Share Like
Simpan

Menjaga bayi tetap sehat selama musim pancaroba memang tidak mudah, apalagi jika Ibu sendiri sudah mulai terkena penyakit flu. Saat usia si Kecil baru beberapa bulan, sistem imun tubuhnya belum optimal sehingga penyakit yang ringan pun akan sangat berbahaya untuknya. Nah, agar bayi selalu sehat dan terhindar dari berbagai serangan penyakit, ayo lakukan hal-hal berikut ini:

  1. Jangan Ajak Bepergian

    Bisa dipahami jika Ibu merasa sangat bahagia dengan kehadiran si Kecil dan ingin mengajaknya bepergian ke tempat-tempat yang menyenangkan, tetapi hal ini harus dihindari saat cuaca sedang tak menentu dan virus flu bertebaran di mana-mana. Udara luar memang bagus untuk si Kecil, tetapi sebisa mungkin hindari mengajaknya ke tempat yang penuh orang seperti pertokoan atau restoran untuk mencegahnya tertular pilek dan batuk.

  2. Rajin Cuci Tangan

    Agar bayi selalu sehat dan tak tertular virus penyakit, pastikan Ibu mencuci tangan setiap akan menyentuh atau menggendongnya. Terapkan juga hal ini pada seluruh anggota keluarga dan juga para sahabat yang ingin menggendong si Kecil, terutama jika mereka baru selesai bepergian.

  3. Jaga Kebersihan

    Demi kesehatan bayi tercinta, jagalah kebersihan rumah terutama di area yang sering ditempati si Kecil seperti kamar tidur dan ruang keluarga. Cuci secara teratur seluruh perlengkapan bayi miliknya dan bersihkan benda-benda yang biasa disentuh si Kecil, seperti mainan dan juga remote televisi.

  4. Jangan Lewatkan Imunisas

    Bayi perlu mendapatkan beberapa imunisasi untuk menjaganya dari serangan penyakit berbahaya. Konsultasikan dengan dokter jenis imunisasi apa saja yang harus didapatkannya dan pada usia berapa si Kecil perlu mendapatkan suntikan pertamanya.

  5. Ajari Anak yang Lebih Dewasa

    Jika Ibu memiliki putra-putri yang usianya lebih besar, ajari mereka untuk selalu menjaga kebersihan saat menghabiskan waktu dengan si Kecil. Pastikan juga mereka tidak melakukan hal-hal yang berbahaya seperti menggendong tanpa pengawasan dan juga memberikan mainan kotor atau terbuat dari material berbahaya.

  6. Perhatikan Asupan Nutrisi

    Agar si Kecil menjadi bayi sehat yang kebal dari serangan penyakit, perhatikanlah pemenuhan asupan nutrisi hariannya. Makanan dan minuman apa saja yang harus dikonsumsi bisa Ibu konsultasikan dengan dokter dan ahli gizi agar si Kecil bisa tumbuh optimal dan terhindar dari berbagai penyakit selama bulan-bulan pertama setelah kelahirannya.

Agar bayi selalu sehat dan riang beraktivitas harian, lakukanlah 6 hal tersebut secara disiplin ya Bu. Mungkin awalnya sedikit merepotkan, tetapi lama-kelamaan akan menjadi kebiasaan yang sangat baik dan dapat melindungi seluruh keluarga dari risiko penyakit berbahaya.