Share Like
Simpan

Bu, apa saja tantangan yang harus Ibu hadapi saat merawat si Kecil?  Nah, kalau saya, jawabannya pasti harus terbiasa bangun di tengah malam untuk menenangkan si Kecil. Ya, itu mungkin salah satu tantangan terberat saya dan Ayah waktu si Kecil masih baru lahir dulu, Bu. Apalagi, kami berdua seringkali bekerja di rumah sampai larut malam.

Nah, ternyata ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar si Kecil bisa tertidur nyenyak di malam harinya, lho. Salah satunya dengan membuat rutinitas sebelum tidur yang nyaman dan menenangkan. Yuk, kita simak beberapa aktivitas yang bisa Ibu dan si Kecil lakukan sebelum istirahat malam nanti:

Berendam Air Hangat.

Seperti yang sudah kita tahu Bu, mandi air hangat memang dapat melepaskan stress dan lelah, serta membuat tubuh menjadi lebih rileks. Oleh sebab itu, yuk coba ajak si Kecil mandi air hangat bersama sebelum tidur malam nanti.  Sembari berendam, Ibu bisa menyiapkan beberapa mainan yang bisa mengapung untuk dimainkan si Kecil atau gunakan saja kain lap bersih sebagai boneka tangan untuk menceritakan dongeng yang menarik untuknya, Namun, pastikan permainan yang Ibu lakukan tidak membuat si Kecil jadi terlalu bersemangat, ya.

Berbincang dengan si Kecil.

Seharian bekerja tentu membuat waktu kita bersama si Kecil menjadi berkurang. Oleh sebab itu, dulu sebelum tidur malam, saya selalu menyempatkan diri untuk berbincang-bincang dengan si Kecil sambil menemaninya tidur malam. Percakapan ini bisa apa saja kok, misalnya Ibu bisa bercerita tentang aktivitas yang kita lakukan sepanjang hari atau menceritakan dongeng yang menarik untuknya. Apapun topik pembicaraannya, suara Ibu yang menenangkan tentu akan membuatnya bisa tidur lelap di malam hari nanti.

Menyanyikan Lagu

Tahu lagu "Nina Bobo", Bu?  Masih ingat kan, bagaimana lagu tersebut selalu berhasil membawa kita tidur tenang sewaktu masih kecil dulu? Ya, perpaduan suara Ibu dengan  lagu bernada lembut seperti ini memang terbukti ampuh untuk membawa si Kecil tidur dengan nyenyak. Selain lagu tersebut, ibu juga bisa memilih lagu anak-anak lainnya, seperti "Burung Kakaktua",  "Balonku ada Lima", atau "Topi Saya Bundar". Nah, sebagai variasi, Ibu juga bisa mengganti lirik lagunya sesuka hati, lho. 

Pijatan Lembut

Seperti yang diungkapkan oleh Touch Research Institute di Universitas Miami, pijatan terbukti dapat membuat bayi lebih rileks serta meningkatkan kualitas tidurnya. Selain itu, pijatan pun merupakan momen yang baik untuk mempererat ikatan emosional Ibu dan si Kecil saat ini. Oleh karena itu, sebelum tidur nanti, yuk coba siapkan ruangan yang redup, putar musik instrumental yang menenangkan, dan mulailah memijat tubuh si Kecil dari ujung kakinya. Sebagai panduan untuk memijat, Ibu bisa membaca tips yang sudah saya siapkan dalam halaman ini.

Bagaimana, Bu? Sudah menentukan mau melakukan aktivitas yang mana hari ini? Jangan lupa, jika tidur si Kecil selalu terganggu setiap harinya, pastikan Ibu untuk berkonsultasi dengan dokter tentang masalahnya tersebut, ya. Selamat mencoba tips yang saya bagikan dan semoga si Kecil bisa tidur dengan nyaman malam ini!