Berat badan bayi 10 bulan merupakan salah satu indikator penting untuk mengetahui tumbuh kembang bayi. Pada usia ini si Kecil sudah mulai aktif bergerak, sehingga membutuhkan asupan gizi yang cukup untuk menambah berat badannya. Salah satu cara untuk membantu si Kecil mencapai berat badan ideal adalah dengan memberikannya asupan ASI yang mencukupi. Pastikan Ibu rutin minum susu Frisian Flag PRIMAMUM yang mengandung tinggi DHA yang bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu. Dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil dengan Frisian Flag PRIMAMUM.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Lantas, berapa kisaran berat badan bayi 10 bulan yang ideal dan bagaimana cara meningkatkan berat badan si Kecil yang kurang ideal? Simak pembahasan lengkapnya berikut ini yuk, Bu.

Berapa Berat Badan Bayi 10 Bulan yang Ideal? 

Berat badan bayi seharusnya meningkat sepanjang masa tumbuh kembangnya. World Health Organization menyediakan kurva pertumbuhan yang dapat membantu Ibu memantau tumbuh kembang si Kecil.

Menurut WHO, standar berat badan bayi laki-laki sebaiknya adalah sekitar 8,2 - 10,2 kg, sedangkan bayi perempuan sekitar 7,5 - 9,6 kg.

Pertumbuhan berat badan yang optimal menandakan bahwa si Kecil mendapatkan asupan gizi yang mencukupi. Namun, perlu diingat bahwa setiap bayi memiliki pola pertumbuhan yang tidak sama. 

Artikel Sejenis

Memastikan berat badan si Kecil tetap ideal penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi 10 bulan. Selama berat badan si Kecil masih bertambah dan tidak berbeda jauh dari kurva pertumbuhan WHO, Ibu tidak perlu terlalu khawatir.

Cara Menaikkan Berat Badan Bayi 10 Bulan

cara menaikkan berat badan bayi 10 bulan - ibudanbalita

Jika berat badan si Kecil di bawah rentang kurva pertumbuhan dari WHO, berikut beberapa cara alami yang bisa Ibu lakukan untuk meningkatkan berat badannya:

  1. Perhatikan Pemberian ASI
  2. ASI adalah sumber nutrisi terbaik untuk bayi di bawah usia 2 tahun. Pastikan si Kecil menyusu dengan benar dan cukup sering, yaitu setiap 2-3 jam sekali atau sesuai dengan tanda laparnya. 

    Jika produksi ASI dirasa kurang, Ibu bisa melakukan pijat payudara dan rutin minum susu yang diformulasikan khusus untuk Ibu menyusui, seperti Frisian Flag PRIMAMUM.

    Dua gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 360 kalori, DHA 68 mg, protein 18 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan Ibu selama menyusui.

  3. Berikan Menu MPASI yang Bernutrisi
  4. Pada usia 10 bulan, si Kecil sudah mendapatkan makanan pendamping ASI (MPASI) sebagai sumber nutrisi tambahan. 

    Sebaiknya Ibu memilih bahan makanan yang tinggi kalori, lemak, karbohidrat kompleks, protein, serta vitamin.

  5. Perhatikan Waktu Makan si Kecil
  6. Ibu juga perlu menyusun jadwal MPASI yang teratur untuk si Kecil. IDAI merekomendasikan bayi berusia 10 bulan diberikan makanan utama sebanyak 3-4 kali dengan 1-2 kali makanan selingan setiap harinya.

  7. Berikan Pijatan Lembut
  8. Berdasarkan penelitian dalam jurnal Early Development, pijat terbukti membantu meningkatkan berat badan bayi. Ibu bisa memberikan pijatan lembut pada anggota tubuh lainnya sebanyak 3 kali sehari.

    Pijatan ini dapat membantu perkembangan saraf dalam proses pencernaan, sehingga penyerapan nutrisi lebih optimal dan membantu si Kecil mencapai berat badan bayi 10 bulan yang ideal.

  9. Perbanyak Waktu Istirahat si Kecil
  10. Selain asupan makanan dan pola makan yang sehat, si Kecil yang sedang aktif di usia 10 bulan juga membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk menyeimbangkan aktivitas fisiknya.

    Terlalu banyak melakukan aktivitas fisik tanpa istirahat yang cukup dapat menyebabkan berat badan si Kecil turun, sehingga Ibu perlu membantunya mendapatkan waktu tidur yang cukup. 

    Mengutip dari IDAI, bayi berusia 10 bulan membutuhkan total waktu tidur 13-14 jam per hari. Pastikan si Kecil mendapatkan waktu tidur yang cukup agar dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Baca juga: 12 Cara Menidurkan Bayi Susah Tidur yang Efektif

Ide Menu MPASI Bayi 10 Bulan agar Gemuk

ide menu MPASI bayi 10 bulan agar gemuk - ibudanbalita

Pada usia 10 bulan, si Kecil sudah bisa mengonsumsi berbagai macam makanan yang lebih keras. Berikut ini ide menu MPASI yang bisa membantu meningkatkan berat badan si Kecil:

1. Tim Daging Sapi

tim daging sapi ide menu MPASI 10 bulan agar gemuk - ibudanbalita

Bahan-bahan:

  • 10 sdm beras, cuci bersih
  • 4 sdm daging sapi giling
  • 2 siung bawang putih
  • ½ buah bawang bombay
  • 4 lembar daun salam
  • 2 sdt minyak kelapa
  • Secukupnya air

Cara membuat:

  1. Masukkan beras dan daun salam ke dalam rice cooker.
  2. Masak hingga matang, lalu saring dan sesuaikan tekstur bubur sesuai kemampuan makan si Kecil.
  3. Panaskan minyak, lalu tumis bawang putih dan bawang bombay sampai mengeluarkan aroma wangi.
  4. Tambahkan daging sapi giling, tumis hingga berubah warna.
  5. Setelah itu, tambahkan air secukupnya. Masak hingga air sedikit larut.
  6. Siapkan nasi yang sudah matang di atas mangkuk, lalu tuang daging tumis di atas nasi.

2. Puding Roti

puding roti ide menu MPASI 10 bulan agar gemuk - ibudanbalita

Bahan-bahan:

  • 2 lembar roti tawar, potong kotak-kotak
  • 2 butir telur ayam kampung
  • 4 sdm air matang
  • 4 sdt gula pasir
  • 120 ml ASI atau susu pengganti ASI yang sesuai anjuran tenaga kesehatan
  • Secukupnya kismis
  • Secukupnya margarin, lelehkan

Cara membuat:

  1. Rendam potongan roti tawar ke dalam susu, kemudian sisihkan.
  2. Kocok lepas telur ayam kampung, lalu masukkan margarin yang sudah dilelehkan. 
  3. Tuang adonan telur ke dalam wadah yang berisi potongan roti tawar.
  4. Masukkan adonan ke dalam cetakan alumunium foil atau wadah tahan panas yang sudah diolesi margarin.
  5. Berikan potongan kismis di atas adonan.
  6. Panaskan kompor, lalu kukus puding hingga matang selama kurang lebih 30 menit.
  7. Jika sudah matang, angkat dan tunggu agak dingin sebelum disajikan untuk si Kecil.

3. Macaroni Schotel

macaroni schotel - ibudanbalita

Bahan-bahan:

  • 4 genggam macaroni
  • 2 sendok makan daging cincang
  • 2 buah tahu, haluskan
  • 1 buah wortel, parut hingga halus
  • 2 butir telur ayam
  • 2 sendok makan unsalted butter
  • ½ kotak keju parut
  • 1 buah bawang bombay
  • 3 siung bawang putih, memarkan

Cara membuat:

  1. Rebus macaroni dalam air mendidih. Tambahkan unsalted butter agar macaroni tidak menempel.
  2. Angkat macaroni setelah matang, tiriskan.
  3. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
  4. Tumis daging sapi cincang, wortel parut, dan tahu halus hingga matang.
  5. Campurkan macaroni dan tumisan daging ke dalam wadah anti panas.
  6. Tuang telur kocok ke dalam campuran dan taburkan keju di atas macaroni.
  7. Didihkan air dalam kukusan. Masukkan macaroni dan kukus selama 25-30 menit.
  8. Angkat macaroni panggang setelah matang dan tunggu hingga dingin.

Itulah informasi terkait berat badan bayi 10 bulan beserta cara yang bisa dilakukan untuk membantu meningkatkan berat badan si Kecil. Tetap penuhi kebutuhan nutrisi si Kecil melalui pemberian ASI dan MPASI yang seimbang. 

Agar produksi ASI meningkat baik dalam jumlah maupun kualitasnya, Ibu harus mendapatkan energi tambahan sebanyak 500 kalori setiap harinya (AKG 2019) begitu juga dengan protein dan nutrisi penting lainnya. 

Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu menyusui yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode menyusui dan mendukung produksi ASI.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu menyusui untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil yang dilengkapi dengan DHA, 9 Asam Amino Esensial (AAE) serta 9 nutrisi penting untuk kebaikan Ibu dan si Kecil selama periode menyusui. Dua gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 360 kalori, DHA 68 mg, protein 18 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama menyusui si Kecil. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin.

Namun jika Ibu atau si Kecil mengalami kondisi yang tidak memungkinkan pemberian ASI, Ibu bisa memberikan susu pendamping ASI sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan ya Bu. Pastikan Ibu memilih susu yang mengandung 9 protein asam amino esensial lengkap dan tinggi DHA, karena protein adalah komponen yang penting untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi ya, Bu! 

Pantau terus tumbuh kembang si kecil dengan menggunakan fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima. Fitur ini dapat memudahkan Ibu untuk mengetahui berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, lingkar perut, indeks massa tubuh, dan hal-hal penting lainnya yang berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan. Fitur ini didukung oleh grafik pertumbuhan dari WHO, sehingga Ibu bisa tahu seperti apa tumbuh kembang ideal bagi bayi dan anak-anak. Yuk, coba langsung fiturnya di sini

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan bergabung sebagai member Ibu dan Balita, Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Yuk, daftar sekarang!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.