurnya sudah tiba, sebaiknya Ibu keluarkan mainan yang ada di tempat tidur agar ia bisa beristirahat dengan maksimal. Kualitas tidur yang baik memiliki banyak manfaat agar bayi sehat, lho.

  • Biarkan ia mendapatkan tidur siang yang cukup

Ibu tentu pernah mendengar ungkapan apabila si Kecil terlalu lama tidur siang, maka ia akan sulit tidur saat malam, bukan? Bagi beberapa orang tua, anggapan ini memang terasa berkaitan dengan pola tidur pada balita. Akibatnya, ada beberapa orang tua yang membangunkan anaknya saat sedang tidur siang supaya ia bisa tidur tepat waktu di malam hari. Nyatanya, jika Ibu membiarkan ia tidur siang dengan cukup, maka kemungkinan besar si Kecil justru bisa memiliki rutinitas tidur yang lebih baik. Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh bagi kesehatan bayi, Bu.

  • Hindari membiarkan ia terjaga hingga larut

Berbeda dengan remaja atau orang dewasa, anak di bawah usia satu tahun memiliki pola bangun tidur pada pagi hari di jam yang sama setiap harinya. Menurut situs Parents.com, membiarkan si Kecil terjaga hingga larut dan tertidur dengan sendirinya justru bisa menyebabkan ia tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup. Akibatnya, ia bisa menjadi lebih rewel pada siang hari karena rasa lelah, dan bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan anak, Bu.

Itulah beberapa cara agar si Kecil memiliki kualitas tidur yang cukup. Jika Ibu melihat ada perbedaan pada pola tidurnya--lebih banyak menangis ataupun mengalami kondisi medis yang membuatnya sulit tidur, sebaiknya segera konsultasikan masalah ini dengan dokter ya, Bu. Oh iya Bu, saran saya, sebaiknya koordinasikan juga dengan Ayah supaya tips yang sudah saya bahas di atas bisa sama-sama diterapkan untuk menjaga kesehatan bayi.